41 Peluang Usaha di Desa, Bikin Keuangan Stabil, Cepat Kaya

  • by
Peluang usaha di desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Memilih peluang usaha di desa itu susah-susah gampang. Namun, bila pilihannya tepat, Anda bisa jadi bos di desa tersebut. Jelas kaya dan keuangannya stabil.

Ada banyak contoh bisnis yang sebenarnya dapat Anda lakukan di desa. Potensinya sangat besar, menguntungkan, dan jelas menjanjikan.

Namun, perlu diingat, meski butuh, orang desa cenderung punya penghasilan yang rendah. Tidak setinggi di kota. Maka dari itu, harga barangnya pun harus disesuaikan.

Perang harga jelas tidak bisa dihindarkan apabila Anda memulai bisnis di sini. Namun, bukan tidak mungkin.

Untuk membantu Anda mencari inspirasi atau ide usaha yang tepat, kami akan membuat daftar pilihan usahanya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Peluang usaha di desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis yang bisa dijalankan di pedesaan serta bisa menghasilkan banyak uang:

1. Sewa alat pertanian

Sebagian besar masyarakat di desa bermata pencaharian sebagai seorang petani. Namun sayang, kadang kurangnya fasilitas alat pertanian membuat mereka harus bekerja manual.

Peluang usaha di desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Apabila Anda punya uang banyak, tidak ada salahnya membuka peluang usaha di desa bermodal 20 juta atau 50 juta. Uang ini bisa dipakai untuk membeli alat pertanian yang mayoritas tidak dimiliki petani. Contohnya, pembajak sawah atau traktor, alat panen padi, dan yang lainnya.

Harga alat-alat tersebut cukup mahal, jadi Anda bisa menyewakannya kepada para petani dengan tarif tertentu.

2. Bisnis pulsa, paket internet, dan listrik

Pulsa, paket internet, dan listrik merupakan produk yang saat ini dibutuhkan minimal 1 kali dalam sebulan oleh setiap orang. Baik di desa maupun di kota.

Hal ini karena hampir semua orang mempunyai smartphone yang dalam penggunaannya memang membutuhkan pulsa dan paket internet.

Sementara untuk listrik, pembeliannya per satu KK. Atau, khusus anak-anak kos, bisa juga per satu kamar kos. Pembayaran listrik ini ada yang sistem token (pra bayar) dan ada pula yang pasca bayar.

Itulah mengapa usaha rumahan sangat menguntungkan. Terlebih, modalnya juga kecil sehingga bisa dimulai dari sekarang.

3. Jasa pangkas rambut

Potong rambut juga dibutuhkan oleh setiap orang. Peluang usaha di desa ini tidak banyak pesaingnya. Namun, Anda harus menetapkan harga yang sesuai.

Bila di kota harganya antara 15 ribu sampai 35 ribu rupiah sekali potong rambut. Di desa, upah jasanya hanya sekitar 10 ribuan.

Namun, upah ini sudah cukup menguntungkan sebab jasa pangkas rambut tidak membutuhkan banyak alat sehingga modalnya juga kecil.

4. Usaha galon dan air isi ulang

Ada area pedesaan yang punya sumber air bagus sehingga layak untuk diminum, namun ada pula yang tidak. Di sinilah peluang usaha air isi ulang muncul. Di mana Anda bisa menjual kebutuhan sehari-hari mereka dengan harga yang pantas.

5. Jualan gas LPG

Bila dulu masyarakat menggunakan kompor atau tungku untuk memasak, kini sebagian masyarakat di pedesaan sudah memakai kompor gas. Oleh karena itu, berjualan gas LPG di pedesaan juga sangat menguntungkan.

Anda bisa berjualan ecer dengan skala kecil. Bisa juga menjadi agen sehingga kans untuk mendapatkan keuntungannya lebih besar.

6. Toko bangunan

Berbeda dengan beberapa bisnis yang disebutkan sebelumnya, toko bangunan termasuk peluang usaha di desa yang butuh modal sangat besar. Setidaknya, Anda membutuhkan ratusan juta rupiah untuk membuka bisnis ini.

Modalnya bisa dipakai untuk membuat toko atau persiapan lahan sekaligus mengisinya dengan produk-produk toko bangunan.

Bisnis ini sangat menjanjikan sebab faktanya banyak orang yang berubah menjadi bos besar di desa setelah menjalankannya.

7. Membuat tempat wisata murah

Masyarakat desa jelas butuh piknik, sama dengan orang kota juga. Alih-alih berangkat ke kota untuk sekedar berwisata atau piknik, Anda bisa menyediakan tempat wisata murah bagi mereka dan anak-anak.

