27 Peluang Usaha di Bali Pasti Laris Anti Gagal dan Caranya

  • by
Rekomendasi peluang usaha di Bali yang bikin sukses Berjualan street food

Peluang usaha di Bali itu sangat besar. Di sini, sektor wisata berkembang sangat pesat. Maka dari itu, jangan takut untuk berbisnis sekarang juga!

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Tak hanya orang dari dalam negeri, pulau ini juga menjadi tujuan wisata nomor satu bagi para wisatawan mancanegara.

Alamnya yang indah dan budayanya yang masih kental menjadi beberapa alasan kenapa pulau ini begitu disanjung.

Karena kepopulerannya itu, membuka bisnis di sini tampaknya lebih mudah. Asalkan kita bisa mendeteksi kebutuhan para wisatawan atau pengunjung yang datang ke Bali.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa opsi bisnis yang sangat potensial dan bisa menghasilkan uang dengan cepat di pulau dewata ini. Selamat menyimak.

Rekomendasi peluang usaha di Bali yang bikin sukses

Di bawah ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dijalankan di Bali:

1. Berjualan street food

Street food atau makanan pinggir jalan sangat laris di Bali. Biasanya, pembelinya adalah para wisatawan yang sedang melancong ke spot-spot tertentu. Menu street food beraneka macam.

Rekomendasi peluang usaha di Bali yang bikin sukses Berjualan street food

Anda bisa menjual gorengan, donat, sosis, minuman, hingga makanan-makanan kekinian yang sedang tren.

Menariknya, bisnis ini tidak membutuhkan modal besar. Jadi, bisa dimulai oleh pemula sekali pun.

2. Penginapan, homestay, atau persewaan vila

Salah satu bisnis menguntungkan di pulau dewata ini adalah persewaan rumah, homestay, penginapan, atau persewaan vila.

Pasalnya, setiap pelancong tidak akan bisa menghabiskan spot di Bali hanya dalam satu hari. Paling tidak, mereka harus menginap dalam semalam untuk bisa melanjutkan perjalanan di keesokan harinya.

3. Persewaan stroller dan keperluan bayi

Ini adalah contoh bisnis kota yang langka namun sangat potensial di Bali. Para wisatawan yang membawa anak kadang tidak membawa peralatan lengkap. Salah satu peralatan yang lupa di bawa adalah stroller.

Dari sini, muncul kans untuk membuka usahanya dengan cara menyewakan stroller kepada para pelancong. Dengan stroller tersebut, mereka bisa menikmati wisata tanpa perlu lelah menggendong anak.

Selain stroller, Anda bisa menambahkan produk lain seperti mainan anak, matrass, atau yang lainnya.

4. Jasa sewa pagar untuk kolam renang

Tampak tak dibutuhkan tapi sangat dibutuhkan. Itulah pagar kolam renang.

Seperti yang kita tahu, di vila-vila Bali biasanya ada kolam renang dengan view pantai. Atau, kalau tidak langsung ke pantai, tiap vila mayoritas ada kolam renangnya.

Jika ada keluarga yang sedang berlibur dan membawa anak-anak, mereka tentu butuh tambahan pagar agar anak-anak tidak masuk ke kolam seenaknya.

Pagar ini akan menjadi pengaman tambahan pada vila tersebut yang sayangnya tidak disediakan oleh vilanya.

Sebagai pemilik usaha, Anda bisa bekerja dengan pemilik vila agar saat ada pengunjung yang datang bisa langsung direkomendasikan untuk menyewa pagar di tempat Anda.

5. Membuka warung makan khas Bali atau Indonesia

Orang pasti butuh makan. Maka dari itu, membuka warung makan khas Bali atau Indonesia menjadi opsi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Bisnis ini tetap bisa hidup di masa apa pun. Baik pada saat wisata di Bali ramai, maupun saat sepi seperti ketika pandemi covid 19.

6. Melayani katering (pesanan)

Peluang usaha di Bali berikutnya adalah menerima pesanan makanan atau katering. Pelanggan yang membelinya biasanya berasal dari acara-acara tertentu yang butuh nasi kotak banyak. Atau, bisa juga dari kantor-kantor atau penyewa penginapan.

Seperti diketahui, Bali tidak hanya menjadi tempat untuk berwisata. Banyak seminar, work shop, dan sejenisnya yang dihelat di Bali. Nah, saat acara ini terlaksana, Anda mungkin akan kebanjiran order.

Belum lagi saat ada acara pernikahan, Anda bisa bekerja sama dengan event organizer hingga wedding organizer agar bisnis katering ini berhasil.

7. Membuka sanggar tari

Sebagaimana disampaikan di atas, Bali sangat terkenal dengan budayanya yang masih kental. Tarian adalah salah satunya.

