23 Peluang Usaha Franchise Modal Kecil <10 Juta Cocok di Desa

  • by
Tips memilih peluang usaha franchise modal kecil

Tak usah muluk-muluk, Anda bisa buka peluang usaha franchise dengan modal kecil antara 3 sampai 10 juta. Tinggal pilih saja produknya dengan tepat!

Dengan modal tersebut, usahanya jadi cocok dijalankan di pedesaan. Harga produknya pun relatif murah sehingga tidak akan memberatkan karakter ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memulainya sekarang, maka silakan ikuti ulasan ini sampai selesai. Kami akan membahas pilihan bisnisnya mulai dari makanan hingga non makanan. Selamat menyimak.

Tips memilih peluang usaha franchise modal kecil

Kunci utama suksesnya bisnis waralaba salah satunya adalah memperhatikan pilihan brand yang dibeli. Jika salah pilih, bisa-bisa usahanya gulung tikar.

Tips memilih peluang usaha franchise modal kecil

Maka dari itu, sebelum membeli franchise dan memulai usahanya, Anda perlu melakukan seleksi terlebih dahulu.

Di bawah ini adalah beberapa cara agar pilihan Anda tepat sasaran dan tidak mengecewakan:

1. Memilih bidang franchise yang disukai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih usaha berdasarkan preferensi. Kenapa begitu? Ketika memilih berdasarkan yang disukai, maka bisnis yang dijalankan juga akan terasa menyenangkan.

Anda bisa menjalankannya dengan suasana hati yang bahagia karena menyukai bidang tersebut. Rasa senang ini akan memberikan positive vibes kepada apa yang Anda jual.

2. Memilih produk barang atau jasa yang banyak dibutuhkan konsumen

Selain berdasarkan preferensi, silakan pilih waralabanya berdasarkan produk barang atau jasa yang dibutuhkan dan dicari oleh banyak konsumen. Tentu saja, hal ini harus disesuaikan dengan pangsa pasar yang ada.

Misalnya, Anda akan mendirikan usaha di lokasi A. Maka cek di daerah tersebut produk yang paling banyak dicari apa. Kalau memang mereka suka makanan. Maka harus lebih spesifik jenis makanannya.

3. Pilih yang banyak diminati

Ingat! Anda bukan satu-satunya orang yang tertarik untuk membuka peluang usaha franchise. Di luar sana, masih banyak orang yang mencari info yang sama.

Cobalah cari tahu, bisnis apa yang paling banyak diminati oleh mereka. Umumnya, usaha semacam ini diminati karena dikenal punya pangsa pasar yang bagus dan menjanjikan untuk masa depan.

4. Cek modal dan sesuaikan dengan harga franchise-nya

Hitung kembali modal Anda, kemudian sesuaikan dengan harga franchise-nya. Jangan sampai Anda over budget. Ingat bahwa uang yang Anda miliki tersebut tidak hanya untuk membeli waralabanya saja. Melainkan juga mungkin untuk sewa tempat, cari pegawai, dan yang lainnya.

Jadi, lakukan perhitungan dengan cermat. Pisahkan yang untuk membeli lisensi hingga bahan dan booth. Dengan uang yang digunakan untuk biaya lain-lain.

5. Jangan mudah percaya cerita sukses dari orang lain

Ada banyak cerita sukses yang beredar di masyarakat mengenai peluang usaha waralaba. Saran kami, cerita ini boleh didengarkan tapi tidak boleh mempengaruhi Anda 100 %.

Pasalnya, kadang cerita tersebut ditambah-tambahi agar bisa menjadi bumbu yang membuat ceritanya makin menarik.

Usaha adalah sebuah realita. Adalah hal wajar jika nantinya ada potensi dan risikonya sendiri. Kalau ceritanya hanya manis saja, maka ini patut diwaspadai.

6. Mengecek dengan cermat latar belakang bisnis waralabanya

Jika sudah ada beberapa franchise yang cukup memikat dan sesuai dengan kriteria, maka mulailah melakukan riset secara mendalam. Cek latar belakang bisnisnya. Apakah bisa dipercaya, branding-nya kuat atau tidak.

Dengan begitu akan lebih mudah menentukan mana yang paling baik.

