17 Khasiat Manfaat Minyak Kutus-Kutus Oil & Cara Penggunaannya

  • by
Minyak kutus-kutus

Benarkah klaim yang menyatakan bahwa manfaat minyak kutus-kutus mampu menyembuhkan segala jenis penyakit?

Minyak kutus-kutus merupakan salah satu produk minyak asli Bali yang sempat menuai kontroversi. Bagaimana tidak? Banyak klaim bahwa produk ini sangat manjur untuk menyembuhkan segala jenis penyakit.

Minyak herbal ini diklaim bisa menyembuhkan penyakit ringan seperti meriang dan nyeri, hingga penyakit berat seperti kanker.

Belum habis soal kesaktiannya dalam menyembuhkan segala jenis penyakit, banyak pihak justru meragukan kehalalan dan keamanan produk ini. Lantas, bagaimana sebenarnya produk ini dibuat dan apa saja manfaatnya?

Kami akan mengulas semua kontroversi itu dalam artikel ini.

Minyak kutus-kutus

Tentang minyak herbal kutus-kutus

Perlu Anda ketahui bahwa pada saat dibuat pertama kali oleh Servasius Bambang Pranoto, produk ini tidak untuk dijual. Melainkan hanya untuk pemakaian sendiri. Pasalnya, pada saat itu sang pembuat minyak hanya ingin sembuh dari penyakitnya saja.

Saat itu, Pak Pranoto mengalami lumpuh dan tak kunjung membaik. Beliau mengalami kecelakaan di tahun 2011 dan tahun 2012 mulai membuat minyak herbal ini. Beliau membuat minyak dari 49 bahan nabati lalu diberi nama kutus-kutus.

Minyak ini masuk ke pasar karena pada saat itu ada temannya yang sakit. Kemudian sang teman ditawari untuk pakai minyak ini dan sembuh. Kabar tentang kesembuhan sang pencipta minyak herbal dengan temannya ini kemudian merebak dengan cepatnya.

Dari situlah asal muasal produk ini dijual di pasaran.

Kemudian, saking banyaknya peminat, muncullah kontroversi baru. Yakni antara produk asli dan palsu. Sebab produk minyak herbal ini juga mulai ditemukan dijual dengan harga di bawah standar.

Sang pencipta menegaskan bahwa harga minyak kutus-kutus asli adalah 230 ribu. Dalam sebuah portal online beliau pun menjelaskan bahwa jika ada yang menjual dengan harga di bawah 230 ribu rupiah, dapat dipastikan produk tersebut palsu.

Khasiat minyak kutus-kutus berdasarkan kandungannya

Manfaat minyak kutus kutus dari bahan minyak kelapa dan minyak lainnya

Sempat disebut di atas bahwa produk ini dibuat dari 49 tanaman berbeda. Salah satunya adalah minyak kelapa. Selain minyak kelapa, ada 7 bahan utama lainnya. Berikut adalah ulasannya:

1. Minyak kelapa

Merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan dalam masakan, kecantikan, dan kesehatan. Bahan ini masuk dalam kategori superfood karena mengandung nutrisi yang amat bermanfaat.

Dalam sejumlah penelitian ditemukan bahwa manfaat minyak kelapa dikaitkan dengan anti inflamasi (anti peradangan) karena kandungan antioksidannya. Selain manfaat tersebut, minyak kelapa juga memiliki manfaat lain seperti menjaga kesehatan rambut dan kulit, membantu membakar lemak perut, menjaga kestabilan gula darah, mengatasi masalah gusi, mengatasi masalah karies gigi, dan mudah diserap oleh kulit.

Karena memiliki kandungan minyak kelapa, manfaat minyak kutus-kutus oil pun diharapkan akan sama atau menyerupai.

2. Pule

Nama ilmiah dari Pule adalah Alstonia scholaris. Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan jeletung, lame, kayu gabus, pulai, atau lamo, sesuai daerahnya. Bagian yang digunakan untuk kutus-kutus oil adalah bagian daun dan kayunya.

Tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengatasi kurang darah, malaria, hipertensi, peradangan sendi, bahkan dijadikan sebagai stimulan

Namun, belum banyak penelitian yang membukti khasiat di atas.

3. Temulawak

Merupakan salah satu herbal Indonesia yang terkenal memiliki sejumlah khasiat. Khasiat minyak kutus-kutus yang berasal dari temulawak ini sudah terbukti dalam pengobatan Cina tradisional.

Produk ini bisa mengatasi masalah luka dan peradangan. Juga disebut dapat mengatasi masalah osteoarthritis, masalah gangguan pencernaan, hingga pengobatan kanker.

