11 Contoh Bisnis Konsultan dan Panduan Lengkapnya

  • by
Sekilas tentang bisnis konsultan

Kans bisnis konsultan sangat besar. Jasa satu ini dihargai mahal dan kerjanya bisa disambi. Kerjanya kelihatan mudah dan menguntungkan. Mau coba?

Menjadi konsultan dapat Anda jadikan opsi pekerjaan dan bisnis masa kini. Hal ini karena di jaman digital seperti sekarang banyak yang membutuhkan bimbingan. Mulai dari keilmuan dasar hingga konsultasi hal-hal teknis yang lebih rumit.

Bisnis ini mengedepankan skill atau keahlian seseorang. Artinya, jika Anda berminat untuk menjadi konsultan. Keilmuannya sudah harus mumpuni. Anda sudah harus ahli pada bidang yang dikonsultasikan.

Dalam artikel ini kami akan membahas detail mengenai usaha ini. Apabila tertarik, silakan simak ulasannya sampai akhir untuk mendapatkan insight baru.

Sekilas tentang bisnis konsultan

Sesuai dengan namanya, usaha ini bisa diartikan sebagai jasa konsultasi atau bimbingan atas suatu hal atau keilmuan tertentu. Bimbingan yang dimaksud di sini juga bisa berupa pendampingan sampai pelanggan merasa tercerahkan atau proyeknya selesai.

Sekilas tentang bisnis konsultan

Pendampingan dan bimbingan ini bisa diberikan kepada individu hingga badan usaha yang punya bisnis. Di sini, hasil akhir dari konsultasinya adalah berupa solusi dari permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Business consultant kerjanya apa? Ini tugasnya!

Seorang yang menjadi konsultan harus tahu benar apa tugas yang diembannya. Berikut ini adalah beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh bisnis konsultan:

  • Memberi informasi kepada klien.
  • Memberikan solusi atau memecahkan masalah klien.
  • Membuat hipotesis dan diagnosa.
  • Membantu pelaksanaan solusi yang ditemukan.
  • Memberikan fasilitas untuk belajar klien agar bisa memecahkan masalah yang sama di kemudian hari.
  • Membuat rekomendasi berdasarkan diagnosis permasalahannya.
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan masalah.
  • Berbagi informasi kepada klien dengan pemahaman yang baik.
  • Meningkatkan efektivitas individu dan organisasi.

Intinya, seorang konsultan perlu melakukan pendampingan terhadap pelanggannya supaya masalah yang dihadapi bisa selesai dengan baik dan tidak merugikan.

Cara menjadi konsultan

Cara menjadi konsultan

Untuk memulai bisnis konsultan yang sukses, Anda perlu menjadi konsultan yang bisa diandalkan. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi konsultan ahli:

1. Memiliki ilmu dan pengalaman di bidang tertentu

Hal paling utama yang perlu Anda siapkan bila ingin membuka bisnis konsultan adalah keahlian. Anda harus benar-benar ahli dalam bidang tertentu juga berpengalaman luas di bidang tersebut.

Dengan ilmu dan pengalaman ini berarti Anda terbiasa menyelesaikan masalah di bidang tersebut dan sudah menjadi pakarnya.

Dalam kondisi seperti itu, saat ada yang bertanya mengenai permasalahannya, Anda dengan mudah bisa menjawab dan memberikan solusinya.

2. Mampu menentukan target pasar

Tentukan target pasar bisnis konsultan Anda dengan baik. Inilah yang akan menentukan siapa yang pantas mendapatkan jasa Anda.

3. Mau mengungkap identifikasi masalah dan diagnosanya secara jujur

Saat melakukan konsultasi, Anda tentu perlu mengidentifikasi masalah dan menyampaikan dugaan awal penyebab dan yang lainnya. Nah, hal ini perlu disampaikan secara menyeluruh agar ditemukan solusi yang tepat.

4. Mampu berpikir positif

Supaya bisa menyelesaikan masalah secara positif, Anda juga harus berpikir secara positif. Maka dari itu, penting untuk terus mengelola mental supaya masalahnya segera selesai dengan baik.

5. Membina hubungan baik dengan pelanggan

Komunikasi adalah hal penting yang harus dibina oleh konsultan dan kliennya. Tanpa ini, tidak akan ada interaksi dan kerja sama positif yang akan terjalin.

Maka dari itu, salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang konsultan adalah ilmu komunikasi. Terlebih, usaha ini termasuk ke dalam bisnis jasa yang memang selalu mengedepankan layanan.

Jenis-jenis bisnis konsultan

Jenis jenis bisnis konsultan

Ada banyak sekali jenis bisnis konsultan yang ada di Indonesia dan dunia. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Konsultan bisnis

Dia adalah orang yang menjadi penasihat bagi para pengusaha atau pebisnis. Yang termasuk ke dalam usaha ini adalah jasa konsultasi untuk bisnis start up dan jasa konsultasi manajemen bisnis.

