25 Peluang Bisnis Modal Kecil Terbaru dan Terlaris, BEP Instan!

  • by
Daftar ide dan peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan Menjadi Penjahit

Mau mulai bisnis tapi terkendala modal? Tenang, ada banyak peluang bisnis modal kecil yang dapat Anda coba. Mulai dari berjualan barang hingga yang mengandalkan keahlian.

Masing-masing peluang usaha tersebut juga punya prospeknya sendiri-sendiri. Ada yang bisa langsung menghasilkan uang sehingga cepat BEP, ada pula yang memang mudah laris sehingga terbilang anti gagal dan anti gulung tikar.

Yang tak kalah penting dari modal adalah kesiapan Anda untuk memulai bisnisnya. Jangan sampai asal-asalan dan harus terus fokus supaya bisnisnya benar-benar menghasilkan dan menjanjikan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan daftar pilihan usahanya. Selamat menyimaknya sampai selesai untuk menemukan usaha yang paling cocok untuk Anda lakukan.

Daftar ide dan peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa inspirasi usaha yang dapat Anda pilih bila hanya punya uang terbatas sebagai modal:

1. Menjadi penjahit

Menjahit pada dasarnya merupakan keahlian yang sangat mudah dipelajari. Menariknya, saat ini bidang fashion di Indonesia semakin meningkat pesat sehingga profesi ini banyak dicari.

Daftar ide dan peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan Menjadi Penjahit

Jika Anda punya keahlian menjahit, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang.

Modal membuka jasa jahit semacam ini hanya mesin jahit. Kalau modalnya kecil, Anda bisa membeli mesin pre loved atau bekas dulu. Asalkan performanya masih bagus, maka Anda dapat bekerja dengan maksimal menggunakan mesin ini.

Harga mesin jahit bekas semacam ini ada di kisaran 2 jutaan. Artinya, dengan modal tersebut Anda sudah bisa mulai membuka usaha jahit.

Usahanya nanti dapat dilakoni dengan beberapa cara. Pertama, menjadi penjahit khusus untuk konveksi tertentu. Kedua, menerima pesanan jahitan dari warga sekitar dan online. Ketiga, Anda bisa mengombinasikannya untuk memaksimalkan penghasilan.

jika performanya bagus dan sudah siap ekspansi, silakan buka konveksi dengan modal bisnis 50 juta.

2. Dropship dan reseller

Selain menjadi contoh usaha tanpa modal dengan prinsip kerja sama, dropship dan reseller pada dasarnya juga bisa dikerjakan dengan memakai modal. Meski memang dari segi nominal, modalnya sangat kecil.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu mendaftar menjadi member (khusus reseller) dengan modal ratusan ribu.

Selain itu, peralatan yang diperlukan adalah HP dan koneksi internet yang kami pantau hampir dimiliki oleh setiap orang di era saat ini. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi sebagai modal.

Keuntungan yang didapatkan dari dropship dan reseller bisa Anda sesuaikan sendiri, yakni dengan cara menentukan harga jual produk berdasarkan harga beli barangnya.

BEP modalnya tentu tergantung pada besaran profit margin yang Anda tetapkan.

3. Jualan pulsa

Ada banyak distributor pulsa yang membuka kesempatan menjadi agen dan penjual pulsa, baik secara online maupun offline. Yang menarik, untuk menjadi agen semacam ini, Anda hanya perlu uang ratusan ribu. Bahkan, uang 1 juta pun sudah lebih dari cukup untuk membuka usahanya.

Asalkan Anda menerima pesanan dan pembayaran secara tunai, bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Pasalnya, uang yang Anda dapatkan secara langsung akan langsung digunakan untuk bertransaksi ulang dengan mengisi deposit sesuai dengan transaksi yang diperlukan.

4. Laundry kiloan

Ini adalah salah satu contoh peluang bisnis modal kecil rumahan yang sangat menguntungkan. Betapa tidak, untuk membuka usahanya Anda tinggal memanfaatkan mesin cuci dan setrika yang ada di rumah.

Usaha Laundry Kiloan Rumahan

Tak ada teknik khusus yang perlu dikuasai untuk bisa membuka bisnis ini dan jadi laris manis. Hanya saja, Anda mungkin perlu mengenali cara mencuci pakaian yang benar, mengumpulkan informasi mengenai detergen dan pewangi yang tahan lama.

Hal demikian dilakukan supaya usahanya semakin laris dan banyak pelanggan yang berdatangan.

Agar makin dikenal, tak ada salahnya untuk membuka delivery order atau antar jemput laundry-an.

5. Usaha katering harian

Ibu rumah tangga yang punya keahlian memasak wajib mencoba usaha IRT ini. Membuka katering harian tampaknya memang sepele. Namun ternyata hasilnya sangat menjanjikan sebab profit marginnya sangat besar, antara 30 % sampai 40 %.

