35 Usaha Modal 20 Juta Terbaru yang Menjanjikan, Desa Kota OK!

  • by
Rekomendasi usaha modal 20 juta di desa dan kota sektor jasa

Tak usah bingung! Mencari usaha modal 20 juta itu gampang. Pilihan bisnisnya banyak, potensinya besar, dan dapat dijalankan di mana saja. Baik di kota maupun di desa.

Tugas Anda hanyalah memilih usahanya sesuai compassion, persaingan, target market, dan beberapa pertimbangan pasar lainnya.

Bila semua sudah sesuai, maka bisnis yang dijalankan bisa berkembang pesat dan mendatangkan banyak cuan setiap bulan bahkan harian.

Usaha-usaha yang dimaksud di sini di antaranya adalah bisnis yang berkembang di bidang penjualan barang dan jasa.

Soal profit, keduanya memang memiliki persentase yang berbeda. Maka dari itu, treatment menjalankan usahanya pun berbeda.

Kami sudah merangkum beberapa opsi usaha terbaik dan menguntungkan dalam artikel ini. Silakan simak sampai selesai untuk memilih salah satu atau lebih.

Rekomendasi usaha modal 20 juta di desa dan kota sektor jasa

Lain halnya dengan bisnis modal 10 juta yang sedikit lebih terbatas, dengan modal 20 juta Anda memiliki lebih banyak opsi untuk memulai usaha. Anda lebih leluasa dalam menentukan pilihan.

Rekomendasi usaha modal 20 juta di desa dan kota sektor jasa

Berikut ini adalah daftar bisnis modal 20 jutaan yang dapat Anda coba lakukan baik di desa maupun di kota:

1. Fotokopi dan ATK

Fotokopi merupakan salah satu usaha sektor jasa yang cukup menguntungkan. Apalagi jika dijalankan di area padat penduduk yang membutuhkan jasa ini. Misalnya di area kampus, sekolah, Samsat, atau lembaga-lembaga lainnya.

Namun, perlu dijadikan catatan juga bahwa area-area tersebut biasanya sudah diincar oleh banyak orang untuk dijadikan lahan bisnis. Jadi, Anda harus pintar dalam memilih tempat yang tepat.

Untuk membuka bisnis ini, Anda cukup menyediakan uang 20 jutaan. Dana tersebut bisa dipakai untuk membeli paket mesin fotokopi dan penjilidan yang harganya sekitar 15 jutaan, kemudian sisanya untuk membeli kertas, tinta, etalase, rak, dan kebutuhan operasional lain.

Jika uangnya masih sisa, Anda juga bisa membeli produk-produk ATK. Hal ini dilakukan untuk melengkapi produk dagangan.

Pasalnya, biasanya para konsumen membutuhkan tambahan ATK seperti kertas, stabilo, map, atau yang lain.

Dengan menyediakan kebutuhan mereka, maka Anda telah meminimalkan kemungkinan mereka membeli di tempat lain.

2. Usaha laundry

Laundry menjadi usaha modal 20 juta terbaik berikutnya yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, untuk membuka bisnis ini Anda hanya perlu membeli paket mesin cuci, pengering, setrika, keranjang, timbangan, hingga meja untuk setrika dan admin.

Harga mesin cuci saat ini berada di kisaran 3 jutaan. Artinya dengan uang 10 juta saja, Anda bisa mendapatkan 3 sampai 4 mesin cuci. Selain itu, jika butuh tambahan pengering, satu saja mungkin sudah cukup.

Ini untuk membantu proses pengeringan. Khususnya di saat musim hujan datang.

Artinya, dengan uang 15 juta, Anda sudah bisa membeli alat untuk mencuci pakaian sampai mengeringkannya.

Sisa uangnya bisa dipakai untuk membeli etalase, setrika, meja, timbangan, membuat banner, dan alat operasional lain. Setelah itu, bisnis sudah siap beroperasi.

