21 Contoh Bisnis Digital Terbaru yang Bikin Sukses

  • by
Contoh bisnis digital di Indonesia dengan peluang super besar

Bisnis digital sangat menguntungkan. Modalnya kecil tapi profit margin dan potensinya sangat besar di Indonesia. Mau coba? Ikuti ulasan ini sampai selesai.

Usaha di sektor digital menjadi pilihan yang paling sesuai dengan kondisi saat ini. Pasalnya, sekarang makin banyak orang yang melek digital dan lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk beraktivitas.

Bila dulu orang jualan makanan hanya bisa ke tetangga terdekat atau orang di sekitar tempat usaha tersebut, lewat dunia digital kesempatan mendapatkan banyak pelanggan terbuka lebar.

Ibaratnya, bila dulu hanya bisa menjual 5 kg beras untuk memasak di warung, kini bisa sampai 10 kg untuk sekali masak di warung.

Artinya, peluang untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dan pastinya bisa bikin cepat kaya.

Namun, kondisi ini hanya berlaku bagi orang yang bisa memanfaatkan digitalisasi secara maksimal. Selain itu, pilihan usahanya juga harus tepat sesuai dengan profil yang Anda miliki.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang pilihan bisnis dengan memaksimalkan dunia digital Selamat menyimak.

Apa itu bisnis digital?

Sesuai dengan namanya, bisnis digital adalah segala usaha yang memanfaatkan alat, benda, maupun konten digital untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan.

Apa itu bisnis digital

Contoh alat, benda, atau konten digital yang dimaksud di sini adalah smartphone, laptop, internet, buku-buku online, skill yang bisa dijual secara online, dan yang lainnya.

Artinya, sebagian besar usahanya dapat dijalankan sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Hal ini tentu sangat menguntungkan mengingat saat ini dunia digital telah berkembang pesat di Indonesia. Dengan memanfaatkannya secara maksimal, seseorang bisa sukses dalam kehidupannya.

Terlebih, hampir semua orang sudah melek digital. Tidak ada lagi yang gagap. Hampir semua orang memiliki HP dan dapat mengoperasikannya. Mereka jadi pangsa pasar yang cukup potensial untuk mengembangkan usaha digital ini.

Contoh bisnis digital di Indonesia dengan peluang super besar

Contoh bisnis digital di Indonesia dengan peluang super besar

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha di bidang digital yang bisa Anda jalankan:

1. Menjadi konsultan SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu istilah yang merujuk pada kemampuan dalam optimasi situs agar bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Artinya, kemampuan ini akan membuat situs tersebut berhasil mendapatkan kunjungan yang super banyak dari para pemakai internet.

Dengan kemampuan SEO, Anda akan bersaing dengan beragam situs lain seantero dunia untuk dapat menggaet dan mendapatkan pembaca di blog atau situs tersebut.

Dengan kemampuan dan keuntungan tersebut, tidak heran bila jasa SEO sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sedang membangun bisnis mereka dan mengenalkan usahanya ke khalayak.

Tidak hanya perusahaan besar, pemilik situs yang masih biasa pun ingin ikut bersaing dan mereka jelas butuh jasa konsultan SEO.

Pasalnya, tidak semua paham tentang SEO, terlebih algoritma mesin pencari juga terus berubah memaksa para konsultan ini untuk terus belajar dan memahami bagaimana algoritmanya supaya tetap bisa eksis di mesin pencari.

Harga jasa konsultan SEO ini lumayan besar. Jadi, jika Anda punya skill di situ, silakan ambil kesempatan ini.

2. Membuka bisnis kursus online

Jika kemampuan Anda adalah mengajar, maka mulai sekarang pastikan Anda bisa mengajar secara online. Pasalnya, kemampuan ini akan berguna secara digital.

Selain bisa memberikan kursus online melalui pengajaran secara live, Anda juga bisa membuat modul pengajaran melalui video e-learning dan menjualnya.

3. Usaha dropship

Cari bisnis digital tanpa modal? Usaha dropship jawabannya. Anda tidak perlu stok barang. Cukup promosikan saja produk orang lain dan ambil keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jualnya.

Dengan begitu, Anda akan bisa meraih kesuksesan dengan mudah. Apalagi Anda bisa bekerja sama dengan banyak supplier. Artinya, barang yang dijual bisa beragam. Tidak hanya satu jenis saja. Tergantung supplier apa saja yang dipilih.

4. Jadi developer atau pengembang web dan desainernya

Developer web merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan jika Anda ahlinya. Bisnis ini sangat menguntungkan. Untuk sekali proyek, Anda bisa mendapatkan uang senilai jutaan rupiah. Padahal, dalam sebulan puluhan web dan desainnya bisa dikerjakan dengan cepat.

