19 Peluang Usaha Waralaba Terbaik, Pasti Laris Anti Gagal

  • by
Tips memulai peluang usaha waralaba bagi pemula

Memilih peluang usaha waralaba itu tricky! Bila salah, ada kemungkinan gagalnya. Pilihlah franchise terkenal dan laris manis. Kemudian jalankan!

Ada banyak jenis franchise yang ada di Indonesia. Mereka hadir dalam berbagai kategori, varian, dan harga yang berbeda-beda.

Ada yang bergerak di bidang kuliner atau makanan, ada yang fokus di pelayanan dan jasa, ada pula yang fokus di penjualan barang. Masing-masing jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Maka dari itu, sebagai pemula atau pebisnis Anda harus melakukan seleksi dengan tepat sebelum memilih mana usaha yang mau diambil. Jangan sampai tergesa-gesa hingga salah memilih. Bila salah pilih, bisa jadi booth dan bahan yang sudah dibeli akan mangkrak di rumah, tidak terpakai.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang peluang bisnis franchise secara mendalam. Simak!

Tips memulai peluang usaha waralaba bagi pemula

Secara umum, membeli usaha franchise itu menguntungkan. Betapa tidak, Anda tidak harus branding merek dari awal. Tinggal pakai booth, bahan, dan peralatan yang disediakan, maka bisnis bisa langsung dijalankan.

Tips memulai peluang usaha waralaba bagi pemula

Namun, pada kenyataannya, banyak bisnis waralaba yang sepi pembeli hingga gulung tikar. Alasannya beragam, ada yang memang karena mereknya belum dikenal di daerah tersebut, harganya mahal, atau memang karena rasa makanannya kurang lezat menurut lidah orang di daerahnya.

Untuk itu, lakukan seleksi dengan pasti sebelum membeli dan memulai usaha ini. Berikut beberapa tips sebelum memulai peluang usaha franchise yang perlu dilakukan:

1. Mengecek kebutuhan pasar

Sebelum Anda memikirkan mau ambil peluang usaha waralaba apa, terlebih dulu silakan lakukan riset kebutuhan apa yang belum terpenuhi di sekitar Anda. Apakah itu makanan atau jasa. Deteksi dengan baik kebutuhan para calon pembeli. Setelah itu, Anda bisa menentukan mau beli waralaba kategori apa dengan lebih mudah.

2. Riset pasar untuk menentukan lokasi

Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda juga perlu melakukan riset. Di sekitar situ adakah pesaing sesuai dengan kategori waralaba yang sudah didapatkan. Jika ada, di mana lokasinya, sejauh apa. Ini harus dipertimbangkan agar Anda bisa menentukan lokasi yang paling strategis untuk membuka usahanya.

3. Memilih usaha waralaba terbaik

Setelah siap, Anda bisa langsung riset bisnis franchise sesuai kategori yang terpilih. Pastikan bahwa usaha yang Anda pilih nanti memiliki brand yang terkenal. Jangan pilih yang masih baru karena Anda sama saja dengan memiliki merek baru yang juga harus mengenalkannya dari awal.

Salah satu contohnya, jika di sekitar Anda belum ada orang jualan fried chicken, maka salah satu opsi waralaba yang bisa dipilih adalah Sabana. Merek ini sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan harganya yang murah.

Atau, jika menurut riset yang dilakukan terhadap pasar Anda harus mengambil franchise yang masih baru, pastikan bahwa penampilannya menarik, komunikasi pemiliknya bagus, dan rasanya jelas enak (untuk kategori makanan).

4. Jalankan dengan serius

Apabila sudah memilih peluang usaha waralabanya dan telah mendapatkan produk serta training, mulailah berjualan. Jangan tunggu lama. Sebab, umumnya franchise itu ada masanya sendiri.

Proses penjualan harus dilakukan dengan serius sebab nantinya bagus tidaknya hasil yang diberikan akan kembali ke diri Anda sendiri.

5. Lakukan promosi secara intens

Meski mereknya sudah dikenal orang, Anda tetap harus promosi. Promosi ini dilakukan untuk sekalian memberitahukan kepada orang sekitar bahwa sekarang Anda berjualan.

Semakin banyak orang yang tahu, semakin banyak pula yang akan memperhatikannya. Kemungkinan, pembeli juga bisa meningkat sesuai dengan gencarnya promosi yang Anda lakukan.

Contoh peluang usaha franchise terlaris

Contoh peluang usaha franchise terlaris

Di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis waralaba yang laris dan recommended:

1. Sabana Fried Chicken, franchise makanan untuk pemula

Ini adalah salah satu contoh peluang usaha waralaba yang memungkinkan Anda mendapatkan uang dengan cepat. Pasalnya, fried chicken merupakan menu yang sangat disukai di Indonesia. Buktinya, gerai-gerai seperti Mc D dan KFC pun tidak pernah sepi pembeli.

Sabana merupakan versi ekonomis dari gerai tersebut yang menawarkan harga murah dengan rasa yang lezat.

