3 Denah Rumah Type 21 yang Nyaman Buat Keluarga Baru

  • by
Denah rumah type 21 1 kamar tidur

Lahan dan budget kecil? Cobalah bangun tempat tinggal dengan denah rumah type 21. Desain ini cocok buat keluarga baru yang masih memulai semuanya dari nol.

Dari segi ukuran, denah type 21 ini memang tergolong kecil karena maksud dari type 21 adalah luas bangunannya hanya 21 meter persegi.

Meski begitu, denahnya bisa dibuat lengkap dengan dapur, ruang tamu, hingga carport. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Denah rumah type 21 1 kamar tidur

Pilihan pertama yang paling simpel adalah membuat denah dengan satu kamar tidur. Ini adalah opsi yang logis dan realistis bila anggaran dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak.

Denah rumah type 21 1 kamar tidur

Sebagai contoh, luas bangunan 21 meter persegi tersebut diperoleh dari perkalian antara 3 x 7 meter. Panjang 7 meter dan lebar 3 meter.

Maka dengan ketentuan ini, Anda bisa membuat denah sebagai berikut:

  1. Di sisi depan ada ruang tamu seluas 2,5 m x 2,5 m. Sementara sisa 0,5 m x 2,5 m bisa dipakai teras sekaligus tempat untuk memasukkan sepeda motor.
  2. Lurus dengan ruang tamu, Anda bisa membuat kamar tidur dengan ukuran 2,5 cm x 3 m.
  3. Sebelah kamar tidur bisa dibuat kamar mandi dan dapur dengan total ukuran 0,5 m x 3 m.
  4. Sisa lahan di belakang berukuran 1,5 m x 3 m bisa digunakan sebagai area cuci jemur atau untuk ekspansi ruangan ke depan. Misalnya gudang atau yang lain.

Soal tata letak dan menghadap ke mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan arah rumah.

Denah rumah type 21 2 kamar tidur

Dengan luasan 21 meter persegi, Anda juga bisa membuat dua kamar tidur. Tentu luasan kamarnya berbeda dengan 1 kamar tidur saja. Tapi dengan penataan yang apik, rumah akan tetap nyaman.

Misalnya, luas bangunan 21 meter persegi tersebut diperoleh dari perkalian 3 x 7 meter, masing-masing sebagai lebar dan panjang. Maka dengan kondisi ini, 2 kamar tidur yang ada di bangunan tersebut bisa dibuat dengan cara:

  1. Ruang tamu berukuran 2,5 x 2,5 meter persegi. Sisanya dipakai untuk garasi motor.
  2. Kamar pertama dengan ukuran 2,5 x 2,5 meter persegi terletak di bagian tengah bangunan.
  3. Kamar kedua dengan ukuran 2 meter x 2,5 meter persegi terletak di bagian belakang.
  4. Menempel tembok kamar belakang bisa dibangun kamar mandi dengan ukuran 1,5 x 0,5 meter persegi.
  5. Di depan kamar mandi bisa dibuat dapur minimalis yang juga sekaligus tempat mencuci baju.

Dengan ruangan ini, mau tidak mau, area jemur harus ditaruh di bagian depan. Agar nyaman dan sirkulasi udara bagus, berikan ventilasi dan jendela yang banyak di rumah Anda.

Desain rumah type 21 2 lantai

Selanjutnya, Anda bisa membuat tempat tinggal dengan konsep 2 lantai agar suasananya makin terasa nyaman dan luas.

Berbeda dengan dua desain sebelumnya yang garasinya hanya bisa dipakai untuk motor. Kalau dibuat dua lantai bisa dipakai untuk mobil.

Caranya adalah dengan membuat bagian bawahnya hanya untuk ruang tamu, carport, dapur, ruang kerja, atau semacamnya. Sementara kamar tidur dan kamar mandi lebih fokus di atas. Jadi, ruang atas memang fokusnya hanya sebagai tempat beristirahat saja.

Itulah beberapa ide desain rumah tipe 21 dan kombinasi ruangannya yang bisa dijadikan acuan. Untuk menyiasati ruangan yang kecil, Anda bisa memakai furnitur multifungsi dan minimalis supaya ruangan lega dan nyaman.

Tulisan ini adalah contoh artikel untuk layanan artikel juara. Sample lainnya dapat anda lihat di sini. Saat dibuat, tulisan ini juga sudah lolos pengecekan plagiarisme menggunakan copyscape premium. Bukti pengecekan terlampir di bawah ini.

Screenshot 2021 03 08 Copyscape Premium Search Rumah 500 kata Denah rumah type 21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *