23 Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dan Mudah

  • by
Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dan mudah dijalankan

Mau cari tambahan uang kuliah atau bayar kos? Yuk cobain bisnis untuk mahasiswa yang mudah dilakukan sekaligus menguntungkan.

Pilihan bisnisnya sangat banyak, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir akan kehabisan. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan passion dan paling logis untuk dijalankan sesuai dengan jam kuliah masing-masing.

Pada kesempatan ini, kami akan membuat daftar usaha sekaligus review-nya. Selamat menyimak sampai selesai.

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dan mudah dijalankan

Dua syarat utama agar sebuah usaha bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah mudah dan menguntungkan. Kamu harus pilih yang mudah agar bisnisnya tidak mengganggu jam kuliah. Juga, harus pilih yang menguntungkan agar dapat menghasilkan banyak uang.

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dan mudah dijalankan

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang dapat kamu jalankan berkaca pada dua syarat tersebut:

1. Jualan pulsa elektrik dan paket data

Ini adalah bisnis pertama yang sangat mudah dikerjakan. Kamu bisa menjual pulsa kepada teman satu kos atau seasrama. Selain itu, kamu juga bisa melebarkan pasar ke teman-teman sejurusan atau bahkan ke dosen-dosen.

Tawarkan produk yang lengkap dengan harga terjangkau agar mereka tertarik untuk membeli.

2. Mengajar privat

Selain berjualan pulsa elektrik, banyak mahasiswa yang juga suka menjadi pengajar privat untuk anak SD, SMP, dan SMA. Bisa dibilang, hampir di setiap kampus ditemukan mahasiswa atau mahasiswi yang mengajar adik-adik privatnya.

Mengajar Privat

Ada yang memang tergabung dengan lembaga privat tertentu. Ada pula yang berjuang atas namanya sendiri.

Bisnis ini mudah dilakukan dan bermanfaat. Selain itu, uangnya juga pasti lancar. Menariknya lagi, mengajar privat biasanya dilakukan di jam non kuliah sehingga manajemen waktunya lebih mudah.

Hanya saja, kamu harus siap kehilangan masa liburan panjang karena tetap harus mengajar.

3. Sewa laptop

Meskipun saat ini hampir semua mahasiswa punya laptop, tapi ternyata tetap saja ada beberapa yang terkendala sehingga tidak memiliki alat penting buat mengerjakan tugas ini.

Biasanya, hal tersebut dikarenakan laptop atau komputernya yang rusak atau ada alasan lainnya.

Nah, kalau kamu punya laptop lebih dari satu, tak ada salahnya menyewakan yang lainnya kepada teman atau mahasiswa lain yang ada di kampus.

Perhatikan saja kontrak sewanya agar laptopnya tetap aman selama masa sewa dan dipakai oleh para pelanggan.

4. Jasa print dan pengetikan

Kalau kamu merasa punya kemampuan dalam mengetik cepat, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa pengetikan kepada teman sejawat.

Biasanya order datang dari mereka yang mau membuat tugas makalah atau tugas akhir. Agar uang yang dihasilkan makin banyak, buka juga jasa cetak tugas. Kamu tinggal menyiapkan printer dan laptop untuk menjalankan bisnis untuk mahasiswa ini.

5. Buka bimbingan belajar kelompok kecil

Selain privat, kamu juga bisa membuka kelas kecil untuk mahasiswa tingkat lebih rendah atau anak-anak SMA yang mau persiapan SBMPTN. Biasanya, kelompoknya terdiri dari beberapa orang yang sudah cukup dekat sehingga lebih mudah mengelolanya.

6. Jual beli buku bekas

Dari pada menjual atau meloakkan buku bekas ke toko-toko loak, cobalah menawarkannya kepada adik tingkat atau menjualnya secara online. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus benar-benar menjaga kerapian buku. Selain itu, catatan penting juga kadang diperlukan sehingga bisa menaikkan harganya.

Kalau respons-nya bagus, kamu bisa coba kulakan buku bekas dan menjualnya lagi kepada adik-adik tingkat hingga mahasiswa beda jurusan

7. Ikut MLM

Banyak tawaran MLM buat para mahasiswa, namun kamu tetap harus hati-hati dalam memilih. Sebaiknya, hindari yang menawarkan bonus terlalu gede dengan modal yang besar. Pilih yang modalnya kecil dan pengerjaannya mudah karena sesuai dengan passion.