Sudah banyak orang yang memilih waralaba ini dan terbukti berhasil. Maka dari itu, jangan heran bila Anda akan mudah menemukannya di pinggir jalan di sekitar kompleks atau perkampungan.

2. Rocket Chicken

Selain Sabana, Rocket Chicken juga dapat menjadi pilihan. Berbeda dengan Sabana yang lebih banyak menggunakan rombong, Rocket Chicken memiliki gerai seperti KFC dan McD dengan lokasi yang lebih dekat dengan perkampungan.

Rocket Chicken bisa menjadi tempat makan bagi orang-orang yang jauh dari kota untuk menyantap makanan ala restoran dengan harga terjangkau.

Bila Sabana hanya menyediakan ayam goreng, gerai Rocket menyediakan makanan yang lebih beragam. Anda bisa memesan burger hingga mi di sini. Selain itu, pilihan minumannya juga sangat lengkap.

3. Kebab Baba Rafi

Selain ayam goreng, menu kebab juga menjadi peluang usaha waralaba terlaris. Betapa tidak, banyak orang yang menyukainya karena penyajiannya yang cepat dan rasanya yang lezat. Kebab juga sudah mengandung daging, karbohidrat, dan sayuran.

Nah, salah satu nama produk waralaba kebab yang cukup fenomenal adalah Baba Rafi. Tidak hanya di Indonesia, merek ini juga dikenal di luar negeri.

4. Pecel Lele Lela

Menu lalapan pecel lele juga menjadi salah satu andalan buat orang Indonesia. Tidak heran bila Pecel Lele Lela banyak yang suka. Berbeda dengan warung lalapan di pinggir jalan, konsep warung ini seperti warung biasa yang punya tempat cozy buat makan dan bercengkerama.

5. RM Padang Sederhana

Dikenal dengan harganya yang mahal, RM padang sederhana ternyata memiliki banyak pelanggan dan laris manis. Kualitas makanannya yang lezat dan penyajiannya yang unik serta khas menjadi nilai tambahnya.

Bila Anda memilih franchise ini, maka pastikan pangsa pasarnya tepat agar tetap laku. Lokasi strategis sangat mempengaruhi bisnis ini.

6. Es Teler 77

Peluang usaha waralaba berikutnya adalah es teler 77. Warung minuman ini bisa dengan mudah Anda temukan di food court yang ada di mall di seluruh Indonesia. Menariknya, mereka bisa menjual barang dengan cepat dan profit marginnya juga tinggi.

7. Bakso Benhil

Penggemar bakso di Indonesia sangat banyak. Nah, salah satu menu bakso yang menjadi peluang bisnis franchise terlaris adalah Bakso Benhil. Anda bisa membelinya jika memang tertarik dan daerah Anda sesuai untuk menu ini.

Sebab, lokasi usaha juga mempengaruhi bisnisnya. Anda tidak bisa membelinya tanpa berpikir dengan matang terlebih dulu.

Misalnya, Anda tinggal di kota Malang, di mana salah satu peluang bisnis di Malang yang menjanjikan adalah menjual bakso. Di sini, Anda akan bersaing dengan ribuan pedagang bakso jika membeli franchise Bakso Benhil. Sementara bakso Malang dikenal dengan rasanya yang lezat dan tidak tergantikan.

8. Teh Poci, usaha franchise modal kecil

Menu minuman lain yang fenomenal dan banyak yang suka adalah teh poci. Franchise ini selain bisa dibeli dalam bentuk gerobak biasa juga bisa dibeli dalam bentuk stand. Maka jangan heran jika Anda menemukannya di food court mall.

Untuk usaha modal kecil, Anda bisa memilih versi gerobak dulu dan menjualnya di pinggir jalan. Toh, bisnisnya juga sama-sama menguntungkan dan bakal banyak yang beli.

9. Warunk Upnormal

Peluang usaha waralaba ini cocok dijalankan di kota besar. Bisnisnya menawarkan tempat yang nyaman buat nongkrong dan menyasar anak-anak muda sebagai pasarnya.

Menu makanan yang disediakan di sini sebenarnya biasa saja, yakni Indomie. Meski begitu, cita rasa unik yang diberikan warungnya membuat rasa Indomie jadi istimewa.

10. Gerai Indomaret

Minimarket yang cukup fenomenal di Indonesia adalah Indomaret. Franchise satu ini dibanderol di harga ratusan juta rupiah dengan tingkatan yang berbeda-beda. Ada paket usaha sederhana yang menyediakan kebutuhan sehari-hari saja.

Ada pula yang dilengkapi dengan mesin air panas untuk membuat kopi. Juga toko roti dan warung makanan yang menyediakan ayam goreng.

Paket yang Anda beli harus disesuaikan dengan lokasi usahanya. Jika usahanya dijalankan dekat kos di kota besar, misalnya kos di bisnis Surabaya, maka akan sangat pas bila ada tambahan buah, roti, donat, coffee shop, hingga fried chicken.

