29 Contoh Usaha di Bidang Jasa Terlaris Laba Berlapis

  • by
Ide usaha di bidang jasa terbaru paling laris

Profit usaha di bidang jasa dikenal sangat besar. Modalnya pun kecil karena sebagian besar kebutuhannya adalah skill penjual. Mau coba?

Jika Ada mau mencobanya, maka ada banyak sekali opsi usaha yang dapat dipilih. Mulai dari usaha yang mengandalkan kemampuan sendiri, hingga bisnis yang bisa dipasrahkan ke orang lain dengan mengandalkan skill atau keahlian mereka.

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba membahas tentang bisnis jasa secara lebih rinci. Selamat menyimak.

Analisa bisnis jasa

Sebagaimana disampaikan di atas, bisnis ini memiliki peluang yang besar karena profit marginnya tinggi. Namun tetap saja, sebelum memulainya Anda harus mengetahui seluk beluk bisnis ini. Mulai dari potensinya hingga kendala atau kelemahannya.

Analisa bisnis jasa

Hal ini karena setiap bisnis pasti punya dua sisi tersebut. Jika membukanya tanpa persiapan, maka bisa jadi bisnisnya akan gulung tikar.

Berikut ini adalah beberapa analisa dari usaha di bidang jasa:

Potensi bisnis bidang jasa

Berbeda dengan penjualan barang, usaha jasa memiliki banyak sekali profit. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk yang dijual.

Produk tersebut hanya mengandalkan keahlian atau kemampuan individu. Jika Anda berjualan jasa menjahit, maka upah yang akan diterima hampir 100 % milik Anda.

Tidak sepenuhnya 100 % karena ada bagian yang harus Anda beli pakai uang. Misalnya benang, kancing, dan perawatan untuk mesin jahitnya.

Hal inilah yang membuat bisnis jasa sangat menguntungkan. Karena setiap kali mendapatkan uang, hanya sedikit uang yang perlu Anda keluarkan untuk biaya operasional.

Selain profit marginnya yang besar, ada hal lain yang bisa membuat bisnis ini sangat potensial. Berikut ini adalah beberapa hal di antaranya:

  • Modalnya sangat kecil bahkan beberapa jenis usaha tidak membutuhkan modal sama sekali.
  • Lokasi usaha tidak banyak berpengaruh terhadap usaha ini. Artinya, bisnisnya bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, Anda bisa mengerjakannya sambil nongkrong.
  • Pembeli yang datang biasanya akan selalu menjadi pelanggan asalkan puas dengan pelayanan yang diberikan. Artinya, pembelian akan terus berulang dan berlipat ganda.
  • Strategi usahanya tidak terlalu ribet. Asalkan bisa memberikan output atau produk yang berkualitas dan bagus, orang akan membelinya
  • Pemasarannya bisa secara langsung, bisa juga secara online.

Selain hal di atas, masih banyak poin yang membuat bisnis ini sangat potensial. Semuanya harus menjadi perhatian agar Anda bisa memaksimalkan potensi tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Risiko dan kelemahan usaha di bidang jasa

Sebagai bisnis yang berbasis pelayanan dan mengedepankan kualitas, usaha ini memiliki kelemahan yang langsung berpengaruh saat terjadi.

Misalnya, terjadi kesalahan atas pelayanan yang diberikan. Maka, pembeli atau pelanggan akan langsung berpindah ke tempat lain.

Bisnisnya berbasis kepercayaan. Jika sekali saja ada kesalahan, maka orang akan ragu untuk menjalankannya lagi.

Selain itu, bisnisnya mengandalkan kemampuan. Jadi, orang yang tidak punya skill tentu tidak bisa membuka usahanya. Kecuali Anda bisa menemukan orang atau SDM yang bisa dipekerjakan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Intinya, tantangan terbesar bisnis ini terletak pada skill dan pelayanan yang diberikan. Pasalnya, kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dari bisnis jasa. Kalau kepuasan ini tidak bisa didapatkan, maka bisnisnya jelas sulit untuk berkembang.

Ide usaha di bidang jasa terbaru paling laris

Ide usaha di bidang jasa terbaru paling laris

Ada banyak contoh bisnis di bidang jasa yang bisa Anda coba, di antaranya adalah:

1. Membuka jasa tour and travel

Tour dan travel merupakan usaha di bidang jasa yang tidak ada matinya. Dari dulu sampai sekarang, bisnis ini semakin banyak peminatnya. Hanya saja, Anda harus terus berinovasi dan memahami kebutuhan para pelanggan supaya banyak yang menggunakan jasanya.

Contohnya, bila dulu hanya sebatas menerima jasa tur ke tempat wisata, kini bisa melebarkan sayap di travel antar kota dalam provinsi atau membuka jasa umroh dan haji sekalian.

