33 Peluang Usaha di Malang Terbaru, Berlimpah Cuan!

  • by
Daftar peluang usaha di Malang

Peluang usaha di Malang sangat beragam dan menjanjikan. Di sini ada wisata, kampus, dan warga lokal yang bisa jadi target market potensial. Mau coba?

Ada banyak contoh bisnis yang bisa dikerjakan di Malang. Semuanya menguntungkan dan bisa bikin sukses. Pasalnya, di sini ada warga lokal dan pendatang yang terus menerus hadir untuk tujuan tertentu. Seperti kuliah atau berwisata.

Menariknya lagi, biaya hidup di Malang tidak terlalu tinggi. Artinya, setelah berhasil menjual barang dalam jumlah banyak dan menghasilkan uang, Anda bisa menghemat pengeluaran dan menabung uangnya.

Itulah yang menjadi keuntungan hidup di Malang. Anda bisa dengan mudah sukses dengan cara ini.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan contoh usaha yang bisa dikembangkan di kota bunga ini. Selamat menyimak.

Daftar peluang usaha di Malang

Daftar peluang usaha di Malang

Berikut ini contoh peluang usaha di Malang yang sudah terbukti sukses dan sangat potensial:

1. Homestay di sekitar tempat wisata

Mempunyai rumah di sekitar tempat wisata? Cobalah buka bisnis penginapan. Dengan begitu, para wisatawan yang datang bisa langsung menyewa. Pastikan untuk melakukan pemasaran dengan benar supaya banyak orang yang tahu tentang usaha Anda ini.

2. Jastip camilan khas Malang

Ada banyak camilan khas Malang yang hanya ada di kota ini. Camilannya tidak bisa didapatkan di area lain. Contohnya keripik tempe, keripik apel, keripik nangka, dan buah lainnya.

Nah, Anda bisa membuka jasa titip atau bisnis online khusus penjualan camilan-camilan ini. Pangsa pasarnya lumayan tinggi karena banyak yang menyukai camilannya.

3. Day care atau penitipan anak

Sama dengan di kota lainnya, penitipan anak juga menjadi peluang usaha di Malang yang sangat menjanjikan. Pasalnya, di kota ini banyak ibu-ibu pekerja yang tidak bisa mengurus anaknya sendiri. Biasanya, mereka menitipkan anaknya sebelum berangkat kerja dan menjemput saat pulang kerja.

Skala bisnisnya beragam dengan harga yang berbeda pula. Ada yang skala rumahan dengan tarif murah, ada pula yang lebih besar dengan tarif yang lebih mahal.

4. Berjualan sayur

Sayuran sangat terkenal di Malang. Di kota ini, harga sayuran sangat murah bahkan setengah dari harga di kota lainnya. Sayuran di sini dikirim sampai Surabaya dan kota lainnya di Jawa Timur.

Kalau berjualan sayuran, ada dua pilihan yang bisa Anda ambil. Jualan sayur keliling di sekitar Malang atau jadi bos sayur yang kirim sampai luar kota. Semuanya tergantung modal yang tersedia.

5. Berjualan buah

Selain sayuran, buah juga menjadi komoditas yang dihasilkan oleh Malang dan sangat laku di pasaran. Salah satunya adalah apel yang terkenal segar dan biasa dikirim di beberapa kota di Indonesia. Bila bisa berjualan buah dengan serius, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain apel, jeruk peras juga menjadi komoditas yang cukup menggiurkan di sini. Anda bisa mengunjungi petani jeruk dan apel untuk mendapatkan harga yang murah.

Biasanya, selain dijual langsung dalam bentuk buah, apel dan jeruk juga diolah menjadi menu makanan lain. Apel bisa dibuat keripik dan dodol. Sementara jeruk bisa dijual sebagai minuman peras.

6. Jasa laundry

Laundry sangat laris di Malang. Baik itu kiloan maupun paket. Biasanya, usaha laundry yang cepat untung adalah mereka yang memilih lokasi di sekitar kampus.

Usaha laundry di sini sangat menguntungkan sebab Malang sering hujan. Hampir setiap hari setelah dhuhur, mendung sudah gelap dan akhirnya hujan deras sampai malam.

Bila mencuci sendiri, jelas akan membutuhkan waktu yang lama untuk kering. Kadang, kalaupun kering, baunya tidak wangi lagi.

7. Berjualan sayur matang

Sayuran matang juga menjadi opsi bisnis yang menguntungkan. Khususnya buat para ibu rumah tangga yang juga seorang karyawan. Biasanya, mereka tidak sempat memasak sayur dan hanya sempat masak nasinya saja di magic com.

Selain itu, anak-anak kos juga biasanya membawa magic com dan tinggal beli lauknya untuk makan secara hemat.

8. Sewa mainan anak

Mainan anak merupakan peluang usaha di Malang yang cukup besar. Mainan yang dimaksud di sini termasuk alat-alat kebutuhan tumbuh kembang anak. Misalnya baby walker, stroller, dan yang lainnya.