7. Memahami BEP dan proyeksi keuangan yang ditawarkan

Masing-masing peluang usaha franchise punya perhitungan BEP dan proyeksi keuangan sendiri-sendiri. Coba cek bagaimana proyeksinya. Apakah masuk akal atau tidak. Cek kekurangannya dan hubungkan dengan risiko-risiko yang mungkin. Jangan asal percaya saja.

8. Membaca kontrak kerja sama dengan teliti sebelum menandatanganinya

Jika sudah pasti mau memilih salah satu jenis bisnis waralaba dan siap melakukan kontrak kerja sama, maka Anda harus membaca dengan jelas kontrak kerjanya. Pastikan kontrak tersebut memberikan informasi yang jelas dan menguntungkan buat kedua belah pihak.

Telitilah agar tidak menyesal di kemudian hari.

9. Pastikan ada jaminannya dalam perjanjian tersebut

Jaminan adalah satu hal yang perlu Anda tanyakan kepada penyedia peluang usaha franchise. Dengan adanya jaminan tertentu, pihak pembeli franchise juga akan jauh lebih aman.

10. Memilih lokasi yang strategis sesuai bidang waralabanya

Lokasi sebenarnya sudah harus ditentukan sejak awal. Sebab, di sini akan ketahuan Anda mau memilih franchise apa berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar lokasi.

Yang perlu dipastikan lagi adalah bahwa lokasinya strategis dan memiliki akses yang mudah buat para pelanggan. Dengan begitu, meski hanya dalam bentuk booth, orang yang membeli tetap akan nyaman dan terus berdatangan.

Pastikan lokasinya memungkinkan pembeli untuk memarkir sepeda atau kendaraan mereka dengan mudah.

Contoh peluang usaha franchise makanan

Contoh peluang usaha franchise makanan

Salah satu bisnis warabala yang sangat murah dan labanya tinggi adalah makanan. Berikut ini beberapa pilihan usaha modal 5 juta sampai 10 juta di bidang ini:

1. Tahu Mafia, modal kurang dari 4 juta

Tahu mafia ini menawarkan produk tahu aci yang rasanya pedas. Bisnisnya dapat dimulai dengan uang 3,9 juta dan menjadi yang termurah di kelasnya. Gerainya sebanyak 2 dan sudah berdiri sejak 2015.

2. Chickenin (Little Shihlin), modalnya sekitar 8 jutaan

Snack ayam ala Taiwan ini sudah punya lebih dari 100 gerai. Bisnisnya tergolong sukses dan banyak peminatnya. Modal awalnya juga lumayan murah, yakni hanya sekitar 7,8 juta saja. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari modal usaha 10 juta.

3. Shaolin Taiwan Snacks, butuh minimal 8 jutaan

Menu yang ditawarkan oleh perusahaan yang memiliki 7 gerai ini adalah ayam goreng krispi, kentang goreng, hingga rice box. Anda bisa mulai bisnisnya dengan modal mulai dari 8 juta saja.

Konsep bisnisnya adalah jualan memakai gerobak. Di sini, Anda bisa memilih mau pakai gerobak biasa atau kayu jati.

4. Sosis Bakar Asmara, sekitar 4 jutaan

Meski sudah berdiri sejak 2014, peluang usaha franchise sosis bakar asmara masih memiliki 5 gerai saja. Produknya tidak hanya sosis bakar tetapi juga ada sayuran hingga crepes sosis.

Inilah yang membuat menunya lengkap.

Sosis Bakar Asmara sekitar 4 jutaan

Jika Anda tertarik, Sosis Bakar Asmara bisa dimulai dengan modal mulai 4 juta saja. Sangat terjangkau.

5. Sosu Chicken, 7 jutaan

Ini adalah olahan ayam di dalam mangkok seperti rice bowl. Tidak hanya makanan yang siap santap, Sosu Chicken juga punya olahan frozen food yang siap dimasak saat Anda sedang terburu-buru. Harga franchise-nya adalah 6,9 juta tanpa biaya royalti.

6. Ayam Bakar Lathi, 10 jutaan

Lathi dibuka dengan harga minimal 10 juta. Perusahaan ini juga baru ada sejak 2021 dan sudah memiliki 2 gerai. Berbeda dengan yang lainnya, ayam bakar lathi punya royalty fee sebesar 5 juta rupiah.

