15 Usaha Modal 10 Juta Terbaru, Mau di Kampung/Kota, Semua Bisa!

  • by
Rekomendasi usaha modal 10 juta yang menghasilkan dan minim rugi

Bingung mau dipakai apa uang 10 jutaan? Yuk coba buka usaha modal 10 juta! Buka, kelola, dan nikmati sendiri hasilnya!

Dana 10 juta bukanlah uang yang sedikit. Anda bisa membeli banyak barang dengan nominal uang segitu. Maka dari itu, pilihan bisnis yang dapat dibuka dengan uang 10 jutaan juga sangat banyak. Mulai dari sesuatu yang berbasis jual beli barang hingga buka jasa pun bisa.

Kami yakin, Anda tertarik untuk mencobanya secara serius agar uang 10 juta tersebut bisa makin banyak dan memberikan penghasilan bulanan.

Pada kesempatan ini, kami akan coba memberikan beberapa pilihan usahanya, selamat menyimak.

Rekomendasi usaha modal 10 juta yang menghasilkan dan minim rugi

Rekomendasi usaha modal 10 juta yang menghasilkan dan minim rugi

Berikut ini beberapa pilihan bisnis yang dapat Anda coba ambil:

1.      Berjualan mainan anak

Usaha bermodal 10 juta yang cukup menjanjikan apalagi jika dilakukan di area yang strategis adalah berjualan mainan anak. Atau, jika memang tidak bisa membukanya di tempat yang strategis, maka usaha ini bisa dilakukan secara online saja.

Berjualan mainan anak

Pasalnya, berjualan mainan anak dapat dilakukan baik secara offline maupun online.

Yang perlu menjadi perhatian hanya cara pemasarannya saja. Jika Anda ingin fokus online, maka persaingan harga adalah hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Sementara untuk penjualan secara offline, lokasi usaha harus dipikirkan matang-matang.

Agar produknya cepat laku di saat pertama kali buka, Anda harus pandai dalam memilih item mainan yang hendak dijual. Carilah mainan yang banyak disukai anak.

Apabila memungkinkan, Anda juga bisa sekalian membuka bisnis mainan anak secara grosir.

2.      Jualan bakso

Bakso menjadi salah satu menu favorit banyak orang. Tak heran bila bakso menjadi salah satu menu kuliner yang pasti laku dan anti rugi.

Jualan bakso

Dengan uang 10 juta, Anda bisa membeli rombong bakso lebih dari satu jika memang mau menjual baksonya secara keliling. Atau, Anda juga bisa menyewa tempat yang strategis bila tidak ingin berkeliling.

Sebagai informasi, harga satu rombong bakso sekitar 2 sampai 3,5 juta rupiah. Jika Anda membeli bekas, maka harganya pasti lebih murah lagi. Anggap saja untuk rombong menghabiskan dana 5 jutaan, maka sisanya bisa dipakai untuk mengisi dagangan.

3.      Franchise

Usaha modal 10 juta yang bisa Anda coba berikutnya adalah waralaba. Berbicara soal bisnis franchise 10 jutaan, maka makanan bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Pasalnya, pilihan usahanya cukup banyak dan BEP-nya juga cenderung cepat karena profit marginnya tinggi.

Adapun contoh usaha waralaba makanan yang dibanderol dengan harga 10 jutaan adalah donat bakar (dokar), kuch2 hotahu, fried chicken, dan yang lainnya.

Anda tinggal pilih saja salah satunya yang paling laris dan menunya dikuasai.

4.      Buka bisnis ayam geprek

Ayam geprek juga menjadi menu yang sangat banyak peminatnya. Jadi selain bakso, ayam geprek bisa jadi menu kuliner yang akan menguntungkan bila dijadikan usaha modal 10 juta.

5.      Kue basah dan kue kering

Berjualan kue basah dan kue kering sebenarnya memang bisa dimulai dari modal yang kecil. Bahkan, usaha ini bisa juga jadi salah satu usaha modal 5 juta.

Namun, jika Anda punya uang 10 juta, skala bisnis ini akan semakin besar. Bahkan, Anda bisa fokus jadi grosir dengan mencari reseller-reseller.