Apabila dikerjakan dengan serius, dalam satu bulan uang yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Menjadi penulis lepas

Menulis artikel online bisa menjadi peluang bisnis digital yang tidak bisa diabaikan. Untuk satu artikel saja, Anda bisa dibayar dari puluhan sampai ratusan ribu. Tergantung kualitasnya dan sesuai tidak dengan SEO.

Usaha ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang harian, mingguan, hingga bulanan. Tergantung, seberapa besar Anda bisa aktif menulis.

6. Menjadi afiliator

Punya situs atau media sosial yang aktif, gunakan itu untuk membagikan link dan menjadi afiliator marketplace. Salah satu marketplace yang memberikan kesempatan ini adalah Tokopedia.

Jadi cara kerjanya adalah pemilik situs atau sosial media membagikan link Tokopedia. Kemudian, ketika ada yang klik tautan tersebut kemudian membeli produknya, pemilik situs dan sosial media akan mendapatkan sejumlah komisi.

Mengenai perhitungan komisi ini harus Anda pelajari sendiri karena berbeda pada masing-masing pihak yang menawarkan program afiliasi.

7. Konten kreator atau influencer

Menjadi konten kreator juga pilihan yang sangat menguntungkan. Ada banyak orang yang sudah membuktikannya. Mulai dari orang biasa sampai kalangan artis.

Caranya adalah dengan membuat konten kemudian memostingnya di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Bisa juga ke sosial media lain yang menawarkan program kerja sama.

8. Membangun online store

Online store merupakan contoh bisnis digital yang memerlukan keaktifan. Ini layaknya berjualan di toko biasa tapi bedanya pasar dan pembelinya berasal dari seluruh Indonesia.

Jadi, Anda harus menyiapkan produk dan mengontrol stoknya dan melakukan promosi agar bisnisnya terkenal dan lancar.

Usaha ini bisa dijalankan melalui marketplace dengan cara membuat akun toko online. Selain itu, bisa juga melalui sosial media dan situs pribadi. Akan sangat baik jika Anda punya semuanya sebab ini menunjukkan profesionalitas dari bisnis yang sedang dijalankan.

9. Menjadi blogger terkenal

Bisnis digital ini memanfaatkan kemampuan menulis dan mengelola situs. Jadi, Anda harus bisa menulis sesuai kaidah SEO tapi dengan kosa kata yang tetap runut dan keren.

Setelah itu, posting tulisan tersebut ke dalam blog pribadi. Tunggu sampai blog-nya bertrafik atau mendapatkan kunjungan yang banyak. Setelah pengunjung dan pembacanya banyak, dengan kata lain terkenal, silakan pasangi iklan Adsense.

Artinya, Anda akan menjadi publisher Adsense dan mendapatkan uang dari sana.

10. Membuat dan menjual aplikasi mobile

Jika Anda punya kemampuan membuat aplikasi mobile, silakan gunakan kemampuan tersebut untuk menciptakan aplikasi terbaru yang unik dan daftarkan di Google Play dan toko aplikasi lain. Pasang iklan untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi tersebut.

Nah, apabila belum punya kemampuan untuk membuka aplikasi sendiri, Anda juga bisa bekerja sama dengan developer dengan menyampaikan ide yang Anda miliki kepada mereka.

11. Usaha podcast

Podcast juga menjadi salah satu contoh bisnis digital menjanjikan di era sekarang. Pastikan Anda punya kemampuan bicara yang baik sehingga sukses di bidang ini.

12. Menjadi penerjemah online

Bisa menerjemahkan dan menguasai bahasa asing? Gunakan kemampuan tersebut untuk bisnis digital penerjemah online. Mulailah dari menjadi penerjemah buku, drama film, atau semacamnya.

13. Menjual produk digital (non fisik)

Ada banyak produk digital yang bisa Anda jual. Misalnya e-book, video e- learning, dan yang lainnya. Produk-produk semacam ini sangat berguna buat mereka yang membutuhkan. Penjualannya sendiri bisa melalui situs, akun media sosial, hingga marketplace.

14. Menjual foto dengan lisensi

Jika Anda bertanya bisnis digital yang minim pesaing, maka menjual foto dengan lisensi bisa jadi salah satunya. Saat ini, di website stok foto, kebanyakan fotonya berasal dari luar negeri. Masih minim yang berasal dari Asia, khususnya Indonesia.

Menjual foto dengan lisensi

Padahal, ada banyak hal di sekitar kita yang bisa difoto dan dijual di situs tersebut.

Jangan pikirkan ide yang terlalu rumit, mulailah dengan kegiatan dan hal-hal yang ada di sekitar kita setiap hari. Peluang bisnis online ini sangat menjanjikan jika dilakukan dengan serius.

