Peluang Usaha Pertamini, Modal Mini Untung Tiap Hari

  • by
Potensi dan peluang usaha pertamini yang menjanjikan

Modal peluang usaha pertamini itu kecil, tapi untungnya datang setiap hari. Sangat potensial dan layak dijalankan. Cek perhitungan modal dan potensinya di sini!

Pertamini merupakan versi mini dari Pertamina. Jika Pertamina merupakan peluang usaha waralaba dengan modal ratusan juta, Pertamini hanya membutuhkan maksimal modal belasan juta rupiah.

Produknya juga bisa dijual di pedesaan. Tak membutuhkan lahan yang luas. Asalkan berada di pinggir jalan di mana para pengendara kendaraan berlalu lalang, maka produknya pasti laku. Inilah yang membuat bisnis ini sangat menjanjikan.

Sama seperti sembako yang dibutuhkan setiap hari, bensin juga dibutuhkan setiap hari untuk berkendara.

Mau coba buka usahanya? Kami akan mengulas bisnisnya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Potensi dan peluang usaha pertamini yang menjanjikan

Sebagaimana dijelaskan di atas, pertamini merupakan usaha yang menjanjikan karena produknya dibutuhkan setiap hari. Pasti lakunya dan anti gagal.

Potensi dan peluang usaha pertamini yang menjanjikan

Lebih detail, berikut ini beberapa poin yang membuat usahanya pasti lancar:

  • Produknya dibutuhkan setiap hari untuk transportasi. Baik di desa maupun di kota, semua orang sama-sama membutuhkannya.
  • Produk yang dijual fast move atau cepat habis. Produk laku sesuai dengan yang dibeli dari SPBU.
  • Menjadi solusi buat orang-orang di sekitar yang malas atau tidak punya kesempatan beli langsung di SPBU besar.
  • Cocok buat para pekerja yang berada di pedesaan, yang membawa kendaraannya hanya untuk ke ladang atau ke stasiun terdekat untuk berangkat ke laut.
  • Untungnya sudah jelas, karena harga bensinnya pun jelas. Tidak ada tawar menawar dalam transaksi pembelian.
  • Penjual tidak perlu repot mengukur karena sudah ada alat digital.
  • Tidak memerlukan promosi besar-besaran.
  • Tidak perlu menghafal harga karena jumlah item yang dijual hanya sedikit.
  • Dibanding jual eceran sendiri, stok bensin pertamini lebih banyak.
  • Pangsa pasarnya luas. Selain dari tetangga, juga dari orang yang lewat di jalan raya.

Dengan potensinya di atas, jenis bisnis ini menguntungkan dan mudah untuk dijalankan.

Risiko atau kelemahan usaha pertamini

Yang namanya bisnis, sebanyak apa pun potensinya tetap saja punya sisi kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan atau risiko yang perlu diwaspadai dalam peluang usaha pertamini:

  • Terkadang, kesulitan untuk kulakan di SPBU. Dengan alasan tidak boleh membawa jerigen (drigen).
  • Lokasi usaha tetap harus diperhatikan, jangan sampai terlalu dekat dengan SPBU utama. Persaingan dengan SPBU kemungkinan besar akan membuat Anda kalah saing.
  • Margin keuntungannya kecil dan pasti. Tidak bisa diutak-atik lagi.
  • Menerapkan harga yang tidak sama dengan pasar sangat riskan dijauhi pelanggan.
  • Kulakannya harus di saat yang tepat agar bisa memperoleh barang. Misalnya, pagi-pagi sekali atau malam sekali saat SPBU sepi.
  • Adanya risiko bensin tumpah di jalan ketika membeli dari SPBU. Ini akan mengurangi takaran yang seharusnya hingga bisa menimbulkan kerugian.
  • Minta izin kepada SPBU terdekat supaya dipermudah saat mau beli di situ.
  • Rawan kebakaran sehingga harus aware atau waspada terus dengan keamanannya.

Tantangan dan risiko di atas rasanya bisa diatasi dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Tantangan di atas akan membantu Anda untuk makin mahir sebagai pebisnis.

Meskipun pada awalnya masih berlatih, akhirnya Anda akan jadi terlatih jika bisa mengatasi semua tantangan bisnis.

