25 Peluang Usaha di Kota yang Menjanjikan Pasti Dibutuhkan

  • by
Peluang usaha di kota dengan sistem online yang menjanjikan

Ada banyak peluang usaha di kota tapi mungkin kurang menjanjikan karena banyak pesaingnya. Mau tahu rekomendasi bisnis terbaik di perkotaan? Cek ulasan ini!

Hidup di kota memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, di perkotaan ada banyak fasilitas yang lengkap sehingga seharusnya mudah bagi seseorang untuk berkembang. Namun di sisi lain, persaingan kehidupan di kota tinggi sehingga banyak bisnis yang gulung tikar.

Apalagi, hidup di kota dituntut untuk punya penghasilan besar untuk mengimbangi biaya hidup yang mahal.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengenali potensi bisnis di sekitar Anda baru memulai usahanya. Dengan begitu, bisnisnya akan untung dan bertahan lama.

Pada kesempatan ini, kami akan coba memberikan opsi usaha yang anti mainstream dan terbaru. Dengan begitu, Anda juga bisa mencoba hal baru di bidang bisnis sebagai ide usaha.

Peluang usaha di kota dengan sistem online yang menjanjikan

Memulai bisnis online di perkotaan itu mudah. Pertama, koneksinya sudah sangat kencang. Kedua, ada banyak hal yang bisa dijadikan konten. Ketiga, produk yang dijual umumnya bisa dibanderol dengan harga murah sehingga harganya bisa bersaing.

Peluang usaha di kota dengan sistem online yang menjanjikan

Adapun contoh peluang usaha di perkotaan yang bisa Anda jalankan adalah:

1. Grosir dan ecer pospak atau pampers online

Pospak merupakan kebutuhan yang sangat penting akhir-akhir ini. Meski menyumbang sampah yang banyak, namun faktanya masih banyak orang tua yang menggunakannya karena lebih simpel dan tidak ribet.

Agar berhasil di kota besar contohnya usaha di Semarang, Anda bisa menjual produk ini dengan sistem grosir. Penjualan dengan sistem grosir dimaksudkan agar harganya murah. Dengan begitu, akan mudah untuk bersaing dengan para penjual pokok lainnya.

2. Menjadi grosir sprei online

Selain pospak, satu kebutuhan penting yang tidak begitu terendus tapi ternyata menghasilkan banyak uang adalah sprei. Bahkan, jika Anda perhatikan di marketplace, banyak toko sprei yang follower-nya mencapai ratusan ribu.

Nah, untuk bisa bersaing saat menjalankan peluang usaha di kota ini, Anda harus menguasai pasar. Pastikan produknya lengkap dan harganya murah. Dengan begitu, saat disortir dari harga terendah, produknya tetap muncul di halaman satu pencarian.

3. Menjual pakaian dengan harga murah online

Pakaian juga masih menjadi primadona dalam penjualan produk secara online. Pengemasan mudah adalah salah satu alasannya.

Namun, perlu dicatat bahwa bisnis ini banyak pesaingnya. Pastikan Anda memilih produk pakaian dengan tepat dan harganya terjangkau.

4. Membuat website atau jadi blogger

Usaha online di kota lainnya adalah membuat website atau jadi blogger. Maksudnya, Anda bisa menjadi blogger, kemudian saat trafik situsnya sudah tinggi Anda dapat memasangi iklan. Pilihan lainnya, silakan jual website tersebut lalu bikin baru lagi dengan niche berbeda.

5. Menjadi youtuber

Siapa yang tidak kenal youtuber. Ini adalah seleb masa kini yang bisa lahir dari media sosial. Jika berminat jadi youtuber, Anda tinggal siapkan kemampuan membuat video, memilih isi konten dengan tepat, menyusun skrip, dan yang lainnya.

Pastikan kontennya menarik sehingga orang yang datang ke channel Anda juga banyak dan menyukai kontennya.

6. Membuka bisnis penulis online

Kalau Anda punya kemampuan menulis dan bisa membuat blog, maka cobalah untuk sekalian membuka jasa penulisan artikel online.

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa semacam ini. Mulai dari pebisnis kelas menengah, hingga menengah ke atas. Pekerjakan penulis online lain agar usaha Anda makin besar.

7. Membuka konveksi online (jasa jahit dan pembuatan)

Konveksi ternyata juga memiliki kans yang sangat baik sebagai peluang usaha di kota. Konveksi ini selain bisa dijalankan secara offline, nyatanya juga bisa secara online.

Silakan pekerjakan penjahit, siapkan mesin buat mereka. Kemudian, buka order jahit secara daring. Baik itu untuk pembuatan baju yang siap pakai maupun kustom sesuai pesanan pelanggan.