2. Jasa konsultan di bidang periklanan

Di sini, fungsi utama konsultannya adalah memberikan masukan dan konsultasi mengenai cara iklan yang tepat supaya sebuah brand bisa segera dikenal oleh khalayak.

3. Konsultan pemasaran

Ide promosi dan cara-cara lain yang berhubungan dengan trik menaikkan penjualan adalah tugas dari jasa konsultasi ini.

4. Bidang keuangan

Biasanya, bidang bisnis konsultan ini dikerjakan oleh seorang akuntan yang memang paham akuntansi, mulai dari hal kecil sampai besar. Di sini, jasa yang dibutuhkan adalah pembuatan laporan keuangan atau membacanya.

5. Teknik informasi

Kemajuan IT di dunia sangat pesat. Di sinilah dibutuhkan orang-orang yang sadar dan melek dengan tren dan keilmuan terbaru untuk memberikan konsultasi kepada mereka yang belum paham sama sekali atau sudah paham tapi tidak terlalu mahir.

6. Konsultan buat karir

Meski tidak begitu terlihat, tapi nyatanya jasa ini ada. Tugasnya adalah mendampingi seorang karyawan untuk bisa tetap produktif dan mencapai jenjang karier yang diidamkan dan dicita-citakan.

7. Menjadi konsultan SDM

Sumber daya manusia merupakan bagian tidak terpisahkan dari sebuah bisnis. Maka dari itu, pemilihan SDM juga tidak bisa sembarangan.

Baik itu perusahaan kecil maupun besar, semuanya membutuhkan bisnis konsultan SDM untuk bisa menemukan pegawai yang tepat dan produktif dengan cara-cara yang efektif dan efisien.

8. Asuransi dan semacamnya

Asuransi, investasi, dan semacamnya merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan zaman. Masalahnya tidak semua orang paham akan keilmuan ini sehingga butuh pendampingan untuk mengelola keuangannya di bidang tersebut.

9. Manajemen risiko

Tugasnya adalah mengidentifikasi potensi ancaman yang mungkin menerpa sehingga bisa disiapkan solusinya sedini mungkin.

10. Konsultan energi

Sesuai dengan namanya, tugas bisnis konsultan ini adalah membantu pengelolaan energi secara cerdas dan efisien sehingga tidak banyak yang terbuang.

11. Jasa di bidang hukum

Advokat misalnya, merupakan individu yang bisa membuka bisnis konsultan hukum. Biasanya mereka memberikan tarif tertentu untuk berkonsultasi mengenai masalah hukum bagi orang-orang yang membutuhkannya.

Contoh bisnis konsultan yang paling laris di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa bisnis yang Anda kerjakan bila punya keilmuan bisnis jasa satu ini:

1. Menjadi SEO consultant

SEO consultant adalah salah satu contoh kemajuan di bidang IT. Di mana ilmu ini merupakan bagian tidak terpisahkan dengan dunia internet yang tidak banyak dikuasai orang.

Maka dari itu, orang yang bisa SEO biasanya sangat dibutuhkan perusahaan. Bahkan, Anda juga bisa membuka jasa konsultasi sendiri untuk toko-toko online yang ingin situsnya menjadi nomor satu di halaman pencarian.

2. Pengacara atau advokat

Seperti yang sudah disampaikan di atas, pengacara atau advokat merupakan contoh bisnis konsultan hukum. Mereka mendampingi klien yang punya masalah hukum atau ingin berdamai atas kasus tertentu.

Selain mendampingi dalam artian yang sederhana, seorang advokat juga diminta untuk menyelesaikan masalahnya dengan upah atau gaji sesuai dengan kasus yang dikerjakan.

3. Dokter dan tenaga kesehatan lainnya

Dokter juga menjadi praktisi yang bisa dikatakan sebagai bisnis konsultan. Sebab, mereka mendiagnosis penyakit pasien dan menemukan solusinya dengan memberikan obat atau terapi.

Terlebih lagi, di kota-kota besar juga sudah ada consultant kesehatan, gizi, tumbuh kembang anak, dan yang lainnya. Jasa mereka memang cukup dibutuhkan sehingga laris manis.

4. Agen asuransi

Menjadi agen asuransi adalah salah satu kemampuan yang tidak bisa dianggap sepele. Sebab, seorang agen akan membantu menemukan posisi yang pas untuk menaruh uang di bidang kesehatan dan investasi.

Selain itu, jumlah persentase investasinya juga harus tepat agar masalah keuangan dan solusinya bisa segera ditemukan sesuai dengan kebutuhan nasabah.

5. Jasa konsultasi dari akuntan

Akuntan bisa memberikan banyak jenis konsultasi. Mulai dari pembukuan, laporan keuangan, audit, dan yang lainnya.

Semua itu bisa dilakukan sesuai dengan keilmuan dan keahlian yang dimiliki oleh individunya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang bisnis konsultan. Usaha ini memang bersifat khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Jika Anda punya keahliannya, tidak perlu fokus untuk menjadi karyawan, bukalah kantor sendiri. Siapa tahu bisa lebih sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.