15. Jadi admin sosial media

Tidak banyak yang bisa mengelola sosial media secara maksimal. Kebanyakan orang hanya tahu cara posting tapi tidak mengerti bagaimana cara mendapatkan engagement yang tinggi pada sosial media tersebut.

Jika Anda punya kemampuan ini, maka menjadi admin sosial media bisa jadi pilihan. Bukalah jasanya dan promosikan sehingga bisa bekerja sama dengan perusahaan atau pemilik usaha besar.

Biasanya, selain karena tidak bisa mengelola media sosial, mereka membutuhkan admin juga untuk sekedar melayani para pengunjung yang datang dan melihat sosial media tersebut.

16. Buka konveksi atau jahit online

Kini, ada banyak penjahit yang melirik bisnis ini. Namun, belum semuanya. Yang jelas, daerah-daerah yang terkenal dengan konveksinya seperti Bandung dan Jogja sudah memulainya. Usaha ini sudah menjadi salah satu contoh peluang bisnis di Jogja secara online.

Jika Anda berasal dari daerah lain, maka silakan kembangkan juga dengan memasarkan ciri khasnya sendiri.

17. Menjual barang bekas online

Ada banyak barang bekas yang bisa dijual. Mulai dari pakaian, buku, alat elektronik yang masih layak pakai, dan yang lainnya.

Anda bisa mulai melirik bisnis digital ini sebab faktanya sangat menguntungkan dan bisa memberikan penghasilan tetap.

18. Jadi konsultan digital marketing

Digital marketing adalah seni untuk mendapatkan pelanggan di dunia online. Cara ini memang gampang-gampang susah dan faktanya tak semua mampu. Jika Anda punya keahlian tersebut dan terbukti menghasilkan banyak uang, silakan bagikan kemampuan Anda dengan membuka jasa konsultan.

Artinya, selain bisa diterapkan untuk bisnis digital sendiri, usahanya juga akan makin bermanfaat untuk orang lain sekaligus membuka tambahan pintu rezeki.

19. Jasa backlink website

Untuk bisa tetap berada di halaman pertama Google dan memantapkan posisi, sebuah situs memerlukan backlink. Menariknya, Anda bisa membeli backlink dengan mudah. Mulai dari backlink yang biasa saja hingga yang berkualitas.

20. Jual followers dan subscribers

Keberadaan follower, like, dan subscriber merupakan daya tarik tersendiri dalam sebuah akun media sosial. Semakin banyak, maka semakin naik pula tingkat kepercayaan orang yang melihat sosial medianya.

Maka dari itu, hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk membuka bisnis digital berupa jual followers dan subscribers. Anda bisa mencobanya bila berkenan.

21. Menjual pulsa online

Produk berikutnya yang tak kalah menghasilkan adalah bisnis digital pulsa online. Usaha ini memerlukan keseriusan karena pangsa pasarnya seluruh Indonesia. Anda tinggal menyiapkan aplikasi untuk transaksi, laptop, pembukuan, hingga HP yang harus selalu online.

Jika sudah serius dan besar, Anda tidak hanya akan melayani tetangga, tetapi juga seluruh Indonesia. Bahkan, bisa jadi akan menjadi distributor pulsa, token, dan layanan pembayaran lainnya.

Keunggulan bisnis digital

Keunggulan bisnis digital

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bisnis digital:

1. Pilihannya beragam

Ada banyak pilihan produk yang bisa dijual. Mulai dari barang yang jelas dan nyata, produk digital, hingga layanan atau jasa. Semuanya memberikan keuntungan yang super besar dan berpotensi bikin cepat kaya.

2. Pangsa pasarnya luas

Pangsa pasar bisnis digital sangat luas, yakni se-Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Produk batik misalnya, bila ada orang dari luar negeri yang tertarik, mereka akan membeli dari Indonesia.

3. Tujuan jangka panjang karena mengikuti perkembangan zaman

Era digital merupakan bagian dari modernisasi. Dia terus berkembang mengikuti zaman. Maka dari itu, bisnis ini tidak akan usang. Selama perkembangannya bagus, maka bisnisnya juga bisa berkembang ke arah positif.

4. Potensi penghasilannya tanpa batas

Dengan kondisi seperti yang tertulis di atas, penghasilannya pun bisa tanpa batas. Asalkan Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan serius, bisa menjaga kepercayaan pelanggan, dan mampu bertahan bila ada persaingan.

5. Pelanggan dan pengusaha sama-sama nyaman

Meski tidak bertemu secara langsung, baik penjual maupun pembeli akan nyaman dengan cara bisnis digital ini.

Pasalnya, usaha digital ini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, sambil sibuk pun Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk mengelolanya.

Demikian informasi tentang bisnis digital. Masih banyak contoh usahanya. Selamat berinovasi dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.