31 Ide Peluang Usaha di Surabaya yang 100% Untung

  • by
Peluang usaha di Surabaya yang pasti untung

Potensinya besar! Anda bisa memulai peluang usaha di Surabaya yang menguntungkan dengan BEP yang cepat. Pilih dengan benar dan lakukan dengan sungguh-sungguh.

Ada banyak sekali pilihan usaha yang bisa diambil. Mulai dari bidang kuliner, hingga penjualan barang, dan jasa. Anda bahkan bisa menyewakan barang tertentu dengan tarif mahal sehingga keuntungannya besar.

Sebagai ibu kota Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya punya banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan. Terlebih mayoritas masyarakat Jawa Timur juga datang ke sini untuk mengadu nasib dan kuliah di beberapa perguruan tinggi negeri terkenal.

Jumlah penduduk asli yang banyak ditambah dengan pendatang yang meledak setiap tahun membuat roda perekonomian di sini berjalan dengan sangat cepat.

Berjualan di sini sudah jelas punya pangsa pasar yang luas. Jadi, asalkan tepat pilihan produknya dan bisa dijalankan dengan serius, hasilnya akan jelas bikin Anda cepat kaya dan sukses.

Dalam artikel ini kami akan mencoba memberikan beberapa pilihan ide usaha di kota Surabaya dan sekitarnya. Selamat menyimak.

Bisnis kuliner di Surabaya yang menjanjikan

Bisnis kuliner di Surabaya yang menjanjikan

Berikut ini adalah daftar peluang usaha di Surabaya dari sektor kuliner atau makanan:

1. Berjualan seafood

Seafood atau ikan laut menjadi salah satu hasil dari daerah Jawa Timur yang sayang bila tidak dikembangkan dengan benar. Terlebih, masyarakatnya juga suka dengan olahan ikan, kerang, udang, dan sejenisnya.

Anda bisa berjualan ikan di warung, menjualnya sebagai ikan segar, atau mengolahnya menjadi makanan siap pakai seperti bakso ikan, otak-otak ikan, dan semacamnya.

Potensi berjualan seafood sangat besar di Surabaya. Jadi, Anda perlu mencobanya. Bahkan, membuat usaha peternakan ikan air tawar juga berpotensi di sini.

2. Makanan sate klopo

Sate klopo merupakan salah satu menu andalan khas Jawa Timur yang umum dijual di restoran, warung makan, hingga pedagang kaki lima yang masih membawa rombong.

Sate klopo ini dijual dengan harga beragam dan peminatnya sangat banyak. Jika Anda mau mencobanya juga, pastikan untuk belajar cara memasaknya. Jangan sampai kalah dengan sate klopo lain milik pesaing.

3. Peluang kerjasama usaha di Surabaya: franchise atau waralaba

Peluang usaha di Surabaya dari sektor kuliner berikutnya adalah bisnis kerja sama. Waralaba atau franchise dengan tema kuliner sangat banyak macamnya. Di Surabaya kuliner semacam ini sangat laris karena harganya dinilai lebih murah atau terjangkau.

Harga barang di kota Surabaya itu cukup mahal, apalagi tinggal di area perkotaan. Itulah mengapa saat minimarket jualan makanan atau ada franchise makanan, langsung banyak yang beli. Sebab, harga waralaba dan makanan di minimarket berlaku se-Indonesia.

4. Berbisnis sambal

Sambal olahan itu terkesan sepi peminat, tapi ternyata sangat banyak pelanggannya. Hal ini dibuktikan dengan makin banyak pebisnis yang membuat sambal sendiri kemudian menjualnya secara online.

Nah, jika Anda berjualan di Surabaya, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh selain soal uang, di antaranya adalah:

  • Jika penjualan dilakukan secara online, maka ongkirnya terbilang sangat murah. Bahkan, kirim ke seluruh area Jawa Timur bisa free. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri buat para pembeli.
  • Sebagian besar orang Jawa Timur suka pedas tapi tidak mau ribet.
  • Pembeli tidak hanya akan datang dari Surabaya saja, bisa jadi Jawa Timur hingga luar provinsi.
  • Sambalnya bisa aneka rasa dan dikombinasikan dengan seafood.

Selain keuntungan di atas, peluang usaha di Surabaya ini juga termasuk bisnis rumahan yang cocok buat ibu rumah tangga. Terlebih, modalnya juga kecil.

5. Jualan bumbu dapur

Selain sambal, Anda juga bisa berjualan bumbu dapur. Persaingan di bisnis ini cenderung tidak terlalu besar tapi pangsa pasarnya luas.