Yang menarik dari bisnis ini adalah bisa dijalankan baik di kota maupun di desa. Untuk di kota, persaingannya memang cukup banyak tetapi orang yang membutuhkan jasanya juga banyak.

Sementara di desa, persaingannya sangat minim namun permintaannya juga sesuai. Tarif laundry-nya juga harus diperhatikan jika memang Anda membuka usahanya di desa.

Yang jelas, bisnis ini tergolong dalam bisnis rumahan sehingga tidak memerlukan sewa tempat. Bisnisnya bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari mahasiswa hingga peluang bisnis ibu rumah tangga.

3. Bisnis fotografi

Ada dua opsi yang bisa Anda tekuni jika memilih bisnis fotografi, yakni secara online dan offline.

Bisnis fotografi

Untuk bisnis online modal 20 juta, Anda bisa membuka jasa foto pre wedding, pernikahan, hingga pemotretan produk atau proyek tertentu. Opsi lainnya yang tak kalah menguntungkan adalah memotret benda sesuai hobi kemudian dipasarkan secara online.

Anda bisa bergabung dengan beberapa situs penyedia foto seperti Pexels, Pixabay, Unsplash, dan yang lainnya. Anda akan mendapatkan kredit dari setiap foto yang digunakan di situs tersebut.

Untuk opsi offline, silakan saja langsung menjual jasa ke teman, saudara, atau tetangga-tetangga yang berminat dengan jasa foto. Mungkin saat mereka sedang ada acara hajatan, pernikahan, atau memotret produk mereka.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan studio, background foto, dan kamera yang cukup mahir. Anda juga harus punya kemampuan mengedit foto dan mengompilasikannya dengan baik.

Network sangat dibutuhkan dalam bisnis ini. Khususnya jika dijalankan secara offline. Anda mungkin perlu punya kenalan MUA, WO, dan semacamnya. Dengan begitu, bisnisnya akan berjalan dengan lancar dan sukses.

4. Salon dan spa

Siapa bilang bisnis salon sudah tidak menguntungkan lagi. Faktanya, sampai sekarang semakin banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Selain untuk perawatan diri, kebanyakan orang juga membutuhkannya untuk refreshing dari kesibukan pekerjaan yang begitu melelahkan.

Namun, perlu dicatat bahwa bisnis salon dan spa ini jauh lebih menguntungkan jika dibuka di daerah perkotaan. Anda boleh saja membukanya di desa, namun tetap harus siap dengan risiko bahwa peminatnya cenderung tidak banyak.

Pasalnya, wanita yang sudah melek perawatan diri umumnya ada di kota.

Jika tertarik untuk membuka usahanya, tempat yang nyaman dan privat adalah salah satu kunci utama dari bisnis ini. Anda perlu menyiapkan lokasi dan peralatan yang nyaman. Gunakan uang 20 juta untuk mewujudkannya.

5. Sanggar senam

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang melek akan kesehatan. Entah itu dalam hal makanan maupun olahraga.

Senam menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh banyak orang karena tergolong mudah. Selain itu, senam juga dinilai menarik karena hanya berisi gerakan diikuti dengan nyanyian yang mengundang semangat.

Maka dari itu, Anda bisa menyiapkan tempat untuk membuka sanggar senam. Tempatnya tentu harus privat.

Supaya tempatnya memadai dan seluruh kebutuhan pengguna tercukupi, Anda harus menyiapkan cermin yang besar di area senam, dispenser untuk minum, VCD player, hingga tempat berganti pakaian.

Meja untuk admin juga diperlukan supaya member yang tergabung bisa dengan mudah mengakses sanggar dan keanggotaannya.

Usaha ini berpotensi besar untuk dikembangkan, sebab selain menyewakan tempat Anda juga bisa menyediakan peralatan olahraga untuk diperjual belikan. Misalnya, baju senam, sepatu, handuk, dan yang lainnya.

