Tetap Potensial, Ini Tips Sukses Usaha Warnet dan Rincian Modalnya

  • by
Rincian modal usaha warnet 5 pc

Meski sudah banyak wifi dan paket internet, usaha warnet tetap potensial. Di sini, pelanggan bisa menikmati internet kencang dengan biaya yang murah!

Itulah salah satu hal yang menjadikan bisnis ini tetap bisa berdiri tegak meski di tengah himpitan kemajuan teknologi. Di mana semua orang bisa online dari mana saja asalkan punya kuota di HP-nya atau bisa terkoneksi dengan wifi di sekitarnya.

Maka dari itu, jangan takut untuk memulai usaha ini. Apalagi jika Anda tinggal di pedesaan. Di mana kemungkinan masih banyak orang yang belum punya koneksi internet kencang, atau hanya mampu membeli kuota yang paling murah dengan jumlah data yang terbatas.

Tertarik untuk mencobanya? Pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan gambaran dan rincian mengenai bisnisnya. Selamat menyimak.

Kelebihan dan kekurangan usaha warnet

Kelebihan dan kekurangan usaha warnet

Sebelum mulai membahas cara berbisnis warnet, Anda perlu tahu dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari bisnis ini. Silakan simak ulasannya di bawah ini:

Kelebihan membuka bisnis warnet

Di dunia digital yang mana akses internet sangat mudah, bisnis ini masih cukup potensial dan punya beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  • Mampu menawarkan kecepatan internet yang sangat bagus dengan banderol harga yang terjangkau dan bersifat merata.
  • Bisa jadi solusi buat anak sekolah yang sedang mencari tugas, mahasiswa yang sedang perlu download buku atau jurnal, dan kondisi lain tanpa takut dibatasi oleh kuota.
  • Warung internet selalu update dengan info-info terbaru.
  • Saat ada yang ngelag atau ada masalah di komputer, tim warnet akan sigap membantu. Jadi, ada partner yang siap membantu ketika menemui kesulitan.
  • Bisa sekalian cetak dokumen bila diperlukan sebab tidak semua orang punya printer di rumah.
  • Persaingannya kini tidak begitu banyak. Sebab, banyak yang menganggap bisnisnya tidak potensial.
  • Cocok buat para gamers yang butuh komputer spesifikasi tinggi dan internet kencang.
  • Sangat cocok buat usaha di desa sebab masih banyak yang gaptek dan butuh bantuan orang lain saat berselancar.

Selain beberapa kelebihan di atas, masih banyak poin yang tidak bisa dikesampingkan dari bisnis warnet ini. Sisi positif tersebut akan membuat bisnisnya cepat meski di tengah kondisi yang kelihatannya kurang mengenakkan.

Kekurangan bisnis warnet

Di bawah ini adalah beberapa tantangan sekaligus kekurangan dari usaha warnet:

  • Privasi berselancar di warnet kurang privat karena menggunakan koneksi umum. Bila sampai lupa log out pada akun-akun pribadi, ada kemungkinan akunnya mudah dibobol oleh orang lain.
  • Rasa nyaman saat bermain di warung internet kemungkinan besar harus dikesampingkan dulu. Pasalnya, di sini konsumen akan berkumpul dengan banyak orang. Ada asap rokok hingga kebersihan yang mungkin kurang terjaga dengan baik.
  • Jika kurang berinovasi dan tidak menyediakan kebutuhan pelanggan, bisnisnya bisa-bisa gulung tikar.
  • Kurangnya promosi juga mempengaruhi hasil usahanya.
  • Butuh lahan yang cukup lebar dan strategis.
  • Modalnya lumayan tinggi. Jika sampai gagal, kerugiannya cukup banyak.

Itulah beberapa hal yang menjadi risiko usaha warnet. Anda harus pastikan siap dengan tantangan tersebut jika ingin memulai peluang bisnis online ini.

Tips memulai dan menjalankan peluang usaha warnet dengan modal kecil

Sempat disinggung di atas bahwa salah satu kekurangan dan tantangan bisnis ini adalah modalnya yang terlalu besar. Lantas, bagaimana bila hanya punya modal sedikit tapi ingin memulai usaha warnet? Jawabannya simpel, cobalah memulainya dari rumah sebagai usaha rumahan.

Tips memulai dan menjalankan peluang usaha warnet dengan modal kecil

Lebih detail, silakan simak ulasan tips sukses memulai bisnis warnet di bawah ini:

1. Siapkan lahan di sekitar rumah Anda, pastikan lokasinya strategis

Untuk memulai usaha rumahan, sudah tentu Anda harus memastikan rumahnya berlokasi di tempat yang strategis. Misalnya, dekat dengan sekolah atau kampus. Kemudian, siapkan satu ruang besar di rumah Anda sebagai tempat usahanya.

Pastikan penataan ruangannya nyaman dan privat. Tidak terlalu ramai atau saling mengganggu antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Pasalnya, jika tidak ditata dengan rapi, orang yang berkunjung bisa terganggu. Apalagi jika mereka sedang mengerjakan tugas. Ini akan bikin tidak nyaman sekali.

2. Persiapkan peralatan yang memadai

Peralatan seperti kursi, meja, komputer, keyboard, CPU, dan yang lainnya harus disiapkan dengan baik. Jangan sampai ada yang tertinggal. Pikirkan juga bagaimana kabel-kabelnya akan dihubungkan, juga berapa daya yang dibutuhkan agar tidak mudah konslet atau mati.

