23 Peluang Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Mudah!

  • by
Bisnis online untuk anak sekolah

Mau coba peluang bisnis anak sekolah yang bisa dijalankan oleh anak SD, SMP, dan SMA sederajat? Tenang, pilihan bisnisnya sangat banyak. Tinggal pilih mana yang sesuai hobi, passion, atau paling mudah untuk dikerjakan sehingga tidak mengganggu jam sekolah.

Mayoritas peluang usaha tersebut juga tidak memerlukan modal. Kalau pun ada yang butuh modal, nilainya juga tidak terlalu besar sehingga bisa diusahakan pakai uang tabungan.

Dari pada penasaran, silakan simak artikel ini sampai selesai karena kami akan membahasnya secara lengkap.

Rekomendasi peluang bisnis anak sekolah yang bisa dicoba!

Rekomendasi peluang bisnis anak sekolah yang bisa dicoba

Usaha yang bisa dijalankan oleh anak sekolah punya beberapa syarat, di antaranya adalah:

  • Mudah dikerjakan.
  • Menguntungkan.
  • Tidak membutuhkan modal atau modalnya kecil.
  • Tidak mengganggu jam sekolah atau bisa dijalankan secara fleksibel.

Selain 4 syarat di atas, tentu masih ada beberapa detail lain yang mungkin. Namun, 4 syarat di atas merupakan syarat umum yang wajib terpenuhi dulu oleh sebuah bisnis yang bisa dijalankan oleh anak sekolahan atau pelajar.

Berikut ini beberapa bisnis yang bisa menjadi pilihanmu:

1. Ikut lomba cerpen atau yang lain

Saat masih sekolah, ada banyak sekali kesempatan yang terbuka lebar buat para pelajar. Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis untuk pelajar yang dapat dimanfaatkan. Salah satu kesempatan yang dibuka adalah adanya lomba-lomba tertentu dengan hadiah uang tunai atau hadiah lain yang menjanjikan.

Ikut lomba cerpen atau yang lain

Lomba cerpen merupakan salah satu contoh kesempatan kompetisi yang diberikan oleh berbagai pihak. Ini akan mengasah kemampuan menulismu. Jadi tidak ada salahnya mencoba.

Selain lomba cerpen, kini berbagai platform online juga menyediakan lomba pembuatan konten tertentu yang dapat diikuti oleh anak sekolah sesuai jenjangnya. Misalnya membuat konten belajar di rumah saat pandemi, atau yang lain.

Silakan ikuti sesuai minat dan bakat masing-masing secara serius agar bisa memenangkan lombanya

2. Menulis karya tulis ilmiah

Lomba menulis karya tulis ilmiah merupakan kompetisi yang sering diadakan. Bahkan dalam satu tahun, ada minimal satu kali lomba yang diadakan. Biasanya digelar oleh para senior mahasiswa di kampus atau oleh lembaga dan kementerian.

Tidak heran bila salah satu ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah adalah menulis karya tulis semacam ini. Selain bisa mengasah kemampuan, ini juga bisa menjadi salah satu wadah untuk memperluas wawasan.

Kamu akan berlomba bersama tim. Jadi, buatlah tim yang solid dan silakan ikuti lombanya untuk mendapatkan karya tulis.

3. Ikut olimpiade atau cerdas cermat

Dalam tiap sekolah selalu ada lomba olimpiade atau cerdas cermat yang diadakan. Tidak hanya tingkat SMA, SMK, dan MA saja melainkan juga SMP dan SD. Untuk bisa mengikutinya, kamu harus punya riwayat akademik dan sikap yang baik di sekolah.

Ikut olimpiade atau cerdas cermat

Saat terpilih, kamu juga harus melakukannya dengan serius agar bisa menang.

4. Buka les privat

Apabila kamu merasa kemampuan akademikmu bagus, tidak ada salahnya untuk mencoba buka les privat untuk adik-adik di bawah tingkatanmu sekarang.

Misalnya, kamu masih SMP, maka berilah les privat pada mereka yang masih duduk di bangku SD. Atau, jika berani sama-sama SMP, pastikan kelasnya di bawahmu.

Kalau kamu sudah SMA, maka silakan beri les privat kepada anak di bangku SMP dan SD. Kalau kamu masih SD, bisa memberikan les baca tulis dan berhitung pada anak TK atau kelas 1 SD.

Agar aman, berikanlah privat kepada orang-orang terdekat dulu agar jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Eits, tapi ingat ya. Ini hanya bisnis sampingan. Jangan sampai belajarmu juga terganggu.

5. Buka bimbingan belajar

Peluang bisnis anak sekolah yang masih mengutamakan kemampuan akademis berikutnya adalah membuka bimbingan belajar. Usaha ini cukup menjanjikan, menguntungkan, dan mudah dilakukan.

