Usaha Cuci Mobil Sukses Dimulai dari Analisa dan 12 Trik Ini!

  • by
Analisa usaha cuci mobil

Usaha cuci mobil yang sukses harus dimulai dari analisa dan strategi yang tepat. Lakukan perhitungan modal secara rinci dan promosi yang benar agar tidak merugi.

Sebagaimana diketahui, jumlah kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia sangat banyak. Peningkatan ini terjadi lantaran banyak sekali orang yang membutuhkan armada mobil untuk mobilisasi.

Ada yang menggunakannya untuk kepentingan pribadi, ada pula yang memakainya untuk usaha atau bisnis. Tergantung tipe mobilnya seperti apa.

Kenaikan jumlah kendaraan ini bahkan bisa langsung dilihat di jalan raya. Buktinya, semakin banyak jalan yang macet karena banyaknya kendaraan.

Jumlah kendaraan yang banyak ini menjadi pangsa pasar yang sangat potensial buat bengkel atau cucian mobil. Sebab, dengan meningkatnya jumlah kendaraan, semakin banyak pula orang yang ingin mencucikan mobilnya.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis cucian mobil, maka silakan simak ulasan ini sampai selesai. Kami akan memberikan ulasannya secara detail dalam artikel ini.

Analisa usaha cuci mobil

Analisa usaha cuci mobil

Sebelum memulai bisnis cucian kendaraan bermotor roda empat, Anda harus tahu suka duka usaha cuci mobil. Berikut ini adalah beberapa potensi dan risiko usahanya:

Potensi bisnis cucian mobil

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bisnis ini memang sangat potensial. Apalagi jika dikerjakan di daerah yang banyak mobilnya. Anda bisa mengerjakannya di kota atau di desa, asalkan kendaraan roda empat atau lebihnya banyak, maka pangsa pasarnya pun bagus.

Di kota misalnya, jelas di sini banyak mobil yang membutuhkan tempat pencucian. Saat hari biasa, kebutuhan untuk mencuci sudah cukup tinggi. Belum lagi saat musim hujan, permintaannya makin tinggi karena ada banyak mobil yang cepat kotor di musim ini.

Biasanya, permintaan pencucian ini meningkat di akhir pekan. Sebab, kebanyakan pemilik menggunakan mobilnya untuk bekerja di hari biasa.

Sedangkan untuk bisnis yang dijalankan di desa, selain kendaraan pribadi, bisnisnya juga lebih banyak didatangi oleh kendaraan roda empat ke atas. Misalnya truk, pick up, dan yang lainnya.

Hal ini karena ada banyak sekali kendaraan angkut di pedesaan. Biasanya untuk mengangkut pasir, batu bata, semen, hasil tani, hasil ternak, dan yang lainnya.

Agar lebih lengkap, di bawah ini sudah kami buat rangkuman poin-poin kelebihan dari usaha cucian mobil:

  • Modalnya tergolong fleksibel.
  • Permintaannya tinggi atau banyak yang membutuhkan.
  • Dapat dikerjakan di pedesaan, boleh juga dijadikan usaha di kota.
  • Luas lahannya bisa disesuaikan dengan yang ada.
  • Bisa upgrade
  • Labanya mungkin lebih besar dibanding cucian motor.
  • Bisa memperluas network karena kenalan dengan pelanggan kelas atas.

Selain hal-hal positif di atas, masih cukup banyak potensi lain yang bisa dikembangkan dari bisnis cucian mobil ini.

Resiko usaha cuci mobil

Adapun tantangan atau kendala yang mungkin dihadapi oleh pebisnis cucian mobil adalah:

  • Persaingan yang tinggi antar pebisnis sehingga perlu melakukan survei atau riset kompetitor dulu.
  • Sepinya pelanggan karena kurang promosi.
  • Limbah air yang mampet.
  • Kecilnya debit air di area-area yang belum mendapatkan saluran air dengan baik.
  • Butuh lahan yang lebih luas dari cucian motor.
  • Perlu tempat yang lebih nyaman dengan fasilitas yang lebih baik ketimbang motor.
  • SDM yang kurang kompeten bisa menghasilkan layanan yang buruk dan kurang bersih.

Dengan adanya tantangan sebagaimana kami sampaikan di atas, Anda perlu lebih detail mempelajari bisnisnya sebelum memulainya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan antisipasi dan menemukan solusi terbaik untuk mengatasi setiap kendala yang ada.