Jika perlu, Anda harus menyewa jasa pemasangan listrik untuk berkomunikasi mengenai kebutuhan dan penataan kabel-kabel dan komputer ini.

3. Hitung rincian modal dan siapkan sesuai kebutuhan

Dengan kondisi peralatan sesuai yang kami sampaikan di atas, silakan hitung rincian modalnya. Siapkan dana sesuai modal tersebut dan jangan lupa ditambahi atau dilebihi agar saat membutuhkan biaya lain-lain di waktu tertentu, bisa langsung ada uangnya.

4. Siapkan SDM terbaik yang mengerti komputer

Setelah modalnya siap, Anda bisa mulai berbelanja peralatan secara lengkap. Sambil melengkapinya, Anda bisa sekalian menyiapkan SDM terbaik. Orang ini akan bertugas menjaga usaha warnet. Minimal dua sampai empat orang dengan sistem shift.

Jumlah pegawai ini juga harus disesuaikan dengan jumlah unit komputer yang ada di rumah. Jika memang tidak terlalu banyak, misal hanya 5 pc, dua saja cukup untuk shift siang dan shift malam secara bergantian.

Yang terpenting dan perlu dicatat, dalam memilih pegawai buat usaha warnet, pilihlah yang mumpuni di bidang TI atau komputer, baik software maupun hardware. Dengan begitu, saat ada masalah dengan komputernya, dia bisa langsung mengatasi masalah.

Baik masalah yang dihadapi di meja server maupun yang dihadapi pelanggan, pegawai harus bisa menanganinya dengan baik.

5. Memberikan diskon harga pada saat pembukaan

Ketika pembukaan usaha warnet pertama kali, silakan berikan diskon kepada seluruh pelanggan yang mau datang. Potongan harga ini akan menjadi salah satu promo pengenalan buat bisnis Anda.

6. Berikan potongan harga khusus untuk paket usaha warnet semalaman

Jangan hanya menetapkan harga per jam, tetapi berikan juga harga paket pemakaian 5 jam atau 10 jam. Selain itu, Anda juga perlu menetapkan harga untuk paket internet malam hari. Harga paket tentunya harus lebih murah dibanding per jam.

7. Membuat opsi member dan berikan harga spesial

Silakan buka opsi member, khusus untuk orang-orang yang mau mendaftar, berikan harga spesial yang lebih murah.

8. Selalu melakukan promosi

Promosi merupakan nafasnya sebuah usaha warnet. Tanpa promosi, bisnis bisa berjalan dengan lamban. Maka dari itu, Anda harus melakukan promosi secara terus menerus. Promosinya bisa melalui sosial media, dari mulut ke mulut, atau dengan cara meminta testimoni dari pelanggan.

9. Memberikan pelayanan memuaskan, ramah dan solutif

Bisnis berbasis layanan semacam ini perlu keramahan dan pelayanan yang memuaskan. Jadi, pastikan bahwa Anda bisa memberikannya dengan baik.

10. Jaga kebersihan dan kualitas kecepatan internet

Kebersihan akan memberikan rasa nyaman kepada pelanggan. Setelah pemakaian, pastikan untuk membersihkan areanya agar siap ditempati oleh pelanggan baru.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kualitas kecepatannya supaya tetap dalam bagus dan stabil.

Rincian modal usaha warnet 5 pc

Rincian modal usaha warnet 5 pc

Berikut ini adalah rincian modal usaha buat warnet sebanyak 5 pc:

  • Siapkan komputer 5 unit @ 5 juta, harganya 25 juta.
  • Komputer server 1 unit @ 6 juta.
  • Kursi dan meja 6 unit 5,5 juta.
  • Printer 1 unit 2,5 juta (sekalian foto kopi).
  • Software 800 ribu.
  • Headset dan aksesori lain 500 ribu.
  • Etalase 700 ribu.
  • Kabel dan listrik 300 ribu.
  • Biaya lain-lain 500 ribu.

Dari perhitungan di atas, didapatkan total modalnya adalah 41.800.000,-.

Biaya ini belum termasuk pemasangan dan pembelian wifi untuk koneksi internet. Anda bisa membeli paket 700 ribu per bulan jika ingin kecepatan yang mumpuni dan stabil.

Artinya, uang yang harus disiapkan pertama kali sekitar 42.500.000 rupiah. Untuk menggaji 2 pegawai, dibutuhkan dana minimal 3 juta rupiah.

Dengan kata lain, usaha warnet ini menjadi contoh bisnis modal 50 juta yang cukup menguntungkan.

Selanjutnya, apabila Anda mau menghitung keuntungan usaha warnet, mari kita hitung pendapatannya terlebih dahulu.

Misalnya, harga sewa komputernya 3000 per jam, maka dalam 24 jam 1 unit komputer akan menghasilkan Rp 72.000,-. Artinya, dalam sehari untuk 5 unit komputer tanpa berhenti dipakai, uangnya bisa sampai Rp 360.000,-.

Dalam sebulan, Anda bisa mengumpulkan uang sebanyak:

360.000 x 30 = Rp 10.800.000,-.

Ini harus dikurangi dengan biaya listrik, internet, dan pegawai agar bisa menjadi keuntungan usaha warnet secara bersih. Perhitungannya adalah:

10.800.000 – 700.000 – 200.000 – 3.000.000 = 7.080.000,-.

Dengan asumsi listrik habis 200 ribu per bulan, maka keuntungannya 7 jutaan. Dengan kondisi ini, BEP bisnis warnet sekitar 6 bulan.

Demikian info tentang usaha warnet dari kelebihan, potensi, kekurangan, hingga rincian modalnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.