15 Contoh Ide Usaha Jasa Pariwisata Paling Potensial dan Aman

  • by
Pengertian usaha jasa pariwisata

Usaha jasa pariwisata sangat potensial dikembangkan di daerah wisata. Untungnya gede dan pilihan bisnisnya banyak. Mau coba?

Bila Anda ingin mencobanya, maka ada baiknya untuk mengenali potensi dan kendala usahanya dulu. Sebab, usaha pariwisata punya tantangannya sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu menghitung modal yang dibutuhkan berdasarkan jenis bisnis yang dipilih, atau sebaliknya. Menentukan bisnisnya dulu sesuai dengan modal yang ada.

Pasalnya, ada banyak sekali pilihan bisnis jasa pariwisata dengan modal yang beragam. Mulai dari yang bermodal besar hingga tanpa modal pun ada.

Tentu, masing-masing bisnis jasa tersebut punya peluang, potensi, dan cara menjalankannya sendiri. Maka dari itu, Anda harus memahaminya dengan baik.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan gambaran dan opsi bisnisnya sekaligus mengulas sedikit pengertiannya. Selamat menyimak.

Pengertian usaha jasa pariwisata

Sesuai dengan namanya, bisnis ini merupakan usaha dalam bidang jasa yang berkembang di bidang pariwisata. Jadi, tidak termasuk penjualan barang seperti kuliner dan oleh-oleh khas.

Pengertian usaha jasa pariwisata

Dengan kata lain, yang dimaksud dengan bisnis jasa pariwisata adalah semua bisnis yang hanya menjual layanan jasa kepada para wisatawan.

Itu berarti, penjualan makanan, minuman, suvenir, dan oleh-oleh khas daerah di lokasi wisata tidak termasuk ke dalam cakupan pengertian bisnis ini.

Apakah manfaat usaha jasa pariwisata

Selain potensinya yang bagus, ternyata bisnis ini tidak mudah tumbang juga karena banyak manfaatnya. Salah satunya adalah dengan adanya jasa, lini wisata di daerah tertentu bisa lebih mudah dijangkau oleh seluruh orang.

Apakah manfaat usaha jasa pariwisata

Misalnya, dengan adanya tour guide dan penerjemah, maka orang luar negeri yang terkendala bahasa tidak akan segan untuk datang ke Indonesia.

Sebab, mereka sudah merasa aman akan ada orang yang mengarahkan perjalanan wisatanya. Juga, membantu berkomunikasi dengan orang sekitar menggunakan bahasa Indonesia.

Contoh lainnya, dengan adanya sewa bus pariwisata, orang-orang yang ingin berwisata murah bisa tercapai. Akhirnya, lokasi wisata yang biasanya hanya dikunjungi satu keluarga saja, bisa dikunjungi langsung banyak keluarga dalam bentuk rombongan.

Manfaat lain dari bisnis ini adalah meningkatkan perekonomian negara.

Contoh jasa pariwisata di Indonesia

Contoh jasa pariwisata di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha jasa pariwisata yang bisa Anda kembangkan:

1. Jasa info wisata

Menyediakan informasi tentang wisata bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin informasi wisata dan menyebarkannya melalui sosial media.

Uangnya bisa didapatkan dari info tersebut atau bisa juga melalui endorsement yang masuk.

2. Bikin blog wisata

Cobalah bikin blog seputar wisata. Isilah dengan konten yang bermanfaat dan positif. Kemudian, di blog tersebut bukalah slot untuk promo wisata. Dengan begini, Anda akan mendapatkan uang.

Selain lewat slot promo, Anda juga bisa bekerja sama dengan Google Adsense untuk memperoleh uang atau penghasilan.

3. Jasa sewa kendaraan

Menyewakan kendaraan merupakan contoh usaha jasa pariwisata yang menguntungkan. Terang saja, kalau pun ada pandemi, kendaraannya tetap bisa dimanfaatkan dengan cara yang lain.

Kendaraan yang dimaksud di sini adalah mobil atau motor. Yakni untuk orang-orang yang mau berwisata di daerah tertentu dan menempuh jarak tertentu.

Sistemnya memang seperti sewa kendaraan biasa. Namun, karena untuk wisata harganya bisa dinaikkan sedikit.

Contoh, bule yang datang ke Indonesia memilih menyewa motor untuk berkeliling. Di sini, Anda bisa menetapkan tarif yang sesuai agar mendapatkan keuntungan.

4. Hotel dan penginapan

Hotel dan penginapan juga punya memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Pasalnya, setiap wisatawan pasti butuh tempat untuk menginap.

Anda bisa membuka homestay atau menyewakan vila jika mau memulai usahanya secara rumahan. Kalau modalnya besar, bisa sekalian bikin hotel atau penginapan saja.

5. Jasa sewa bed

Sewa bed biasanya diperlukan oleh hotel-hotel, yakni oleh tamu-tamu yang datang bersama keluarga tapi enggan menambah sewa kamar. Atau memang karena terkendala kondisi tertentu. Misalnya karena membawa bayi sehingga tidak bisa pisah kamar.

