Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal dan Cara Suksesnya

  • by
Potensi peluang usaha menjadi distributor tunggal dan keuntungannya

Laba dari peluang usaha menjadi distributor tunggal sangat besar. Persaingannya juga minim sehingga pasti laku keras.

Dengan kondisi tersebut, tak heran bila banyak orang yang ingin menjalankannya. Namun, kesempatan semacam ini tidak datang kepada banyak orang. Hanya orang-orang tertentu yang memenuhi kualifikasi dan mau menjalankannya dengan serius saja yang bisa.

Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, maka silakan ikuti artikel ini sampai selesai karena kami akan membahasnya secara detail. Selamat menyimak.

Pengertian usaha distributor tunggal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai peluang usaha menjadi distributor tunggal, perlu diketahui dulu apa itu distributor tunggal.

Pengertian usaha distributor tunggal

Sesuai dengan namanya, distributor tunggal adalah orang yang bertugas mendistribusikan produk tertentu dari supplier. Disebut tunggal karena orang ini adalah satu-satunya distributor di wilayah tertentu. Dengan kata lain, pada wilayah tersebut tidak ada persaingan sama sekali.

Lebih jelas, distributor tunggal diartikan sebagai pihak yang mendapatkan hak eksklusif dari supplier untuk menjual atau mendistribusikan produk mereka kepada pelanggan.

Hak eksklusif ini diberikan berdasarkan perjanjian antara kedua belah pihak di mana salah satu isi perjanjiannya adalah bahwa distributornya adalah pihak pendistribusi satu-satunya di wilayah tersebut.

Dengan adanya isi perjanjian ini, pihak supplier tidak bisa menambah distributor yang sama di wilayah tersebut. Jika hal tersebut dilakukan, maka berarti ada wanprestasi sehingga bisa dikenai sanksi sesuai dengan kesepakatan yang berlaku sejak awal.

Selain berisi tentang hal di atas, perjanjian ini umumnya juga berisi tentang harga spesial yang akan diberikan oleh pihak pemasok. Harga inilah yang akan diolah supaya tetap mendapatkan untung saat produknya didistribusikan kepada para retailer atau pemilik usaha ecer retail.

Syarat menjadi distributor

Untuk menjadi seorang distributor, Anda harus memenuhi kualifikasi tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan atau disyaratkan oleh supplier-nya. Adapun contoh syarat umumnya adalah:

  • Mengisi surat permohonan.
  • Surat perjanjian yang sudah dilegalisasi oleh notaris.
  • Fotokopi SIUP.
  • Fotokopi TDP.
  • Copy akta pendirian perusahaan.
  • Surat pernyataan yang menyatakan bahwa tidak menyimpan barang yang diageni dan tidak melakukan penguasaan atas barang tersebut.
  • Fotokopi surat izin usaha industri dari produsen.
  • Fotokopi pengesahan badan hukum.

Selain dokumen di atas, ada beberapa dokumen lain yang mungkin perlu disiapkan tergantung dari produk dan kondisinya. Sebab, distributor produk dari dalam negeri dan luar negeri juga ada perbedaan tersendiri.

Cara menjadi distributor tunggal

Untuk mengambil peluang usaha menjadi distributor tunggal, Anda harus memenuhi syarat seperti yang sudah disampaikan di atas. Selain itu, ada juga trik yang perlu dilakukan supaya proses menjadi distributornya bisa sukses.

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah untuk menjadi satu-satunya distributor di wilayah tertentu:

1. Mengetahui jenis produk yang mau didistribusikan

Hal pertama yang harus disiapkan untuk menjalankan usaha dagang ini adalah mengerti jenis produknya. Apakah barang atau jasa. Dengan mengetahui produknya, Anda juga lebih mudah menentukan target market-nya.

2. Ketahui juga jenis perusahaan yang mau dijalankan

Selanjutnya, pastikan Anda sudah tahu mau mendirikan perusahaan apa, dengan konsep pribadi atau perorangan.

Pasalnya, salah satu syarat distributor sebagaimana dituliskan di atas adalah memiliki usaha yang legal, punya SIUP dan TDP yang jelas. Maka dari itu, Anda benar-benar harus mempersiapkannya sejak awal.

