Untung Gede dari Usaha Laundry Kiloan? Ini 12 Cara Mudahnya

  • by
Analisa usaha laundry kiloan untuk pemula

Hanya butuh modal kecil untuk buka usaha laundry kiloan, tapi untungnya sangat besar. Cari tahu analisa bisnis hingga cara suksesnya dalam artikel ini!

Bisnis laundry merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Prospeknya sangat bagus baik itu di desa maupun di kota. Maka dari itu, ini menjadi salah satu contoh bisnis jasa yang dapat kami rekomendasikan kepada Anda.

Bisnisnya minim risiko dan mudah dilakukan sehingga sangat cocok buat para pemula yang sedang mau membuka usaha.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memandang ini sebagai peluang bisnis menjanjikan dan mau mencobanya, maka silakan baca ulasan ini sampai selesai.

Kami akan membahas lengkap mulai dari potensi, kelemahan, peralatan yang dibutuhkan, hingga cara sukses menjalankannya. Jadi, selamat menyimak sampai selesai.

Analisa usaha laundry kiloan untuk pemula

Analisa usaha laundry kiloan untuk pemula

Sebagai pemula, Anda harus tahu dulu kenapa bisnis ini menjanjikan. Apa saja yang menjadikan prospek bisnisnya bagus dan apakah ada risiko atau kelemahannya. Di bawah ini adalah beberapa poin analisa yang perlu Anda ketahui:

Potensi bisnis laundry kiloan

Banyak hal yang membuat usaha laundry kiloan jadi sangat potensial dan menjanjikan, di antaranya adalah:

  • Banyak orang yang sibuk dan tidak sempat untuk mencuci.
  • Saat musim hujan, jasanya sangat dibutuhkan.
  • Mudah dijalankan, bahkan oleh pemula.
  • Bisa dimulai dari modal kecil dengan menyediakan minimal 1 mesin cuci.
  • Bisa dijadikan usaha sampingan.
  • Dapat dikerjakan dari rumah atau sebagai bisnis rumahan.
  • Dapat dilakukan sambil momong anak sehingga cocok buat ibu rumah tangga.
  • Bisa mengerjakan partai besar dan rutin dengan cara bekerja sama dengan hotel atau homestay.

Selain hal-hal di atas, masih cukup banyak contoh potensi dan keuntungan menjalankan bisnis laundry-an ini. Jadi, Anda bisa mempertimbangkannya jika memang tertarik.

Risiko atau kelemahan usaha laundry

Kelemahan yang paling mendasar dari usaha ini adalah saat musim hujan biasanya akan terjadi penumpukan pakaian dari pelanggan. Maka dari itu, Anda harus punya tempat menjemur yang cukup luas tapi tetap teduh.

Tujuannya adalah agar pakaiannya kering namun tidak kehujanan lagi. Selain itu, solusi lainnya adalah dengan menyediakan pengering berkualitas sehingga pakaiannya tetap akan wangi dan bisa digarap tepat waktu.

Masalah lain yang umum dialami oleh pebisnis usaha laundry kiloan adalah tertukar atau hilangnya barang milik pelanggan. Jika ini terjadi, maka pelanggan akan marah-marah, kecewa, dan akhirnya tidak memakai jasa Anda lagi.

Solusinya jelas, dalam proses pencucian dan penjemuran hingga pakaiannya siap diberikan kepada pelanggan, Anda harus melakukannya dengan teliti dan cermat sehingga tidak tertukar atau hilang.

Selain masalah-masalah di atas, Anda mungkin juga akan menemui masalah seperti di bawah ini:

  • Kompetitor yang cukup banyak dan memasang tarif murah.
  • Tidak mendapatkan pemasok pewangi yang terpercaya sehingga sulit menemukan bahan terbaik.
  • Pemilihan tempat yang sulit karena kebanyakan lokasi strategis sudah penuh.
  • Untuk noda-noda yang sulit dihilangkan, Anda tidak bisa mencucinya dengan mesin cuci biasa. Harus ada catatan khusus.

Anda harus siap dengan setiap kendala yang ada jika memang yakin mau mengerjakan usaha laundry kiloan ini.

Perhitungan usaha laundry: modal dan estimasi pendapatan

Soal modal, bisnis ini sebenarnya hanya membutuhkan dana yang kecil. Bahkan, ada pula yang mengategorikannya sebagai usaha tanpa modal sebab bisa dikerjakan dari rumah dengan memanfaatkan mesin cuci dan setrika yang ada di rumah.

Namun, apabila Anda mau serius menekuni bisnis ini dan berharap mendapatkan omset besar, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara menyiapkan modal khusus untuk membuka usahanya.

