23 Peluang Usaha di Jogja Terbaru Minim Pesaing dan Laku Keras

  • by
Peluang usaha di Jogja Yogyakarta yang menghasilkan

Potensi peluang usaha di Jogja Yogyakarta sangat besar. Apalagi yang kaitannya dengan anak muda dan usaha kekinian. Temukan pilihannya yang masih subur dan pasti untungnya di sini!

Yogyakarta merupakan sebuah kota di Indonesia yang meski luasnya kecil, tapi roda perekonomiannya berkembang dengan sangat pesat. Di sini, Anda bisa berjualan apa saja. Namun agar laku, harganya harus terjangkau.

Pasalnya, mayoritas pembelinya adalah mahasiswa atau warga setempat. Selain itu, kotanya memang dikenal dengan biaya hidupnya yang sangat hemat sehingga jadi incaran para pendatang.

Maksudnya, para pendatang yang datang ke Jogja tidak akan khawatir dengan kemungkinan kehabisan uang karena biaya hidup yang sangat murah.

Artikel ini akan membahas tentang beberapa pilihan bisnis di Yogyakarta. Mulai dari yang sudah ada sejak dulu sehingga persaingannya banyak, hingga yang masih baru dan subur karena persaingannya sedikit. Selamat menyimak.

Peluang usaha di Jogja Yogyakarta yang menghasilkan

Peluang usaha di Jogja Yogyakarta yang menghasilkan

Di bawah ini adalah beberapa contoh ide bisnis di Yogyakarta yang sudah ada sejak dulu dan terbukti tetap menghasilkan:

1. Berjualan batik

Batik merupakan salah satu produk yang mudah ditemukan di Jogja. Beragam jenis batik, mulai dari kain, baju, hingga tas dapat dijumpai di sini.

Hal tersebut sudah terkenal di seluruh Indonesia sehingga saat ada orang dari luar daerah yang berkunjung ke Yogyakarta, mereka akan mencari batik sebagai salah satu oleh-oleh atau hanya sekedar untuk koleksi saja.

Terlebih lagi, dunia digital kini juga memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara online.

Artinya, orang-orang yang tertarik dengan batik Jogja bisa membelinya secara online melalui marketplace atau toko online. Dari sini terlihat sekali bahwa bisnis ini menguntungkan dan pangsa pasarnya sangat luas, sampai seluruh Indonesia.

2. Berjualan oleh-oleh khas, bakpia patok dan yang lain

Sebagai salah satu kota wisata di pulau Jawa, Yogyakarta tentu punya banyak pilihan oleh-oleh khas. Mulai dari bakpia patok, batik, hingga oleh-oleh lain yang selalu jadi incaran.

Anda bisa menjual produk-produk tersebut. Meski persaingannya ketat, tapi faktanya sampai sekarang sudah terbukti menghasilkan dan laku keras.

3. Berjualan sembako

Berjualan sembako adalah cara aman atau bisnis yang paling aman karena tidak ada matinya. Hal ini karena sembako merupakan kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Baik warga asli maupun pendatang membutuhkan sembako.

Oleh karena itu, mau bisnisnya kecil atau besar, asal produknya dibutuhkan setiap saat, tokonya akan tetap laku dan tidak merugi.

4. Menyewakan kamar kos

Selain sebagai kota wisata, Jogja juga dikenal sebagai tempatnya mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Untuk hidup di sini, mereka butuh kamar kos. Jadi, Anda bisa menyewakan kamar kos jika memang punya lahan dan rumah yang mendukung.

Rumah yang mendukung adalah rumah-rumah yang dekat dengan area kampus, fasilitas umum, dan tempatnya nyaman.

5. Membuat warung makan dengan harga murah

Peluang usaha di Jogja berikutnya adalah membuka warung makan dengan harga yang murah. Warung makan semacam ini biasanya didatangi oleh mahasiswa hingga pegawai lepas yang sedang berhemat di Jogja.

Bagaimanapun, Yogyakarta memang dikenal dengan biaya hidupnya yang murah. Jadi, kalau ada warung yang mahal, jelas akan dihindari oleh mereka yang ke sini untuk berhemat.

6. Angkringan dan warung kopi

Angkringan dan warung kopi selalu identik dengan kaum muda di Yogyakarta. Saat sore menjelang, akan banyak angkringan yang berjualan di pinggir jalan, ditemani minuman kopi sebagai menu tambahan.

Di angkringan ini, pengunjung bisa berdiskusi, bernyanyi, bercengkerama, dan menikmati malam di kota Yogyakarta dengan nyaman.

7. Berjualan minuman dingin

Berjualan minuman dingin selain memiliki pangsa pasar yang tinggi ternyata juga menghasilkan laba yang besar. Jenis bisnis ini memiliki profit margin yang tinggi sehingga bisa cepat menghasilkan uang.

8. Tambal ban

Tambal ban merupakan contoh peluang usaha di kota yang modalnya kecil. Skill yang diperlukan juga tidak terlalu rumit. Anda hanya harus bisa memperbaiki ban yang bocor atau mengganti saat dibutuhkan.