Tidak usah muluk-muluk wahananya besar, mahal, atau lengkap. Yang terpenting wahananya aman dan nyaman.

Adapun contoh bisnis wisata yang bisa dibuka adalah pemandian atau kolam renang dengan aneka permainan anak.

8. Jualan kue tradisional

Peluang usaha di pedesaan berikutnya adalah berjualan kue tradisional. Contohnya adalah putu, jenang, hingga gorengan.

9. Membuat kebun tertentu

Satu hal yang menguntungkan dengan tinggal di desa adalah lahannya masih luas dan terbuka lebar. Maka dari itu, silakan manfaatkan lahan tersebut untuk membuat kebun tertentu. Misalnya, pisang, pepaya, sirsak, apel, jeruk, atau yang lain.

Anda juga bisa memilih tanaman yang sedang tren dan terbukti menghasilkan bila ditanam di daerah tersebut. Misalnya tembakau yang bisa langsung dijual ke pabrik rokok atau porang yang memang pembudidayaannya diperhatikan pemerintah.

10. Beternak lebah madu

Lebah madu memiliki khasiat yang baik dan banyak. Anda bisa mengembangkannya di ladang-ladang dengan pohon berkambium seperti jati atau semacamnya. Dengan begitu, peluang usaha di desa ini akan menguntungkan.

11. Beternak sapi

Sapi merupakan contoh hewan yang sangat mudah dikembangbiakkan. Anda tidak perlu repot menyiapkan kandang berukuran besar. Cukup sediakan tempat sesuai dengan jumlah sapinya.

Untuk pakan, silakan carikan rumput dan dedek di selepan padi. Sementara kawinnya bisa dengan sistem suntik.

12. Membuka peternakan kambing

Selain sapi, kambing juga menjadi contoh usaha peternakan yang menjanjikan di desa. Menariknya, modal bisnis ini cenderung lebih kecil dan perawatannya mudah.

Selain itu, usahanya juga bisa dikombinasikan dengan peternakan sapi secara aman.

13. Beternak ayam kampung

Ayam kampung memiliki pangsa pasar sendiri. Meski tidak sebanyak ayam potong atau joper, tapi ayamnya yang alami menjadi keistimewaan tersendiri.

Karen keistimewaan itu, banyak orang yang mau membelinya dengan harga mahal. Jadi, meskipun secara permintaan jumlahnya sedikit, tapi profit marginnya lebih besar sehingga cenderung lebih menghasilkan.

14. Bisnis hidroponik

Meskipun banyak lahan kosong, masyarakat desa ternyata juga mulai mengenal bisnis hidroponik. Harga sayurnya yang mahal menjadikan bisnisnya cukup menguntungkan.

15. Menjual kebutuhan pertanian

Usaha pertanian di desa sangat banyak jenisnya. Masing-masing usaha tersebut membutuhkan alat dan bahan. Contohnya adalah cangkul, selang pengairan, hingga syur-mayur setiap hari.

16. Jasa pembuatan furnitur (mebel)

Dari pada beli sofa ke kota, masyarakat desa lebih memilih membuat furnitur dari kayu. Anda bisa mempekerjakan orang untuk membuat furnitur-furnitur penting seperti lemari, meja, dan kursi.

Selain itu, bukalah juga bisnis pembuatan kusen pintu, usuk, ring, dan yang lainnya secara lengkap.

17. Bisnis jasa jahit

Tidak semua orang bisa menjahit. Untuk itu, manfaatkanlah dengan baik saat Anda punya waktu luang dan dapat menjahit.

Bisnis jasa jahit

Contoh usaha yang bisa dijalankan adalah membuka jasa jahit baju atau celana, bekerja sama dengan konveksi terdekat, dan membuka permak pakaian.

Sebab, sekarang banyak orang desa yang beli baju online dan saat datang ukurannya tak pas. Maka dari itu, mereka membutuhkan orang yang mau merombak pakaiannya secara dasar.

18. Sewa lahan untuk bibit tanaman

Bibit tanaman umumnya tidak langsung ditanam di lahan masing-masing. Anda perlu membuat bibit tanaman dulu di lokasi lain agar mudah.

Jika Anda punya lahan yang tidak terpakai. Tidak ada salahnya menyewakannya untuk menanam bibit. Supaya makin lati, tambahkan mesin diesel untuk airnya.

19. Jasa pengairan lahan

Peluang usaha berikutnya adalah jasa pengairan lahan. Secara sekilas, usaha ini terlihat sepele. Namun, faktanya sangat menguntungkan. Terlebih, di daerah yang memang pengairannya kurang bagus dan sawahnya masih mengandalkan hujan.

Banyak pengusaha jasa ini yang cepat kaya hanya dengan menerapkan tarif 300 ribu sampai 500 ribu dalam sekali mengairi lahan.

