23 Peluang Usaha di Semarang Potensial Untung Besar

  • by
Peluang usaha di Semarang Jawa Tengah

Buka peluang usaha di Semarang itu pasti laris manis asalkan usahanya jelas dan tepat sasaran. Pilih usahanya dan jalankan sekarang!

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Artinya, roda perekonomian di sini berputar dengan cepat.

Di sini, Anda bisa menjumpai beragam jenis orang. Mulai dari pelajar yang asli Semarang, mahasiswa, pegawai atau karyawan pendatang, hingga penduduk lokal asli kota lumpia tersebut.

Nah, mereka inilah yang akan menjadi potensi pasar Anda apabila mau membuka bisnis di Semarang.

Maka dari itu, pilihan bisnisnya juga jauh lebih banyak dan bervariasi. Pasalnya, masing-masing orang yang kami sebutkan tadi punya kebutuhan yang berbeda-beda.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa ide usahanya. Selamat menyimak sampai akhir.

Peluang usaha di Semarang Jawa Tengah

Peluang usaha di Semarang Jawa Tengah

Berikut ini adalah beberapa pilihan bisnis yang dapat dijalankan di kota Semarang dan sekitarnya:

1. Membuka bengkel

Setiap tahun, jumlah kendaraan di Semarang terus meningkat. Tak tanggung-tanggung, peningkatannya bisa sampai dua kali lipat.

Hal ini menunjukkan bahwa jumlah kendaraan di Semarang sangat banyak dan mereka pasti membutuhkan servis berkala untuk memperbaiki mesin kendaraannya.

Maka dari itu, membuka bengkel sebagai tempat servis motor atau mobil tetap saja menjanjikan. Adanya usaha baru Semarang di bidang ini akan mengimbangi jumlah kendaraan yang terus meningkat tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa untuk membuka bisnis ini dibutuhkan keahlian di bidang otomotif. Anda juga perlu menyiapkan SDM atau tenaga kerja yang mumpuni di bidang otomotif, yakni untuk memperbaiki mobil atau motor.

Sementara itu, Anda selaku pemilik minimal harus mengerti mesin agar mudah menjelaskan ke pelanggan saat ada yang mau memperbaiki kendaraan mereka.

2. Bisnis laundry

Tidak hanya dikenal sebagai peluang usaha di Malang yang menjanjikan, bisnis laundry ternyata juga sangat potensial dijalankan di Semarang. Pasalnya, sama dengan Malang, Semarang pun punya banyak kampus.

Kampus-kampus ternama tersebut menjadi incaran ribuan mahasiswa setiap tahunnya. Artinya, dalam setiap tahun akan ada pendatang berupa mahasiswa yang akan ada di Semarang dan butuh biaya hidup yang rendah. Termasuk biaya untuk mencuci pakaian mereka.

Dari sini, Anda bisa mulai membuka bisnis laundry kiloan atau paketan di sekitar kampus. Patok harga bersaing yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Dengan begitu, peluang usaha di Semarang ini akan mudah dikenal orang dan laris manis.

3. Menyewakan penginapan

Penginapan, hotel, atau home stay juga memiliki pasar yang cukup besar di Semarang. Penginapan semacam ini menjadi tempat orang-orang yang singgah ke Semarang dalam jangka waktu pendek.

Misalnya, calon mahasiswa yang mencari kampus untuk mendaftar, orang yang ikut seminar di kota Semarang, calon PNS yang sedang mengikuti tes, atau yang lainnya.

Terlebih lagi, Semarang juga punya tempat wisata yang cukup unggul dan menjadi tempat incaran wisatawan domestik. Mereka yang berkunjung ke sini, jelas butuh tempat satu atau dua malam untuk menginap dan menyegarkan diri.

4. Membuka kos-kosan

Selain penginapan yang jangka waktunya pendek atau dalam hitungan hari, jasa penginapan lain yang bisa Anda buka adalah kos-kosan.

Sasaran atau target pasar peluang usaha di Semarang ini adalah para mahasiswa yang kuliah. Jadi, lokasi bisnisnya sebaiknya di dekat kampus seperti UNDIP, UIN, atau kampus-kampus lain.

Atau, Anda juga bisa membuka bisnis kos-kosan di sekitar area pabrik dengan menyasar kos-kosan karyawan.