3. Mengenali dengan baik pemasok barang dan produk yang mau dipasarkan

Kenalilah supplier-nya. Ketahui apa produk yang mereka tawarkan. Pastikan sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan.

4. Paham product knowledge

Memahami product knowledge adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Sebab dengan begini akan lebih mudah buat Anda untuk mengenalkan dan menjual barangnya.

5. Mengetahui rekam jejak usaha supplier yang akan memasok barang

Saat melakukan riset atau mengenali pemasok, Anda juga harus mengecek bagaimana rekam jejaknya. Apakah mereka amanah, bagaimana produk yang dijual, banyak yang puas atau tidak, dan yang lainnya.

Mengenali secara detail semacam ini akan membantu Anda menemukan supplier yang terbaik. Pasalnya, penting untuk menemukan pemasok dengan kriteria tersebut agar tidak ada yang mengingkari perjanjian di kemudian hari.

6. Memahami kualitas barang yang mau dijual

Pastikan bahwa kualitas produknya bagus sehingga Anda juga bisa dengan mudah menjual produknya. Pastikan juga pemasok adalah pribadi atau badan usaha yang memiliki komitmen untuk menjaga kualitas tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa poin di atas diharapkan Anda bisa menjalankan usahanya dengan lebih nyaman dan sukses.

Potensi peluang usaha menjadi distributor tunggal dan keuntungannya

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Potensinya besar karena Anda tidak perlu pusing dengan adanya persaingan.

Potensi peluang usaha menjadi distributor tunggal dan keuntungannya

Saat ada yang butuh produknya, maka tempat Anda yang akan menjadi satu-satunya toko atau tempat usaha yang dicari oleh pembeli.

Lebih jelas, di bawah ini adalah beberapa keuntungan menjadi distributor tunggal:

1. Persaingan nol sesuai dengan wilayahnya

Persaingan bisnis ini jelas nol dan sangat minim. Pasalnya, dalam satu wilayah Anda adalah satu-satunya orang yang menjadi penjual produk tersebut. Produk yang langsung datang dari pabrik inilah harus didistribusikan ke wilayah tertentu sesuai dengan pemasarannya.

2. Pangsa pasar luas dan bebas

Dengan persaingan yang minim sebagaimana dijelaskan di atas, pangsa pasar peluang usaha menjadi distributor tunggal ini jelas lebih luas. Pelanggan Anda adalah orang di wilayah tersebut dan penjualannya bisa dilakukan dengan bebas.

Kalau pun ada persaingan, kemungkinan hanya di sekitar perbatasan antar wilayah. Di mana kadang orang cenderung membeli dari wilayah lain saat mereka tinggal di perbatasan. Namun, ini juga kecil kemungkinan akan terjadi.

3. Transaksi besar, laba besar

Transaksi usaha semacam ini umumnya sangat besar sehingga potensi labanya juga lebih besar. Artinya, bila berhasil melakukan usahanya, Anda bisa menguasai pasar dan menghasilkan lebih banyak uang.

4. Biaya produksi nol

Peluang usaha menjadi distributor ini memungkinkan Anda mendapatkan produk langsung dari pabrik atau produsen. Artinya, Anda tidak perlu pusing dengan produksi. Biaya produksinya pun nol.

Yang perlu disiapkan hanya operasional untuk mendistribusikan produk yang sedang dijual saja.

5. Kualitas produk menjadi tanggung jawab pemasok

Karena tidak ikut membuat produknya, kualitas barang sudah menjadi tanggung jawab dari produsen atau supplier. Semuanya dibuat sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat bersama (kedua belah pihak).

6. Tak perlu fokus memikirkan marketing

Karena sebagai distributor tunggal, Anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana strategi pemasarannya. Orang yang butuh akan datang ke tempat Anda berjualan. Yang memasarkan produknya nanti adalah para retailer yang langsung berhubungan dengan konsumen akhir.

7. Bisa dimulai dengan modal kecil

Meski transaksinya besar dan modalnya terkesan besar juga, ternyata bisnis ini bisa dimulai dari modal kecil. Pasalnya, ada sistem kerja sama yang memungkinkan distributor untuk membayar setelah produknya laku terjual. Jadi, bertindak sebagai stockist.