Usaha Katering Harian Rumahan

Terlebih lagi, modal yang diperlukan tidak terlalu besar sebab Anda hanya perlu memanfaatkan peralatan dapur di rumah. Sementara itu, modal membeli bahan akan langsung kembali secara instan saat pemesan melakukan pembayaran.

Untuk belanja bahan, harganya tergantung jumlah pesanannya. Bisa jadi ratusan ribu atau satu juta. Artinya, bisnis ini termasuk dalam contoh bisnis IRT modal 1 juta.

6. Membuka kursus atau les privat

Jika Anda punya keahlian tertentu, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus. Usaha ini sangat minim modal karena lebih membutuhkan keahlian dalam mengajar dan penguasaan atas materi yang diajarkan.

Contoh kursus yang dapat diberikan adalah les privat untuk anak SD sampai SMA dalam berbagai pilihan mata pelajaran, kursus memasak, kursus mengemudi, mengaji, dan yang lainnya.

Asalkan Anda menguasai materinya, bisnis ini dapat dijalankan dan menguntungkan. Soal sistem penyampaian materi, tergantung pada pilihan materi kursusnya. Jika memungkinkan dilakukan secara online, maka Anda juga bisa melakukannya.

Mengajar privat semacam ini juga sangat potensial bila dijalankan sebagai usaha sampingan. Misalnya dijalani sambil kuliah oleh mahasiswa atau semacamnya.

7. Cucian motor

Ide peluang bisnis modal kecil berikutnya adalah cucian motor. Pasalnya, untuk membuka usaha ini Anda hanya perlu lokasi yang strategis dan alat untuk mencuci motornya.

Apabila rumah Anda sudah strategis, maka tinggal dimanfaatkan saja sehingga tidak perlu membayar biaya sewa bulanan. Untuk harga pompa air dan alatnya, uang yang akan dihabiskan sekitar 500 ribuan.

8. Buat blog

Kemampuan menulis bisa dimanfaatkan untuk membuat blog. Blog ini nanti harus berisi informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Buat Blog

Bila pengunjungnya sudah banyak, Anda dapat langsung mendaftarkannya ke Google Adsense agar bisa dipasangi iklan. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog review produk dan mendapatkan endorse dari para pemilik produknya.

9. Jadi penulis

Tak hanya kecil, modal untuk menjadi penulis bahkan bisa dibilang nol rupiah. Terang saja, yang dibutuhkan oleh seorang penulis hanya skill untuk menciptakan konten artikel dan tulisan yang bagus dan disukai banyak orang.

Banyak sekali kesempatan yang terbuka untuk menjadi penulis online, Anda bisa menjadi salah satunya bila memang punya keahlian di sana.

10. Rental mainan atau perlengkapan anak

Punya perlengkapan dan peralatan anak yang masih layak pakai tapi sudah tak terpakai karena anak sudah besar? Gunakan barang ini untuk menghasilkan uang dengan menyewakannya.

Membuka persewaan semacam ini sangat menguntungkan dan dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Sangat recommended.

Anda bisa menambahkan modal 2 juta untuk menambah jenis perlengkapan anaknya seperti baby walker atau stroller secara bertahap. Artinya, bisnis rental mainan ini menjadi contoh usaha modal 2 juta yang cukup menjanjikan.

11. Jadi desainer grafis rumahan

Jika Anda punya keahlian dalam mendesain grafis, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya buat mendapatkan uang. Usahanya hanya membutuhkan laptop dan alat komunikasi saja. Selebihnya, yang paling diperlukan adalah ide kreatif dan keahlian Anda untuk mendesain.

12. Buka jasa terjemah

Menguasai banyak bahasa? Yuk coba bisnis terjemah. Kalau pun Anda tidak punya keahlian di sini tapi punya banyak teman dan lingkungan yang memiliki skill tersebut, manfaatkanlah dengan cara membuat network dan membuka keagenan penerjemahan.

13. Menjadi youtuber

Banyak orang yang melirik bisnis ini. Selain karena penghasilannya dikenal banyak, bisnisnya juga tergolong mudah.

Anda bisa memanfaatkan HP untuk merekam, mengedit, hingga mengunggah videonya ke Youtube.

Yang perlu dicatat bila Anda memilih bisnis ini adalah persaingan. Karena banyak yang melirik usahanya, Anda akan bersaing dengan orang dari berbagai belahan dunia. Untuk itu, pastikan ide konten dan eksekusinya bagus sehingga banyak yang melirik channel Anda.

selain ide, Anda juga bisa fokus pada peralatan yang digunakan untuk merekam dan mengedit videonya. Jika ada dana, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha 20 juta dengan memanfaatkan dananya untuk membeli kamera layak dan laptop spesifikasi bagus.

