Peluang Bisnis Oriflame: Potensi, Keuntungan, Kerugian, Pengalaman

  • by
Potensi dan peluang bisnis oriflame

Peluang bisnis oriflame terbuka buat siapa saja! IRT, mahasiswa, pelajar, bahkan pengangguran pun bisa. Gabungnya murah, untungnya melimpah, bisa passive income pula!

Bisnis ini memakai sistem MLM sehingga sangat wajar bila Anda pernah ditawari bergabung oleh member-nya. Masalahnya, apakah benar menjadi anggota akan membuat Anda kaya raya dan punya penghasilan pasif?

Itulah pertanyaan besar yang akan muncul saat berpikir mau bergabung atau tidak.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan usaha ini, mari kenali dan lihat usahanya dari sudut pandang yang berbeda. Mulai dari keuntungan, kerugian, dan potensinya.

Kami akan membahasnya lengkap sekaligus berbagi pengalaman menjadi member oriflame sebanyak dua kali di sini.

Potensi dan peluang bisnis oriflame

Dilihat dari potensinya, usaha ini sebenarnya sangat potensial. Betapa tidak, mayoritas penduduk Indonesia adalah wanita dan sebagian besar butuh kosmetik. Sebuah produk yang memang ditawarkan oleh Oriflame.

Potensi dan peluang bisnis oriflame

Terlebih, bisnis kosmetik kini juga tengah berkembang. Bila dulu peminatnya hanya ibu-ibu atau mereka yang sudah dewasa. Kini, para remaja pun sudah kenal dan butuh merawat kulit wajah dan berias.

Jelas, pangsa pasar Indonesia sangat menjanjikan untuk berbisnis oriflame.

Namun, perlu diketahui juga bahwa banyak orang yang sudah mengikuti MLM satu ini sehingga persaingan bisnisnya lumayan sengit.

Jadi, jika memang mau terjun dan menghasilkan uang melalui brand satu ini, Anda harus serius dan tekun menjalankannya. Usaha ini harus ditelateni layaknya produk milik atau merek sendiri.

Keunggulan bisnis oriflame

Sebagian besar member menyatakan bahwa mereka merasa untung saat akhirnya bisa join oriflame. Mereka bahkan sering memamerkan tabungan hingga reward yang didapat dari jualan produk kosmetik satu ini.

Lantas, apakah memang seperti itu bisnisnya?

Usaha ini memang tergolong menguntungkan bagi mereka yang telaten menjalankannya. Adapun keunggulan dari peluang bisnis oriflame ini adalah:

1. Biaya daftar membernya murah, bahkan gratis

Untuk join oriflame, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Biasanya, biaya mendaftarnya hanya sekitar 50 ribu saja. Kalau pas ada promo, bayarnya bahkan kurang dari 10 ribu rupiah atau bahkan gratis.

Setelah menjadi member, Anda akan mendapatkan target tertentu. Yakni dengan mengikuti WP1, WP2, dan WP3. Target ini boleh diikuti, boleh tidak. Jika diikuti, Anda akan mendapatkan reward khusus sesuai dengan tahapannya. Kriteria pada masing-masing tahapan juga berbeda.

2. Adanya keuntungan 23% langsung begitu join

Begitu menjadi member, Anda langsung bisa membeli produk dengan diskon sebesar 23%. Artinya, jika produknya seharga 200 ribu, Anda cukup mengeluarkan uang 154 ribu saja. Labanya adalah sekitar 46 ribu untuk satu produk saja.

Keuntungan ini bisa meningkat jika Anda sudah merekrut member dan posisinya sudah tidak sebagai downline paling bawah.

3. Banyak reward bulanan yang tersedia

Setiap bulan, oriflame selalu menyediakan reward khusus buat para membernya. Masing-masing reward bisa didapatkan jika member berhasil mencapai sejumlah target. Biasanya, targetnya adalah mengumpulkan penjualan sebesar 200 BP.

Untuk diketahui harga produk yang ada di Oriflame dalam rupiah akan dikonversi dalam bentuk BP. Nominal BP pada masing-masing produk akan muncul saat Anda melakukan transaksi.

4. Ada reward pencapaian khusus

Ketika seseorang berhasil memiliki pencapaian tertentu sesuai dengan ketetapan oriflame, maka dia akan mendapatkan reward khusus. Maka dari itu, jangan heran kalau ada member yang bisa jalan-jalan, beli rumah, mobil, dan yang lainnya.

5. Tersedia jenjang karier yang cukup jelas

Jenjang karier dan pencapaian di sini cukup jelas dan adil. Jika performanya baik, maka hasilnya juga akan baik. Kalau performanya menurun, maka jelas akan memburuk juga kariernya.

6. Member punya opsi jualan atau tidak jualan

Peluang bisnis oriflame tidak memaksa penggunanya untuk berjualan. Kalau memang menjadi member hanya untuk memakai produknya saja, itu juga bagus dan diperbolehkan. Kalau mau sekalian jualan dan mendapatkan keuntungan juga sangat diterima.

7. Member punya opsi rekrut downline dan tidak

Selain jualan, biasanya member juga memiliki target downline tertentu yang diharapkan bisa berperforma baik. Namun, ini bukanlah hal wajib. Anda bisa melewatkannya jika memang tidak suka.