Anda bisa mendistribusikan bumbu ke pedagang-pedagang di pasar atau menjualnya secara eksklusif kepada teman dan secara online.

Pastikan produk Anda berbeda dari milik pesaing. Pastikan pula ada nilai tambah yang dimiliki oleh produk tersebut.

6. Membuka warung nasi krawu

Nasi krawu juga menjadi opsi kuliner Surabaya yang banyak dicari. Biasanya, nasi krawu ini dijual di pagi hari di rombong-rombong. Harganya cenderung murah, enak, dan menunya beragam.

7. Bakery atau pembuatan cake

Selain menu makanan utama seperti yang disebutkan di atas, menu kuliner lain yang sangat laris di Surabaya adalah cake. Mulai dari roti biasa, kue ulang tahun, brownis, hingga lapis Surabaya, semuanya punya pangsa pasar sendiri.

Anda bisa menjualnya secara offline dengan membuat toko bakery, menerima pesanan dari rumah, atau sekalian menjualnya secara online bekerja sama dengan go food.

8. Berjualan rawon

Rawon merupakan menu yang enak dan tidak ada duanya. Kalau sudah urusan rawon, Surabaya tidak bisa dibandingkan dengan yang lain karena rasanya sangat khas. Anda bisa berjualan menu kuliner ini apabila berkenan.

9. Membuka warung makan aneka menu masakan rumahan

Selain kuliner khusus seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa memasak berbagai macam menu masakan rumahan. Membuka warung dengan konsep ini sangat menguntungkan.

Pasalnya, di Surabaya banyak sekali pendatang, mahasiswa yang kos, hingga karyawan yang bekerja dan masih ngekos. Para pendatang ini butuh tempat untuk makan dan warung adalah jawabannya.

Peluang usaha di Surabaya yang pasti untung

Peluang usaha di Surabaya yang pasti untung

Berikut ini contoh ide usaha di Surabaya yang laku keras dan tidak akan gulung tikar:

10. Homestay atau penginapan

Penginapan di Surabaya selalu laris manis, bahkan cenderung cepat penuh. Itu membuktikan bahwa peluang usaha di Surabaya ini memang menjanjikan.

Penginapan ini biasanya menawarkan kamar harian, mingguan, hingga bulanan. Akan lebih menguntungkan jika homestay atau penginapannya dekat dengan pusat kota dan parkirannya luas. Dengan begitu, orang yang mau menginap juga betah karena aksesnya mudah.

11. Berjualan sembako

Sembako menjadi kebutuhan pokok yang selalu menjadi contoh bisnis laris manis. Meskipun persaingannya tinggi, sembako tetap saja laku dengan caranya sendiri.

Karena berjualan di Surabaya, Anda bisa melirik usaha sembako skala besar atau grosiran. Kecuali jika Anda tinggal di pinggiran kota atau di area padat penduduk. Membuka sembako skala kecil ala rumahan tetap laku keras.

12. Toko herbal

Toko herbal juga punya pangsa pasar besar di sini. Pasalnya, ada banyak orang sakit di Jawa Timur dan berobat ke rumah sakit besar di sini. Untuk mendapatkan pelayanan alternatif, mereka biasanya mencari solusi herbal.

Potensi bisnis ini akan semakin meningkat manakala dikerjakan di sekitar rumah sakit atau tempat berobat.

13. Membuka kos-kosan

Kos-kosan juga memiliki banyak potensi sama dengan homestay. Bedanya, kos-kosan semacam ini biasanya skala rumahan dengan harga sewa yang lebih miring.

Konsumennya adalah mahasiswa, karyawan yang baru meniti karir, atau semacamnya.

Jika Anda tertarik membuka bisnis ini, pastikan bahwa tempatnya strategis. Dekat dengan fasilitas umum, kampus, sekolah, atau semacamnya. Selain itu, pastikan harganya bersaing karena persaingan kos-kosan juga lumayan tinggi.

14. Menyewakan rumah kontrakan

Apabila kos lebih cocok buat orang yang masih single, maka rumah kontrakan cocok buat orang yang sudah berumah tangga tapi belum bisa membeli rumah di Surabaya yang harganya sangat tinggi.

Kontrakan ini bisa berupa satu rumah penuh atau sepetak kamar yang sudah ada kamar mandi dan dapurnya saja.

Tentu harganya beda. Ada yang disewakan bulanan, ada pula yang tahunan.