2. Jasa pijat bayi

Meski kelihatannya tidak terlalu dibutuhkan, ternyata fakta membuktikan bahwa jasa memijat bayi sangat dibutuhkan. Bahkan, di desa ada yang mengerjakan pemijatan bayi sampai puluhan orang dalam satu hari.

Bayangkan saja jika per orang membayar 50 ribu untuk memijatkan bayinya. Maka dalam sehari, uangnya bisa sampai 500 ribu rupiah.

Namun, umumnya tarif ini berbeda di masing-masing daerah. Kalau di kota memang cenderung lebih tinggi. Tapi di pedesaan bisa jadi hanya 10 – 30 ribu rupiah per bayi.

3. Pijat dewasa

Selain pijat bayi, Anda juga bisa membuka jasa pijat dewasa bila punya keahlian di bidang ini. Pasalnya, ada banyak orang yang membutuhkan pemijatan. Tidak hanya orang yang bekerja serabutan, orang yang bekerja di kantor pun butuh relaksasi lewat pijat.

Tarif untuk pemijatan semacam ini biasanya sekitar 40 sampai 80 ribu per orang dalam sekali sesi. Lokasi usaha menentukan tarif pijatnya.

4. Menjahit baju dan pakaian lainnya

Usaha di bidang jasa berikutnya adalah menjahit baju atau pakaian. Anda bisa menjahitkan baju sesuai pesanan pelanggan dengan modal kain yang mereka berikan.

Menjahit baju dan pakaian lainnya

Biasanya, pesanan akan naik saat musim lebaran atau hari raya. Selain itu, pesanan juga akan banyak saat ada acara pernikahan, yakni untuk membuat seragam pernikahan bersama keluarga atau pendamping pengantin.

Order lainnya biasanya datang dari orang-orang yang mau menjahit buat baju sehari-hari atau untuk seragam sekolah dan kantor.

5. Menulis artikel

Tidak semua orang bisa menulis. Namun, saat bisa menulis Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Caranya adalah dengan membuka jasa penulisan artikel atau copywriting secara online.

Tulisan semacam ini sedang marak dibutuhkan. Khususnya karena sekarang era digital semakin berkembang dengan pesat.

6. Agen penulisan artikel

Selain bisa menulis artikelnya langsung, Anda juga bisa menjadi agen penulisan artikel. Berbeda dengan poin sebelumnya, di sini Anda menjadi penghubung antara penulis dengan pemesan (pemilik situs), agar mereka mendapatkan artikel sesuai kebutuhan.

7. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis juga sangat dibutuhkan di era sekarang. Anda bisa membuat undangan, logo, dan yang lainnya sesuai pesanan pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat template, ikon tertentu, tema-tema khusus, dan yang lainnya kemudian dijual di platform-platform yang sesuai secara online.

8. Desain interior

Desain interior juga makin diminati di Indonesia. Hal ini karena kini makin banyak orang yang aware untuk mempercantik rumahnya, di mana pun lokasinya.

Dengan desain rumah yang cantik, maka orang yang tinggal di dalamnya pun akan lebih betah dan merasakan kenyamanan.

9. Jasa arsitektur

Selain desain interior, ada juga desain yang sangat dibutuhkan saat ini, yakni jasa arsitektur. Menggambar denah rumah, bikin desain rumah secara menyeluruh sangat dibutuhkan seiring dengan makin berkembangnya bisnis properti di Indonesia.

10. Konsultan tertentu

Ada banyak jenis konsultan yang dibutuhkan di Indonesia. Di antaranya adalah konsultan hukum, konsultan keuangan, dan yang lainnya. Bahkan, konsultan pengolahan data dan pengerjaan tugas akhir pun kini makin banyak dicari.

11. Jasa pendidikan

Selain konsultan, ada usaha di bidang jasa lainnya yang sangat dibutuhkan, yakni jasa pendidikan. Adapun contoh jasa pendidikan adalah bikin bimbel, les privat, les mengemudi, dan yang lainnya.

Semuanya punya pangsa pasar sendiri-sendiri. Jadi, apabila Anda punya keahliannya, silakan ajarkan dan manfaatkan skill tersebut.

12. Potong rambut

Bisa memotong rambut? Manfaatkan dengan membuka barbershop. Bisnis ini bisa dijalankan di kota maupun di desa dengan tarif yang berbeda. Yang pasti, modalnya sama-sama kecil.

13. Cuci kendaraan bermotor

Mencuci kendaraan bermotor itu dibutuhkan oleh siapa saja yang punya kendaraan. Apalagi saat musim hujan atau memang tinggal di daerah yang berdebu.

Pencucian ini bahkan diperlukan secara rutin sehingga layak untuk dilakukan dan dikembangkan.