5. Bisnis kuliner di Semarang

Semarang dikenal sebagai kota lumpia, ini menunjukkan bahwa makanan dan kuliner di kota ini juga diperhitungkan secara global.

Bisnis kuliner di Semarang

Maka dari itu, Anda bisa mencoba membuka usahanya dari sekarang.

Yang perlu dilakukan hanya memilih menu dengan tepat. Pasalnya, ada banyak jenis makanan yang ada di Semarang dan cukup banyak disukai pelanggan.

Di antaranya adalah Jenang Kudus, Soto Kemiri, hingga Lontong Tuyuhan. Kuliner tersebut sebenarnya berasal dari daerah-daerah kecil di Jawa Tengah, namun tetap saja dengan membuka bisnisnya di kota Semarang Anda bisa memberikan kesempatan kepada wisatawan yang tidak berkesempatan datang ke kota kecil untuk turut mencicipinya di kota Semarang.

Intinya, Anda bisa memilih menu makanan daerah, menu makan sehari-hari (warung makan biasa), menjual camilan murah, hingga minuman murah. Sesuaikan menu makan dengan target pasar Anda.

6. Membuka toko grosir

Di setiap daerah, menjual kebutuhan pokok merupakan contoh bisnis yang tidak ada matinya. Pasti laku dan laris manis.

Karena berada di pusat kota, Anda juga bisa sekalian membuka bisnis grosir kebutuhan pokok. Misalnya, beras, gula, dan yang lainnya.

Orang dari pinggiran kota atau toko-toko kecil akan berbondong-bondong menjadi reseller Anda jika harga yang ditawarkan miring dan Anda bisa menjadi penjual yang amanah.

7. Membuka usaha fotokopi

Hidup di tengah-tengah banyaknya kampus memungkinkan Anda untuk membuka fotokopi sebagai peluang usaha di Semarang.

Pasalnya, kebanyakan mahasiswa membutuhkan fotokopi untuk sekedar menyalin makalah, skripsi, hingga buku-buku tertentu.

Dari sini, bisnis fotokopi tidak akan matinya asalkan dimulai di daerah yang ramai pelanggan seperti di dekat kos-kosan, dekat kampus, atau yang lainnya. Jangan lupa tawarkan harga yang terjangkau namun tetap untung agar tidak memberatkan mahasiswa.

8. Jualan kain secara grosir

Di pinggiran kota Semarang, bahkan di daerah-daerah kecil yang ada di Jawa Tengah terdapat banyak sekali konveksi.

Produk yang dihasilkan oleh konveksi tersebut sangat beragam dan lumayan banyak. Mulai dari kaos, celana olahraga, jilbab, pakaian muslim anak, pakaian muslim dewasa, hingga batik-batik.

Batik misalnya, Anda bisa menemukannya di berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti Lasem (Rembang) hingga Purwokerto. Masing-masing daerah punya batiknya sendiri dan membutuhkan kain untuk membatik.

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang bisa menjadi tempat buat mereka yang ingin kulakan kain dengan harga murah dan lengkap.

9. Membangun kafe

Kafe di Semarang jelas banyak pengunjungnya. Pasalnya, di sini ada banyak sekali orang yang suka nongkrong untuk sekedar berkumpul dengan teman.

Mulai dari para karyawan yang meeting untuk membahas kerja hingga mahasiswa yang berdiskusi untuk membahas tugas kuliah. Atau, mereka juga bisa hanya sekedar nongkrong santai untuk melepas penat.

Silakan siapkan tempat yang nyaman atau cozy untuk menjangkau kebutuhan mereka semua.

10. Membuka jasa bimbel

Jasa bimbingan belajar sangat diperlukan di Semarang. Pasalnya, jumlah sekolah di sini banyak dan masing-masing anak membutuhkan pendamping untuk meningkatkan prestasi mereka.

Persaingan prestasi siswa di kota besar tidak seperti di desa, di sini anak-anak dituntut untuk lebih mampu secara akademis baik oleh guru maupun orang tuanya sendiri.

Maka dari itu, membuka bimbel baik online maupun offline. Dijalankan di kelas maupun privat tetap menjadi incaran para orang tua yang merasa tidak punya cukup waktu untuk mendampingi mereka belajar.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Cocok dijadikan sebagai bisnis rumahan oleh ibu rumah tangga, bisa juga jadi usaha sampingan mahasiswa.