Jenis bisnis cucian mobil

Jenis bisnis cucian mobil

Setidaknya, ada tiga jenis usaha cucian mobil yang dapat Anda lakukan, yakni:

Usaha cuci mobil otomatis

Jenis ini cocok untuk usaha di kota. Pasalnya, konsep bisnisnya adalah otomatis dengan pencucian yang dilakukan langsung oleh mesin.

Dengan mesin semacam ini, para pelanggan bisa menghemat lebih banyak waktunya untuk mencuci mobil. Soal kebersihan, tergantung dari kondisi mobilnya.

Intinya, hal utama yang menjadi kelebihan konsep ini adalah kecepatannya sehingga para pelanggan bisa langsung kembali beraktivitas setelah mencuci mobilnya.

Konsepnya hampir sama seperti drive thru, in and out. Tinggal masuk ke dalam lokasi, keluar dari lokasi mobil sudah bersih.

Cucian mobil hidrolik

Cucian ini biasanya dijalankan di daerah pinggiran kota hingga kota. Sesuai namanya, diperlukan hidrolik buat menaikkan mobil dan membersihkan bagian bawahnya.

Proses pembersihan dilakukan oleh manusia. Hidrolik hanyalah sebagai mesin pembantu saja. Maka dari itu, kebersihannya jauh lebih baik karena proses pembersihannya juga lebih detail.

Usaha cuci mobil tanpa hidrolik (manual)

Ini adalah versi manual di mana tidak ada mesin khusus yang diperlukan. Anda hanya butuh selang air dan pemompanya, juga sabun untuk mencuci mobilnya.

Karena tidak ada mesin khusus yang dibutuhkan, modal usaha cuci mobil ini juga jauh lebih murah atau terjangkau dibanding konsep lainnya.

Jenis ini biasanya ditemukan di daerah pedesaan. Di mana untuk mencuci bagian bawah mobil, akan dibuat kubangan yang besar antara tempat ban kanan dan kiri. Orang yang mencuci akan masuk ke kubangan tersebut untuk mencuci bagian bawah mobilnya.

Modal usaha cuci mobil sederhana

Dana untuk membuka bisnis ini memang tergolong cukup besar. Pasalnya, lahan yang dibutuhkan untuk membuka usahanya juga besar. Di samping itu, butuh pemompa air yang debit dan tekanannya besar agar bisa mencuci mobil dengan mudah.

Luas tanah ideal untuk usaha cuci mobil adalah sekitar ratusan meter persegi. Minimal bisa menampung 2 mobil ukuran besar (termasuk truk) plus dua motor. Satu untuk dicuci, satu untuk antre, dan dua motor untuk tim.

Dengan luas tanah yang ideal, kendaraan juga bisa parkir dan bermanuver dengan lebih mudah.

Soal modal, Anda tinggal sesuaikan dengan jenis bisnisnya sebagaimana kami sampaikan di atas. Kalau memang dana yang tersedia kecil, sebaiknya pilih versi manual yang umumnya cukup pakai semen dengan saluran pembuangan air saja.

Sebagai tambahan informasi, untuk membuka bisnis seperti itu, peralatan dan kebutuhan minimal yang perlu disiapkan adalah:

  • Paket steam cuci mobil seharga 2,5 juta.
  • Selang untuk mencuci dianggarkan 1,5 juta.
  • Biaya renovasi dan persiapan lahan sekitar 10 juta.
  • Kursi, meja dan kebutuhan antre seharga 1 juta.
  • Biaya lain-lain 1 juta.

Dengan keperluan di atas, dana minimal yang dibutuhkan adalah sekitar 16 juta.

Jika Anda berminat untuk membeli paket usaha cuci mobil hidrolik, maka dana minimal yang dibutuhkan adalah sekitar 25 jutaan. Ada banyak waralaba yang membuka kesempatan ini, Anda bisa memilih dan mengambil salah satu opsinya.

Untuk paket usaha lainnya, harganya bermacam-macam, antara 30 sampai 80 jutaan rupiah. Tergantung jumlah mobil yang mau dicuci dan kelengkapan paketnya. Silakan cek spesifikasi paket yang ditawarkan sebelum menentukan mana yang paling sesuai buat profil bisnis Anda.