Cara buka usaha pertamini digital agar sukses

Cara buka usaha pertamini digital agar sukses

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha ini agar sukses atau berhasil. Berikut ini cara-caranya:

1. Memilih lokasi usaha dengan tepat

Lokasi usaha merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan peluang usaha pertamini ini. Pastikan Anda menempatkan alatnya di pinggir jalan.

Apabila mau dijadikan sebagai usaha di desa, maka silakan taruh alatnya di pinggir jalan kampung. Akan lebih menguntungkan jika Anda punya rumah di pinggir jalan, sebab bisnisnya bisa sekalian dijadikan peluang usaha rumahan di desa.

2. Siapkan modalnya

Selanjutnya, siapkan modal untuk membeli alat digital bertuliskan Pertamini. Menurut pengamatan kami, harga mesin bensin digital ini sekitar 12 sampai 15 jutaan di marketplace.

Dengan mesin digital, para pelanggan akan jauh merasa secure atau aman sebab ukuran liter bensinnya sudah pasti dan tidak mungkin dikurangi.

Anda juga jauh lebih mudah dalam melayani pelanggan . Tinggal pencet tuas yang ada di alatnya dan bensin akan mengalir deras.

3. Buka kios yang jauh dari Pertamina

Agar mudah sukses, pastikan lokasi usahanya jauh dari SPBU utama dari Pertamina. Jika tidak, maka persaingan sengit tidak bis dihindarkan.

4. Tetapkan harga wajar, jangan terlalu mahal

Harga bensin itu sudah berlaku umum. Jadi, saat ada harga yang terlalu mahal pun pelanggan akan langsung tahu. Maka dari itu, sebaiknya jangan tetapkan harga yang terlalu mahal sebab harga ini tidak wajar.

Dengan menetapkan harga semacam itu, bisa jadi peluang usaha pertamini ini akan dijauhi pembeli dan tidak laku lagi. Apalagi persaingan dengan pedagang bensin eceran juga semakin menjadi-jadi.

5. Ramah kepada pembeli

Keramahan merupakan cara Anda mengikat hati dan kepercayaan pembeli. Maka dari itu, berikan pelayanan terbaik yang ramah dan tulus. Jangan sembarangan karena meski hanya sekali, perlakuan Anda kepada pembeli akan terus diingat.

6. Jangan jual bensin campuran (jaga kepercayaan pelanggan)

Pastikan bahwa produk yang Anda jual adalah murni. Jangan hanya karena ingin mendapatkan banyak untung, Anda mencampur bensin dengan sesuatu yang berbahaya.

Bila hal ini dilakukan, bisnis Anda sudah tidak sesuai syariah. Padahal, seharusnya Anda menjalankan usaha sesuai syariah agar mendapat keberkahan.

Selain itu, menjual bensin oplosan juga berbahaya buat kendaraan dan orang yang memakai kendaraan tersebut.

7. Memahami syarat membuka usaha pertamini dan membuat izin

Dalam peluang usaha pertamini ini, Anda juga wajib membuat izin ke SPBU terkait di mana Anda kulakan. Hal ini dilakukan agar Anda dipermudah saat melakukan pembelian. Tidak dipersulit lagi.

Biasanya, Anda perlu menyiapkan dokumen diri dulu. Selanjutnya, kemungkinan Anda akan diminta untuk mengisi formulir tertentu.

Namun, cara ini tidak berlaku secara umum. Tergantung pada peraturan SPBU-nya. Ada yang perlu mendaftar, ada pula yang tidak.

Biasanya, kalau di pedesaan dan sama-sama kenal, izin secara lisan sudah dianggap cukup.

Beda lagi dengan Pertamini Legal yang kini disebut dengan nama Pertashop. Di mana Anda harus menyiapkan lahan dan mendaftarkan diri terlebih dulu. Adapun syarat yang harus disiapkan meliputi WNI, KTP, NPWP, rekomendasi dari kepala desa, dan menguasai lahan yang dijadikan tempat Pertashop.

Dengan cara-cara di atas, Anda bisa memulai peluang usaha Pertamini ini sekarang juga!

