15 Ide Usaha Modal 5 Juta Beserta Perhitungannya, 100% Berjaya!

  • by
Daftar peluang usaha modal 5 juta yang recommended

Membuka usaha modal 5 juta bisa jadi solusi buat para karyawan, mahasiswa, atau IRT yang mau jadi entrepreneur. Modalnya kecil, tapi kans labanya besar.

Pilihan usahanya sebenarnya beragam. Ada yang bergerak di bidang jasa, ada pula yang berbasis jual beli barang.

Apa pun pilihannya, sebagai pemula hendaknya Anda pintar dalam memilih bisnis yang hendak dijalani. Sebab bagaimanapun, bisnis ini tidak hanya untuk satu dua bulan, tetapi berkelanjutan. Jika salah pilih, bisa-bisa cepat gulung tikar.

Lebih detail tentang pilihan bisnisnya akan kami bahas dalam artikel ini. Anda tinggal memilih saja mana usaha yang sesuai dengan passion dan dinilai punya peluang besar jika dijalankan di area tempat tinggal. Selamat menyimak.

Daftar peluang usaha modal 5 juta yang recommended!

Kami tahu bahwa masing-masing orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, usaha yang cocok untuk satu orang belum tentu cocok untuk yang lainnya.

Daftar peluang usaha modal 5 juta yang recommended

Di bawah ini kami sampaikan beberapa pilihan usaha yang dapat dimulai dengan modal 5 jutaan. Anda harus tetap selektif jika ingin menjalankannya nanti.

1. Membuka konter pulsa bermodal 3 sampai 5 jutaan

Konter pulsa elektrik menjadi salah satu opsi yang cukup menjanjikan. Pasalnya, produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan, bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok.

Masing-masing orang yang punya HP jelas butuh pulsa untuk mengoperasikan HP-nya. Selain itu, setiap bulan mereka juga butuh kuota internet sehingga jelas akan membeli paket data. Terlebih lagi, masih ada kebutuhan bulanan seperti membayar BPJS, PLN, PDAM, dan yang lainnya.

Semua produk tersebut bisa dijual di satu tempat, yakni konter pulsa. Anda bahkan juga bisa menambahkan item kartu perdana bernomor cantik.

Berikut ini estimasi modal usaha konter pulsa:

  • Etalase kaca sekitar 1,2 juta.
  • Tempat display kartu 30 ribu.
  • Stok kartu 1,5 juta.
  • Banner untuk promosi 100 ribu.
  • pulsa elektrik 2,2 juta.

Secara total, kebutuhan modalnya adalah 5 jutaan. Silakan disesuaikan saja itemnya dengan ketersediaan uang Anda saat ini.

2. Bisnis katering rumahan, mulai dari 2 jutaan sampai 5 jutaan

Katering rumahan menjadi salah satu contoh bisnis yang fleksibel karena dapat dibuka dari modal yang sangat kecil sampai standar. Contoh bisnis ini bahkan menjadi salah satu contoh peluang usaha modal 3 juta yang cukup menjanjikan.

Pada dasarnya, bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja, khususnya ibu rumah tangga atau mereka yang bisa memasak. Menariknya, bisnis makanan semacam ini memiliki kans BEP yang cepat karena profit margin-nya yang tinggi.

Adapun estimasi pemakaian modalnya adalah:

  • Tabung gas 150 ribu.
  • Kompor gas 600 ribu.
  • Peralatan memasak lengkap sekitar 1,5 juta.
  • Promosi 300 ribu.
  • Kotak atau kemasan 100 pc 120 ribu.
  • Alat makan 1 juta.
  • Lain-lain 500 ribu.

Secara total, untuk peralatan saja dibutuhkan uang sekitar 4 jutaan. Jika Anda punya uang 5 juta, gunakan sisanya untuk membeli bahan.

3. Jasa jahit baju, minimal 3,6 juta

Bisnis ini termasuk salah satu contoh usaha modal 5 juta yang hanya bisa ditekuni oleh orang yang punya skill menjahit. Atau, kalau memang belum punya skill tersebut Anda bisa mempekerjakan orang.

Jasa jahit baju minimal 36 juta

Hanya saja, jika pilihan tersebut diambil maka tarif jahitnya bisa lebih mahal karena perlu memberi gaji kepada karyawan. Maka dari itu, akan lebih menguntungkan dan cepat laris jika bisnis ini dikerjakan langsung atau dijalankan sendiri.

Adapun estimasi pemakaian dananya adalah untuk:

  • Membeli mesin jahit sekitar 2,2 juta.
  • Mesin obras sekitar 900 ribu.
  • Perlengkapan jahit di kisaran 400 ribu.
  • Promosi 150 ribu.

Dari perhitungan kasar di atas, setidaknya harus disediakan uang sekitar 3.650.000,- untuk memulai bisnis ini.