Khusus untuk pengobatan kanker, tak banyak penelitian yang mendukungnya. Namun beberapa peneliti mempercayai khasiat tanaman ini untuk beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, usus, hingga prostat.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi oleh temulawak dan secara ilmiah sudah terbukti adalah: Batu empedu, eksema (eksem / peradangan pada kulit), penyakit jantung, sirosis hati, dan masalah kesehatan di mulut.

Meski masih diperlukan penelitian-penelitian lebih lanjut mengenai manfaat temulawak, tetap saja bahan ini layak digunakan sebagai salah satu herbal yang ajaib.

4. Bunga lawang

Di Asia, bunga lawang digunakan juga sebagai salah satu bahan masakan. Dalam penelitian yang ada, bunga ini bisa mengatasi masalah infeksi bakteri, menekan perkembangan sel kanker, sebagai anti-aging, hingga infeksi jamur.

5. Purwaceng

Manfaat minyak kutus-kutus untuk vitalitas didapatkan dari purwaceng. Adalah bagian akar Purwaceng yang dipercaya bisa meningkatkan vitalitas baik pada pria maupun wanita.

Selain itu, bahan ini juga memiliki fungsi untuk meredakan demam, mengatasi gangguan pencernaan, dll.

6. Daun ashitaba

Daun ini banyak tumbuh di Jepang dan memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat, sembelit, kolesterol tinggi, hingga demam.

7. Daun neem

Masalah kesehatan yang bisa diatasi oleh daun yang berasal dari India ini adalah bisul, kanker, gangguan pencernaan, mimisan, masalah penglihatan, dan meningkatkan imunitas.

8. Kayu gaharu

Banyak sekali masalah kesehatan yang dikaitkan dengan bahan yang satu ini, di antaranya adalah masalah ginjal, relaksasi pikiran, kebotakan, asma, hingga pembengkakan dan gangguan pencernaan.

Manfaat minyak kutus-kutus bali dan cara penggunaan minyak kutus-kutus yang sederhana

Cara kerja minyak ini pada dasarnya lebih ke kemampuan untuk mendorong tubuh melakukan self-healing karena bisa menambah energi. Berikut adalah beberapa khasiatnya:

1. Keputihan

Produk ini bisa mengatasi bau tak sedap yang ada di organ kewanitaan dan mengatasi masalah keputihan yang bikin tidak nyaman.

2. Pereda nyeri

Dari ulasan kandungan minyak kutus-kutus, banyak sekali ditemukan bahan yang bertindak sebagai anti nyeri. Mulai dari nyeri haid, asam urat, hingga otot.

3. Kesehatan mulut

Jika dibaca secara sekilas, banyak bahan dari minyak ini yang mendukung kesehatan mulut, yakni gigi, gusi, hingga bau mulut.

4. Antioksidan tinggi

Ada banyak bahan yang mengandung antioksidan tinggi dipakai dalam pembuatan kutus-kutus oil. Bahkan, ini pula yang membuat khasiat minyak kutus-kutus Bali dipercaya sebagai obat yang bisa memerangi kanker.

5. Sakit kepala

Ada efek relaksasi dari produk ini dan akan mengurangi rasa sakit yang ada di kepala. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara membalurkan langsung pada bagian yang sakit.

6. Meningkatkan nafsu makan

Produk ini merupakan produk luar yang bisa meningkatkan nafsu makan, khusus pada anak-anak.

7. Wasir / ambeien

Sudah dijelaskan di atas bahwa produk ini bisa mengatasi masalah gangguan pencernaan. Selain itu beberapa bahannya juga bisa mengatasi masalah ambeien, bahkan pada wanita yang baru saja melahirkan.

8. Masalah penyakit serius

Untuk mengatasi masalah yang lebih serius seperti kanker, manfaat minyak kutus-kutus Bali dikaitkan dengan kemampuannya sebagai healing oil, meningkatkan energi tubuh untuk melakukan self healing atau penyembuhan sendiri.

9. Kesehatan pencernaan

Ada berbagai masalah kesehatan yang dimulai dari kesehatan pencernaan yang terganggu. Dan baiknya, khasiat kutus-kutus dapat menjawab masalah itu.

Secara umum, cara penggunaan minyak kutus-kutus adalah dengan cara dioles, karena merupakan obat luar. Tapi tidak masalah jika tertelan.

Aman dan halal

Minyak kutus-kutus aman dan sudah BPOM

Manfaat minyak kutus-kutus di atas bisa Anda rasakan secara aman dan halal karena kini minyak herbal ini sudah mengantongi izin dari BPOM dan label halal dari MUI. Tak seperti pada saat awal dibuat, minyak herbal asli Bali ini sudah mengalami perkembangan yang pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.