Pelanggan yang dilayani bisa perorangan, bisa juga mereka yang mau punya brand pakaian, tas, atau sepatu sendiri.

Kalau pelanggannya juga pengusaha, maka jelas keuntungannya akan lebih berlipat karena pesanannya juga banyak.

Bisnis ini dapat dijalankan di berbagai kota. Contohnya Bandung, usaha di Yogyakarta, hingga bisnis di Batam.

8. Berjualan perangkat lunak atau software

Perangka lunak atau software dan aplikasi kini makin dibutuhkan di era digital. Kalau Anda punya kemampuan untuk membuatnya, silakan buat dan jual langsung.

Persaingan bisnis ini tidak terlalu besar karena orang dengan ketrampilan yang sama juga masih lumayan langka. Kadang ada, tapi mereka tidak tahu cara memasarkannya saja.

9. Jasa terjemah

Jangan remehkan kemampuan menerjemahkan. Sebab faktanya, bisnis ini diakui dan upah jasanya sangat banyak. Menariknya lagi, usahanya bisa jadi bisnis rumahan sehingga tidak membutuhkan banyak modal alias modal kecil.

Peluang usaha di kota kecil

Kota kecil biasanya terletak di pinggiran. Di sini, Anda masih bisa mengakses fasilitas kota yang lengkap tapi juga banyak lahan luas layaknya di pedesaan. Maka dari itu, opsi usahanya jauh lebih mudah asalkan dijalankan dengan serius.

Peluang usaha di kota kecil

Di bawah ini adalah beberapa pilihan usaha di kota kecil:

10. Beternak ikan

Bagaimana bisa peternakan ikan membuat Anda kaya di perkotaan? Jawabannya simpel. Cobalah buat peternakan di pinggiran kota atau di kota kecil seperti usaha di Malang. Kemudian, siapkan armada untuk mengangkut hasil ternaknya ke kota-kota besar.

Jadilah pemasok untuk restoran, hotel, dan warung-warung kaki lima yang ada di kota. Dengan begitu, usahanya pasti sukses.

Manfaatkan lokasi Anda yang masih punya lahan luas buat beternak. Manfaatkan jarak yang tidak terlampau jauh ke kota besar untuk melakukan pemasaran.

11. Beternak sapi dan kambing

Peluang usaha di kota kecil berikutnya adalah bisnis peternakan sapi dan kambing. Sama halnya dengan ikan, sapi dan kambing juga sangat potensial sebab dibutuhkan di supermarket, warung, hotel, dan restoran besar.

12. Jadi pemasok kelapa ke kota

Pernahkah Anda melihat orang berjualan kelapa di mobil pick up? Jika iya, itulah contoh bisnis yang mungkin bisa dijalankan di kota kecil dengan memanfaatkan jarak antara desa ke kota besar.

Tampaknya bisnis ini kecil. Namun, jika Anda bisa menelateninya, bisnisnya bisa besar dan menghasilkan banyak uang.

13. Beternak ayam potong

Anda bisa memanfaatkan lahan pinggiran kota yang jauh dari pemukiman untuk beternak ayam potong. Bila sudah siap, silakan bawa ayamnya ke kota besar untuk dijual.

Dengan biaya operasional ala pinggiran kota yang minim, Anda bisa menjualnya dengan harga yang cenderung mahal.

14. Menjadi pemasok telur dan beternak ayam petelur

Telur adalah kebutuhan yang sangat mendasar dan dibutuhkan setiap hari. Cobalah menjadi pemasok telur di area perkotaan kecil dan kota besar dengan cara beternak ayam petelur.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Anda harus pandai dalam memilih jenis bisnis bila ingin berhasil di kota. Salah satunya adalah dengan memilih peluang usaha di kota yang persaingannya masih sedikit.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Berikut ini contoh peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan di perkotaan:

15. Jasa sedot WC

Di perkotaan, saluran pembuangan menjadi masalah yang serius karena kepadatan penduduk yang tinggi. Termasuk saluran pembuangan dari WC.

Ada banyak kasus terjadi WC mampet hingga baunya ke mana-mana. Nah, di sinilah peran sedot WC muncul untuk memberikan solusi supaya WC-nya tetap bisa dipakai tanpa perlu berganti ulang.

Adapun lokasi yang cocok untuk membuka jasa sedot WC adalah usaha di kota Surabaya dan kota padat penduduk lainnya.

16. Jasa basmi serangga dan rayap

Tidak banyak yang melirik peluang usaha di kota ini. Padahal, daerah perkotaan sangat rentan dengan rayap dan sejenisnya. Terlebih saat musim hujan datang.

Faktanya, pembasmi rayap dan serangga sangat dibutuhkan di Jakarta sehingga cocok dijadikan peluang bisnis di Jakarta.

