15 Ide Bisnis Kopi yang Menjanjikan dan Tips Suksesnya

  • by
Daftar ide bisnis kopi rumahan dan warung lengkap

Potensi bisnis kopi kian besar. Pilihan jenis bisnisnya pun sangat banyak sehingga Anda bisa memilih yang paling potensial. Cari tahu ide dan tips suksesnya di sini!

Coffee menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Khususnya orang dewasa. Bahkan kini, para remaja pun juga ikut menyukainya karena ada banyak minuman coffee yang dikemas dengan sangat apik dan cita rasa yang semakin beragam.

Itu artinya, pangsa pasar bisnis ini kian luas dan menjanjikan. Maka dari itu, usahanya memang layak untuk dicoba dilakukan. Baik oleh pemula maupun oleh orang yang sudah terbiasa membuka usaha.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang beberapa ide usaha kopi, paket usaha, hingga cara menjalankannya agar sukses. Selamat menyimak.

Daftar ide bisnis kopi rumahan dan warung lengkap

Daftar ide bisnis kopi rumahan dan warung lengkap

Di bawah ini adalah beberapa contoh jenis usaha kopi yang dapat Anda jalankan:

1. Warung coffee

Opsi bisnis pertama adalah membuat warung atau biasa disebut warkop. Versi ini bisa dibuat dalam bentuk kafe, ala rumahan, hingga menggunakan rombong di pinggir jalan ala angkringan.

Anda bebas mau memilih versi yang mana. Yang jelas, biasanya ada side menu atau menu sampingan seperti makanan dalam bisnis ini. Anda bisa menambahkan camilan seperti gorengan, nasi kucing, roti bakar, atau yang lainnya.

2. Booth bisnis kopi kekinian

Usaha kopi kekinian ini biasanya berbentuk paket usaha atau waralaba. Harganya jelas dan produknya sudah dikenal oleh masyarakat sehingga lebih mudah untuk dijalankan.

Berbeda dengan warung coffee yang menu sampingannya berupa makanan tradisional, di booth ini biasanya ada yang pakai menu sampingan, ada yang tidak.

Jika bentuknya booth, maka tidak ada menu makanan. Adanya hanya minuman tambahan seperti teh dengan cita rasa baru. Apabila bentuknya cafe, maka menu sampingannya bisa berupa roti-rotian atau semacamnya. Pokoknya menu siap saji.

3. Ide bisnis kopi kemasan

Coffee kemasan ini bisa dijual dalam beberapa versi. Ada yang pakai gerobak, ada yang menjualnya dalam bentuk kemasan biasa. Jika tertarik, silakan pilih mana konsep usaha minuman yang paling Anda suka.

4. Contoh bisnis kopi pakai gerobak

Untuk bisnis yang pakai gerobak semacam ini biasanya ditambah dengan menu sampingan lain seperti angkringan. Jualannya di pinggir jalan di lokasi yang strategis.

Paket usaha kopi atau contoh waralaba bisnis kopi kekinian

Paket usaha kopi atau contoh waralaba bisnis kopi kekinian

Di bawah ini adalah beberapa contoh jualan coffee kekinian yang saat ini sedang banyak diminati warga Indonesia, dari remaja hingga orang yang sudah tua.

1. Kopi kenangan

Bisnis ini sudah memiliki banyak cabang dengan beragam pilihan paket usaha kopi. Anda bisa dengan mudah menemukannya di perkotaan dan pedesaan. Lokasinya biasanya strategis. Ada yang di ruko, dekat pasar, dekat kampus, dekat hotel, hingga di rest area tol pun ada.

Salah satu menu andalannya adalah kopi kenangan mantan yang dikenal menyegarkan oleh para pelanggannya.

2. Janji jiwa

Janji jiwa juga sudah memiliki banyak pelanggan. Maka dari itu, mengambil paket bisnis kopi ini sangat menguntungkan dan menggiurkan. Anda tidak perlu branding lagi, cukup beli waralabanya dan siapkan tempat yang strategis untuk menjual produknya.

3. Kopi kulo

Untuk membeli waralaba Kopi Kulo Anda perlu menyiapkan dana yang lumayan besar, yakni sekitar 140 jutaan. Namun, perlu diketahui bahwa konsep bisnis yang ditawarkan juga beragam. Ada yang kafe, restoran, hingga kios biasa.