Agar persiapan modalnya jelas, Anda harus melakukan perhitungan secara cermat. Di bawah ini adalah contoh perhitungan modal dan estimasi pendapatannya:

  • Biaya mesin cuci 3 juta x 2 = 6 jutaan.
  • Harga pengering baju khusus sekitar 7 juta.
  • Setrika seharga 500 ribu.
  • Meja, rak, dan alat operasional lain sekitar 1,5 juta.
  • Timbangan seharga 500 ribu.
  • Biaya listrik dan sejenisnya 200 ribu.
  • Gaji karyawan 1,5 juta.
  • Biaya lain-lain sekitar 200 ribu.

Dari rincian di atas, total dana yang dibutuhkan adalah sekitar 17,4 juta rupiah. Dengan kata lain, usaha laundry ini bisa dikategorikan sebagai bisnis modal 20 jutaan jika memang Anda berniat serius menjalankannya.

Apabila dana yang Anda miliki di bawah angka di atas, mulailah dengan menyiapkan 1 mesin cuci dulu. Mesin pengering belum ada tidak masalah, asalkan mesin cucinya sudah bisa mengeringkan secara otomatis.

Dengan begitu, akan ada banyak biaya yang dapat dipangkas sehingga modalnya tinggal sedikit.

Yang perlu menjadi catatan adalah merek mesin cucinya. Saran kami, belilah yang terkenal bagus kualitasnya karena mesin ini akan bekerja setiap hari. Jangan sampai baru dipakai beberapa bulan sudah memerlukan servis karena rusak.

Dengan perhitungan usaha laundry kiloan di atas, jika dalam sehari Anda bisa mendapatkan minimal 25 pelanggan dengan paket 5kg seharga 20 ribu. Maka, omset hariannya adalah:

25 x 20 ribu = 500 ribu.

Pendapatan sebulan bisa mencapai 15 juta rupiah tanpa adanya libur.

Tinggal dikurangkan saja dengan operasional seperti gaji karyawan, listrik, detergen, pewangi, pelicin, hingga plastik buat mengemas hasil laundry-an. Setelah dikurangkan dengan pengeluaran rutin, itulah pendapatan bersih atau keuntungan Anda dalam sebulans.

Selain analisa di atas, Anda juga perlu mempersiapkan banyak hal jika memang berminat di bidang laundry ini. Kami akan menguraikan di bawah.

Peralatan membuka usaha laundry kiloan dengan modal kecil

Peralatan membuka usaha laundry kiloan dengan modal kecil

Di bawah ini adalah beberapa jenis peralatan yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry:

  • Mesin cuci untuk mencuci pakaiannya.
  • Detergen, pewangi, dan pelembut pakaian.
  • Mesin pengering.
  • Setrika untuk menyetrika pakaiannya.
  • Meja kasir.
  • Timbangan untuk melakukan penimbangan pada pakaiannya.
  • Rak untuk menyimpan produk yang sudah selesai dicuci secara rapi.
  • Kresek atau plastik untuk membungkus.
  • Tempat pakaian yang mau dicuci, seperti kotak.
  • Hanger untuk menjemur.
  • Note kecil untuk memberikan nama pada masing-masing paket pakaian.
  • Lakban bila perlu, dll.

Anda bisa melengkapi kebutuhan dadakan yang diperlukan saat sudah menjalankan usahanya. Yang terpenting, perlengkapan di atas sudah dicukupi duluan sebelum usahanya dimulai.

Kesempatan paket usaha laundry kiloan (waralaba)

Jika Anda berpikir bahwa peralatan di atas terlalu banyak sehingga ribet untuk dipersiapkan, maka silakan ambil paket bisnis waralaba. Adapun contoh usahanya adalah:

Laundry paket dicucikan

Ini adalah paket usaha laundry kiloan yang paling banyak diambil orang. Baik di desa maupun di kota, Anda bisa menemukan bisnis waralaba semacam ini. Contoh franchise-nya adalah Laundry Simply Fresh, Laundr Express, LaundryKlin, dan yang lainnya.

Masing-masing paket usahanya memiliki banderol harga yang berbeda. Jadi, untuk menjalankannya Anda perlu melakukan seleksi terlebih dulu.

Namun, perlu diketahui bahwa sebelum memilih Anda harus memastikan bahwa lokasinya siap untuk menjalankan usaha.

Membeli paket self-wash

Konsep ini memungkinkan pelanggan untuk mencuci pakaiannya sendiri. Mereka bisa menggunakan koin untuk melakukan pencucian.

Sistem ini menguntungkan, baik buat pemilik bisnis maupun pelanggan yang datang. Sangat cocok buat solusi untuk pakaian-pakaian yang sering hilang di laundryan. Contoh usahanya adalah Clean Pro. Self Service Laundry semacam ini umumnya baru ditemukan di kota besar saja.