Untuk membuka bisnis ini, Anda perlu mesin diesel, selang, dan bensin untuk mengoperasikan mesinnya. Modalnya kecil tapi untungnya banyak.

20. Jasa servis TV dan elektronik lain

Sangat jarang sekali ada mahasiswa teknik yang mau kembali ke desa dan membuka jasa servis. Padahal, jasa semacam ini sangat dibutuhkan. Dalam sekali perbaikan, upahnya juga bisa 30 sampai 50 ribu belum termasuk penggantian alat.

Bayangkan jika dalam sehari bisa memperbaiki 5 alat saja, upah yang terkumpul tentu sudah sangat besar.

21. Jasa pemasangan listrik

Pemasangan listrik memang harusnya dilakukan oleh tenaga ahli. Namun, di desa, mereka yang sudah berpengalaman dengan kabel bisa membuka jasa sendiri. Tidak tanggung-tanggung, sekali pemasangan biasa jasanya sampai ratusan ribu rupiah.

Menurut pengalaman kami, ada yang mematok tarif 300 sampai 550 ribu rupiah.

Selain bisa memasang listrik di rumah perorangan, Anda juga bisa coba bekerja sama dengan masjid, lembaga sekolah, atau yang lainnya.

22. Agen PPOB

Agen PPOB sebenarnya bisa langsung digabungkan dengan pulsa, paket internet, dan listrik. Hanya saja, PPOB bisa meluas karena mungkin sekali diajak kerja sama oleh perbankan untuk menerima pembayaran.

Bahkan, Anda bisa melayani tarik tunai bila hal tersebut terjadi. Labanya diambil dari biaya administrasi dalam setiap kali penarikan atau transfer.

23. Membuka pertamini atau bensin pinggiran

Berjualan bensin sudah ada sejak dulu dan terbukti mampu bertahan sebagai peluang usaha di desa. Anda masih bisa melakukan cara manual ini. Namun, biar makin banyak labanya, cobalah berinvestasi dengan membeli alat baru yang disebut pertamini.

Sistemnya yang digital akan membuat orang makin percaya bahwa ukuran atau takaran bensin yang dijual sesuai, tidak ada yang ditambahi, tidak ada yang dikurangi.

24. Membuat pot tanaman

Pot tanaman dibutuhkan di kota dan di desa. Namun, lahan untuk menyiapkannya bisa dimulai di desa yang notabene masih sangat luas dan potensial.

25. Penjualan sambal kemasan

Untuk Anda yang tinggal di sekitar pantai atau ada di kampung nelayan, membuka usaha perikanan seperti sambal kemasan seafood bisa jadi pilihan.

Selain itu, bumbu-bumbu instan non MSG dan non pengawet yang dikemas baik juga dapat dipasarkan secara offline dan online.

Peluang usaha di desa ini bisa menjadi usaha di daerah sepi karena sistem penjualannya memang lebih banyak secara online. Anda hanya butuh alat memasak untuk membuat produknya.

26. Menjual minuman ringan

Jika Anda menghendaki usaha di kampung modal 2 juta, maka salah satu opsi yang dapat diambil adalah berjualan minuman ringan. Mulai dari jus, pop ice atau minuman instan lainnya.

27. Warung makan

Warung makan menjadi salah satu contoh usaha jangka panjang di desa. Kalau di kota warung makan beroperasi hampir 24 jam, di sini biasanya hanya menyediakan sarapan pagi saja.

Sebab, para petani umumnya berangkat ke ladang saat ayam berkokok. Sangat pagi. Bila ibu tidak sempat memasak untuk suaminya, maka jalan satu-satunya adalah membeli sarapan.

28. Jasa servis motor dan tambal ban

Usaha yang menguntungkan di desa berikutnya adalah membuka jasa servis motor dan tambal ban. Lingkungan dan jalan ke ladang yang terjal umumnya membuat motor mudah rusak dan bannya mudah bocor. Inilah yang membuat bisnis ini mudah untung dalam waktu singkat.

29. Jadi dropshipper atau reseller produk

Mayoritas masyarakat desa belum mengenal toko online. Kalau pun ada, paling bisa dihitung dengan jari.

Jadi dropshipper atau reseller produk

Jadi, Anda bisa menjadi dropshipper dan reseller produk-produk online yang dibutuhkan tetangga, teman, atau saudara.

30. Kerajinan tangan khas desa

Peluang usaha di desa terbaru yang biasanya didukung pemerintah adalah membuat kerajinan tangan khas desa. Pasalnya, di sini Anda akan mengenalkan produk khas dari daerah tersebut dan tentu saja akan memiliki dampak ekonomi terhadap daerahnya.