Tips memulai dan mengelola usaha cuci mobil

Tips memulai dan mengelola usaha cuci mobil

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghasilkan banyak uang dari bisnis cucian mobil:

1. Melakukan riset secara mendalam

Lakukanlah riset secara mendalam mengenai paket usaha, kompetitor, dan kebutuhan lainnya. Riset ini akan membantu Anda dalam menentukan rencana yang tepat dalam mengelola usahanya nanti. Jadi, lakukan riset secara detail agar tidak ada informasi yang akan tertinggal.

2. Memilih lokasi

Lokasi yang strategis adalah poin yang wajib dipenuhi dalam usaha cuci mobil ini. Pilihlah area yang luas dan aksesnya mudah, tepat berada di pinggir jalan.

Bisnis car wash bukalah bisnis yang bisa dikerjakan rumahan. Kecuali rumah Anda ada di pinggir jalan dan lahan depan rumahnya sangat luas sehingga bisa menampung banyak mobil.

Jika Anda tidak punya lahan sendiri yang lokasinya di pinggir jalan, silakan lakukan riset lokasi ke area rame dan mencari lokasi yang disewakan di area tersebut.

3. Menyiapkan modal

Setelah riset dan lokasi ditentukan, silakan buat rencana anggaran belanjanya. Jika sudah, silakan siapkan dananya sesuai dengan perencanaan tersebut.

4. Memilih alat dan bahan

Pilihlah alat dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan mencuci. Semakin lengkap semakin bagus sehingga bisa menunjang kualitas akhir dari jasa yang diberikan.

5. Mengutamakan kualitas

Kualitas adalah bagian yang paling penting dalam usaha di bidang jasa. Maka dari itu, agar orang yang datang berubah menjadi pelanggan loyal Anda harus terus memberikan pelayanan terbaik melalui kualitas pencucian yang bersih, wangi, dan rapi.

6. Berkomunikasi dengan baik

Layani pelanggan dengan ramah. Berkomunikasilah dengan baik sehingga kebutuhan mereka yang kadang tidak tersampaikan bisa tersampaikan dengan baik dan Anda pun bisa mencukupi kebutuhan mereka tersebut.

Lewat komunikasi dan pelayanan yang baik, pelanggan akan merasa nyaman dan bisa kembali lagi saat butuh mencucikan mobilnya.

7. Menyiapkan fasilitas tambahan

Usaha cuci mobil biasanya tidak bisa berdiri sendiri. Anda membutuhkan fasilitas atau bahkan bisnis tambahan lainnya. Contohnya adalah tempat antre, tempat untuk membeli camilan dan minuman sambil menunggu.

Anda juga harus memastikan toiletnya bersih sehingga customer yang datang dan ingin ke toilet bisa merasakan kenyamanan yang maksimal.

8. Mengalokasikan waktu

Alokasikan waktu Anda untuk melayani pelanggan dengan baik. Apalagi jika Anda menerima opsi jasa panggilan.

9. Memilih tenaga kerja terbaik

Meski tidak perlu ketrampilan yang khusus untuk memulai usaha ini, Anda tetap perlu mencari tenaga kerja atau pegawai yang bagus.

Bagus dalam hal pekerjaan, bagus sikapnya, dan dapat dipercaya. Pastikan dia mampu memenuhi tanggung jawab dengan attitude yang juara.

10. Promosi usaha

Promosikan bisnis Anda, jangan pernah berhenti. Mudahkan orang dalam menemukan lokasi usaha Anda dengan memberikan keterangan yang lengkap di tempat usahanya.

11. Menentukan tarif yang sesuai

Tarif cuci mobil di desa tentu berbeda dengan kota. Ada banyak hal yang mempengaruhinya. Mulai dari biaya hidup, UMR, dan yang lainnya.

Kalau di desa UMR-nya kecil, maka kebutuhan-kebutuhan juga lebih murah dibanding di kota. Bila di desa harganya bisa 30 sampai 35 ribu sekali cuci, maka di perkotaan bisa di atas 50 ribu atau bahkan 100 ribu dengan menambahkan fasilitas seperti wax, atau yang lain.

12. Coba bisnis cuci mobil panggilan

Untuk menambah penghasilan, cobalah menerima cuci mobil panggilan. Tinggal disesuaikan saja peralatannya sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.

Itulah beberapa analisa, rincian modal, hingga tips untuk menjalankan usaha cuci mobil. Anda bisa mencobanya sekarang sesuai dengan kondisi di daerah masing-masing. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.