Modal usaha pertamini digital dan keuntungannya

Sebagaimana disampaikan di atas, harga mesin digital untuk bensin eceran ini adalah sekitar 12 sampai 15 jutaan rupiah. Artinya, modal minimal yang harus disiapkan adalah 15 jutaan.

Modal usaha pertamini digital dan keuntungannya

Namun, modal ini harus ditambahi dengan mesin dan peralatan lainnya untuk investasi.

Berapa modal usaha pertamini secara rinci?

Berikut ini adalah beberapa alat dan mesin yang dibutuhkan:

  • Mesin digital seharga 12 sampai 15 juta rupiah.
  • Alat pemadam kebakaran 150 ribu rupiah.
  • Biaya lain-lain sekitar 500 ribu.

Dengan demikian, investasinya akan menghabiskan dana sekitar Rp 15.650.000,-.

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan dana sebagai berikut:

  • Listrik dianggarkan sekitar 30 ribu rupiah.
  • Biaya kulakan bensin @7.650 x 100 liter seharga 765 ribu.
  • Biaya kulakan bensin versi 2 @14.500 x 100 liter seharga Rp 1.450.000,-.
  • Tambahan biaya lainnya sekitar 20 ribu.

Totalnya adalah Rp 2.265.000,-.

Pendapatan yang mungkin diperoleh

Jika dalam sehari seluruh bensin laku dan Anda mengambil untung sekitar kurang lebih 1.000 rupiah per liter. Maka pendapatan peluang usaha pertamini ini adalah:

  • Bensin 1 (pertalite) seharga Rp 9.000 x 100 = Rp 900.000,-.
  • Bensin 2 (pertamax) seharga Rp 15.500 x 100 = Rp 1.550.000,-.

Dengan demikian, pendapatan per harinya adalah Rp 2.450.000,-. Dengan kata lain, dalam sehari Anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar.

Keuntungan usaha pertamini

Berikut ini perhitungan keuntungan peluang usaha pertamini ini:

Rp 2.450.000 – Rp 2.265.000 = Rp 185.000,-

Dengan kata lain, jika bisa menghabiskan seluruh bensin setiap hari. Dalam sebulan Anda akan mendapatkan uang tunai sekitar Rp 5.550.000,-.

Penghasilan ini tergantung pada seberapa banyak bensin yang berhasil dijual. Misalnya, orang di sekitar Anda lebih suka bensin pertalite, maka perbanyak kulakan produk tersebut.

Misalnya, kulakan untuk pertalite 150 liter, sementara pertamax 100 liter dan habis semua. Maka keuntungannya bisa bertambah menjadi:

50 liter x Rp 1.350,- = Rp 67.500,-

Per hari, keuntungannya akan bertambah 67,5 ribu rupiah. Artinya, pendapatan bulanannya pun akan bertambah lebih banyak.

Catatan yang diperlukan

Harga mesin yang kami tuliskan di atas berdasarkan pengamatan di marketplace dengan kondisi 2 nozzle atau 2 selang. Apabila modal untuk membuka peluang usaha pertamini ini tidak terlalu besar, Anda bisa membeli versi 1 nozzle yang harganya antara 6 juta sampai 8 juta rupiah.

Jika memilih yang 1 nozzle ini, maka produk yang dijual juga lebih terbatas. Anda hanya bisa menjual satu jenis bensin saja. Maka dari itu, silakan pilih pertalite atau pertamax.

Untuk pasar kelas menengah ke bawah, kami sarankan pertalite saja. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kriteria pembeli di sekitar Anda.

Selanjutnya, dengan keuntungan sebesar 5 jutaan per bulan sebagaimana disampaikan di atas, BEP dana investasi akan kembali dalam jangka waktu sekitar 3 sampai 4 bulan saja.

Ini adalah waktu yang cukup cepat dalam pengembalian BEP. Mengingat peluang usaha pertamini ini berbeda dengan makanan yang profit marginnya besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang peluang usaha pertamini. Jika Anda ingin membukanya, maka silakan siapkan dana dan lokasinya sekarang juga. Dalam memilih lokasi, jangan lupa pertimbangkan bahwa saat ini Pertashop sudah semakin banyak ditemukan di pedesaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.