6. Tour guide

Pemandu wisata juga merupakan usaha jasa pariwisata yang sangat menguntungkan. Terang saja, usaha ini bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil atau bahkan tanpa modal.

Berbekal kemampuan berbahasa dan berkomunikasi, serta informasi lengkap tentang wisata, Anda bisa mendapatkan pelanggan dan memperoleh penghasilan besar dari sana.

7. Jasa penerjemah

Menerjemahkan bahasa juga menjadi kemampuan penting dalam dunia wisata. Pasalnya, orang yang ingin berlibur bisa datang dari luar negeri dan skill bahasa sangat dibutuhkan di sini.

Jika Anda menguasai banyak bahasa, tidak ada salahnya untuk menjadi translator buat para turis yang datang ke Indonesia.

8. Jasa pijat

Setelah berlibur dan berjalan-jalan seharian, wisatawan biasanya capek. Di sinilah mereka akan membutuhkan jasa pijat.

Anda bisa menerima pijat panggilan agar lebih mudah dijangkau oleh pelanggan, bisa juga membuka stan khusus di daerah wisata.

9. Sewa kamera

Kamera adalah kebutuhan penting untuk mengabadikan momen selama berada di lokasi. Menariknya, meski ada banyak HP yang sudah dibekali dengan fitur kamera terbaik, ada orang yang lebih senang menggunakan kamera asli.

Misalnya adalah menggunakan kamera polaroid yang bisa langsung dicetak.

Maka dari itu, Anda bisa melihat ini sebagai sebuah peluang usaha jasa pariwisata yang menguntungkan. Silakan beli kamera polaroid atau kamera jenis lainnya, kemudian sewakan kepada para pengunjung atau wisatawan yang ada di daerah Anda.

Pemasaran jasanya bisa lewat media sosial, website, atau yang lainnya.

10. Jasa promo wisata via media sosial

Jenis usaha jasa pariwisata ini hanya berlaku untuk Anda yang punya media sosial dengan engagement yang bagus. Intinya, di sini Anda membuka slot untuk endorse kepada pemilik tempat wisata untuk mempromosikan wwisatanya.

Kalau saat ini Anda belum punya media sosial dengan pengikut yang banyak, maka cobalah buat dan pelajari cara buatnya.

Ini penting mengingat bila ditekuni bisnisnya akan banyak mendatangkan keuntungan. Terlebih, tidak ada modal sedikit pun untuk memulai bisnisnya. Anda hanya perlu telaten dan mau memanfaatkan sosial media yang ada.

11. Sewa stroller

Salah satu kebutuhan bayi yang paling urgen saat sedang berwisata adalah stroller. Biasanya, orang tua enggan membawanya sendiri dari rumah karena berat.

Maka dari itu, Anda bisa membantu mereka dengan menyewakan stroller agar tidak capek saat berjalan-jalan.

Lengkapi koleksi stroller-nya berdasarkan usia bayi dan anak agar bisa mencukupi kebutuhan para pelanggan.

12. Jasa fotografi

Meski sudah ada kamera, orang kadang tetap butuh momennya diabadikan secara spesial dan langsung bisa dilihat secara kasat mata, bukan digital.

Inilah yang membuat jasa memotret atau jasa fotografi sangat menguntungkan.

Terlebih, usahanya juga bisa dikembangkan ke arah lain agar tidak terpengaruh saat ada pandemi. Yakni dengan memotret tempat wisata dan menjualnya di situs foto berbayar.

13. Tour and travel

Jika sewa kendaraan mengharuskan Anda melepaskan kendaraannya dengan jaminan tertentu, usaha jasa pariwisata di bidang tour and travel biasanya menyediakan kendaraan lengkap dengan sopirnya.

Dari sisi keamanan kendaraan, tentu cara ini lebih aman. Namun, modalnya memang butuh yang lebih besar.

14. Sewa perlengkapan wisata

Ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan ketika wisata. Tergantung tempat wisatanya. Di tempat wisata air (kolam renang) misalnya. Dibutuhkan persewaan kaca mata renang, ban, pelampung, dan yang lainnya.

Hal seperti ini bisa menjadi salah satu jasa yang harus Anda lirik karena mendatangkan banyak uang tanpa perlu menjual barang.

15. Jasa titip oleh-oleh

Saking ramainya suatu daerah wisata, kadang seorang wisatawan tidak punya waktu untuk mampir beli oleh-oleh. Padahal, sepulangnya dari berlibur oleh-oleh adalah hal yang ditunggu oleh keluarga atau tetangga di rumah.

Maka dari itu, kini banyak jasa titip oleh-oleh khas daerah. Jadi, saat Anda berlibur di satu tempat wisata, sudah ada orang yang siap membelanjakan oleh-oleh. Saat mau pulang, oleh-olehnya pun siap untuk dibawa serta.

Itulah beberapa contoh ide usaha jasa pariwisata yang bisa Anda coba. Bila kreatif dan inovatif, Anda bisa menemukan contoh lainnya. Yang jelas, jalani dengan serius dan tekun agar berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.