4. Titik koma

Kemitraan paket usaha kopi kekinian ini sudah banyak dijumpai di perkotaan. Menyasar pasar anak muda, Titik Koma mampu bersaing dengan produk serupa. Bahkan, dia sering masuk sebagai produk terlaris di aplikasi ojek online.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis ini, maka silakan beli waralabanya dulu. Konsepnya beragam seperti yang lain. Silakan sesuaikan budget dengan konsep yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa membeli Titik Koma membutuhkan biaya royalti bulanan sebesar 1,5 juta.

5. Akademi kopi

Dengan tagline sebagai franchise coffee murah, AkademiKopi ternyata mampu bersaing dengan kompetitornya. Jika Anda tertarik untuk membuat bisnis kopi dengan modal 5 juta, maka franchise ini bisa jadi pilihan.

Pasalnya, untuk konsep booth, harga waralabanya adalah sekitar 5,2 jutaan saja. Jika Anda menghendaki konsep bisnis yang lebih wow, ada pilihan lain yang lebih mahal dari itu.

6. Coffee Toffee

Franchise ini sudah berdiri sejak 2006. Artinya, pengalamannya sudah banyak dan terus berinovasi untuk menggaet pasar masa kini.

Jika Anda tertarik untuk membuka usahanya, silakan siapkan dana mulai 800 juta rupiah. Harganya memang mahal sebab produk yang dijual tidak hanya coffee melainkan juga makanan seperti nasi goreng, burger, pan cake, dan yang lainnya.

Konsep usahanya jelas seperti restoran dengan pelayanan terbaik dan cita rasa makanan yang lezat.

7. Segede Gaban

Sesuai dengan namanya, keunikan dari franchise ini adalah mengemas kopinya dalam kemasan 2,2 liter yang mana memang sangat banyak untuk ukuran coffee. Adapun produk yang menjadi primadona adalah brown sugar coffee.

8. Pesona Coffee

Selain rasa, Pesona juga mengedepankan tampilan, kemasan, atau visualisasi dari produk yang dijual. Tak heran bila desain cup dan booth-nya sangat instagrammable.

Keunikan seperti ini cukup penting dalam dunia bisnis agar bisa menarik perhatian banyak orang yang hendak membeli.

9. Karena kopi

Dengan modal minimal 25 juta rupiah, Anda bisa mengambil kesempatan berbisnis franchise Karena Kopi. Bisnisnya memang tidak sebooming yang lain, tapi Anda bisa mempelajarinya dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

10. Demi Kopi

Modal yang dibutuhkan untuk membeli waralaba ini adalah sekitar 65 jutaan rupiah. Itu sudah angka minimal. Bisnis kopi ini baru berdiri pada 2021 lalu, jadi memang tidak belum sepopuler yang lain. Meski begitu, produk dan konsepnya jelas kekinian sehingga sangat menarik buat pembeli.

11. Kopi Cuan

Waralaba ini membutuhkan modal minimal 150 jutaan. Memang tergolong mahal. Jadi, silakan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dulu tentang bisnis kopi ini sebelum membeli.

12. Cetroo Coffee

Cetroo Coffee menawarkan banyak sekali pilihan cita rasa. Selain coffee, Cetroo Coffee juga menawarkan non coffee seperti stroberi latte, matcha latte, oreo coocream, dan yang lainnya.

Dengan ragam produk yang lengkap, orang yang beli juga lebih banyak dan tidak kehabisan ide untuk mencoba menu baru.

13. Coffeeland Indonesia

Kafe satu ini bisa dibuka dengan modal awal minimal 78 juta rupiah. Dengan uang ini, Anda sudah bisa membeli mesin grinder terbaik untuk membuat kopi yang segar.

14. Kopi daily

Kemasan yang unik menjadi salah satu nilai tambah dari Daily Coffee. Produknya ada yang dibungkus dalam cup, ada juga yang di botol sehingga lebih praktis dan tidak takut tumpah.

15. Kopi yor

Bila mencari harga waralaba bisnis kopi yang murah, maka franchise dengan nama Yor ini bisa dicoba. Meski murah, cita rasa produknya bisa diadu.

Cara memulai dan menjalankan bisnis kopi yang sukses

Cara memulai dan menjalankan bisnis kopi yang sukses

Di bawah ini adalah beberapa trik anti gagal buat usaha kopi:

  • Melakukan riset pasar dengan detail dan cermat.
  • Menyiapkan modal.
  • Melakukan promosi.
  • Bekerja sama dengan komunitas tertentu.
  • Mau berinovasi.
  • Terbuka dengan tren yang ada.
  • Membuat pembukuan.

Dengan beberapa cara di atas, bisnisnya akan berada di jalur yang sudah direncanakan sehingga lebih mudah mengatur dan mengelolanya.

Demikian informasi tentang ide bisnis kopi dan cara menjalankannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.