7. Go-Yang Ayam, mulai 8,5 juta

Bermodal mulai 8,5 jutaan rupiah, Anda sudah bisa membuka bisnis ayam goreng krispi dari Go-Yang Ayam. Perusahaan ini tergolong baru, yakni mulai tahun 2021. Meski begitu, gerainya sudah lumayan banyak, yakni 10.

Hal ini membuktikan bahwa bisnisnya cukup diterima oleh masyarakat. Hal ini wajar mengingat ayam goreng merupakan salah satu peluang usaha franchise yang menunya laris manis.

8. Steak on The Street, 6 jutaan

Siapa yang tidak mau mencoba membuka bisnis steak dengan modal hanya 6 jutaan. Jika Anda mau, maka Steak on The Street bisa jadi pilihannya.

Bisnis ini sudah berdiri sejak tahun 2018 dengan jumlah gerai sebanyak 175. Tidak hanya steak, produknya termasuk lengkap karena ada burger hingga semacam rice bowl yang menarik.

Harga produknya pun murah sehingga cocok untuk kalangan menengah ke bawah. Harga paket waralaba dengan booth dimulai di angka 9 jutaan. Untuk harga 6 jutaan itu tanpa booth.

9. Candy Crepes, mulai dari 6,7 juta

Hadir sejak 2013, candy crepes sampai saat ini sudah punya sekitar 70 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Nama candy crepes sudah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga cukup mudah menjual produknya.

Terlebih lagi, franchise-nya juga cukup lengkap dengan beberapa opsi kemitraan. Untuk versi terendah tanpa booth 6,7 juta. Sementara versi outdoor 9,8 juta.

10. Bakso Bakar Maknyoosee, 7,5 juta

Dengan modal 7 jutaan, Anda sudah bisa membuka peluang usaha franchise bakso bakar ini. Bisnisnya sudah berdiri sejak 2014 dan telah memiliki 94 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Konsep bisnisnya jelas dan tentunya menarik untuk dicoba.

Selain bakso bakar, di sini juga ada sosis bakar dengan aneka varian rasa dan jenis.

11. Pentol Mercon The Legend, mulai 5,5 juta

Nama perusahaannya adalah pentol pedas Solo, usaha ini sudah ada sejak tahun 2014. Artinya, bisnisnya sudah berkembang selama sekitar 8 tahun dan cukup banyak peminatnya. Waralaba ini biaya royaltinya gratis dan BEP-nya bisa 2 bulan saja.

12. Bakso Benhil, usaha franchise terlaris modal kecil

Bakso Benhil merupakan salah satu bisnis waralaba terlaris. Usaha ini bisa dimulai dari modal 4 jutaan saja. Tanpa royalty fee dan sudah berdiri sejak 2012. Sampai saat ini, setidaknya ada 39 gerai yang dimiliki oleh Bakso Benhil.

13. Bubur love babies, minim pesaing

Jika Anda mau peluang usaha franchise yang minim persaingan, maka berjualan makanan bayi adalah salah satu pilihan terbaik. Pasalnya, selain penyedia waralabanya tidak banyak, peminat bisnisnya juga tidak banyak. Padahal permintaan dan pangsa pasarnya sangat luas.

Ada banyak ibu-ibu di rumah yang tidak sempat menyiapkan makanan MPASI buat anaknya dan harus membeli dari warung khusus bayi.

Nah, salah satu contoh waralaba yang menyediakan makanan bayi adalah Bubur love babies. Harga waralabanya sangat murah, hanya sekitar 3,5 jutaan saja.

Contoh peluang usaha franchise minuman yang murah

Contoh peluang usaha franchise minuman yang murah

Di bawah ini adalah beberapa pilihan usaha waralaba yang murah dengan menu minuman:

14. Teh poci

Dibuka dengan harga 5 jutaan, bisnis teh poci ini terbukti berhasil. Pasalnya, setiap gerai yang dibuka selalu laris manis dan disukai pelanggan. Memilih peluang usaha franchise ini tidak akan bikin menyesal.

Teh Cap Poci ini sudah ada sejak 1950 dan kini memiliki ratusan gerai dan booth di seluruh Indonesia.