15. Usaha laundry

Laundry merupakan contoh bisnis yang mudah dikerjakan, bisa rumahan, dan modalnya kecil. Menariknya lagi, asalkan Anda menawarkan jasa delivery order, maka Anda bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.

Untuk memperbesar bisnis laundry, silakan bekerja sama dengan hotel, penginapan, dan kos-kosan. Pastikan Anda menjadi partner buat para penghuninya agar ada pelanggan tetap di laundry Anda.

16. Membuka bisnis fotokopi

Bisnis fotokopi juga memiliki pangsa pasar yang sangat besar di kota ini. Peluang usaha di Surabaya ini sangat cocok dijalankan di area kampus atau sekolahan. Boleh juga dikerjakan dekat rumah sakit, dan fasilitas umum semacamnya.

17. Cuci motor dan mobil

Di Surabaya, ada banyak sekali kendaraan, baik motor maupun mobil. Sayangnya, tidak banyak tempat yang menawarkan tempat cucian mobil dan motor. Apabila Anda mau membukanya, maka ini bisa jadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Namun ingat, bisnis ini butuh tempat yang luas. Sementara Surabaya adalah area yang padat dan tidak banyak lahan nganggur. Itu adalah tantangannya, tapi jangan sampai tantangan ini membuat Anda mundur untuk menjalankan usahanya.

18. Membuka kafe

Kafe atau rumah makan dengan konsep cozy menjadi salah satu tempat incaran anak muda. Umumnya, bisnis semacam ini sangat diminati oleh para konsumen. Khususnya bila dijalankan di area dekat kos, penginapan, atau kampus.

19. Berjualan dengan sistem grosir

Ada banyak produk yang bisa dijual dengan sistem grosir di Surabaya. Contohnya adalah pospak / pampers, sprei, kertas, mainan anak, sembako, pakaian, dan yang lainnya.

Masing-masing produk merupakan kebutuhan pokok yang jelas dibutuhkan oleh semua orang. Pertanyaannya, kenapa harus grosir?

Dengan menjual secara grosir, Anda punya kesempatan untuk mendapatkan reseller. Bila hal demikian terjadi, maka perputaran barang akan cepat terjadi. Artinya, cuan pun bisa didapatkan dengan cepat dan mudah.

Toh ini Surabaya di mana kesempatan untuk membuka toko grosir terbuka lebar.

20. Usaha rental barang

Rental barang juga cocok dijalankan di sini. Contoh rental barang di sini adalah persewaan laptop, kamera, printer, LCD proyektor, mesin fotokopi untuk perusahaan, dan yang lainnya.

Dengan sistem sewa semacam ini, kesempatan untuk mendapatkan uang bulanan jauh lebih besar. Semakin banyak pelanggan, semakin banyak pula uang bulanannya. Namun ingat, jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk biaya perawatan alat-alat atau barangnya.

21. Bisnis rental kendaraan

Selain barang sebagaimana disebutkan di atas, Anda juga bisa membuka rental kendaraan seperti mobil box, mobil keluarga, hingga sepeda motor. Ini penting, mengingat pendatang di Surabaya sangat banyak dan mereka butuh armada untuk aktivitas sehari-hari.

22. Bisnis properti

Sama dengan bisnis di Jakarta, berbisnis properti di sini juga sangat menguntungkan. Peluang usaha di Surabaya ini sangat banyak uangnya. Pasalnya, harga properti di Surabaya sangat mahal.

Anda bisa jadi agen kemudian mendapatkan komisi dari harga jual propertinya. Atau, Anda juga bisa menjadi bagian dari renovasi rumah tertentu dan membantu menjualkannya.

23. Event organizer

Kota pahlawan ini juga punya banyak acara. Mulai dari acara musik, acara daerah, dan yang lainnya. Di sini, dibutuhkan event organizer agar acaranya dapat berjalan dengan lancar.

Apabila berminat mencobanya, silakan mulai dengan membuka jasa untuk pernikahan, ulang tahun, bridal shower, acara musik, dan yang lainnya.

Peluang usaha yang belum banyak pesaing di Surabaya

Peluang usaha yang belum banyak pesaing di Surabaya

Mau coba berbisnis tapi takut bersaing dengan pengusaha lain yang sudah berpengalaman? Cobalah peluang usaha di Surabaya yang minim pesaing ini:

24. Bisnis ekspedisi

Ekspedisi di Surabaya memang sudah banyak, tapi pengiriman antara satu tempat ke tempat lainnya juga sangat banyak, bahkan cenderung overload.