14. Jasa detailing kendaraan bermotor

Selain pencucian, jasa lain yang tak kalah penting adalah detailing. Tarif jasanya lebih mahal namun hasil mobilnya terlihat lebih keren. Maka dari itu, pangsa pasarnya jelas bukan kelas menengah ke bawah.

15. Servis kendaraan bermotor

Perbaikan kendaraan bermotor merupakan contoh usaha di bidang jasa yang sangat menguntungkan. Jika Anda tertarik, maka sebaiknya pilih jenis kendaraan motornya, mau mobil atau motor, kemudian fokus di salah satu kendaraannya dulu.

16. Jasa modifikasi motor

Tidak semua orang suka motornya dimodifikasi. Namun, saat mereka sudah hobi melakukan modifikasi, maka pembeli siap mengeluarkan uang yang banyak. Bahkan, agar performa kendaraannya selalu bagus, mereka akan melakukan perawatan secara berkala.

Inilah yang membuat jenis usaha di bidang jasa ini layak untuk dicoba. Sebab, sekali ada pelanggan yang puas, mereka akan kembali lagi.

17. Laundry kiloan

Mencuci pakaian mungkin cukup melelahkan buat sebagian orang. Maka dari itu, membuka laundry kiloan sangat menguntungkan. Apalagi jika dikerjakan di daerah yang ramai pelanggan. Misalnya di sekitar kampus, pekerja kantoran, pondok pesantren, dan yang lainnya.

18. Laundry sepatu

Ada banyak kendala bagi sebagian orang yang ingin mencuci sepatu mereka. Entah karena malas atau takut tidak kering dan berbau. Belum lagi sepatu mahal yang butuh perawatan khusus. Di sini, laundry sepatu menjadi solusi.

19. Cuci tas

Selain sepatu, tas juga menjadi item yang tampaknya jarang dicuci. Menariknya, semakin banyaknya tas branded membuat laundry tas kian diminati.

20. Jasa bordir

Tidak hanya menjahit, membuka jasa bordir ternyata juga sangat laku di pasaran. Biasanya jasa ini dibutuhkan saat hendak membuat nama pada produk tertentu.

21. Rental mobil dan motor

Menyewakan mobil atau motor juga memiliki pangsa pasar yang luas. Mulai dari mahasiswa, orang yang sudah bekerja, hingga wisatawan yang datang di suatu kota pariwisata.

22. Sewa mainan

Jika Anda punya modal yang cukup banyak, cobalah gunakan untuk membeli mainan anak kemudian disewakan.

Usaha di bidang jasa satu ini belum banyak pesaingnya namun permintaannya sangat tinggi. Pasalnya, kini anak-anak banyak yang harus dialihkan dari HP. Dan mainan yang menarik adalah salah satu item yang bisa dipakai sebagai pengalihan.

23. Pembuatan website

Jasa membuat website juga dibutuhkan. Boleh jadi oleh orang yang butuh toko online, bisa jadi pula oleh orang yang baru memulai bisnis di dunia blog.

24. Jasa SEO

Jika Anda perhatikan, semakin ke sini semakin banyak saja yang mencari lowongan kerja sebagai SEO specialist.

Biasanya gajinya cukup besar karena keilmuannya diperlukan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari, Google salah satunya.

25. Rental kamera, layar proyektor, dan yang lainnya

Persewaan kamera, layar, dan proyektor juga menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Tidak seperti usaha ain yang kami sebutkan di atas, bisnis ini mungkin butuh dana lebih buat modal.

Meski begitu, karena persaingannya kecil dan permintaannya tinggi, kemungkinan BEP nya juga cepat. Bahkan mungkin akan hampir sama dengan usaha warung kopi.

26. Jasa fotografi

Membuka jasa foto produk, prewedding, pernikahan, hingga editor sangat dibutuhkan di era sekarang. Sebab, kebutuhan fotografi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

27. Jasa MUA

MUA atau make up artist juga punya pangsa pasar yang luas. Saat ini, banyak wanita yang ingin tampil cetar setiap hari. Terlebih di acara tertentu yang butuh berias. Misalnya, ketika menikah, photoshoot, wisuda, dan yang lainnya. Semuanya butuh jasa perias.

28. Jasa kelola sosial mediagam

Mengelola sosial media menjadi skill yang dibutuhkan saat ini. Tidak hanya butuh waktu, mengelola sosial media ternyata juga butuh pemahaman yang baik agar bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

29. Perbaikan sofa

Memperbaiki sofa juga merupakan skill yang lumayan dibutuhkan. Baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan.

Selain usaha di bidang jasa yang kami sebutkan di atas, masih banyak lagi contoh bisnis jasa lainnya. Anda tinggal menyesuaikan skill atau kemampuan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat saja. Kalau sekiranya tidak dibutuhkan, maka ciptakanlah kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.