11. Jasa MUA

Semangat menjadi make up artist kini makin bergelora di bumi ini. Pasalnya, banyak orang yang senang anaknya didandani cantik saat wisuda, tampil anggun saat pre wedding, hingga pernikahan. Bahkan, anak yang masih usia dini pun sudah didandani dengan make up tebal saat lulus TK atau SD.

Belum lagi kebutuhan foto produk yang ada di daerah hingga kota besar. Di mana modelnya jelas perlu polesan makeup agar produk yang dijual laris manis.

Oleh karena itu, apabila Anda punya kemampuan yang baik untuk berdandan dan mendadani orang, silakan buka usaha ini.

Kalau belum bisa, tidak ada salahnya ikut kursus agar bisa berguna ke depan. Pasalnya, bisnis jasa makeup artist ini ditengarai akan terus berkembang di masa depan. Bisnisnya jelas menguntungkan dan tidak akan lesu.

12. Membuka konveksi

Peluang usaha di Semarang berikutnya adalah membuka usaha konveksi. Bisnis konveksi tas, sepatu, baju, jilbab, dan yang lainnya bisa Anda pilih.

Peluang ini sangat menjanjikan karena Pasar Kliwon yang terletak di Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu pasar yang punya harga murah dan menjadi tempat kulakannya pedagang-pedagang di seluruh Jawa Tengah.

Mereka yang berasal dari kecamatan-kecamatan kecil di kota atau kabupaten yang ada di Jateng rela datang ke pasar ini untuk membeli baju atau pakaian.

Tidak hanya itu, pembeli juga bisa datang dari luar provinsi Jateng. Misalnya Jawa Timur, dll.

Bila bisa membuka konveksi, Anda dapat membuka jasa titip jahit juga buat para pemilik toko di Pasar Kliwon. Selain itu, Anda juga bisa membuat brand sendiri kemudian dipasarkan di pasar tersebut.

Selain langsung memasarkannya di Kliwon, Anda juga bisa membuka toko online dan menawarkan harga murah dengan kualitas terbaik agar pelanggannya banyak.

13. Salon kecantikan

Di daerah sekitar Jawa Tengah, cukup sulit menemukan salon kecantikan yang terkenal. Yang punya dokter sendiri untuk konsultasi. Paling kalaupun ada salon untuk spa, creambath, atau layanan dasar saja.

Padahal, orang Jawa Tengah secara umum sudah melek perawatan. Mereka yang berasal dari desa dan ingin perawatan rela datang jauh-jauh ke kota besar.

Dari sini, Anda bisa memulai bisnis salon kecantikan skala besar bekerja sama dengan dokter kulit. Atau, silakan ambil franchise salon yang sudah ternama agar bisnisnya makin mudah dikenal masyarakat dan punya banyak langganan.

14. Bisnis tour wisata

Peluang usaha di Semarang berikutnya adalah membuka jasa tur wisata. Orang Semarang, baik yang tinggal di kota maupun di daerah mayoritas sering mengikuti ziarah wali. Mulai dari wali limo hingga lengkap wali sembilan.

Hal ini membuka peluang buat Anda semua yang punya armada bis untuk bekerja sama dengan lembaga terkait dan menyediakan armada untuk tur wisata.

Selain itu, silakan bekerja sama juga dengan sekolah-sekolah yang ada di sana. Sebab, biasanya mereka juga harus study tour dan wisata bersama di akhir masa sekolah.

Selain tur yang semacam ini, akan lebih baik jika Anda juga mempersiapkan diri untuk menyediakan paket tur di Semarang. Sebab, kota ini juga punya potensi cukup besar di bidang wisata.

15. Membuka toko mebel

Jepara merupakan salah satu bagian dari Jawa Tengah yang dikenal dengan hasil mebelnya yang bahkan sudah diekspor ke luar negeri.

Nah, sebagai ibu kota dari Jawa Tengah, Anda pun bisa membuka jasa mebel di dalam kota atau pinggiran kota.

Target pasarnya boleh jadi adalah orang-orang di sekitar Jawa Tengah. Namun, tidak menutup kemungkinan akan banyak pesanan dari berbagai daerah di nusantara bahkan sampai luar negeri.