15. Gila Coklatz

Minuman coklat yang cukup fenomenal dan banyak peminatnya adalah Gila Coklatz. Usahanya sudah ada sejak 2016 dan telah memiliki hampir 100 gerai di Indonesia. Jika tertarik, silakan siapkan dana sebesar 5 jutaan untuk membeli franchise ini.

16. Coconut Power

Peluang usaha franchise ini tergolong unik. Betapa tidak, bila biasanya menu minuman yang diwaralabakan adalah menu yang trendi dan sedang booming, perusahaan ini justru mengangkat menu asli dalam negeri, yakni es degan.

Es degan yang dijual di sini tentu saja punya menu dan cita rasa yang unik. Jika tertarik silakan siapkan dana minimal 10 juta rupiah.

17. Kamu dan Dawet

Punya dana 3 jutaan dan ingin buka usaha? Kamu dan Dawet bisa jadi solusinya. Untuk membukanya, silakan siapkan dana 3,8 juta saja.

Produk ini terbukti berhasil mencuri perhatian masyarakat. Terbukti dengan keberadaannya yang terus berkembang hingga sampai kini sudah mencari 400 lebih gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

18. Popa Boba, franchise yang lagi booming

Minuman boba merupakan menu yang sedang tren dan booming saat ini. Nah, Popa Boba merupakan salah satu contoh waralaba yang bisa Anda pilih untuk berjualan minuman tersebut.

Bisnis ini dapat dimulai dengan modal yang kecil, yakni 7 jutaan. Anda tidak harus membayar biaya royalti.

19. Tentang Dia, hanya 3,7 jutaan

Tentang Dia menawarkan minuman berupa coklat dengan beragam varian rasa. Modalnya hanya sekitar 3,7 jutaan saja dan hadir sejak 2020.

Paket usaha waralaba ini memiliki banyak pesaing. Namun, sama-sama bisa bertumbuh. Selain Tentang Dia, ada juga Tentang Kita yang harga franchise-nya dibuka di angka 3,8 juta.

Peluang usaha franchise non makanan dan minuman

Selain pilihan makanan dan minuman, ada juga peluang bisnis waralaba non makanan dan minuman dengan modal yang sangat kecil dan bisa dicoba, contohnya:

20. Kay Express Indonesia

Sesuai dengan namanya, produk yang ditawarkan oleh Kay Express Indonesia adalah ekspedisi dan pengiriman ke seluruh Indonesia. Jika Anda tertarik untuk bergabung, biaya franchisenya hanya 350 ribu saja.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2014 dan cukup menjanjikan karena tetap bisa bertahan di masa pandemi.

21. Arofahmina Umrah & Haji Plus

Anda juga bisa bergabung dengan bisnis travel umrah dan haji yang modalnya sangat kecil. Untuk memulainya, silakan sediakan dana sekitar 500 ribuan saja. Silakan pelajari bisnisnya untuk tahu lebih banyak.

Bisnis ini termasuk dalam usaha online syariah karena berhubungan dengan islam. Artinya, Anda bisa memasarkannya ke tetangga atau teman secara langsung atau memasarkannya secara online lewat media sosial atau platform lainnya.

22. The Parfum Bar, mulai 5 jutaan

Peluang usaha franchise non makanan berikutnya adalah jualan parfum dengan modal 5 jutaan saja. Bisnis ini sudah ada sejak tahun 2015 dan terbukti tetap ada sampai sekarang dengan performa yang stabil.

Anda bisa menjadi salah satu bagian dari The Parfum Bar yang cabangnya sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Misalnya Surabaya, Denpasar, Semarang, dan yang lainnya.

23. Galaxy Pertamini, peluang usaha pertamini dengan konsep waralaba

Pilihan bisnis berikutnya adalah peluang usaha pertamini. Bila bergabung, Anda tidak perlu lagi menyiapkan alat atau mesin pengisian bensin digital, sebab pihak perusahaan sudah menyiapkannya.

Jika tertarik, dana yang perlu disiapkan adalah senilai 6,9 jutaan saja. Tentu harga ini tergantung pada seberapa besar mesin dan paket yang Anda inginkan.

Itulah beberapa opsi peluang usaha franchise yang dapat dibuka dengan modal di bawah 10 juta rupiah. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.