20 Peluang Usaha di Batam, Paling Laris dan 100% Sukses

  • by
Peluang usaha di Batam terbaru dan paling laris

Tak kalah dengan Bali, peluang usaha di Batam juga sangat menjanjikan. Mulai dari jual barang, jasa, hingga kuliner. Baik online maupun offline. Semua bisa!

Batam merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota ini cukup dekat dengan perbatasan terluar Indonesia dengan negara lain. Banyak yang ke luar negeri melalui kota ini.

Maka dari itu, potensi bisnisnya sangat besar. Saking besarnya, Anda bisa dengan mudah menemukan tas dan barang lain dijual online dengan harga murah berasal dari Batam.

Apabila Anda mau mencoba bisnisnya, kami akan memberikan pembahasan mengenai ide bisnisnya dalam artikel ini. Selamat menyimak sampai selesai.

Peluang usaha di Batam terbaru dan paling laris

Peluang usaha di Batam terbaru dan paling laris

Sebagaimana dijelaskan di atas, ada banyak opsi usaha yang dapat dijalankan di kota ini. Secara umum, Anda bisa memilih bisnis-bisnis di bawah ini:

1. Membuka tempat penitipan anak

Tempat penitipan anak merupakan contoh bisnis yang sangat menguntungkan. Selain karena modalnya tidak terlalu besar, bisnisnya juga berbasis jasa sehingga keuntungannya sangat besar.

Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan mudah dengan cara membina kepercayaan dengan konsumen. Jangan sampai mengecewakan karena bagaimanapun, mereka telah menitipkan anaknya.

Seiring berjalannya waktu, setelah keuntungan terkumpul, usahanya bisa diperbesar dengan menyediakan fasilitas yang lengkap supaya anak-anak makin betah.

2. Membuka toko kelontong

Toko kelontong adalah salah satu contoh peluang usaha di kota yang tidak ada matinya. Produk yang dijual adalah kebutuhan pokok sehingga siapa pun akan membutuhkannya. Baik itu warga lokal maupun wisatawan domestik dan turis.

3. Berjualan bensin atau pertamini

Bensin sangat diperlukan untuk berjalan-jalan tanpa lelah. Bahan bakar kendaraan ini bisa dijual dengan konsep bensin manual atau pertamini. Namun, untuk menjaga kepercayaan, silakan gunakan pertamini. Di mana perhitungan digitalnya lebih jelas dan akurat.

4. Berjualan barang online

Batam dikenal dengan barang-barangnya yang dijual secara online. Anda pun bisa mengambil peluang usaha di Batam ini. Silakan pilih barangnya dan jual secara online.

5. Jasa reparasi tas

Bila biasanya Batam dikenal punya produk tas yang dijual secara online, maka ini adalah bagian dari bisnis tas tersebut.

Reparasi tas ini fungsinya adalah membuat tas yang tadinya terlihat lusuh atau sedikit rusak menjadi kelihatan cantik dan siap pakai lagi.

Bila sudah cantik, Anda bisa memakainya sendiri atau menjualnya sebagai barang bekas dengan harga yang pantas.

6. Jasa menjahit

Menjahit juga merupakan ketrampilan yang mudah berkembang di Batam. Anda bisa membuka jasa permak, jasa perbaikan tas atau produk lain, dan jasa menjahit baju dari awal sampai akhir.

Bahkan, jika Anda punya kemampuan ini, maka Anda pun dapat membuka konveksi kecil-kecilan. Atau, membuka jasa jahit dengan sistem PO secara online.

7. Berjualan internet, pulsa, dan jasa pembayaran

Penjualan internet, pulsa, dan jasa pembayaran lain sangat potensial dikembangkan. Tidak hanya di Batam tetapi juga di seluruh Indonesia.

Ini adalah produk yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang karena mereka kini punya smartphone dengan kartu yang harus terus diisi pulsanya dan dijaga paket internetnya.

Khusus untuk jasa pembayaran, biasanya cukup lengkap. Mulai dari BPJS, PDAM, PLN pasca bayar, TV kabel, angsuran, dan yang lainnya.

Pembayaran semacam ini bisa dilakukan di satu tempat asal Anda menemukan agen pulsa yang tepat.

8. Sewa homestay di Batam

Homestay atau penginapan merupakan kebutuhan penting di area wisata, termasuk Batam. Hal ini karena orang-orang yang berkunjung ke Batam tidak akan langsung pulang melainkan perlu menginap dulu minimal semalam.

Dengan memiliki homestay atau penginapan, Anda bisa menyewakannya dengan tarif tertentu sesuai harga pasar yang pantas.

9. Sewa kendaraan

Sama halnya dengan peluang usaha di Bali, persewaan kendaraan di Batam juga sangat potensial. Di sini, Anda bisa menyewakan motor atau mobil untuk berkeliling ke lokasi-lokasi wisata atau tempat lain di Batam.

10. Jasa laundry rumahan

Laundry rumahan merupakan salah satu contoh peluang usaha di Batam dengan modal kecil. Anda hanya butuh setrika dan mesin cuci untuk memulai usahanya. Sementara upahnya langsung dihitung per kilogram sesuai dengan jumlah pakaiannya.

Akan lebih menguntungkan lagi apabila bisa bekerja sama dengan penginapan atau homestay yang ada di sekitar lokasi.