Pelanggan bisa datang dari penduduk lokal, pendatang yang masih ngontrak rumah, atau wisatawan yang menginap beberapa hari di kota Malang dan Batu.

9. Toko bangunan

Jika Anda memperhatikan, kota ini terus melakukan pembangunan dan berbenah. Mulai dari jalan, fasilitas umum, hingga ruko dan perumahan semuanya dibangun. Semakin hari semakin banyak saja bangunannya.

Nah, dari sinilah muncul peluang yang cukup menjanjikan, yakni membuka toko bangunan. Dengan membuka toko bangunan, Anda bisa bekerja sama dengan developer maupun kontraktor untuk menjadi pemasok bahan bangunannya.

Selain itu, pelanggan harian bisa datang dari orang-orang di sekitar Anda yang butuh renovasi rumah atau yang lain.

10. Membuka kos-kosan

Kos-kosan sangat laku di sini. Baik itu yang konsepnya modern maupun yang masih klasik. Namun, kebanyakan kos di sisi sistemnya bayar 6 bulan sekali atau langsung tahunan. Padahal, banyak orang yang ke Malang mencari kos harian, mingguan, atau bulanan saja.

Maka dari itu, jika Anda punya modal besar membuka kosan, akan sangat bagus jika membukanya dengan sistem sesuai permintaan tersebut. Dengan begitu, persaingannya akan kecil.

11. Jasa info kos

Kos-kosan di Malang memang banyak, daerahnya pun meski kecil juga padat. Sehingga kadang untuk menemukan kos-kosan cukup sulit. Maka dari itu, membuka jasa info kos dengan tarif tertentu bisa membantu Anda mendapatkan pundi-pundi rupiah.

12. Jasa pindahan

Ada banyak kos dan kontrakan di Malang. Biasanya mereka membutuhkan orang yang bersedia membantu pindahan. Baik itu dalam bentuk armada pick up untuk mengangkut barang maupun sekalian kulinya.

Apalagi jika ada paket lengkap jasa pindahan dengan tarif tertentu. Hal ini tentu menjadi angin segar di daerah Malang dan sekitarnya.

13. Persewaan mobil

Persewaan mobil yang dimaksud di sini ada dua. Pertama, pelanggannya datang dari warga lokal. Kedua, tur ke Bromo atau tempat wisata di sekitar Batu.

Selain itu, terkadang ada perusahaan yang menyewa mobil bulanan untuk operasional kantor. Jadi intinya, peluang usaha ini memang sangat menguntungkan dan potensinya besar.

14. Sewa motor

Persewaan motor juga cukup menjanjikan dijalankan di sini. Menariknya, persaingan usahanya tidak terlalu tinggi sehingga layak untuk dicoba.

15. Membuka warung kopi

Warung kopi menjadi tempat nongkrong sekaligus diskusi buat para mahasiswa. Anda bisa membukanya di sekitar kampus atau dekat dengan pondok. Tetapkan harga yang terjangkau agar produknya laku keras.

16. Produksi batako

Peluang usaha di Malang berikutnya adalah memproduksi batako dan menjadi pemasok di perumahan-perumahan. Selain batako, Anda juga bisa memproduksi paving.

Biasanya, dibutuhkan lahan yang cukup luas untuk memulai usaha ini. Anda bisa menyewa tanah dengan modal 50 juta di pedesaan. Tempatnya sepi tidak masalah asalkan bisa dipakai untuk produksi.

Bisnis pertanian dan perkebunan

Malang dikenal dengan agrobisnisnya. Maka dari itu, Anda bisa mulai bisnis pertanian dan perkebunan di sini.

Bisnis pertanian dan perkebunan

Namun perlu diingat bahwa bisnis ini cocok buat warga Malang yang sudah punya ladang kebun di daerahnya. Kalau belum punya, jelas perlu beli dulu.

Adapun contoh usaha agrobisnisnya adalah:

17. Kebun apel

Sebagaimana dijelaskan di atas, apel menjadi komoditi terkenal di kota ini. Anda bisa berkebun apel jika memang punya skill dan lahannya.

18. Kebun jeruk

 Selain apel, Anda juga dapat membuka bisnis perkebunan jeruk. Usahanya sangat potensial karena produknya bisa langsung dijual ke pasar lokal atau dikirim ke luar kota.

19. Bertani sayuran

Sebagaimana kami singgung di atas, harga sayuran di kota ini sangat murah. Pasalnya, di sini sentranya sayuran. Di setiap daerah ada jenis pertanian yang berbeda. Di Batu misalnya, ada pertanian wortel, kol, brokoli, kentang, dan yang lainnya.

Sementara di daerah malang selatan, ada penghasil kangkung. Inilah yang membuat harga sayuran di Malang sangat murah.

Anda bisa menjadi pengepul sayuran tersebut kemudian mengirimkannya ke luar kota. Atau bisa juga bertani sendiri.

Bisnis peternakan yang potensial di Malang

Bisnis peternakan yang potensial di Malang

Ada banyak bisnis peternakan yang dapat dikembangkan di Malang, di antaranya adalah:

20. Ternak sapi perah, bisnis di batu Malang

Batu merupakan salah satu penghasil susu sapi segar. Di sini, banyak orang yang beternak sapi perah dan mengirimkan susunya langsung ke KUD.