4. Jualan jilbab dan bergo, dari 3,5 juta sampai 5 juta

Berbicara tentang salah satu produk yang laris, maka jilbab pasti menjadi salah satunya. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama islam. Dan saat ini ada banyak wanita yang tadinya tidak berjilbab jadi berjilbab.

Menariknya, kini banyak supplier hijab yang menjual dagangannya secara offline maupun online. Bahkan, ada juga konveksi yang secara khusus melebarkan sayap usahanya lewat marketplace.

Anda bisa membeli jilbab tersebut secara grosir kemudian menjualnya ke end user. Biasanya, jilbab-jilbab ini dijual dalam satuan kodi atau lusin.

Anggap saja, Anda membeli per kodi 400.000. Maka, dengan uang 4 juta Anda sudah mendapatkan 10 kodi jilbab dengan variasi berbeda.

Sisa satu juta bisa dipakai fokus untuk membeli perlengkapan tambahan seperti alat packing untuk jualan online hingga promosi.

5. Jasa bimbingan belajar calistung SD SMP SMA

Jika Anda punya keahlian mengajar dengan nilai akademik yang bagus, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa bimbel. Seperti calistung atau bimbel SD sampai SMA. Usaha ini cukup menjanjikan dan dapat dijalankan baik secara online maupun offline.

Yang dibutuhkan untuk membuka usaha modal 5 juta ini adalah:

  • Meja belajar 20 set sekitar 2 juta.
  • Papan tulis dan alat tulisnya sekitar 500 ribu.
  • Lemari atau etalase 1 juta.
  • Modul sekitar 500 ribu.
  • Lain-lain 300 ribu.

Dari perhitungan di atas, Anda membutuhkan setidaknya dana 4,3 jutaan untuk memulai usaha modal 5 juta ini. Jika dana Anda kurang dari angka tersebut, tinggal disesuaikan saja jumlah pembelian alat atau perlengkapannya.

6. Budi daya ikan

Budi daya ikan menjadi salah satu pilihan yang cukup menjanjikan di era kuliner seperti sekarang. Ada banyak opsi atau kesempatan yang dapat Anda pilih.

Misalnya, menjadi pemasok ikan khusus untuk warung-warung ikan bakar dan ikan goreng. Atau, mengambil peluang usaha kerja sama tanpa modal dengan dinas peternakan setempat.

Budidaya Ikan

Adapun jenis ikan yang dibudidayakan, pilihannya pun sangat beragam. Mulai dari lele yang tergolong sangat ekonomis dan banyak peminatnya hingga mujair atau nila yang menjadi primadona menu ikan bakar di warung-warung.

Modal untuk membudidayakan ikan ini sangat beragam. Tergantung jenis ikan yang Anda pilih. Di sini, harga bibit ikan dan pakannya jelas akan mempengaruhi produksi dan penghasilan selama membudidayakannya.

Sebagai informasi, untuk beternak lele dengan budget minimal (modal kecil), dana yang perlu disiapkan adalah sekitar 3 jutaan.

Dana ini cukup untuk beternak lele dengan kolam terpal di lahan milik sendiri. Meski tak terlalu lebar, tapi penghasilannya tetap menjanjikan. Uangnya pun bisa diputar untuk membesarkan skala ternak atau bisnisnya.

Terlebih jika Anda punya dana 5 jutaan dari awal. Maka jumlah ikan lele yang bisa dibudidayakan jauh lebih banyak dan kans untuk membeli pakan ikan juga lebih banyak.

7. Bisnis tanaman

Berikutnya, Anda dapat mencoba berbisnis tanaman. Ide usaha modal 5 juta ini memang menjadi salah satu pilihan yang paling cocok di era pandemi. Pasalnya, banyak orang yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Saat itulah menekuni hobi dengan merawat tanaman menjadi pilihan.

Anda bisa berbisnis salah satu jenis tanaman atau beragam jenis tanaman sekaligus. Misalnya, membudidayakan anggrek yang memang sudah sejak dulu punya penggemar sendiri sehingga pasti laku, baik kini maupun nanti.

Atau, Anda juga bisa menambahkan koleksi tanaman hias yang sedang tren atau bunga-bunga warna-warni yang terlihat indah saat dipakai menghias taman.

Usaha semacam ini tergolong anti gagal sebab banyak rumah minimalis yang kini menerapkan desain taman mini yang keren dan bikin sejuk.

8. Membuka toko sembako (kelontong)

Uang 5 juta sudah sangat cukup untuk membuka usaha sembako atau toko kelontong. Berikut ini detail perhitungannya:

  • Rak, etalase, meja, kursi, dan kalkulator menghabiskan biaya sekitar Rp 1.500.000,-.
  • Listrik, belanja barang habis pakai menghabiskan dana sekitar Rp 700.000,-.
  • Belanja barang dagangan dan yang lainnya sekitar Rp 2.800.000,-

Meski sudah banyak minimarket, toko kelontong tetap punya pangsa pasar sendiri. Yang harus Anda pastikan adalah memilih produk-produk yang pasti laku sehingga perputaran uang akan cepat.