14. Jadi influencer di platform media sosial

Selain Youtube, banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang influencer atau seleb. Di antaranya adalah Instagram, TikTok, atau yang lainnya. Silakan dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

15. Buka jasa servis

Jasa servis yang dimaksud dengan jasa servis di sini adalah servis elektronik, HP, laptop, atau sejenisnya. Anda tinggal mencari alat untuk memperbaiki produk yang sudah Anda pilih untuk diservis.

16. Jadi konsultan SEO

SEO atau Search Engine Optimization menjadi ilmu yang sangat penting di era digital seperti sekarang. Maka dari itu, jika Anda punya skill-nya, silakan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Buka Bisnis Jasa Konsultan SEO

Persaingan bisnis ini masih sangat minim dengan tingkat peminat yang tinggi dan terus meningkat. Mulai dari perorangan hingga perusahaan besar membutuhkannya.

Nah, agar ilmu Anda terus meningkat dan sesuai dengan perkembangan dunia digital, maka asah terus dengan mengumpulkan beragam informasi mengenai SEO.

17. Jasa potong rambut

Kalau Anda bisa memotong rambut dengan baik, silakan buka usaha ini. Modalnya juga sangat kecil dan profitnya besar.

Jika Anda punya lahan strategis sendiri, modal kurang dari 5 juta rasanya sudah cukup. Namun, apabila ingin tampilan ruangannya cantik dan butuh sewa lahan yang strategis, dibutuhkan dana lebih. Kemungkinan termasuk dalam peluang bisnis 10 juta.

18. Pijat capek

Pijat menjadi salah satu pengobatan alternatif yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya di desa, usaha tanpa modal ini juga sangat potensial dikembangkan di perkotaan.

Hanya saja mungkin konsepnya harus berbeda karena yang satu bisa dilakoni secara tradisional, satunya harus dikonsep modern supaya menarik.

19. Jasa pembuatan website

Kemampuan membuat blog tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang blogger atau membuat blog pribadi. Anda juga bisa membuka peluang bisnis modal kecil berupa jasa pembuatan website dan mengelolanya supaya bisa bertrafik dan pengunjungnya tinggi.

20. Ternak kroto

Kroto memiliki harga yang sangat tinggi, permintaannya banyak, dan persaingannya sangat minim. Selain itu, modalnya juga tak terlalu besar sehingga BEP-nya bisa cepat.

Anda bisa memulai peluang bisnis modal kecil ini di rumah. Cobalah cari info cara ternaknya apabila masih belum tahu apa-apa soal usaha ini.

21. Jualan bubur bayi

Saat ini, banyak ibu rumah tangga yang bekerja sehingga tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan untuk bayinya yang sedang MPASI.

Hal ini bisa menjadi salah satu prospek bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, Anda bisa membuat bubur bayi sehat dan menjualnya di sekitar kompleks perumahan atau pedesaan.

Modalnya sangat minim karena porsi bubur bayi juga tidak terlalu besar. Soal alat untuk memasak, manfaatkan saja apa yang ada di dapur Anda saat ini.

Jika merasa ribet menyiapkan peralatan dan branding buat membukanya, Anda bisa mengambil paket waralaba saja. Modalnya adalah sekitar 4 jutaan. Ditambah dengan kebutuhan lain-lainnya, usaha modal kecil ini butuh dana 5 juta.

22. Buka warung

Baik di desa maupun di kota, warung jelas punya pangsa pasarnya sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa hal terpenting dari membuka warung adalah memastikan rasa makanan yang Anda masak lezat.

Bila tidak, maka sulit sekali untuk mendapatkan pelanggan.

23. Jualan sayur keliling

Dengan uang 3 juta, Anda sudah bisa membuka peluang bisnis modal kecil satu ini. Uang tersebut bahkan sudah lebih dari cukup untuk membeli produk-produk dan dijual langsung kepada pembeli.

Karena sistem penjualannya secara langsung, maka modal usaha 3 juta tersebut juga akan langsung kembali secara instan asalkan dagangannya habis terjual secara tunai.

24. Jualan produk dengan sistem pre order

Jika Anda punya keahlian tertentu, misalnya membuka kerajinan tangan atau menciptakan produk tertentu, maka tidak ada salahnya untuk menjual produk dengan sistem pre order.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir produknya tidak akan laku bila sudah terlanjur dibuat.

25. Jadi agen asuransi

Untuk menjadi agen asuransi, Anda perlu membuka polis. Anggap saja uang yang dikeluarkan untuk membuka polis adalah modal awal untuk meraih untung yang lebih besar bila berhasil mendapatkan nasabah yang mau join asuransi dari keagenan Anda.

Umumnya, nominal untuk membuka polis pertama kali sangat murah. Hanya di kisaran ratusan ribu saja.

Selain peluang bisnis modal kecil di atas, masih banyak pilihan lainnya. Anda hanya perlu kreatif untuk membaca peluang supaya dapat memilih dan mengembangkan usaha yang tepat sehingga dapat menghasilkan banyak uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.