17 Peluang Usaha Perkebunan, Pasti Untung dan Berhasil

  • by
Peluang usaha perkebunan yang paling menguntungkan wajib coba

Punya lahan luas? Ambil peluang usaha perkebunan sekarang yuk! Modalnya kecil, panennya cepat, untungnya berlipat!

Bisnis ini sangat menjanjikan lantaran tidak memerlukan modal uang yang besar. Modal utamanya justru berasal dari diri sendiri, yakni telaten mengelola kebunnya dari awal sampai menghasilkan.

Beberapa jenis kebun, bahkan hanya perlu diawasi di awal, begitu bisa menghasilkan, Anda tinggal memetik hasilnya saja. Jadi, bisa jadi passive income buat para pekebun dan petani.

Tertarik? Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa opsi peluang usahanya. Selamat menyimak sampai selesai.

Usaha kebun buah yang menjanjikan

Buah-buahan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu, pada dasarnya setiap buah memiliki pangsa pasar yang bagus di Indonesia.

Usaha kebun buah yang menjanjikan

Namun, Anda tetap harus memperhatikan lahan yang mau ditanami buah tersebut. Jangan sampai menanam buah yang cocok di dataran tinggi di area dataran rendah atau sebaliknya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh buah yang bisa Anda budidayakan:

1. Buah mangga, bisa tumpang sari dengan pertanian lainnya

Mangga merupakan contoh buah musiman yang banyak peminatnya. Rasanya yang enak dan harganya yang cenderung stabil menjadikan buah ini banyak disukai.

Satu pohon mangga bila sudah musim bisa menghasilkan jutaan rupiah. Bayangkan saja bila Anda punya 10 pohon atau lebih.

Menariknya lagi, mangga bisa ditanam bersamaan dengan usaha pertanian lain seperti jagung, cabai, dan yang lainnya.

2. Kebun jeruk

Kebun jeruk tidak hanya bisa dimanfaatkan jeruknya saja. Bila lokasinya strategis dan pemandangannya bagus, Anda juga bisa buka usaha petik jeruk untuk mendapatkan uang dari sektor pariwisata.

3. Kebun apel

Sama dengan jeruk, bisnis ini juga memerlukan lahan yang luas. Selain bisa dimakan buahnya, Anda juga bisa membuka wisata petik apel.

4. Perkebunan pisang

Bila dulu pisang dibudidayakan dengan sistem tumpang sari layaknya pohon mangga. Kini, ada banyak orang yang mengembangkan peluang usaha perkebunan buah pisang dalam satu lahan tersendiri. Jadi, satu lahan hanya untuk buah pisang saja.

Dan ini terbukti menghasilkan asalkan pilihan buah pisangnya tepat. Yakni pisang-pisang yang banyak disukai orang dengan tingkat permintaan yang tinggi. Contohnya, cavendish, pisang candi, pisang raja, kepok, dan yang lainnya.

5. Perkebunan buah naga, mudah cara menanam dan mengelolanya

Buah naga sangat mudah tumbuh. Tidak hanya di dataran tinggi tetapi juga di dataran rendah. Sekali ditancapkan, buah naga akan mudah bertunas dan menghasilkan.

Anda hanya perlu menemukan pengepul dan teknik pemasaran yang tepat bila ingin berhasil membudidayakan buah satu ini.

6. Membudidayakan buah semangka

Semangka merupakan buah yang kaya air dan menyegarkan. Buah ini sering dijumpai di acara warga sebagai pencuci mulut. Dari situ jelas bahwa semangka memiliki pasar yang stabil dan tidak naik turun.

7. Perkebunan coklat

Tidak sembarang daerah bisa ditanami coklat. Salah satu contoh daerah yang dikenal dengan hasil coklatnya adalah Tulung Agung. Bisnis ini menguntungkan lantaran coklat bisa diolah menjadi beragam jenis pangan.

8. Kebun buah jambu monyet

Jambu monyet bukan dimanfaatkan buahnya, tetapi mede atau bijinya. Mede atau mete atau mente dalam bahasa Jawa dibanderol dengan harga yang mahal saat musim panen tiba. Sementara buahnya cukup dipakai untuk membuat lauk pauk atau dimakan sapi bagi yang punya usaha budidaya sapi.

Harga mede kupasan bisa mencapai puluhan ribu rupiah per kilo gram. Sementara sekali panen, 1 pohon jambu monyet bisa menghasilkan rata-rata 3-5 kg mede non kupas tergantung besar pohonnya.

Bayangkan saja bila Anda bisa mengembangkan buah ini di lahan yang lebih luas dan menanam lebih banyak pohon. Hasilnya tentu bisa semakin banyak dan bikin cepat kaya.

9. Kebun durian

Buah durian juga sangat terkenal di Indonesia. Maka dari itu, membudidayakan buah ini secara khusus bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat.

10. Perkebunan buah kelapa

Buah kelapa memiliki khasiat yang sangat penting untuk kesehatan. Buahnya sering dicari hingga ada yang menjualnya secara khusus. Dengan kata lain, buah ini punya pangsa pasar yang cenderung luas.