Selain itu, hindari menerima pembayaran secara hutang karena bisa jadi akan menghambat perputaran uangnya.

9. Makanan ringan kemasan 4 jutaan

Berjualan makanan ringan kemasan 4 jutaan juga menjadi salah satu ide usaha modal 5 juta yang bisa ditempuh. Makanan ringan yang dimaksud di sini boleh jadi makanan ringan khas daerah atau makanan ringan yang sebenarnya sudah terkenal secara umum.

10. Jasa cuci motor

Cucian motor bukanlah bisnis musiman. Hanya saja, saat musim hujan pelanggan cenderung akan meningkat seiring dengan makin banyaknya motor yang kotor.

Jika Anda tertarik, maka silakan coba ide usaha modal 5 juta satu ini. Anda bisa mulai membeli set peralatan atau perlengkapan mencuci motor kemudian mengaturnya di area yang strategis.

Selain perlu untuk membeli perlengkapan, uang yang Anda miliki juga harus digunakan untuk menyiapkan kran dan saluran air untuk pencucian motornya.

Soal tarif cucian motor, jangan memasang harga terlalu mahal atau berbeda dari cucian motor kebanyakan.

Selain itu, perlu diingat bahwa operasional utama untuk usaha ini adalah sabun dan air. Selebihnya, uang yang didapatkan adalah punya Anda karena basis usahanya adalah jasa. Kecuali jika Anda menggaji pegawai.

11. Membuka warung

Sebagaimana disampaikan di atas, bisnis kuliner kini tengah ramai dan makin diminati masyarakat. Maka dari itu, mendirikan warung bisa menjadi pilihan yang pas untuk menambah pundi penghasilan dari lini bisnis.

Uang 5 juta bisa dipakai untuk membuka warung yang layak dan nyaman. Anda hanya perlu memakai uangnya untuk membeli perlengkapan memasak, piring, sendok, mangkok, dan gelas. Kemudian etalase untuk masakannya.

Jangan lupa juga untuk menyediakan uang untuk membuat makanannya.

Nah, sebelum memulai usaha ini, pastikan Anda sudah memilih menu makanannya dengan tepat. Pastikan juga bahwa Anda bisa memasak menu tersebut dengan sangat baik sehingga orang akan menyukainya.

12. Berjualan sayur

Dengan modal 3 juta saja, berjualan sayur keliling sudah mungkin untuk dilakukan. Apalagi jika dananya 5 jutaan. Tentu saja, kans untuk memperbanyak pilihan item atau produk atau memperbanyaknya akan makin besar.

Hanya saja, perlu digaris bawahi bahwa uang 5 juta ini tidak untuk digunakan untuk membeli mode transportasi yang digunakan untuk berkeliling.

Artinya, jika memungkinkan, Anda bisa berjualan sayur dari rumah. Pembelinya bisa tetangga atau orang-orang yang lewat di depan rumah Anda.

13. Jualan LPG dan air galon

LPG dan galon adalah dua kebutuhan pokok yang sangat penting untuk saat ini. Berjualan dua item ini pasti laku keras dan anti gagal. Anda hanya perlu menyesuaikan skala bisnisnya dengan dana yang dimiliki saat ini. Itu saja.

14. Warung kopi

Selain alat, warung kopi juga butuh tempat. Dengan dana 5 juta, Anda tidak mungkin menyewa tempat usaha yang dekat kampus. Paling logis kalau tempatnya sudah punya sendiri dan Anda tinggal menyiapkan meja, kursi, tempat kasir, wifi, dan perlengkapan bahan untuk membuat kopinya.

Warung kopi

Biar cepat laku keras, usaha ini harus dikenal oleh komunitas-komunitas. Maka dari itu, Anda bisa bekerja sama dengan komunitas tertentu sekedar untuk membuat acara atau yang lainnya.

15. Laundry baju

Jangan remehkan usaha laundry baju. Anda bisa membukanya dengan modal 5 juta dan akan laku keras asalkan berada di tempat dan pengelolaan yang tepat.

Laundry baju

Uang 5 juta bisa dipakai untuk membeli:

  • Mesin cuci 3 jutaan.
  • Setrika 200 ribu.
  • Alas setrika 100 ribu.
  • Detergen, pewangi, dan yang lainnya 700 ribu.
  • Timbangan dan bak 500 ribu
  • Sisanya bisa dipakai untuk listrik.

Di awal pembukaan, Anda bisa menyewa pekerja. Namun, jika tidak Anda pun dapat melakukan semuanya sendiri. Baru setelah untung dan bisnisnya berjalan, Anda mencari pegawai agar dapat menerima lebih banyak pelanggan.

Itulah beberapa ide usaha modal 5 juta yang dapat kami sampaikan berikut rincian perhitungannya. Silakan pilih salah satu yang paling sesuai dengan kemampuan dan kesukaan Anda. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.