Maka dari itu, selain menyiapkan peralatan untuk menambal ban seperti bak, air, dan alat penambal, Anda juga butuh ban baru. Ban baru yang dimaksud di sini adalah ban dalam dan luar. Jadi saat dibutuhkan, Anda bisa langsung menjualnya kepada para pelanggan.

9. Bisnis laundry

Peluang usaha di Jogja berikutnya adalah membuka bisnis laundry. Usaha ini menjadi sangat potensial lantaran ada banyak pendatang di Yogyakarta. Khususnya mereka yang masih belajar di kampus atau para mahasiswa.

Konsumen bisnis ini selain mahasiswa juga bisa dari para karyawan yang baru merintis karir di Yogyakarta dan para wisatawan yang menginap di homestay atau hotel untuk tujuan tertentu.

Maka dari itu, sebaiknya buka laundry di daerah yang strategis. Kalau Anda tidak bisa menemukan lokasi yang benar-benar strategis, maka pastikan bisa fokus di delivery order.

10. Ikut bisnis waralaba atau franchise

Waralaba merupakan salah satu contoh usaha yang sangat laris di Yogyakarta. Adapun contoh bisnis franchise yang bisa Anda maksimalkan di kota gudeg ini adalah franchise makanan. Pasti laris manis dan tidak akan mati.

11. Membuat toko kue

Kue sangat dibutuhkan di sini. Buktinya, ada banyak jenis toko bakery yang sukses dan bisa menjual produknya dengan sangat lancar.

Peluang usaha di Jogja ini cocok buat Anda yang hobi baking di dapur. Silakan berinovasi dengan menu baru agar tidak kalah dengan pesaing yang terus bermunculan.

12. Bisnis foto kopi, print, dan sejenis

Sebagai salah satu kota pendidikan di Indonesia, jumlah mahasiswa di Jogja tentu sangat banyak. Nah, mahasiswa ini butuh tempat fotokopi yang nyaman agar bisa menjalankan studinya dengan lancar.

Selain fotokopi, sediakan juga tempat untuk mencetak atau print tugas mereka. Akan makin lengkap lagi jika Anda juga menyediakan alat tulis kantor atau ATK di toko tersebut.

13. Menjual pakaian

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis pakaian di Yogyakarta berkembang dengan sangat pesat. Pakaian di sini termasuk baju muslim, bawahan, hingga jilbabnya. Bahkan, Anda bisa menemukan OOTD ala Jogja di beberapa platform media sosial dan marketplace.

Menjual pakaian

Konsep modis dan kekinian menjadikan pakaian ini terlihat lebih keren sehingga banyak pembelinya. Anda bisa mencoba bisnisnya dan meraup keuntungan dari sana.

14. Menyewakan kendaraan

Selain sebagai kota pendidikan, Yogyakarta dikenal juga sebagai kota wisata. Selain di tengah kota Yogyakarta, ada juga yang terletak di pinggiran kota atau di kabupaten terdekat.

Menariknya, para wisatawan biasanya berkunjung secara langsung ke tempat-tempat tersebut. Untuk itu, mereka membutuhkan pinjaman kendaraan, baik mobil maupun motor.

Apabila Anda mempunyai armada, maka silakan buka bisnis ini. Namun, pastikan untuk menjaga keamanan kendaraan agar tidak mudah dibawa lari oleh pelanggan.

15. Membuka homestay dan penginapan khusus backpacker

Homestay juga menjadi salah satu contoh bisnis menjanjikan di sini. Apalagi bila Anda bisa menyediakan penginapan khusus backpacker yang harganya murah. Tentu sangat ramai pengunjung. Mengingat Jogja adalah kota wisata yang sangat terkenal.

16. Memanfaatkan keahlian membatik dan menjahit

Apabila Anda punya skill membatik dan menjahit, silakan manfaatkan dengan membuka jasa tersebut untuk konveksi atau perusahaan-perusahaan di sekitar tempat tinggal.

Anda juga bisa membuka usahanya sendiri dengan cara menawarkan jasa secara online di sekitar tempat tinggal. Cara ini sama-sama menguntungkan dan patut untuk dicoba.

Usaha yang cocok untuk mahasiswa Jogja, buat anak muda juga

Usaha yang cocok untuk mahasiswa Jogja buat anak muda juga

Mahasiswa yang hidup di Jogja umumnya kuliah sambil kerja. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis mahasiswa yang mereka jalankan:

17. Jualan buku bekas

Buku bekas adalah salah satu produk yang pasti dimiliki oleh para mahasiswa. Namun, ada yang menjualnya, ada pula yang tidak.

Jika Anda berminat untuk mengambil peluang usaha di Jogja dengan menjual buku bekas, maka pastikan untuk menjaga kualitas bukunya. Selain itu, pastikan juga bahwa produknya masih bisa dipakai oleh para pembeli.