Sebaliknya, jika mau mengembangkan peluang bisnis oriflame dengan gencar, merekrut downline adalah pilihan yang paling pas. Sebab, dari sini penjualan atau nilai BP akan naik dengan cepat dan mudah.

Downline itu ibarat pemilik bisnis reseller. Jualan mereka akan masuk dalam pencatatan bisnis upline yang merekrutnya.

8. Adanya pembelajaran dan pertemuan rutin

Untuk bisa sukses di usaha ini, Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang rutin dilakukan oleh senior. Bahkan, biasanya juga ada acara di BC untuk selebrasi pencapaian di bulan sebelumnya.

Intinya, kalau gabung oriflame, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan ilmu. Sebab di sini, semuanya akan diajarkan dari nol dan siapa saja bisa melesat maju ke depan.

9. Semua sistemnya sudah online

Menariknya lagi, sistem oriflame sudah full online. Proses pembelian sudah melalui aplikasi HP. Selain itu, khusus member yang memang mau full berbisnis, tersedia aplikasi buat mengatur para downline-nya. Aplikasi ini terpisah dan sama-sama memiliki performa yang bagus.

Selain keunggulan-keunggulan di atas, masih cukup banyak poin yang menjadikan bisnis ini menarik. Tak heran bila banyak orang yang tertarik untuk mengikutinya.

Kerugian bisnis oriflame

Di samping keunggulannya sebagaimana kami sampaikan di atas, bisnis ini ternyata juga punya nilai negatif. Sebab faktanya, ada banyak yang sudah ikut tapi akhirnya mundur dan memilih tidak meneruskan usahanya.

Kerugian bisnis oriflame

Apa saja kendala dan kerugian berbisnis oriflame? Berikut ini beberapa poin yang harus Anda perhatikan:

1. Perlu ketelatenan untuk rekrut member

Salah satu kendala yang paling sering dialami oleh anggotanya adalah perekrutan anggota baru. Perlu kemampuan dan ketelatenan untuk mengenalkan usaha ini kepada orang lain hingga akhirnya mereka tertarik untuk gabung.

2. Harga produknya tergolong mahal bagi sebagian orang

Bagi kelas menengah ke bawah, peluang bisnis oriflame ini menawarkan harga yang relatif tinggi. Meskipun sudah diskon, harganya masih ratusan ribu. Kecuali untuk merek-merek tertentu yang memang dikenal dengan harganya yang miring.

3. Adanya persaingan yang cukup tinggi antar member

Jumlah member Oriflame di Indonesia sudah cukup banyak. Itu artinya, persaingannya juga tinggi.

4. Ada ongkos kirim dengan ketentuan tertentu

Saat sudah melakukan transaksi, Anda bisa memilih mau mengambil produknya ke kantor, ambil di minimarket rekanan, atau dikirim langsung ke rumah.

Jika memilih pengiriman langsung ke rumah, maka Anda perlu membayar sejumlah ongkir jika nilai transaksinya belum memenuhi ambang batas minimal.

Sementara itu, Anda yang tinggal di pedesaan juga tidak bisa mengambil langsung ke kantor karena lokasi kantornya ada di kota besar.

5. Harus benar-benar menjaga performa usaha

Sebagaimana dijelaskan di atas, peluang bisnis oriflame ini cukup adil dan jelas. Maka dari itu, untuk membuat performa usahanya bagus, Anda juga harus all-out. Jika terlena sebentar saja, member yang lain bisa menyalip.

Selain hal-hal di atas, masih ada kemungkinan kendala lain yang membayangi usaha ini. Namun, bagi sebagian orang yang mampu mengatasinya, mereka akan keluar sebagai juara.

Bisnis oriflame seperti apa? Ini cara kerjanya!

Melihat bagaimana potensi dan kendalanya sebagaimana kami sebutkan di atas, Anda tentu masih berpikir mau join peluang bisnis oriflame atau tidak.

Bisnis oriflame seperti apa Ini cara kerjanya

Untuk membantu Anda memutuskan apakah mau daftar member atau tidak, mungkin Anda perlu mengetahui cara kerjanya dulu. Di bawah ini adalah ringkasan mudah dari cara bekerja di Oriflame:

1. Memakai produknya

Orang yang join peluang bisnis oriflame wajib menggunakan produknya. Salah satu tujuannya adalah agar memiliki pengalaman memakai produk tersebut.

Pengalaman ini selanjutnya bisa digunakan untuk diri sendiri atau diceritakan kepada orang lain barangkali bisa menginspirasi.

2. Menawarkan atau menjual kepada orang lain

Selain memakai, Anda juga bisa langsung menjualnya kepada orang lain. Biasanya, karena sudah pakai produknya, Anda jadi tahu mana nilai lebih produknya dan bagaimana nilai negatifnya.

3. Merekrut member baru sebagai downline

Ini adalah opsi yang paling harus dilakukan jika Anda mau menjadikan oriflame sebagai ladang bisnis untuk mendapatkan uang.

Pasalnya, berjualan saja tidak akan cukup untuk mendapatkan banyak uang. Anda harus melakukan rekrutmen agar makin banyak downline yang bertransaksi dan nominal BP-nya masuk ke BP tim.

Demikian ringkasan peluang bisnis oriflame yang dapat kami sampaikan. Kami menulis ini sesuai pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.