Cara usaha laundry pemula agar sukses

Cara usaha laundry pemula agar sukses

Berikut ini adalah cara mudah memulai dan menjalankan bisnis laundry bagi para pemula:

1. Menyiapkan modal

Modal adalah kebutuhan utama untuk membuka bisnis ini. Usaha laundry kiloan ini membutuhkan modal yang fleksibel. Jadi, silakan lakukan perhitungan terlebih dulu baru siapkan uangnya.

2. Memilih lokasi yang strategis

Melakukan riset pasar itu penting, salah satu tujuannya adalah agar Anda bisa menemukan lokasi yang strategis untuk membuka bisnis.

Pasalnya, laundry butuh tempat yang mudah dijangkau orang. Kalau pun Anda melayani delivery order, keberadaan parkir di tempat Anda tetap dibutuhkan agar bisa menjemput dan mengantar barang secara cepat karena akses yang mudah.

3. Menyiapkan perlengkapan

Selanjutnya, silakan siapkan perlengkapan sesuai dengan yang sudah kami tulis di atas. Pastikan bahwa kebutuhan inti untuk operasional tidak tertinggal dan tercukupi lebih dulu atau diutamakan.

4. Menata tempat usaha dengan desain yang bagus

Buatlah desain yang bagus untuk laundry-an Anda. Sebab, tempat yang nyaman dan bersih menjadi cerminan bahwa hasil pekerjaan Anda akan bagus.

Bagaimana pun, usaha laundry kiloan ini mengutamakan kebersihan, kerapian, dan wangi. Jadi, Anda benar-benar harus memberikan kesan yang rapi pada desain sehingga orang percaya saat menjadi klien.

5. Riset harga kompetitor

Harga adalah hal yang sangat krusial dalam usaha laundry kiloan ini. Pasalnya, ada kompetisi yang cukup sengit ketika persaingannya tinggi. Maka dari itu, perlu untuk mengecek harga kompetitor.

Saat mengecek harga, jangan lupa juga melakukan pengecekan pada pelayanan yang mereka berikan. Jangan sampai tahu murahnya saja tapi tidak tahu nilai lebih yang mereka tawarkan.

6. Menyiapkan tempat menjemur

Tempat menjemur yang luas akan memastikan usaha Anda berjalan lancar. Sebab, bila tempatnya luas, Anda pun bisa mengambil lebih banyak kans order. Jika sempit, kemungkinan akan mudah full order karena tidak ada tempat lagi untuk mengeringkan pakaian secara manual dengan cepat.

7. Cari supplier pewangi dan pelicin

Salah satu kebutuhan penting dalam usaha laundry kiloan adalah detergen, pewangi, dan pelicin. Untuk itu, Anda perlu mencari pemilik bisnis supplier yang mau memasok produk tersebut. Pastikan pemasoknya juga amanah sehingga Anda tidak akan kerepotan nanti.

Silakan bekerja sama dengan pemilik usaha toko parfum yang biasanya punya banyak koleksi pewangi yang awet wanginya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan mudah.

8. Melayani delivery order

Agar makin banyak pengunjungnya, Anda harus mau menerima sistem antar pesanan. Sebab, tidak semua orang punya waktu mengantarkan pakaian kotornya ke tempat usaha.

Layanan jemput bola semacam ini mungkin akan menambah biaya operasional, tapi menaikkan tarif juga tidak akan menjadi masalah buat pelanggan yang memang membutuhkan.

9. Memberikan pelayanan terbaik

Pelayanan adalah dasar dalam bisnis jasa, termasuk usaha laundry kiloan ini. Jadi, selain harus memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan kepada pelanggan, Anda juga harus memberikan pelayanan yang ramah dan terbaik kepada mereka.

10. Memberikan promo khusus

Ada banyak metode promo yang dapat diterapkan dalam usaha ini. Misalnya dengan menerapkan sistem member, gratis cuci satu kali setelah mencuci sekian kali, dan yang lainnya.

Dengan cara tersebut, orang akan lebih mudah tertarik pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

11. Mengecek dan merawat peralatan

Yang tak kalah penting dalam semua cara mudah di atas adalah perawatan alat yang digunakan untuk mencuci dan menyetrika. Pastikan Anda mengecek secara berkala, membersihkan selang pembuangan, membersihkan bagian dalam mesin cuci, dan yang lainnya.

Untuk setrika, rawat dengan memperhatikan kabelnya juga agar tidak mudah menggulung dan tetap rapi sehingga bisa digunakan untuk menyetrika dengan cepat.

12. Membuat pembukuan

Pembukuan akan membantu Anda melihat bagaimana alur kas keluar masuk. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mengelola keuangan bisnis agar dananya tidak mudah bocor dan tidak merasa rugi.

Mengenai cara mudah atau trik khusus lain bisa dipelajari setelah Anda mengerjakan usaha laundry kiloan ini. Bagaimana pun pengalaman adalah guru terbaik. Jadi, selamat mencobanya dengan serius dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.