31. Membuka penginapan

Siapa sangka jika penginapan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di desa. Hal ini wajar mengingat tidak ada hotel di perkampungan. Padahal pembangunan kini juga sudah sampai ke desa-desa di mana orang yang berkunjung atau sekedar bekerja di sana akan membutuhkan penginapan.

32. Ternak lele

Lele merupakan contoh ikan air tawar yang murah sehingga banyak yang suka. Anda bisa membuka bisnis ini dengan modal 5 juta saja.

Gunakan lahan yang ada di sekitar rumah, beri terpal, dan tanam bibit lele. Kemudian, kembangkan sampai besar dan siap jual.

33. Menyewakan perahu untuk nelayan

Tidak semua nelayan punya perahu. Umumnya, mereka bekerja dengan cara memakai perahu dari para bos.

Nah, kalu Anda mau jadi bos nelayan juga, silakan keluarkan modal tertentu untuk membeli perahu dan menyewakannya kepada para nelayan.

34. Jualan sayuran

Berjualan sayuran baik keliling maupun di rumah menjadi contoh bisnis yang sangat menjanjikan. Sayuran dibutuhkan setiap hari oleh ibu rumah tangga. Modalnya pun kecil, mulai dari ratusan ribu sampai 3 juta rupiah.

Jualan sayuran

Mulai saja dari skala kecil, nantinya akan besar sendiri sesuai dengan permintaan yang mulai loyal dengan Anda.

35. Jualan es batu

Jualan es batu di desa, khususnya di area nelayan juga sangat menguntungkan. Balok-balok es batu yang dibutuhkan untuk pergi melaut umumnya tidak sedikit. Pasalnya, balok es batu inilah yang digunakan untuk mengawetkan ikan supaya tetap segar saat para nelayan kembali ke daratan.

Jadi, jangan remehkan jualan es batu. Kalau yang dijual banyak dan terus menerus, tentu Anda bisa jadi bos es batu.

36. Usaha pewangi literan

Menjual pewangi literan juga sangat menguntungkan, lho! Anda bisa menjualnya secara online dan offline dengan membuka stand atau toko. Pembelinya biasanya berasal dari orang-orang yang punya usaha laundry atau perorangan yang mau bajunya wangi sepanjang hari.

37. Sewa terop dan alat pesta

Orang di desa jarang menyewa gedung untuk acara-acara pernikahan, khitan, atau semacamnya. Maka dari itu, mereka cenderung membutuhkan terop dan alat pesta yang kemudian dipasang di sekitar rumahnya untuk menerima tamu.

Anda bisa memulai peluang usaha di desa ini dengan modal yang kecil dengan menyediakan kursi dan teropnya dulu. Bekerja samalah dengan MUA, persewaan dekorasi pernikahan, dan sound system sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan.

38. Toko kelontong

Toko kelontong tidak hanya jadi bisnis yang menguntungkan di desa, tetapi juga di kota. Di desa, usaha ini cenderung lebih menjanjikan karena belum ada persaingan dari minimarket. Bisnis ini menjadi salah satu contoh usaha jangka panjang di kampung.

39. Budidaya jamur tiram

Jamur tiram merupakan salah satu contoh usaha budidaya yang tidak membutuhkan lahan luas. Modalnya kecil dan pasti laku.

Asalkan Anda bisa bekerja sama dengan penjual atau pedagang di pasar serta pemasok jamur di daerah tersebut, maka penjualan dan kesuksesannya akan mudah.

40. Jasa rias pengantin (MUA)

Riasan pengantin di desa tidak hanya dibutuhkan pada saat ada momen pernikahan saja. Saat musim wisuda sekolah, khitan, hingga foto produk juga butuh MUA. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan pelanggan.

Jasa rias pengantin MUA

Cukup berikan polesan makeup terbaik supaya makin dikenal banyak orang.

41. Pengepul hasil tani

Menjadi pengepul hasil tani merupakan salah satu contoh usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Anda tinggal pakai modalnya untuk membantu para petani supaya pertaniannya lancar. Kemudian saat sudah panen, mereka akan menjual hasil panennya kepada Anda.

Selanjutnya, silakan bina kerja sama dengan distributor hasil tani dan juallah kepada mereka sesuai dengan harga yang ditetapkan.

Adapun contoh hasil tani yang bisa dijual ke distributor adalah mete, cabai, terong, buah-buahan, jagung, beras, dan yang lainnya.

Masih banyak contoh peluang usaha di desa lainnya yang bisa dikembangkan. Misalnya saja, jasa selep padi, jadi distributor beras, sewa sound system, dll. Yang terpenting adalah memulainya dulu dan jangan takut akan gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.