Belum lagi, sekarang juga ada kesempatan untuk menjadi mitra usaha dari pemasok tertentu tanpa modal. Jika Anda berminat untuk menjadi distributor tanpa modal, maka silakan cari kesempatan mitra ini.

Tips dan strategi marketing peluang usaha menjadi distributor tunggal

Di bawah ini adalah beberapa trik supaya peluang bisnis menjadi distributor ini menghasilkan banyak uang:

1. Terapkan harga yang bersaing sehingga terjadi repeat order

Harga adalah salah satu hal yang paling krusial saat menjadi distributor. Beda sedikit saja orang akan membeli di tempat lain.

Pasalnya, skala atau jumlah produk yang dibeli sangat besar. Selisih harga yang sedikit bisa terlihat banyak saat sudah dikalikan dengan jumlah produknya.

Dengan selisih semacam ini, maka akan terjadi gap antara keuangan dan laba pembeli Anda saat mereka menjualnya kembali ke konsumen.

2. Siapkan rantai distribusi yang jelas

Rantai distribusi itu penting bagi seorang distributor. Anda perlu menyiapkan pegawai operasional yang memungkinkan proses distribusi berjalan dengan lancar dan tepat.

3. Pakai dan lakukan strategi yang efektif dan efisien

Bila pemasaran sudah dijalankan langsung oleh para retailer, maka strategi lain yang perlu Anda lakukan adalah strategi pendistribusian barang. Pastikan bahwa produknya bisa disalurkan secara lancar dan cepat.

Hitung efektivitas dan efisiensi waktu dan tenaganya agar semua bisa berjalan lancar saat penyaluran ke seluruh wilayah di daerah Anda.

Efisiensi dan efektivitas ini akan menambah kepercayaan pelanggan dan menjadi daya tarik tersendiri buat seorang distributor.

Contoh ide peluang bisnis menjadi distributor

Contoh ide peluang bisnis menjadi distributor

Berikut ini adalah beberapa produk (barang dan jasa) yang bisa Anda pilih sebagai seorang distributor:

1. Makanan ringan

Makanan ringan merupakan salah satu contoh produk yang sangat laris manis. Pasalnya, produk ini disukai oleh semua orang, dari anak hingga dewasa.

2. Produk fashion

Fashion juga menjadi item yang laku keras di Indonesia. Adapun contoh produk fashion­ yang bisa Anda ambil adalah celana, tas, kemeja, dan yang lainnya.

3. Obat herbal

Jika Anda perhatikan, di tiap kota kini sudah ada stockist atau distributor tunggal obat herbal tertentu. Di sinilah para agen atau retailer akan melakukan pemesanan dan mengambil pesanan mereka.

4. Produk kosmetik

Selain obat herbal, produk kosmetik juga sangat diminati. Salah satu contohnya adalah produk-produk kosmetik MLM. Di sini para member akan mengambil produknya setelah melakukan pemesanan secara online.

5. Jilbab merek tertentu

Jika Anda tertarik membuka bisnis konveksi, maka cobalah untuk mencari distributor tunggal pada masing-masing wilayah agar usahanya makin lancar dan cepat berkembang.

6. Produk sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting. Anda bisa memilih salah satu jenis sembako, misalnya beras atau gula dari salah satu supplier untuk dijadikan sebagai produk distribusi.

7. Tikar atau karpet

Tikar atau karpet ternyata juga punya pangsa pasar sendiri. Biasanya, produk semacam ini didatangkan langsung dari daerah tertentu atau supplier tertentu karena merupakan contoh usaha kerajinan. Anda bisa mencari supplier-nya dan bekerja sama untuk mendistribusikan karpet di wilayah sekitar Anda.

8. Kebutuhan pertanian

Salah satu contoh kebutuhan pertanian yang sangat dibutuhkan oleh para petani adalah pupuk. Silakan bekerja sama dengan salah satu produsen pupuk dan pastikan Anda distributor tunggal yang bisa mendistribusikan pupuk kepada seluruh petani di suatu daerah.

Peluang usaha menjadi distributor tunggal ini sangat menjanjikan sebab sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjadi petani. Hal utama perlu dilakukan adalah menjalankan usahanya dengan serius dan amanah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.