Membuka sanggar tari

Di sini masih sering terlihat pagelaran tari dan menjadi daya tarik sekaligus tontonan bagi para wisatawan.

Ke depan, tarian bali akan tetap ada dan untuk melestarikannya banyak anak-anak yang butuh kursus tari bali. Maka dari itu, jika Anda punya skill-nya, bukalah sanggar tari.

8. Membuka sasana bela diri

Selain tarian, pertunjukkan yang juga sering dimunculkan adalah bela diri. Anda bisa memilih opsi ini jika memang punya keterampilannya.

9. Home spa

Setelah lelah berkeliling di Bali, wajar bila para wisatawan lelah. Mereka butuh pijat agar kembali fresh dan capeknya hilang.

Dari sini, muncullah peluang usaha di Bai berupa home spa. Bisnis ini sebenarnya bisa dijalankan secara online. Namun, pemasaran secara langsung juga tidak bisa ditinggalkan.

Yang terpenting, Anda harus memberikan layanan terbaik jika memilih usaha ini. Pasalnya, ada beberapa jenis home spa yang terkenal di Bali. Mulai dari health spa, day spa, hingga ayurvedic.

10. Jasa tour and travel (paket wisata)

Jasa berwisata ke Bali juga menjadi opsi peluang usaha di Bali yang sangat menguntungkan. Anda dapat membuka paket wisata, menyediakan armada, dan yang lainnya. Kemudian, cari konsumen dari luar Bali yang mau berwisata ke sini.

Pastikan paket wisatanya terjangkau tapi berkualitas sehingga orang-orang tidak akan berpikir dua kali saat hendak mengambil paketnya.

11. Open trip backpacker

Saat ini, backpacker menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang. Berlibur dengan budget rendah membuka kesempatan kepada mereka untuk benar-benar fokus menikmati apa yang ada secara natural.

Untuk itu, Anda bisa membantunya dengan membuka open trip. Silakan pilih tempat wisata terjangkau di Bali yang cocok buat para backpacker. Bekerja samalah dengan pemilik vila dengan harga terjangkau sehingga liburan mereka tetap aman dan nyaman.

12. Menjual oleh-oleh khas Bali

Setelah selesai berwisata dan hendak pulang, banyak wisatawan yang akan membawa cendera mata khas daerah setempat. Oleh karena itu, Anda bisa menjual oleh-oleh khas Bali. Pernak-pernik dengan harga terjangkau yang bisa dibeli dalam jumlah yang banyak dalam sekali transaksi

13. Membuka toko sembako atau kelontong

Toko kelontong menjadi salah satu peluang usaha di Bali yang anti gagal meski pandemi tiba. Pasalnya, dia tidak tergantung pada sektor wisata. Produk yang dijual selalu dibutuhkan baik oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar.

Toko sembako ini sangat cocok dijalankan di mana saja, termasuk kota kecil dan bisnis di pedesaan.

14. Restoran menu dalam dan luar negeri

Jika warung makan khas Bali dan Indonesia diburu, maka restoran dengan menu lengkap dari dalam dan luar negeri juga tidak kalah pembelinya.

Restoran semacam ini bisa menjadi solusi buat para wisatawan yang kangen dengan masakan khas asal negaranya. Jadi, kalau bosan atau tidak cocok dengan makanan Indonesia, mereka bisa menjajal menu asli daerahnya.

15. Warung kopi

Sebagian besar orang suka nongkrong dan tempat nongkrong yang nyaman adalah di warung kopi. Sambil ngopi sambil berkumpul dengan teman atau keluarga.

16. Toko bakery

Selain bisnis kuliner di atas, Anda juga bisa coba buka toko bakery di Bali. Toko bakery ini khusus menjual roti atau produk lai yang siap santap.

Artinya, pada saat wisatawan sedang berkeliling, mereka dapat menyimpan roti dan produk bakery untuk dimakan sewaktu-waktu saat lelah.

17. Membuka Pertamini

Bensin merupakan kebutuhan yang sangat mendasar agar bisa berkeliling di Bali. Maka dari itu, membuka pertamini di pinggir jalan pasti banyak pembelinya. Mulai dari pembeli lokal hingga dari mancanegara.

Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang usaha di Bali ini dan mendapatkan banyak keuntungan.

18. Jasa laundry

Jasa laundry yang dimaksud di sini bisa jasa mesin cucinya saja (self service) atau layanan mencuci hingga menyetrika pakaian. Umumnya, konsumennya berasal dari warga lokal hingga mancanegara.

Agar makin sukses, Anda juga bisa bekerja sama dengan pemilik homestay, vila, atau penginapan jenis lainnya.

Jadi, saat ada pelanggan di penginapan tersebut yang membutuhkan laundry, Anda bisa langsung menjemput cuciannya. Kemudian, bila sudah selesai dicuci dan disetrika, Anda akan langsung mengantarkannya lagi.