Namun, apabila peluang usaha waralaba ini dijalankan di dekat pedesaan, kemungkinan besar produk yang laku terjual adalah produk sehari-hari. Selain itu, bekerja samalah dengan ATM agar berguna buat orang-orang di sekitar situ.

11. Toko Alfamart

Meski terkesan sama, tapi Alfamart punya perbedaan yang cukup signifikan dengan Indomaret. Alfamart sudah bekerja sama dengan gojek, di mana untuk belanja di sini Anda bisa memanfaatkan fitur gomart yang ada di aplikasi tersebut.

Dengan metode semacam ini, penjualan diharapkan bisa lebih meningkat dengan cepat. Terlebih sekarang, produk-produk di Alfamart juga makin lengkap.

12. Apotek K-24

Jika ada ingin peluang usaha waralaba di bidang kesehatan, maka opsinya adalah membuka apotek K-24. Namun pastikan untuk mengecek potensi lokasi usahanya sebelum menentukan mau buka apotek di mana.

13. Bahan Bakar: Shell

Bahan bakar merupakan kebutuhan yang sangat penting. Shell adalah salah satu franchise yang layak diperhitungkan bila Anda mau membuka bisnis semacam ini.

Bahan Bakar Shell

Namun, perhitungkan lokasinya. Shell lebih banyak dijual di daerah dekat perkotaan atau area yang ramai kendaraan.

14. Bahan Bakar: Pertamina

Berbeda dengan Shell, Pertamina bisa ditemukan dengan mudah. Baik di pedesaan maupun di perkotaan. Menariknya, SPBU ini tidak ada yang sepi pengunjung. Setiap hari, selalu saja ada pembelinya.

Untuk membeli lisensi franchise ini saja dibutuhkan minimal ratusan juta rupiah. Tergantung besaran SPBU Pertaminanya. Kalau mau versi murah, Anda bisa membuat Pertashop atau bisnis pertamini. Ini merupakan versi peluang bisnis di desa yang legal dan patut diperhitungkan.

15. Martabak San Fransisco

Martabak merupakan menu makanan yang laris manis di pasaran. Tak heran bila banyak orang yang membuka bisnis ini dan banyak didatangi pengunjung.

Nah, jika Anda juga mau membukanya, maka brand San Fransisco bisa dipilih. Selain karena sudah terkenal, bisnis ini juga memiliki cita rasa yang lezat sehingga banyak disukai orang.

Terlebih, jika berjualan di kota Anda bisa bekerja sama dengan ojek online untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

16. Bisnis ekspedisi, peluang usaha waralaba di masa pandemi

Berbisnis ekspedisi merupakan salah satu peluang yang cocok diambil di masa pandemi. Sebab, setiap orang butuh jasa kirim barang akibat pembatasan sosial secara besar-besaran.

Silakan cari bisnis ekspedisi waralaba yang cocok dengan daerah Anda karena jumlahnya sangat banyak dan mayoritas mampu memberikan kualitas terbaik.

17. Ice cream bowl, bisnis franchise dibawah 5 juta

Peluang usaha waralaba dengan harga murah berikutnya adalah ice cream bowl. Bisnis ini ditawarkan dengan harga murah, mulai 4 jutaan saja.

Artinya, dengan dana kurang dari 5 juta, Anda sudah bisa memulainya.

18. Angkringan Mbahe

Salah satu yang menarik dari bisnis ini adalah modalnya bisa BEP dalam 1 sampai 2 bulan saja. Tentu penawaran ini akan sangat menggiurkan buat para pengusaha, khususnya pemula.

Apalagi modal minimalnya adalah 4,7 juta saja. Artinya, Angkringan Mbahe ini termasuk dalam bisnis modal 5 juta. Waralabanya juga sudah berdiri sejak 2014 sehingga sudah terbukti bagus kualitasnya.

19. Zafaran Beauty and Spa, usaha franchise non makanan modal 100 juta

Zafaran merupakan salah satu contoh peluang usaha waralaba di bidang layanan dan jasa. Di sini, Anda perlu menyiapkan dana sekitar 100 juta dan bisnisnya siap dijalankan. Salon kecantikan ini cocok dijalankan di perkotaan sebab orang-orangnya sudah aware dengan perawatan diri.

Terlebih, orang kota biasanya juga sibuk. Di salon, mereka bisa menghabiskan waktu untuk sekedar menenangkan diri.

Selain contoh di atas, masih banyak peluang bisnis lain yang layak buat dicoba. Misalnya Quick gChicken, martabak orins, usaha laundry, jasa bimbel, dan yang lainnya. Semuanya memiliki potensi yang lumayan besar bila dikembangkan dengan tepat.

Anda harus benar-benar memastikan bahwa pilihannya sesuai dengan kondisi yang ada di sekitar Anda. Jika memang belum ada laundry, cobalah buka laundry. Jika belum ada bimbel, Anda bisa membuka bimbelnya. Dengan begitu, persaingannya bisa diminimalkan dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang peluang usaha waralaba di Indonesia yang laris manis dan pasti laku. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.