Bisnis kuliner di Batam

Bisnis kuliner di Batam

Selain bisnis di atas, Anda juga dapat menjalankan usaha kuliner di bawah ini:

11. Katering rumahan

Berbisnis kuliner itu memberikan kesempatan untuk kaya dengan cepat. Betapa tidak, persentase laba usaha kuliner bisa sampai 40 hingga 50 %. Sangat besar.

Syaratnya, produk makanan yang dijual harus habis agar tidak basi.

Nah, agar hal tersebut tercapai, salah satu contoh bisnis potensialnya adalah dengan membuka katering rumahan.

Artinya, Anda bekerja setelah ada order dari orang yang memesan katering. Dengan begitu, kejadian makanan basi bisa diminimalkan karena masaknya sesuai dengan pesanan.

Adapun contoh katering yang potensial adalah makanan rumahan dan makanan diet.

12. Produksi kue dan roti rumahan

Kue dan roti sangat diminati oleh banyak orang. Anda bisa membuka peluang usaha di Batam ini di rumah dengan modal yang kecil.

Untuk memulai bisnisnya, tentu Anda harus bisa skill memasaknya dulu. Pastikan tahu tentang baking agar hasil pembuatan kue dan rotinya bagus dan enak.

Dibanding toko bakery bisnis ini lebih menguntungkan karena tidak perlu sewa tempat. Artinya keuntungannya bisa dipakai untuk memperbesar bisnisnya secara langsung.

Namun agar berhasil, Anda harus proaktif dalam memasarkan produk dan memastikan bahwa orang-orang mengenal brand Anda.

13. Menjual minuman dingin

Cuaca Indonesia yang panas membuat minuman dingin sangat laris di Batam. Di antara contoh minuman dingin yang dapat dijual adalah jus, minuman instan, es campur, hingga minuman kekinian seperti kopi, es coklat, dan yang lain.

Silakan pilih menu yang belum dijual di daerah Anda untuk menghindari persaingan yang terlalu ketat.

14. Warung makan masakan ala rumahan

Jika rumah Anda terletak di area yang strategis dan punya skill memasak yang bagus, maka silakan buat warung makan. Warung dengan masakan ala rumahan semacam ini sangat dikangeni di Batam sebab lebih terasa nikmatnya.

Bisnis barang dari Batam

Bisnis barang dari Batam

Sebagaimana disampaikan di atas, ada banyak barang yang berasal dari Batam dan dijual murah di pasaran. Berikut ini beberapa contoh barangnya:

15. Menjual tas

Tas adalah produk yang sangat familiar dengan kota Batam. Kota ini dikenal dengan produk tasnya yang murah dengan kualitas yang tidak murahan.

Anda bisa menjualnya secara online agar bisa menyentuh pasar seluruh Indonesia. Dengan begitu, peluang usaha di Batam ini bisa berjalan dengan lancar.

16. Pernak pernik dari Batam

Selain tas, pernak-pernik khas Batam atau oleh-oleh khas juga memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi. Biasanya, para pelancong yang datang berkunjung ke kota ini akan mencarinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman, atau sahabat di rumah.

17. Smartphone Batam

Coba cek marketplace atau laman online, Anda akan menemukan smartphone Batam dengan harga murah. Biasanya, smartphone semacam ini juga laris di pasaran.

Bila Anda tertarik untuk memulai bisnisnya, pastikan bahwa barangnya asli, bagus, dan tidak tipu-tipu.

Hal tersebut dilakukan agar tingkat kepercayaan meningkat. Bila sudah demikian, mereka bisa menjadi reseller di daerahnya. Artinya, mereka akan melakukan pembelian berulang tergantung pesanan yang diterima.

Dengan memiliki banyak reseller di setiap daerah, akan lebih mudah buat Anda untuk menjadi bos smartphone hanya bermodal online saja.

Peluang usaha di Batam online

Selain opsi usaha di atas, Anda juga bisa membuka bisnis yang 100% online di sini. Berikut ini contoh bisnisnya:

18. Menjadi youtuber

Youtuber merupakan salah satu profesi yang saat ini tergolong menggiurkan. Hal ini wajar mengingat ada banyak artis yang memilih menjadi youtuber dan mendapatkan banyak uang dari Youtube. Baik melalui Adsense maupun endorse.

Jika Anda tertarik, Batam juga punya banyak hal yang bisa dijadikan konten khusus yang apabila diposting akan banyak penonton dan pencintanya.

19. Menulis blog

Blog juga bisa memberikan keuntungan banyak kepada penulis atau pemiliknya. Namun, Anda harus pandai memilih tema bila mau mulai menulis blog. Pasalnya, persaingan di dunia online sangat ketat dan sulit untuk menembus halaman pertama Google.

Khusus untuk Anda yang tinggal di Batam, salah satu ide yang bisa dikembangkan adalah membuat blog wisata Batam. Telateni dan jalankan dengan serius bila ingin mendapatkan penghasilan dari sini.

20. Menjadi influencer

Selain youtube dan blog, Anda juga bisa menjadi influencer dengan memanfaatkan media sosial lain seperti Instagram.

Silakan buat konten positif dan bermanfaat yang banyak penontonnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan atau endorsement.

Terakhir, peluang usaha di Batam versi online ini pada dasarnya bisa dilakukan bersamaan. Namun apabila masih pemula, akan lebih baik jika fokus di salah satunya terlebih dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.