6. Bengkel motor

Membuka bengkel ternyata tidak hanya buat mereka yang punya skill memperbaiki motor, tetapi bisa buat semua orang yang punya usaha modal 20 juta.

Bengkel motor

Jika punya dana segitu, Anda bisa menyediakan tempat untuk memperbaiki motor sekaligus menyiapkan toko untuk menyediakan onderdilnya.

Anda tinggal membayar pegawai yang mampu memperbaiki motor dan beres. Urusan memperbaiki motor bisa diserahkan kepada mereka dan Anda bisa menjaga tokonya sekaligus mengatur pelanggan yang berdatangan.

7. Persewaan mainan anak dan stroller

Usaha persewaan mainan anak kini makin diminati. Tidak hanya di kota, bisnis ini juga bisa dijalankan di desa atau daerah pinggiran.

Persewaan mainan anak dan stroller

Namun, perlu dicatat bahwa model bisnis keduanya berbeda.

Untuk yang dijalankan di perkotaan, umumnya mainan yang disewakan lebih privat seperti stroller, baby walker, prosotan besar, rumah-rumahan, fence untuk melindungi anak saat main, dan yang lainnya. Mainan tersebut disewa per orang.

Sementara di desa atau pinggiran kota, umumnya disewa bersamaan. Misalnya dengan menyiapkan trampolin di alun-alun, lapangan, atau semacamnya. Kemudian anak-anak naik bersamaan dan dikenakan tarif sekian rupiah untuk main sepuasnya atau dalam batasan jam tertentu.

Meski modelnya berbeda, keduanya sama-sama menguntungkan dengan caranya sendiri-sendiri.

8. Persewaan alat pesta

Peralatan pesta merupakan bisnis yang bisa dijalankan di desa dan kota. Bedanya hanya ada di pangsa pasarnya saja.

Kalau di desa, Anda bisa sewakan terop, kursi, hingga sound sytem dan peralatan lainnya. Sementara di kota persewaannya lebih kompleks karena kebutuhannya pun jauh lebih kompleks.

Sama dengan jasa fotografi, bisnis ini pun membutuhkan banyak network atau jaringan. Oleh karena itu, memperbanyak teman dan kolega adalah kunci untuk mendapatkan job.

9. Persewaan LCD proyektor

LCD proyektor menjadi salah satu kebutuhan kantor, kampus, atau instansi-instansi yang sering mengadakan workshop, pelatihan, atau kuliah tamu.

Nah, menariknya banyak orang yang tidak memilikinya langsung dan cenderung lebih senang menyewa. Untuk itu, Anda bisa melihat ini sebagai peluang bisnis dan membeli LCD proyektornya sehingga bisa disewakan.

Harganya sangat beragam, jadi tinggal disesuaikan saja dengan modal yang dimiliki. Semakin banyak modalnya, semakin banyak produk yang bisa Anda sewakan. Misalnya, dana Anda lebih dari 20 juta, maka Anda bisa memulai usaha modal 30 juta atau bahkan usaha modal 50 juta.

10. Jasa sewa extra bed

Salah satu bisnis yang unik dan out of the box adalah menyewakan bed ekstra untuk para pelanggan di hotel, homestay, atau semacamnya. Bisnis ini umumnya dilakukan di kota besar di mana banyak hotel. Atau, bisa juga di daerah pinggiran kota yang punya hotel.

Jasa sewa extra bed

Keduanya memang punya pangsa pasar dan permintaan sendiri jadi tinggal disesuaikan saja.

Yang jelas, dengan dana 20 juta, Anda bisa membeli bed yang lumayan banyak sehingga bisa disewakan harian bahkan mingguan dengan leluasa.

Untuk memulai bisnis ini diperlukan kerja sama dengan pihak hotel atau penginapannya. Menariknya, bisnis ini bisa dikerjakan bersama usaha lain seperti persewaan LCD proyektor yang kami sebutkan sebelumnya.