Pasalnya, kamu bisa membuka bimbelnya di rumah. Cukup sediakan meja untuk belajar buat anak-anak SD, SMP, atau SMA sederajat yang tingkatannya di bawahmu saat ini.

Selanjutnya, tentukan materi apa yang mau diajarkan. Pastikan materi tersebut sesuai dengan kemampuanmu. Jangan pilih materi yang tidak kamu kuasai.

6. Part time jaga warnet gaming

Kalau mau menghasilkan uang dengan mudah, cobalah cari warnet gaming di sekitar lingkunganmu. Silakan lamar kerja sebagai part timer di sana. Ini memang bukan usaha yang kamu jalankan sendiri. Tapi paling tidak, ada pengalaman yang akan diperoleh dari bekerja di tempat tersebut.

Ke depannya, kamu bisa membuka usaha yang sama bila sudah ada modal dan lokasi usahanya.

7. Part time karyawan restoran atau rumah makan

Selain menjaga warnet gaming, kau juga bisa coba bekerja sebagai part timer di restoran atau warung makan.

Dari sini, kamu bisa belajar menu makanan tertentu sekaligus belajar cara memasaknya. Kalau sudah tahu, pengalamannya jelas bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis anak sekolah sendiri di rumah.

8. Jasa bantu pindahan

Di kota besar, jasa bantu pindahan sangat amat dibutuhkan. Pekerjaan ini fleksibel karena umumnya bisa dilakukan di akhir pekan sehingga tidak mengganggu jam belajarmu. Upahnya juga lumayan banyak sehingga bisa menambah uang jajan sekaligus tabungan.

9. Menjual barang kerajinan tangan

Kalau kamu punya keahlian di bidang hand craft atau membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya membuatnya kemudian menjualnya baik secara offline maupun online. Kalau masih SD, mungkin bantuan dari orang tua sangat dibutuhkan untuk pemasarannya.

10. Membuka bisnis makanan yang cocok untuk anak SMA dan sekolahan

Ada banyak sekali contoh bisnis makanan yang cocok untuk anak SMA dan sekolahan di bawahnya. Di antaranya adalah jualan jajan atau makanan ringan, mi ayam, es teh, jus, cilok, atau yang lainnya.

Makanan dan minuman semacam ini sangat disukai anak-anak dan bisa dijual dengan mudah alias cepat habis.

Kamu bisa coba belajar dulu resepnya kemudian bikin sendiri buat dijual di sekolah saat jam istirahat.

11. Jasa ketik tugas

Kalau kamu punya keahlian mengetik cepat, maka tidak ada salahnya membuka jasa ketik tugas sekolah. Jasa ini bisa mengasah kemampuanmu dalam mengetik sekaligus mendapatkan wawasan yang lebih banyak dari konten tugas yang diketik.

Selain pengalaman, jelas kamu akan memperoleh penghasilan dari hasil ketikannya. Jadi, silakan tawarkan jasanya kepada teman, kakak kelas, atau adik kelasmu.

12. Jualan pulsa dan paket internet

Kuota internet dan pulsa menjadi kebutuhan yang sangat penting di era digital seperti sekarang. Teman-temanmu pasti juga punya smartphone yang setiap bulan butuh diisi pulsa dan kuota, bukan?

Jadi, silakan buka usahanya dan tawarkan produknya pada teman sekolah atau orang-orang di sekitar. Modalnya sangat kecil, kok! 500 ribu rasanya sudah lebih dari cukup untuk memulainya.

13. Les mengaji

Bisa mengaji dengan lafal dan makhraj yang benar? Manfaatkan ilmunya dengan cara memberikan les mengaji kepada teman, adik kelas, atau orang-orang dewasa yang membutuhkannya.

Saat ini, banyak sekali orang yang belajar Islam dan berhijrah ke jalan yang lebih baik. Masalahnya, mereka kadang bingung mencari cara untuk belajar mengaji yang benar.

Alih-alih belajar lewat HP saja, mereka juga butuh teman yang bisa menyimak langsung bacaan dan tajwidnya. Dari sini, Anda hadir untuk memberikan solusi.

Tarif les mengaji semacam ini juga lumayan karena dihitung per pertemuan. Kerjanya juga fleksibel mengikuti jadwal kosong yang kamu miliki.

Itulah beberapa contoh peluang bisnis anak sekolah SD, SMP, SMA sederajat yang dapat kami rangkum. Berikutnya, jika kamu lebih merasa nyaman membuka usaha secara online, kami akan sediakan pilihannya di bawah ini.