8. Menjual hasil karya kreatif

Banyak sekali hasil karya kreatif yang dapat dihasilkan oleh mahasiswa. Sebagai contoh, untuk yang berasal dari jurusan arsitektur, kamu bisa membuat sesuatu sesuai dengan apa yang kamu pelajari. Saat ikut pameran tertentu, bisa jadi akan ada orang yang tertarik dan membelinya.

9. Jadi guide tour and travel

Jika kamu belajar di sebuah kota yang kuat pariwisatanya, tak ada salahnya mengenali daerah tersebut secara lebih dekat. Kenali tempat-tempat wisata kekinian dan penuhi info tentang tempat tersebut.

Jadi guide tour and travel

Bila sudah yakin paham dengan budaya dan tempat wisata setempat, maka silakan coba menjadi tour guide. Bisa buka jasa tur untuk wisatawan domestik. Atau, kalau memang pandai berbahasa inggris, kamu juga bisa jadi guide untuk para wisatawan asing.

10. Jualan makanan kecil

Ada banyak sekali contoh bisnis makanan kecil untuk mahasiswa. Salah satu contohnya adalah berjualan snack seribu atau dua ribuan.

Caranya adalah dengan kulakan di pasar besar di daerahmu kuliah. Kemudian, pilih snack yang mayoritas disukai mahasiswa. Selanjutnya, wadahi kecil-kecil snack tersebut dengan packing yang rapi kemudian dititipkan di kantin.

Saat ada pembelian, maka di saat itulah kamu akan mendapatkan keuntungan.

Selain snack semacam ini, kamu juga bisa mencoba bikin donat bila memang punya keahlian di sana. Setelah bikin, terapkan sistem konsinyasi untuk penjualannya.

Berjualan kue semacam ini selain bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa juga cocok jadi peluang usaha sampingan secara umum. Baik itu untuk ibu rumah tangga, karyawan, maupun yang lainnya.

11. Buka pemesanan kaos, jaket, atau seragam

Setiap kampus biasanya ada organisasinya sendiri. Nah, masing-masing organisasi kadang harus membuat seragam tertentu agar terlihat kompak dan menjadi identitas mereka.

Kamu bisa coba buka jasa desain sekaligus pemesanan seragam. Mulai dari kaos, jaket, jas, atau yang lainnya. Cobalah bekerja sama dengan konveksi terdekat untuk menjalankan usaha ini.

12. Jadi MUA atau juru rias

Jadi MUA atau juru rias

Kalau kamu punya bakat merias yang baik, tak ada salahnya membuat jasa makeup artist atau merias. Usaha ini ramai saat musim wisuda atau saat mau foto buat ijazah.

13. Jadi freelance event organizer

Ada banyak lowongan freelance yang bisa diambil oleh mahasiswa, salah satunya adalah freelance EO atau event organizer.

Selain bisa membantumu untuk dapat menghasilkan uang buat tambahan duit kuliah atau bayar kos, mengelola event semacam ini juga akan menambah pengalaman dan bermanfaat saat kamu sudah lulus nanti.

14. Servis laptop dan HP

Kalau kamu punya keahlian memperbaiki laptop, komputer, dan HP, maka cobalah membuka jasa reparasi produk-produk tersebut.

Namun, apabila tidak punya keahliannya, jangan langsung menyerah. Kini, kamu bisa belajar langsung di Youtube atau lewat blog. Banyak informasi yang bisa dirangkum dan dijadikan bahan belajar secara otodidak.

Kerja sampingan mahasiswa online modal kecil untung gede

Kerja sampingan mahasiswa online modal kecil untung gede

Apabila kamu lebih suka fokus online, maka pilihan usaha ini bisa dicoba:

15. Jadi penulis lepas atau konten artikel

Jika kamu suka menulis atau punya hobi menulis, mulai sekarang jangan hanya menuliskannya di Facebook. Cobalah untuk menulis melalui platform yang bisa membayarmu. Misalnya, agen atau website penyedia konten artikel.

Dengan begini, kamu bisa menjadi penulis artikel lepas secara online. Artikelnya bisa dikerjakan saat senggang atau ketika tugas kampus sedang tidak menumpuk.

16. Blogger

Selain bisa dimanfaatkan dengan jualan konten artikel, keahlian menulis juga dapat dimanfaatkan dengan menekuni diri menjadi seorang blogger.