Dengan uang 10 juta, Anda bisa membeli peralatan memasak yang lebih besar. Mulai dari oven yang besar seharga 2 jutaan hingga mixer yang lebih kokoh untuk membuat kue kering partai besar.

6.      Bisnis bakery

Selain kue kering dan kue basah, Anda juga bisa fokus di bakery. Misalnya dengan membuka pemesanan roti, donat, cake atau kue tart, dan yang lainnya.

Bisnis Bakery

Silakan sediakan tempat yang strategis dan nyaman. Selanjutnya, bukalah order secara langsung dan online agar skala usahanya besar.

Anda bisa memakai uang 10 jutanya untuk membeli peralatan dapur, etalase, hingga hal-hal operasional lainnya.

7.      Warung makan

Jika Anda suka dengan dunia kuliner atau punya bakat di bidang tersebut, maka tak ada salahnya membuka usaha modal 10 juta berupa warung makan. Dengan modal sebesar itu, uang yang harus diputar cenderung lebih banyak sehingga bisa menghasilkan skala usaha yang lebih besar.

Artinya, kans untuk mendapatkan pelanggan juga lebih banyak dan penghasilannya pun cenderung lebih besar.

8.      Toko kelontong

Membuka toko kelontong kecil-kecilan memang butuh modal dana yang kecil, tapi dengan uang 10 jutaan, Anda bisa mulai usaha dengan konsep grosir.

Selain itu, produk di toko juga bisa lebih lengkap. Mulai dari beras, gula, atau kebutuhan pokok lainnya hingga LPG, galon, snack anak, dan yang lainnya.

Berjualan toko kelontong memang punya profit margin yang tidak terlalu besar. Namun, jika produk yang dijual lengkap maka Anda tidak akan pernah menolak permintaan pelanggan yang datang sehingga keuntungannya juga akan lebih banyak.

9.      Garmen skala kecil

Kalau dengan uang 3 jutaan Anda bisa membuka usaha jasa jahit, maka dengan uang 10 jutaan Anda bisa mulai usaha garmen skala kecil.

Bayangkan saja, untuk membeli satu mesin jahit dibutuhkan uang 2 sampai 3 jutaan. Kalau punya uang 10 jutaan, Anda bisa beli 2 sampai 3 mesin sementara sisanya buat beli kain, benang, dan bahan operasional lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah pemilih produk garmennya. Pastikan Anda menguasai tak hanya produknya tetapi juga tahu di mana lokasi pemasarannya agar usahanya lancar jaya.

10.  Jualan baju dan hijab

Berjualan baju muslim sekaligus jilbabnya bisa mendatangkan banyak keuntungan. Anda dapat memulai usaha tersebut dengan modal 10 juta saja.

Untuk produknya, Anda bisa kulakan di supplier yang terkenal murah dan kredibel. Penjualannya sendiri dapat dilakukan secara offline dan online agar pasarnya lebih luas dan pelanggannya makin banyak.

11.  Laundry sepatu

Laundry-an kini tak hanya laundry baju, melainkan juga sepatu. Pasalnya, ada banyak sekali orang yang hobi mengoleksi sepatu dengan harga mahal. Nah, agar sepatu tersebut terawat dengan benar, laundry sepatu bisa menjadi pilihan yang pas.

Laundry Sepatu

Tentu saja, laundry semacam ini tidak cocok dijalankan di sekitar kampung sebab pemilik sepatu mahal umumnya tinggal di kota.

Soal tarif laundry-nya juga tidak seperti baju yang bisa kiloan. Anda bisa memberikan tarif sesuai dengan tingkat noda yang ada di sepatu tersebut. Sebab, semakin banyak noda semakin sulit penanganan atau perawatannya.

12.  Laundry kiloan

Jika belum ada pengalaman tentang laundry sepatu, maka opsi laundry kiloan juga bisa menjadi salah satu ide usaha modal 10 juta yang menguntungkan.

Bisnis semacam ini akan sangat mudah besar bila dijalankan di area yang strategis. Misalnya, di area pondok pesantren, dekat kampus, dekat kos-kosan, dan yang lainnya.