Untuk itu, Anda bisa mulai melirik bisnis yang menjanjikan ini. Cari tahu dan gali lebih dalam mengenai bisnisnya dan silakan mulai bila sudah siap.

17. Persewaan extra bed untuk hotel dan penginapan

Saat menginap di hotel bersama keluarga dan ingin berhemat, biasanya pihak hotel mengizinkan menginap di satu kamar tapi tidak mau menyediakan tambahan kasur.

Sebagai solusi atas masalah tersebut, Anda bisa membuka jasa persewaan kasur tambahan dengan tarif yang lebih murah dibanding tarif kamarnya.

Bekerja samalah dengan pihak hotel sehingga saat ada pelanggan dengan kasus seperti itu, mereka bisa segera menghubungi Anda.

Jasa penginapan ini cocok dijalankan di daerah wisata. Misalnya dijalankan sebagai bisnis di Bali sebab kota tersebut banyak tempat wisata yang menjanjikan.

18. Persewaan alat presentasi

Seminar, workshop, atau sejenisnya umumnya dilakukan di perkotaan. Nah, biasanya seminar semacam ini tidak dilengkapi dengan alat-alat yang lengkap. Mahalnya harga alat dan perawatannya menjadi alasan terjadinya hal tersebut.

Untuk itu, Anda bisa melihat ini sebagai peluang bisnis di kota dengan menyewakan alat buat presentasi. Tarifnya tinggal disesuaikan saja dengan alat yang dipilih.

Selain alat presentasi, lengkapi juga produknya dengan menyewakan kamera, laptop, dan semacamnya.

19. Jasa bersih-bersih dan pindahan

Kalau di luar negeri, bisnis semacam ini sudah berjalan dan terbukti berhasil. Jadi, bisnis ini berjalan dengan cara menyediakan jasa membersihkan rumah, packing mau pindahan, menyediakan armada buat pindahan, hingga memasukkan barang ke lokasi pindahannya.

Bahkan bila mau, tim juga akan membantu menata barang di rumah baru sampai siap untuk ditempati.

20. Jasa SEO

Memiliki kemampuan SEO atau Search Engine Optimization? Gunakan kemampuan tersebut untuk menjadi konsultan SEO. Ilmu SEO sangat banyak dan terus berkembang, jadi Anda harus terus update informasi.

Usaha rumahan di kota dengan modal kecil

Usaha rumahan di kota dengan modal kecil

Kalau modal yang dimiliki kecil, maka bisnis di bawah ini bisa jadi solusi untuk Anda yang mau sukses atau berhasil di perkotaan:

21. Servis elektronik

Jasa servis kulkas, mesin cuci, televisi, atau yang lainnya ternyata tidak hanya potensial di desa, melainkan juga cocok untuk dijalankan di perkotaan.

Bedanya, servis elektronik di perkotaan ini panggilan. Jadi, meskipun modalnya kecil, Anda tetap harus menyiapkan kendaraan untuk datang memberikan jasa servis.

22. Menjadi dropshipper

Tak hanya sebagai peluang usaha rumahan di desa, menjadi dropshipper juga jadi bisnis menguntungkan di kota besar dengan modal kecil.

Caranya mudah, Anda tinggal cari salah satu supplier terdekat di sekitar Anda yang sudah go online. Kemudian, bekerja samalah untuk menjadi dropshipper di situ.

Selain satu produk, Anda juga bisa berjualan produk lainnya dengan cara ini.

23. Jasa penitipan anak skala kecil

Jasa penitipan anak skala besar mungkin membutuhkan biaya besar karena perlu alat dan permainan yang lebih lengkap. Namun, bila modalnya terbatas bisnisnya bisa dimulai dari skala yang kecil dulu.

Caranya adalah dengan menyiapkan mainan kecil yang harganya murah, bukan wahana yang besar-besar.

Selanjutnya buka usahanya secara rumahan sehingga tidak perlu sewa tempat. Day care semacam ini tetap dibutuhkan di kota sebab ada banyak orang sibuk yang tidak bisa mengurus anaknya sendiri.

24. Berjualan makanan atau minuman ringan

Makanan atau minuman ringan hanya butuh modal yang kecil. Modalnya makin kecil lagi jika Anda tak perlu sewa tempat alias dijalankan rumahan.

25. Waralaba modal kecil yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal

Ada banyak pilihan bisnis waralaba bermodal kecil yang bisa Anda jalankan. Namun saran kami, pilihlah yang makanan atau kuliner aga profit marginnya besar.

Itulah beberapa ide peluang usaha di kota yang pasti menguntungkan dengan beragam pilihan dan kondisi. Silakan coba salah satunya dan tekuni jika Anda memang masih pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.