Maka dari itu, Anda bisa mulai membuka jasa ekspedisi dalam kota Surabaya. Barang yang diantar beragam. Siapkan armada sesuai dengan barangnya.

Untuk pengiriman skala kecil, sepeda motor rasanya sudah cukup. Namun, untuk pengiriman sekala besar, Anda harus pastikan membawa mobil atau mobil box.

Jika sudah makin besar, silakan membuka pengiriman ke luar kota. Khusus untuk daerah-daerah di Surabaya seperti di Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, dan yang lainnya.

25. Jasa mencari kos atau kontrakan

Terbilang sepele tapi ternyata bisa memberikan penghasilan besar. Peluang usaha di Surabaya ini biasanya mendatangkan konsumen dari luar kota yang harus tinggal di Surabaya karena urusan pekerjaan atau sekolah.

Mereka umumnya tidak punya cukup waktu untuk mencari sendiri kos-kosan. Atau, punya waktu tapi enggan wara-wiri karena Surabaya panas.

Saat membuka jasa cari kontrakan dan kos, pastikan untuk mengutamakan kepuasan pelanggan agar bisa memperoleh kepercayaan dan bisnisnya bertahan lama.

26. Berbisnis kemasan

Dunia digital semakin berkembang pesat. Inilah yang membuat bisnis membuat kemasan juga turut berkembang. Dengan pengemasan yang cantik diharapkan online shop-nya juga memiliki angka penjualan yang tinggi.

27. Pemandu wisata

Surabaya punya banyak sekali tempat yang bersejarah dan cocok buat wisata. Sayangnya, banyak orang yang datang ke sini tidak tahu harus ke mana. Paling, wisatawan hanya ke tempat yang itu-itu saja.

Maka dari itu, sebagai warga Surabaya yang mengenal tempat ini dengan baik, Anda dapat menjadi pemandu wisata buat mereka.

Meski terkesan sepele, tapi ini menghasilkan. Jika ditekuni dan dipromosikan dengan baik, penghasilannya juga lumayan.

28. Jasa tempat parkir mobil

Ada satu masalah yang sangat krusial di Surabaya, yakni ketersediaan lahan di perkotaan yang makin menipis. Saking minimnya, ada banyak rumah yang kini tidak punya lahan parkir. Padahal, sebagian besar warga sekarang sudah mampu beli mobil.

Akibatnya, mobil tersebut kadang harus diparkir di pinggir jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Untuk mengatasinya, pemilik lahan kosong yang ada di sekitar situ bisa menyewakan lahannya untuk parkir. Tidak tanggung-tanggung, untuk satu mobil, tarif yang dibanderol mencapai 300 sampai 350 rupiah per bulan.

Bayangkan saja, jika ada 20 mobil, penghasilannya sudah 7 juta sendiri tanpa perlu melakukan apa-apa.

Ide usaha di Surabaya berbasis online

Ide usaha di Surabaya berbasis online

Selain peluang usaha di Surabaya di atas, Anda juga dapat mencoba bisnis online di bawah ini:

29. Membuka online shop

Bisnis online di sini sangat menggiurkan. Selain karena berada di pusat provinsi Jawa Timur, harga barang di sini cenderung sangat murah. Jadi, kalau bisnis online, harga produknya bisa terjangkau dan ongkos kirimnya jelas gratis.

30. Menjadi influencer, youtuber, atau yang lain (konten kreator)

Menjadi konten kreator di Surabaya terbuka untuk semua orang. Apa pun jenis pekerjaannya, berapa pun usianya. Asalkan punya ide konten yang unik, bisa videografi, dan editing, maka mudah untuk diterima.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memahami algoritma dari media sosial yang disasar agar engagement-nya bagus.

31. Konsultan media sosial

Hampir semua orang mau berbisnis secara online. Tapi, tidak semuanya tahu cara main media sosial. Ada yang merasa tahu tapi sebenarnya hanya permukaannya saja. Tidak sampai tahu cara memperbesar media sosial tersebut.

Dari sini, peluang bisnis menjadi konsultan media sosial di Surabaya terbuka lebar. Bila berminat, pastikan Anda sudah punya skill-nya. Sehingga jasa yang dijual benar-benar memberikan arti bagi bisnis konsumen.

Itulah beragam pilihan peluang usaha di Surabaya yang dapat kami sampaikan. Ada masih banyak bisnis yang dapat berkembang dengan cepat di sini. Temukan dengan insting dan inovasi masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.