Apalagi, buah kelapa juga tidak kenal musim. Dia selalu berbuah sepanjang tahun. Pohonnya pun bisa disandingkan dengan hasil tani lain sehingga tidak perlu lahan terpisah untuk menanamnya.

Dari sini jelas bahwa menanam pohon kelapa sangat menguntungkan.

Catatan: Selain beberapa opsi buah di atas, masih banyak buah-buahan lain yang bisa Anda coba. Misalnya rambutan, salak, nanas, dan yang lainnya.

Peluang usaha perkebunan yang paling menguntungkan, wajib coba!

Peluang usaha perkebunan yang paling menguntungkan wajib coba

Selain bisnis kebun buah-buahan, Anda juga bisa mencoba bisnis yang pasti untung dan tidak pernah rugi. Contoh dan penjelasannya bisa dibaca di bawah ini:

11. Perkebunan jati

Kayu jati sudah dari dulu dikenal dengan kualitasnya yang baik. Semakin berumur kayunya, semakin mahal pula harganya.

Kayu inilah yang secara umum dipakai untuk membuat berbagai macam furnitur tahan rayap dengan harga yang lumayan tinggi. Tak hanya di desa, hal tersebut juga berlaku untuk kota-kota besar.

Nah, jika Anda punya lahan yang luas, tidak ada salahnya untuk menanaminya pohon jati. Dengan menanaminya jati, Anda tidak perlu mengelola tanahnya dan tak perlu repot menyiraminya setiap hari.

Cukup tunggu sampai jatinya membesar dan kayunya siap digunakan untuk berbagai macam mebel. Selama masa tunggu, pastikan Anda sudah punya penghasilan bulanan untuk kehidupan sehari-hari.

Anggap saja bahwa kebun jati tersebut sebagai investasi hidup yang bisa dicairkan sewaktu-waktu saat membutuhkan uang.

12. Kelapa sawit

Kebun kelapa sawit juga memberikan keuntungan yang sangat besar. Harga jualnya yang cenderung tinggi menjadi alasan untuk hal tersebut.

Terlebih, sistem perkebunannya juga cenderung mudah. Anda cukup menanam sekali tapi untungnya berkali-kali..

13. Kebun teh

Perkebunan teh juga memberikan hasil maksimal. Tidak hanya dalam bentuk uang dari hasil daun tehnya tetapi juga uang dari wisatanya jika memungkinkan.

Namun, perlu diingat bahwa untuk membuka peluang usaha perkebunan ini dibutuhkan modal yang sangat besar. Bila tidak, Anda bisa kalah dengan pengusaha teh yang sudah berpengalaman dengan modal besar pula.

Peluang usaha perkebunan yang tidak butuh lahan luas

Jika Anda tidak punya lahan yang cukup luas untuk berkebun, maka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan kebun yang ada dengan pilihan tanaman yang pas.

Peluang usaha perkebunan yang tidak butuh lahan luas

Di bawah ini adalah beberapa opsi perkebunan dengan lahan sempit yang bisa Anda coba:

14. Tanaman hidroponik

Bisnis hidroponik merupakan salah satu usaha yang cocok dijalankan oleh milenial yang ingin belajar bertani. Pasalnya, usaha ini bisa dijalankan dari rumah dengan memanfaatkan lahan minimalis.

Anda tidak memerlukan media tanam berupa tanah, tetapi bisa pakai pipa dan mengembangkannya secara vertikal sehingga irit tempat.

Sebagai pemula, cobalah pilih tanaman hidroponiknya dengan tepat kemudian kembangkan di lahan yang ada di rumah.

Bekerja samalah dengan orang terpercaya dan berpengalaman agar hasil perkebunan Anda bisa laku di pasaran dengan cepat.

15. Tanaman hias

Tanaman hias juga tidak membutuhkan banyak lahan asalkan Anda bisa mengelolanya dengan bijak dan cermat. Terlebih jika yang dijual adalah bibit-bibit tanaman di pot-pot kecil.

Bila demikian yang terjadi, lahan sempit sudah cukup untuk menanam asalkan dengan penataannya pas dan tepat. Dengan begitu, peluang usaha perkebunan ini pun menjadi sangat menjanjikan dan menguntungkan.

16. Berkebun tanaman sayuran rumahan

Tanaman sayuran seperti kangkung, bayam, hingga daun ubi jalar tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda cukup memanfaatkan halaman belakang rumah untuk ditanami kemudian dipanen setiap hari. Selanjutnya, hasilnya dijual ke pedagang sayur atau ke tetangga sendiri.

Memang hasilnya terkesan kecil, tapi dari situ Anda bisa mengembangkan diri dan usahanya seiring berjalannya waktu.

17. Berkebun rempah-rempah

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kencur, hingga kunci sangat mudah tumbuh di tanah Indonesia. Menariknya, kini makin banyak orang yang mencari rempah seperti ini. Pasalnya, selain bisa dijadikan bumbu dapur, rimpang ini juga dikenal bisa jadi obat penyakit atau obat herbal.

Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha perkebunan terbaik yang menjanjikan. Selamat mencobanya dan sesuaikan dengan ketersediaan lahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.