Maka dari itu, membuka bisnis mebel semacam ini modalnya cukup besar. Namun, bila memang sudah berjalan, keuntungannya sangat banyak dan berlipat-lipat. Jadi, sangat potensial untuk dikembangkan.

16. Menjual oleh-oleh khas Jawa Tengah

Contoh peluang usaha di Semarang berikutnya adalah menjual oleh-oleh khas Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui, ada banyak makanan yang dioleh menjadi oleh-oleh khas. Di antaranya adalah jenang Kudus, otak-otak Bandeng dari Juwana – Pati, sirup kawis dari Rembang, dan yang lainnya.

Anda bisa menjadi salah satu toko grosir dari oleh-oleh ini di Semarang agar orang-orang yang berkunjung ke Jawa Tengah tidak perlu datang ke kota-kota asal untuk bisa membelinya.

17. Bisnis perikanan di Semarang

Ikan merupakan salah satu komoditi di Semarang yang sangat moncer. Lokasinya yang dekat dengan pantai utara membuat usaha perikanan di daerah ini sangat cerah dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

Selain bisa dijual langsung, ikan-ikan yang ada di sini juga banyak yang diolah menjadi makanan siap makan. Misalnya, ikan kering, terasi, petis, otak-otak, frozen food, dan yang lainnya.

Bila memilih berbisnis perikanan, Anda punya kans untuk memilih beragam produk tersebut.

Peluang usaha di Jawa Tengah berbasis online

Peluang usaha di Jawa Tengah berbasis online

Di bawah ini adalah contoh bisnis Jawa Tengah yang berbasis online. Bisa dilakukan oleh seluruh warga Jawa Tengah.

18. Menjadi konten kreator

Menjadi konten kreator tidak hanya bisa dilakukan saat Anda tinggal di kota, bisnis ini juga bisa dijalankan di desa. Namun, pastikan ada ide, skill, dan internet yang kencang untuk mengunggah kontennya.

19. Jadi reseller produk online

Selanjutnya, Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk-produk online. Pasalnya, di daerah ini sudah banyak penjual yang go online.

Bahkan, gubernur Ganjar Pranowo juga turut mendukung UMKM di Jawa Tengah dengan sekali waktu memasarkan produk UKM di instagramnya.

Dengan dukungan dari pemerintah semacam ini, Anda tidak perlu khawatir lagi bahwa peluang usaha di Semarang ini tidak laku.

20. Menjadi penulis online

Selain opsi bisnis online di atas, Anda juga bisa mulai menjadi penulis online. Peluang usaha di Semarang ini cocok untuk para ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, hingga pelajar yang hobi menulis.

Anda bisa membuka bisnisnya sendiri melalui marketplace atau situs pribadi, bisa juga bergabung dengan penyedia jasa penulis online di website freelancer.

Bisnis unik di Semarang

Bisnis unik di Semarang

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang unik dan belum banyak pesaingnya di Semarang:

21. Digital printing dan dus-dusan

Membuka jasa digital printing memang tampak seperti usaha lama dan sudah banyak pesaingnya. Namun, bila Anda juga melirik bidang dus-dusan atau membuat kotak untuk produk-produk tertentu hal ini menjadi sangat menjanjikan.

Printing untuk kemasan produk handmade kini sangat diminati. Menariknya, persaingannya masih belum begitu besar.

22. Jasa titip

Ada cerita sukses tentang bisnis jasa titip di Semarang. Jasa titipnya fokus pada pembelian tiket menonton. Untuk setiap tiket, administrasi yang dibebankan hanya 5 ribu rupiah saja.

Jasa ini bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah dalam sebulan. Lumayan cocok dijadikan sebagai peluang usaha sampingan.

Selain bisa membuka jasa titip dalam kota, Anda juga bisa membuka jastip ke kota lain se-Indonesia dengan memanfaatkan marketplace dan sosial media.

Adapun contoh produknya adalah buku, oleh-oleh khas daerah, dan lain-lain.

23. Print online

Kesibukan yang tinggi di perkotaan membuat orang tidak bisa mencetak dokumen dengan datang langsung. Di sinilah jasa print online menjadi sangat penting dan potensial.

Selain peluang usaha di Semarang di atas, Anda juga bisa mencoba cabang bisnis lainnya. Kuncinya adalah dengan terus berinovasi sehingga menemukan bisnis yang cocok, potensial, dan minim persaingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.