15 Ide Peluang Usaha Minuman Modal Kecil yang Menjanjikan

  • by
Ide usaha minuman di kampung dan kota modal kecil untung besar

Usaha minuman punya profit margin lebih dari 50 %. Bikinnya mudah, cocok buat pemula, dan pasti banjir order setiap hari!

Berjualan minuman kini bisa dijadikan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini karena minuman adalah kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh orang.

Jangankan di daerah yang cuacanya panas setiap hari, di daerah yang dingin sekalipun, minuman tetap laku keras.

Itulah mengapa, bisnis ini sangat layak untuk dicoba. Selain karena permintaan tinggi, bisnisnya juga anti gagal asalkan pilihan minumannya tepat dan dijalankan dengan benar.

Mau tahu produk minuman yang laris manis dan pasti laku? Simak ulasan lengkap tentang ide produk bisnis minuman di bawah ini berikut modal dan tips suksesnya.

Ide usaha minuman di kampung dan kota, modal kecil untung besar

Ide usaha minuman di kampung dan kota modal kecil untung besar

Sebagaimana disinggung di atas, minuman merupakan contoh produk yang sangat dibutuhkan orang. Itu artinya potensi bisnisnya memang bagus. Selain itu, profit marginnya juga besar, hingga lebih dari 50 %. Untuk mendapatkan profit sebesar ini, Anda pun hanya perlu menyiapkan modal yang sangat kecil.

Poin-poin tersebut menjadi beberapa potensi sekaligus keunggulan dari bisnis ini. Tak berhenti di situ, keunggulan lain yang dimiliki bisnis ini adalah bisa dijalankan sebagai usaha di kota dan bisnis di kampung.

Nah, jika Anda mau mencoba bisnisnya, di bawah ini kami tuliskan beberapa pilihan produk minumannya:

1. Es teh

Es teh merupakan salah satu menu yang paling laris di pasaran. Anda bisa mendapatkan menu ini di pinggir jalan, warung makan, hingga stand khusus di swalayan dan minimarket.

Minuman ini bisa dibilang sebagai minuman sejuta umat. Banyak penyukanya dan pasti laris saat dijual.

Bahkan, sudah ada banyak waralaba yang mengangkat es teh sebagai menu bisnis kuliner mereka. Jadi, kalau Anda tertarik untuk berjualan es teh, mengambil paket usaha minuman dari franchise es teh terkenal bisa jadi pilihan yang pas.

2. Thai tea

Ini adalah salah satu contoh minuman kekinian yang banyak peminatnya. Anda pun bisa menjadi salah satu orang yang menjual thai tea dengan cara ikut waralaba atau mempelajari bagaimana resepnya kemudian membuat produknya sendiri.

3. Minuman boba

Boba juga menjadi salah satu produk usaha minuman kekinian. Produk ini sempat booming beberapa waktu lalu dan terbukti mampu menggaet pasar Indonesia.

Saking trending-nya, banyak ibu rumah tangga yang mencoba membuat boba sendiri di rumah untuk disajikan kepada seluruh keluarga. Selain itu, juga berharap bisa dijual kepada orang lain atau dijadikan sebagai usaha minuman buat kebutuhan banyak orang.

Apabila Anda mau mencobanya, produk ini tetap layak untuk diandalkan. Pasalnya, peminatnya masih lumayan besar.

4. Aneka jus buah

Jus buah memiliki pangsa pasar yang jelas dan luas. Anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Selain karena menyegarkan, menu ini juga cocok buat diet dan kesehatan.

Anda bisa menjual jus buah aneka rasa lengkap agar pembeli bebas memilih rasa yang mereka suka. Ciptaan rasa yang segar dan lezat. Gunakan buah dan gula asli. Pastikan untuk tidak menggunakan buah yang sudah tidak segar lagi untuk menjaga kualitas jus.

5. Es kopi aneka rasa

Kopi menjadi menu yang sangat disukai saat ini. Selain kopi hitam yang ada di warung kopi, kini menu es kopi menjadi primadona di kalangan remaja dan anak muda.

Anda bahkan bisa menemukan menu es kopi aneka rasa di berbagai sudut kota dan desa. Ada yang memasang booth saja, ada pula yang berbentuk kafe.

Uniknya, hampir semua warung dan tempat usaha minuman tersebut diserbu pembeli.

Jadi, kalau Anda mau coba bisnis kopi, silakan buka stand es kopi aneka rasa yang lezat dan segar agar banyak yang suka.

6. Es cokelat

Cokelat juga menjadi primadona dalam beberapa tahun terakhir. Es coklat dengan topping beraneka macam menjadi pilihan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Es coklat ini bisa dijadikan hangat di daerah dingin. Jadi, tinggal disesuaikan saja dengan lokasi usahanya.

7. Minuman es pisang ijo

Es pisang ijo sebenarnya sudah tidak selaris dulu saat pertama kali muncul. Meski begitu, dia masih cukup cocok dipertimbangkan sebagai menu usaha minuman.