19. Ekspor kerajinan dan karya seni Bali

Di Bali, Anda bisa memulai usaha ekspor ke negara lain. Yang diekspor adalah karya seni dan kerajinan khas Bali. Bahkan, ada juga yang menjual lemari dan pintu berukir khas jaman dulu.

Harga produk semacam ini sangat mahal. Potensi peluang usaha di Bali ini sangat besar karena Anda bisa mendapatkan banyak dolar.

20. Event Organizer

Ada banyak acara yang dihelat di Bali. Mulai dari pernikahan, konser, hingga acara adat. Nah, di sini peran EO sangat besar dan dibutuhkan.

Oleh karena itu, jika Anda punya kemampuan dalam me-manage sebuah acara dan mahir, silakan buka jasa Event Organizer.

21. Air isi ulang

Membuka bisnis pengisian air galon juga sangat potensial di Bali. Pasalnya, air putih adalah kebutuhan yang sangat dasar. Dan karena padatnya penduduk, maka air putih begitu dibutuhkan di sini.

22. Jual minuman di area wisata

Selain air putih, minuman lain di area wisata seperti kelapa muda juga sangat laris manis. Anda bisa menjadi grosir kelapa muda sekalian dan memasoknya di hotel, vila, atau restoran yang ada di Bali.

Usaha online di Bali

Usaha online di Bali

Selain berbagai macam bisnis di atas, Anda juga bisa coba bisnis berbasis online di bawah ini:

23. Kelas yoga panggilan

Tidak seperti di daerah lain, Bali sangat terkenal dengan yoganya. Di sini, banyak orang yang senang melakukan yoga sehingga potensial bila Anda membuka kelas yoga panggilan.

Silakan sediakan tempat yang nyaman buat yoga dan pastikan Anda punya skill untuk mengajar. Atau, kalau memang belum punya keahlian tersebut, silakan pekerjakan orang yang kompeten untuk menjalankan peluang usaha di Bali ini.

24. Menyewakan kendaraan online

Kendaraan online adalah salah satu hal yang tampaknya wajib disewa ketika di Bali. Dengan kendaraan, para wisatawan bisa menuju lokasi wisata dengan lebih leluasa dan cepat.

Adapun contoh kendaraan yang bisa disewakan di sini adalah sepeda motor, sepeda listrik, hingga mobil.

Apabila Anda memutuskan untuk membuka peluang usaha di Bali ini, pastikan bahwa regulasinya jelas dan tegas.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pencurian kendaraan atau kendaraan yang dibawa lari penyewa.

Jika modalnya kecil, Anda tidak perlu khawatir. Bisnis ini bisa dimulai dari satu sepeda motor saja. Seiring berjalannya waktu, armadanya bisa ditambah sesuai ketersediaan dananya.

25. Barbershop panggilan

Barbershop offline saja sangat dicari di Bali, apalagi pangkas rambut panggilan. Pangkas rambut merupakan kebutuhan bagi semua orang. Membuka usaha ini akan memberikan peluang yang besar untuk sukses di masa yang akan datang.

26. Menjadi influencer di Bali

Layaknya bisnis kekinian lain, Anda juga bisa membuat usaha online dengan cara menjadi Youtuber atau influencer.

Kontennya terserah. Asalkan disukai oleh penonton dan bisa dikembangkan dengan mudah.

Namun, karena Anda tinggal di Bali, salah satu contoh ide kontennya adalah tentang wisata di sana. Mungkin bisa cara berwisata, tempat wisata keren, atau rekomendasi lainnya.

27. Membuka jasa mengelola situs dan sosial media

Sebagian besar usaha di Bali sudah go online. Sayangnya, karena ketersediaan waktu yang sedikit, mereka tidak bisa mengelola sosial media atau situsnya.

Anda bisa hadir di sini sebagai admin yang siap mengelola situs dan sosial media hingga banyak pengunjungnya. Selain itu, tugas lainnya adalah melayani pelanggan secara online saat mereka menghubungi sosial media tersebut.

Cara sukses usaha di bali

Cara sukses usaha di bali

Berikut ini adalah beberapa cara jualan di Bali sampai sukses:

  • Riset bisnis agar tidak salah ambil peluang. Jangan ambil yang terlalu tinggi persaingannya.
  • Melakukan pemasaran dari segala lini (offline dan online).
  • Menjaga kualitas barang yang dijual.
  • Memberikan layanan terbaik dan menjaga kepercayaan pelanggan.
  • Ramah dan informatif.
  • Menjalin kerja sama atau membentuk jaringan yang kuat antar sesama pengusaha.

Selain peluang usaha di Bali dan tips suksesnya di atas, Anda juga perlu tetap tekun dan tahan banting saat menjalankan usahanya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.