Anda juga bisa membuka usahanya dekat dengan kawasan perumahan. Namun, bila dibuka di area perumahan, umumnya jasa yang paling sering dibutuhkan adalah setrikanya saja.

Berbeda dengan laundry sepatu yang cocok dijalankan di perkotaan, laundry kiloan semacam ini bisa dijalankan baik di kota maupun di desa. Hanya saja, untuk usaha yang dijalankan di desa baiknya tidak dikenai tarif yang terlalu mahal karena harus menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat desa.

13.  Foto studio

Punya bakat atau skill fotografi? Yuk coba buka jasa foto studio. Modal 10 juta sudah lebih dari cukup untuk membukanya, kok!

Foto Studio

Anda bisa gunakan uang itu untuk membeli kamera dan perlengkapan foto. Mulai dari foto untuk indoor hingga outdoor.

Adapun beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan bila Anda sudah punya kamera dan skill memotret adalah membuka jasa foto wedding, jasa foto produk yang kini makin banyak peminat, atau memotret item-item tertentu dan diposting di website penjualan foto untuk mendapatkan uang.

Intinya, begitu ada modal dan skill, bisnis ini tergolong menjanjikan karena bisa dilakukan secara bersamaan, tidak hanya satu atau dua pilihan bisnis saja.

14.  Usaha ternak dengan modal 10 juta

Usaha ternak dengan modal 10 juta, apa ada? Jelas ada. Bahkan cenderung banyak. Untuk ternak-ternak ikan, Anda bisa memulainya dengan modal mulai dari 3 jutaan. Semakin besar nominalnya semakin banyak pula pilihan ikan yang bisa dibudidayakan dengan kuantitas ternak yang dapat disesuaikan.

Usaha ternak dengan modal 10 juta

Selain itu, dana ini juga dapat dipakai untuk memulai usaha ternak kambing. Memang kambingnya tidak sebanyak kalau modalnya 30 juta, tapi dengan uang 10 juta Anda sudah bisa beli minimal 2 kambing betina dan 1 jantan kemudian diternak sampai beranak pinak.

Apalagi beternak kambing tergolong mudah sebab selain rumputnya tinggal mengambil di sawah atau ladang, pakan lainnya seperti dedak juga tergolong tidak mahal.

Belum lagi, kotoran kambing juga bisa diolah menjadi pupuk dan dijual kepada para petani. Bila tertarik, Anda cukup menyediakan alat penghancur kotorannya supaya siap dipakai sebagai pupuk oleh para petani tersebut.

Terlebih bila sudah ada alatnya, Anda juga bisa bekerja sama dengan peternak kambing lain sehingga produksi pupuk makin banyak.

Usaha ternak semacam ini sangat cocok dijalankan di sekitar kampung atau pinggiran kota yang masih dekat dengan sawah, ladang, atau semacamnya. Sebaliknya, usahanya tidak cocok dijalankan di tengah perkotaan.

15.  Usaha online modal 10 juta

Terakhir, Anda juga bisa mencoba usaha online modal 10 juta. Pilihannya sangat banyak dan cenderung menguntungkan dalam waktu cepat.

Misalnya, uang 10 juta dipakai untuk beli HP, laptop, hingga tripod. Kemudian, peralatan tersebut dipakai untuk merekam dan mengedit video. Selanjutnya, Anda bisa mengunggahnya ke media sosial. Mulai dari Facebook, TikTok, hingga Youtube.

Dengan begini, Anda bisa mendapatkan banyak uang dari iklan, endorse, atau bonus-bonus lainnya.

Selain menjadi selebgram atau Youtuber, Anda juga bisa fokus berjualan online di marketplace dengan modal 10 jutaan. Selain itu, beberapa pilihan usaha online lain juga dapat dicoba seperti jasa desain grafis, jasa admin media sosial, blogger, konsultan SEO, dan yang lainnya.

Itulah beberapa pilihan bisnis atau usaha modal 10 juta yang dapat dijalankan dengan cukup mudah dan pasti menghasilkan. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.