Pasalnya, menu ini selain menyegarkan, juga mengenyangkan dan menyehatkan. Kandungan gizi minumannya sangat beragam sehingga akan banyak yang menyukainya.

8. Es kepal milo

Es kepal milo juga sama dengan es pisang ijo. Sempat booming dan banyak penyukanya, kini namanya tergolong biasa saja tapi tetap ada peminatnya. Anda bisa mencoba es kepal milo ini dengan menargetkan anak-anak dan remaja sebagai pangsa pasar.

9. Pop ice

Es pop atau pop ice kemasan sangat disukai anak-anak. Usaha minuman ini hanya butuh modal kecil sehingga sangat cocok dijalankan oleh pemula.

Anda bisa menjual pop ice di pedesaan, bisa juga di perkotaan. Namun, pastikan harganya sesuai dengan pangsa pasarnya sebab umumnya pop ice dijual dengan harga yang murah.

10. Minuman berbasis susu

Minuman berbasis susu juga memiliki pangsa pasar bagus di Indonesia. Bahkan, di daerah yang dekat dengan penghasil susu perah, usaha minuman ini sangat diminati karena air susu asli yang terasa segar.

11. Cappucino cincau

Masih dengan tema kopi. Menu yang satu ini merupakan hasil inovasi menu kopi yang terbukti berhasil. Anda tinggal menambahkan cincau ke dalam kopi cappucino yang ada. Gunakan blender untuk membuat menunya terasa lebih lezat karena nge-blend.

12. Es degan

Es degan juga memiliki pangsa pasar yang sangat jelas. Selain rasanya segar, es degan dikenal memiliki banyak khasiat sehingga permintaannya bersifat kontinu atau terus menerus.

Ada orang yang membelinya dalam bentuk es, ada pula yang lebih suka versi original yang masih utuh dari buah kelapanya. Jadi, jika Anda berminat menjualnya sebagai usaha minuman yang sukses, pastikan untuk mengecek ketersediaan stok.

13. Minuman kemasan botol

Minuman kemasan di botol seperti air putih, teh, hingga minuman berenergi juga memiliki pangsa pasar yang kuat. Apalagi jika dijual di daerah yang panas. Tak heran bila banyak penjual minuman ini di terminal atau di angkutan umum dalam dan antar kota antar provinsi.

14. Es teler dan es campur

Es teler dan es campur juga sangat segar dan terasa menenangkan. Itulah mengapa banyak yang menyukai menu usaha minuman satu ini.

Jumlah item untuk membuat es ini memang sangat banyak. Jadi, persiapannya memang lebih membutuhkan waktu ketimbang yang lainnya.

15. Es jeruk atau es jeruk peras

Ini adalah menu minuman cepat saji yang sangat menyehatkan. Betapa tidak, Anda tinggal membeli buah jeruk peras kemudian memerasnya dan menambahkan sedikit gula dan es.

Usaha minuman kekinian modal kecil? Ini rinciannya

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa untuk membuka bisnis minuman, Anda hanya perlu menyiapkan modal yang kecil.

Usaha minuman kekinian modal kecil Ini rinciannya

Nah, pada kesempatan ini kami akan coba merinci beberapa kebutuhan umum untuk membuka bisnis minuman. Soal modal akhirnya, tergantung jenis minuman apa yang mau Anda jual.

Berikut ini beberapa rincian modalnya:

  • Rombong seharga 3 jutaan.
  • Mesin sealer pres minuman cup seharga 750 ribu.
  • Gelas sekitar 100 ribu.
  • Cup dan penutupnya seharga 100 ribu.
  • Belanja bahan untuk pembuatan produk sekitar 500 ribu.
  • Wadah es batu seharga 150 ribu.
  • Wadah untuk minumannya seharga 200 ribu.
  • Biaya lain-lain sekitar 300 ribu.

Dari total kebutuhan di atas, Anda membutuhkan uang sekitar 5,1 juta rupiah.

Dengan kata lain, bisnis minuman termasuk salah satu usaha modal 5 juta yang bisa Anda coba.

Jika Anda merasa ribet untuk menyiapkan semuanya sendiri dari awal, maka salah satu cara mudahnya adalah mengikuti bisnis waralaba. Untuk es teh misalnya, bisa dibeli dengan harga awal mulai 5 jutaan. Tergantung paket usaha minuman apa yang diinginkan.

Tips sukses mengelola usaha minuman

Tips sukses mengelola usaha minuman

Agar bisa berhasil, Anda harus memulai dan mengelola usahanya dengan serius. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk Anda coba di rumah:

  1. Menyiapkan modal
  2. Melakukan riset kompetitor
  3. Riset kebutuhan pasar
  4. Memilih lokasi yang strategis
  5. Memilih menu atau produk yang sesuai
  6. Menjaga kualitas minuman
  7. Menentukan harga yang sesuai
  8. Melakukan promosi
  9. Memberikan pelayanan terbaik

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik minat pembeli agar mampir dan menjadi pelanggan loyal buat usaha minuman Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.