Agar bisa mengerjakan bisnis untuk mahasiswa ini, kamu harus mengerti cara membuat blog atau website. Selanjutnya, bila ingin memperoleh penghasilan besar, kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya mengenai SEO agar blog-nya ber-trafik tinggi.

Saat pengunjung di website tersebut sudah tinggi, maka akan dengan mudah buatmu untuk mendaftar di Adsense dan menghasilkan uang dari iklan yang dipasang di situs pribadi tersebut.

17. Jasa pembuatan website

Keahlian membuat website dan mengelolanya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri, tetapi juga bisa diuangkan alias dibuat menghasilkan uang.

Jasa pembuatan website

Caranya adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Kalau merasa tugas ini berat dikerjakan sendiri, cobalah buat tim. Pilih temanmu yang sama-sama butuh kerjaan dan punya skill di bidang ini.

Selanjutnya, bagi tugas untuk mengisi pembuatan SEO offpage dan onpage secara rata dan sesuai dengan skill masing-masing.

18. Jualan aplikasi atau software

Anak Teknik Informatika atau yang sejenis tentu tidak asing dengan bahasa pemrograman. Nah, sambil belajar soal bahasa pemrograman, kamu bisa membuat aplikasi unik yang sekiranya dibutuhkan oleh banyak orang.

Selanjutnya, daftarkan aplikasi tersebut di toko aplikasi dan dapatkan uang dari iklan yang muncul setiap kali ada orang yang menggunakannya.

Selain dengan cara ini, kamu juga bisa membuka jasa pembuatan aplikasi atau software. Dengan cara tersebut, penghasilan akan makin bertambah banyak.

19. Coba bisnis online shop

Inilah bisnis yang saat ini semakin naik daun dan banyak peminatnya. Untuk menjalani usaha ini, ada banyak kesempatan yang terbuka lebar buat para mahasiswa. Salah satunya adalah menjadi dropshipper.

Dengan dropship, kamu tidak perlu mengumpulkan modal terlebih dulu. Pasalnya, penyedia stok adalah supplier.

Yang perlu dilakukan hanya promosi dan memanfaatkan network yang sudah terbentuk di circle atau sekitar kampus.

Kamu bisa menjual produk hasil dropship ke teman, kerabat, atau sahabat. Gunakan dan maksimalkan pemanfaatan media sosial untuk berpromosi dan menjaring lebih banyak pelanggan.

20. Jasa desain grafis

Desain adalah satu keahlian yang tidak dimiliki semua orang. Jika kamu memilikinya, maka manfaatkanlah dengan baik.

Silakan coba jadi freelance desain grafis atau membuka jasa sendiri secara online. Kamu juga bisa membuat desain tertentu dan menjualnya di platform-platform khusus secara online.

21. Jadi youtuber atau influencer

Selain blogger, kesempatan yang bisa kamu ambil berikutnya di dunia online adalah menjadi youtuber. Untuk menjadi seorang youtuber, kamu harus punya skill videografi dan fotografi. Selain itu, pelajari juga cara edit video agar hasilnya makin bagus dan layak tayang di platform tersebut.

Selain memanfaatkan platform Youtube, silakan manfaatkan juga media sosial seperti IG, TikTok, atau yang lainnya untuk menambah penghasilan lewat endorsement.

22. Translator online

Menjadi translator tidak harus menunggu lulus, kamu bisa menjadi penerjemah meski masih berstatus mahasiswa. Silakan mulai tawarkan jasa menerjemahkan jurnal dengan tarif yang tidak terlalu memberatkan.

Selain itu, ketika sudah makin percaya diri dan kemampuannya makin terasah, kamu bisa coba menerjemahkan buku, film, atau yang lainnya dengan bergabung bersama tim translator yang bisa ditemui secara online.

23. Jasa mengerjakan PR online

Siapa sangka jika jasa mengerjakan PR kini makin banyak dicari oleh adik-adik yang bersekolah di tingkat SMP dan SMA, mereka yang bisa membuka dan mengoperasikan HP sekarang lebih memilih cara instan untuk mengerjakan PR-nya.

Bahkan, layanan ini bertarif per soal untuk semua mata pelajaran. Kalau mau coba, kamu bisa buka jasanya di marketplace atau melalui media sosial.

Itulah beberapa pilihan bisnis untuk mahasiswa yang dapat dicoba. Yang terpenting, pilihlah usaha yang mudah diatur waktunya dan tidak akan mengganggu jam belajarmu di kampus. Selamat mencobanya dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.