11. Sewa alat pertanian

Persewaan alat pertanian seperti traktor, mesin diesel untuk pengairan, dan yang lainnya ternyata juga sangat menguntungkan. Potensinya sangat besar bila dikerjakan di desa.

Sewa alat pertanian

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa usahanya dapat dikerjakan di area perkotaan, khususnya daerah pinggir yang masih tersedia banyak lahan pertanian.

Persaingan bisnis ini tidak begitu besar. Anda bisa memilih salah satu alat pertanian yang sering disewa orang. Tentu saja harus disesuaikan dengan budget juga.

Dengan uang 20 juta, Anda bisa membeli traktor (minimal 15 jutaan) dan mesin diesel untuk pengairan. Meski unitnya masing-masing hanya satu, tapi dengan unit tersebut Anda bisa mengembangkan bisnis dengan mudah asalkan pelanggannya jelas dan berkelanjutan.

Biasanya, alat pertanian semacam ini disewakan harian. Kadang hanya alatnya saja, tapi seringnya sekalian operatornya. Jadi, agar lebih aman Anda juga harus menyediakan orang yang ahli dalam mengoperasikan alat tersebut

12. Cucian mobil dan motor

Menyediakan cucian mobil dan motor sangat menguntungkan dan bisa dilakukan di desa sekaligus kota. Tarifnya memang tidak sama, tapi tetap saja keduanya bisa mengalirkan cuan buat pemilik.

Silakan beli alat untuk mencuci mobil dan motor kemudian tentukan tarif yang sesuai dengan target pasar masing-masing.

Tak lupa juga Anda harus menyediakan tempat yang strategis, airnya lancar, dan cukup luas untuk menampung kendaraan yang sedang dicuci dan antre.

Daftar bisnis modal 20 jutaan sektor perdagangan barang

Daftar bisnis modal 20 jutaan sektor perdagangan barang

Di bawah ini adalah beberapa pilihan usaha dari sektor barang yang dapat Anda jalankan baik di desa maupun kota:

13. Kafe

Membuka kafe bisa menjadi pilihan Anda yang senang dengan dunia kuliner. Untuk membuka bisnis ini, Anda perlu menyediakan tempat yang strategis kemudian menghiasnya dengan sangat unik dan menarik.

Soal isi di dalamnya, sesuaikan saja dengan menu yang Anda kuasai atau paling banyak disukai di daerah yang ditempati. Selanjutnya, tentukan harga pasar yang sesuai.

Bagaimanapun, bisnis semacam ini umumnya memiliki profit margin yang besar sehingga BEP-nya pun jauh lebih cepat.

14. Pertamini

Bisnis pertamini merupakan salah satu contoh usaha modal 20 juta yang anti rugi. Betapa tidak, hampir semua orang membutuhkan bensin untuk berkendara. Apa pun jenisnya.

Hanya saja, perlu dicatat bahwa usaha ini akan sukses jika dikerjakan di area yang strategis, khususnya di pinggir jalan raya, di mana banyak kendaraan berlalu lalang.

Jika tempatnya sudah siap, yang perlu dibeli adalah alatnya. Paket pertamini digital umumnya dibanderol di harga 15 sampai 16 juta rupiah.

Anda tinggal pakai sisa uangnya untuk mengisi bensinnya saja. Atau, jika memang tempatnya sewa, silakan pakai setidaknya setengah untuk menyewa tempat.

15. Ayam geprek

Salah satu kuliner yang kini makin digandrungi adalah ayam geprek. Warung dengan menu ini bisa menyediakan dua pilihan makanan utama, yakni ayam krispi tidak pedas dan ayam yang digeprek dengan sambal pedas.

Anda juga bisa menambah menu lain yang menarik sesuai dengan lidah pembeli di sekitar tempat tersebut.