21. Peternakan kambing

Peternakan kambing juga sangat potensial karena banyak orang jualan gule hingga sate di Malang Raya. Anda bisa jadi peternak sekaligus pemasok ke pasar-pasar.

22. Ternak ayam petelur

Telur ayam merupakan produk yang dibutuhkan setiap hari. Anda bisa memilih bisnis ternak ayam petelur jika mau menjadi pemasok. Potensinya besar.

Namun, pastikan untuk memilih lokasi yang jauh dari pemukiman warga agar tidak dikomplain.

23. Beternak ayam potong

Bisnis ayam potong dapat dimulai dari modal yang kecil dengan keuntungan yang besar. Modalnya fleksibel tergantung seberapa besar yang Anda punya. Kalau sedikit, maka ayam yang bisa diternak juga sedikit.

Yang jelas bisnis ini panennya cepat, jadi keuntungannya juga cepat dapat dirasakan. Anda hanya perlu menunggu 30 sampai 35 hari sampai ayamnya siap jual.

24. Beternak ikan lele

Ada banyak warung lele di Malang. Sebagian besar laris karena pembelinya berasal dari anak kos atau pendatang.

Lele merupakan menu favorit. Jika Anda bisa membuka usahanya dan menghasilkan lele berkualitas, maka potensi jadi pemasok di warung-warung tersebut juga besar.

Modal untuk beternak lele sekitar 5 juta. Bisa juga dimulai dengan modal 3 jutaan tergantung wadah dan luasan kolam ikannya.

25. Peternakan bebek

Selain ayam dan lele, bebek juga menjadi menu wajib di warung lalapan. Bahkan, bebek di sini juga diolah menjadi bebek sinjay dan terbukti laris. Jadi, beternak bebek punya kans untuk menghasilkan cuan dalam jumlah besar.

26. Peternakan puyuh petelur

Peluang usaha di Malang berikutnya adalah menjadi bos telur puyuh. Telur puyuh ini selain diolah menjadi telur puyuh kecap yang dijual sebagai makanan pendamping juga dijual mentah oleh pedagang sayur keliling. Ada juga yang menjualnya matang ke pedagang asongan.

Bisnis kuliner di kota Malang

Bisnis kuliner di kota Malang

Kuliner di Malang itu banyak sekali. Namun, ada beberapa yang sangat terkenal, di antaranya adalah:

27. Berjualan bakso

Bakso adalah menu yang wajib dicoba saat di Malang. Di sini, ada banyak sekali penjual bakso. Dari yang jualan di ruko hingga pedagang keliling. Bakso yang ada di kota, pinggiran kota, hingga pedesaan, semuanya ada.

Bakso di sini terkenal enak dan menariknya hampir semuanya laris. Makanan hangat di tengah cuaca Malang yang sejuk memang paling pas.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menjualnya juga. Riset pasar dulu untuk menghindari persaingan yang terlalu tinggi.

28. Berjualan makanan pedas

Ceker pedas, mi pedas, dan olahan makanan pedas lainnya punya pangsa pasarnya sendiri. Anda pun bisa ikut menjalankan usaha kuliner ini.

29. Jual makanan oleh-oleh asli Malang

Oleh-oleh khas Malang banyak disukai orang. Contohnya strudel, keripik, dan yang lain. Membuka toko oleh-oleh semacam ini meningkatkan kans untuk mendapatkan cuan.

30. Berjualan cilok

Selain bakso, cilok juga selalu laris manis di pasaran. Anda bisa membuka usaha cilok rumahan dan melayani pesanan dari teman, tetangga, atau rekan kerja.

31. Jualan tempe khas malang

Tidak hanya keripik tempenya saja yang dikenal enak, tempe khas Malang juga terkenal lezat dan tidak mudah busuk.

Saat Anda berkunjung ke Surabaya, akan sangat mudah menemukan produk tempe ini. Ini menandakan bahwa tempe Malang memiliki pangsa pasar yang luas. Tidak hanya di kota tersebut saja.

32. Membuka warung makan

Peluang usaha di Malang berikutnya adalah membuka warung makan, apa saja menunya asalkan halal, pasti laku.

Contohnya, membuat warung lalapan, bebek sinjay, warung di dekat kos-kosan dan kampus, dan yang lainnya. Menunya bisa ditentukan sendiri. Pastikan riset pasar dulu agar tidak terjadi bentrok dengan pedagang lainnyas.

33. Street food

Ada banyak street food yang ada di Malang. Mayoritas ramai pengunjung. Pasalnya, udaranya yang sejuk membuat orang yang tinggal di kota ini selalu ingin ngemil. Anda pun bisa mencoba salah satu usaha street food dengan bergabung ke waralaba atau franchise tertentu.

Masih banyak contoh peluang usaha di Malang lainnya. Misalnya jasa foto, dropshipper, digital printing, fotocopy, dll. Selamat memilih dan mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.