Bisnis online untuk anak sekolah

Bisnis online untuk anak sekolah

Beberapa bisnis yang kami sebutkan di atas bisa dikerjakan offline dan online sekaligus. Namun, apabila kamu mau fokus mengerjakannya secara online supaya tidak mengganggu waktu belajar, berikut ini pilihan usahanya:

14. Menjadi penulis online

Jika kamu punya keahlian menulis, maka lomba cerpen dan karya tulis sebagaimana kami sampaikan di atas bisa dijadikan sampingan saja. Selebihnya, silakan jadi penulis artikel online di beberapa platform.

Menjadi penulis online

Perlu diketahui bahwa kini ada banyak situs yang mencari penulis. Kamu bisa bergabung dengan situs tersebut melalui agen atau membuka jasa sendiri yang dipasarkan melalui komunitas atau marketplace.

15. Main game online dan jual item

Kalau kamu punya hobi bermain game online, maka jangan asal main. Menangkanlah pertandingan, jadikan akun Anda jadi nomor satu sehingga bisa dijual.

16. Jadi youtuber

Youtuber kini menjadi salah satu ladang bisnis yang sangat menguntungkan buat segala usia. Tak hanya anak SD, SMP, dan SMA sederajat, tetapi juga para anak-anak yang masih PAUD dan TK.

Untuk membuka bisnis ini, kamu butuh HP dan kemampuan untuk merekam. Selain itu, agar kontennya bagus, keahlian editing video juga sangat diperlukan.

Yang terpenting, di awal kamu punya HP-nya dulu. Soal kemampuan lainnya bisa dipelajari sambil jalan.

17. Jadi tim kreatif sosial media

Apabila kamu punya kreativitas untuk menciptakan konten menarik di sosial media, misalnya IG, FB, TikTok, dan yang lainnya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat konten dan menerbitkannya.

Selain bisa diterbitkan di akun sendiri, kamu juga bisa bergabung dengan toko online atau akun-akun komunitas yang butuh jasa tim kreatif.

Kalau kamu pasang di akun sendiri, maka pastikan engagement-nya tinggi agar bisa mendapatkan endorse. Kalau jadi tim kreatif buat akun orang lain, maka pastikan kontennya bagus sehingga jasamu akan selalu dipakai agar uangnya juga terus mengalir.

18. Blogger

Selain bisa menjadi penulis online, kemampuan menulis juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi blogger. Saran kami, jadilah blogger yang mengerti SEO agar blog yang dikelola punya pengunjung banyak dan bisa dipasangi iklan dari Google Adsense.

Hal ini karena dari adsense-lah sebuah blog akan menghasilkan uang.

Kalaupun tidak dari Google Adsense, kamu juga bisa coba berafiliasi dengan beberapa platform seperti amazon atau toko online lain yang membuka kesempatan afiliasi.

19. Desain grafis

Kalau kamu punya keahlian membuat logo, vektor, undangan, atau desain-desain grafis lainnya, tidak ada salahnya untuk membuka jasa desain grafis atau membuat desainnya kemudian dijual di beberapa platform online.

20. Dropship

Dropship menjadi salah satu contoh usaha yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya jadi peluang bisnis anak sekolah, menjadi dropshipper juga cocok dijadikan sebagai bisnis untuk mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Menariknya, bisnis ini minim modal atau bahkan tanpa modal sama sekali karena tidak perlu stok barang.

Kamu hanya perlu jadi penghubung antara penjual (supplier) dan pembeli yang merupakan teman atau kenalanmu.

21. Jadi admin media sosial

Ini adalah bisnis yang lumayan simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebagai contoh menjadi admin untuk media sosialnya toko online. Tugasnya adalah melayani pelanggan dan kadang juga diminta untuk mengelola konten yang ada di akun media sosial tersebut.

Kerjanya bisa dilakukan secara fleksibel, jadi tidak akan mengganggu waktu belajar.

22. Jualan jawaban PR di marketplace

Banyak sekali jasa menjawab PR di marketplace. Bahkan, satu soal memiliki harga yang lumayan bisa dipakai tambahan uang saku. Kamu pun bisa mencobanya.

23. Jualan foto online

Jualan foto online

Saat ini, ada semakin banyak platform dan situs penyedia foto yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menyumbang foto dan mendapatkan uang.

Ide fotonya boleh jadi sangat sederhana dan berada di sekitar kita. Namun, pastikan bahwa kualitas fotonya sangat bagus sehingga akan diunduh orang dan kamu mendapatkan penghasilan dari unduhan tersebut.

Itulah beberapa contoh peluang bisnis anak sekolah yang dapat kamu coba. Pastikan untuk tetap menomor satukan pendidikan agar tidak mengganggu nilai akademis. Atur waktu dengan baik dan tetap jaga kesehatan. Baca dulu cara melihat peluang bisnis ini agar lebih maknyus. Selamat memilih dan mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.