Penjualan buku bekas ini bisa dimulai dari teman dulu, kemudian ke orang di sekitar kampus yang masih sekampus hingga mahasiswa lain di kampus berbeda.

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk melakukan penjualan secara online di seluruh Indonesia.

18. Memberikan les privat

Les privat tampaknya tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa yang ada di Jogja saja, melainkan juga di kota lain seperti peluang usaha di kota Surabaya.

Bisnis ini memang potensial dan fleksibel. Para mahasiswa bisa memberikan privat di sore atau malam hari saat tidak ada jadwal kuliah.

Selanjutnya, uangnya bisa didapatkan dengan mudah per bulan untuk membantu biaya hidup selama berada di Yogyakarta.

19. Membantu pengetikan tugas dan skripsi

Anda yang punya kemampuan mengetik dengan cepat, cobalah membuka bisnis pengetikan atau penulisan skripsi. Bisnis ini sangat menguntungkan dan saat ini sudah mulai agak ditinggalkan.

Meski begitu, Anda tetap bisa mencobanya dengan potensi yang lumayan besar dan hanya butuh modal laptop saja buat menulis.

20. Jual pakaian bekas

Selain buku bekas, barang bekas lain yang bisa dijual di Jogja adalah pakaian. Usaha ini cukup diminati di sini, khususnya oleh orang-orang yang mau produk dengan harga murah namun branded atau kualitasnya bagus.

Peluang usaha kuliner di Jogja

Selain bisnis-bisnis di atas, Anda juga bisa coba peluang usaha di Jogja sektor kuliner makanan dan minuman di sini. Adapun contoh kulinernya adalah:

21. Membuka warung gudeg

Yogyakarta dikenal sebagai kota gudeg. Maka dari itu, membuka warung gudeg akan memberikan keuntungan yang luar biasa buat para pengusaha.

Hal ini karena setiap wisatawan atau pendatang yang ke sini pasti mencari gudeg. Hanya untuk mengobati rasa penasaran akan rasanya atau memang sudah sangat suka dengan rasanya yang lezat.

Belum lagi orang-orang Yogya yang merantau keluar kota. Bagi mereka, kegiatan pertama saat kembali ke kampung halaman adalah makan gudeg jogja asli.

Meski di luar kota banyak gudeg-gudeg lain, namun rasanya tidak seperti yang asli. Cita rasanya jelas berbeda.

22. Bikin bakmi jogja

Selain gudeg, bakmi Jogja juga cukup dikenal di Indonesia. Buktinya, banyak pedagang yang menjualnya sampai luar kota. Maka dari itu, bisnis ini cukup menjanjikan.

23. Membuat mi sehat dan dijual ke seluruh Indonesia

Mi sehat yang berasal dari sayuran adalah contoh peluang usaha di Jogja yang masih minim pesaing. Tidak banyak orang yang mencobanya karena dinilai ribet.

Padahal, bila sudah mencoba, maka Anda tidak akan mau berhenti. Pasalnya, ada banyak orang yang menyukainya karena dinilai lebih sehat dari pada mi instan. Penjualannya pun bisa ke seluruh Indonesia sehingga dapat menghasilkan uang dalam waktu cepat.

Peluang bisnis Jogja yang masih minim pesaing

Peluang bisnis Jogja yang masih minim pesaing

Jika Anda masih pemula dan takut gagal saat memulai bisnis. Coba saja peluang usaha di Jogja yang persaingannya masih sangat kecil. Contoh bisnisnya adalah:

24. Bisnis online SEO dan semacamnya

Silakan buka jasa konsultan SEO. Pekerjaannya adalah menganalisis dan mengevaluasi situs supaya bisa menjadi nomor 1 di halaman pencarian Google.

Selain menjadi konsultan SEO, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan SEO untuk membuat blog sendiri dan menjadikannya nomor satu di Google. Bila sudah tinggi pengunjungnya, silakan langsung pasangi iklan dengan cara menjadi publisher Adsense.

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pendapatan bulanan dari iklan yang tampil di situs tersebut.

Perlu diketahui bahwa SEO merupakan salah satu ilu yang terus berkembang. Perkembangannya jelas mengikuti perkembangan dunia digital dan algoritma dari mesin pencarinya.

Maka dari itu, jika Anda memutuskan untuk menjadi ahli SEO, perlu terus update informasi melalui internet. Banyaklah membaca dan update hal-hal terbaru seputar situs dan algoritmanya.

25. Jual alat olahraga, jogging khususnya

Ada satu kisah sukses yang menyebut bahwa berjualan alat olahraga sangat laku keras di Yogyakarta. Hal ini karena banyak anak muda dan orang dewasa yang hobi jogging.

Menariknya, bisnis ini masih belum banyak pesaingnya sehingga sangat cocok untuk dijalankan.

Itulah beberapa contoh peluang usaha di Jogja Yogyakarta yang bisa Anda coba. Temukan yang paling sesuai dengan passion, cocok buat karakter dan kondisi Anda sekarang. Jangan lupa riset dulu agar bisnisnya lebih terarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.