Dengan dana 20 juta, Anda bisa leluasa membuka bisnis ini. Sebab, kebutuhan alat dan bahannya tidak terlalu ribet.

16. Toko sembako

Selain pertamini, toko sembako adalah contoh bisnis yang tidak ada matinya karena semua orang butuh. Rincian bisnis toko sembako bermodal 20 juta pun bisa dihitung dengan mudah sebab sebagian besar dananya dipakai untuk kulakan barang.

Anda cukup tahu secara pasti barang apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang dan pasti laku. Misalnya, minyak goreng, gula, hingga beras. Utamakan kebutuhan pokok dulu. Tambahkan item produk sambil jalan saat semakin banyak pelanggan berdatangan dan menanyakan kebutuhan mereka di toko Anda.

17. Jualan HP, pulsa, dan layanan elektrik

Pulsa, pekat data, dan pembayaran online adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda di era digital seperti sekarang.

Jualan HP pulsa dan layanan elektrik

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis yang pasti untung dan tidak pernah rugi.

Untuk membuatnya makin lengkap, silakan jual beli HP. Dengan modal 20 juta Anda tidak mungkin membuka penjualan HP skala besar kecuali ada kerja sama dengan merek tertentu. Namun, hal yang mungkin adalah menyediakan jual beli HP bekas sekaligus jasa servisnya.

18. Usaha konveksi

Tidak ada salahnya mencoba membuka konveksi di era melek fashion seperti sekarang. Tidak hanya wanita, kini laki-laki juga senang berganti pakaian setiap hari untuk tampil fashionable.

Usaha konveksi

Ada banyak pilihan produk garmen yang bisa Anda buat. Mulai dari pakaian, jaket, tas, aksesori, hingga sepatu. Semuanya memiliki potensi yang besar bila dikembangkan.

Bahkan, Anda pun dapat membuka jasa jahit baju secara online dan offline jika memang diperlukan.

Apabila tertarik, perlu kami informasikan bahwa harga mesin jahit berada di kisaran 2 jutaan. Itu artinya, Anda bisa membeli lebih dari 5 mesin ditambah dengan peralatan lainnya jika punya dana 20 juta.

Jadi, tunggu apa lagi! Jika memang passion-nya di bidang ini, maka jangan takut untuk membuka usaha modal 20 juta satu ini.

19. Berjualan bakso

Bakso rombong merupakan usaha yang memang bisa dibuka dengan modal 3 sampai 5 jutaan. Namun, apa mungkin memasukkan bisnis bakso ini ke dalam usaha modal 20 juta?

Jawabannya mungkin saja.

Pasalnya, dengan dana 20 jutaan, Anda bisa membuka warung bakso berukuran medium yang dapat menampung banyak pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa jadi bos bakso yang memiliki 5 rombong atau lebih sekaligus. Anggap saja satu rombong butuh 3 juta, maka dengan 20 juta Anda bisa punya sekitar 6 rombong.

Hal ini tentu akan menaikkan kans untuk mendapatkan laba dari penjualan bakso tersebut.

20. Membuka kedai kopi

Kedai kopi kekinian menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis ini cocok dijalankan di area perkotaan. Namun, bisa juga di kawasan desa yang padat penduduk alias ramai.

Untuk membuka usaha ini diperlukan tempat yang nyaman untuk nongkrong dengan sirkulasi udara yang baik. Ditambah dengan meja kursi dan beberapa peralatan dapur.

Agar ramai pengunjung, berikan ekstra layanan untuk para konsumen. Misalnya dengan menambahkan Wifi, TV, atau member.

21. Jualan produk baju muslim

Baju muslim menjadi produk yang tidak akan pernah sepi pembeli. Pasalnya, mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan sebagian besar berpakaian muslim lengkap, baik lelaki maupun perempuan.

Dengan uang 20 juta, Anda punya banyak peluang untuk membeli beragam pilihan baju dari harga termurah hingga mahal. Tinggal disesuaikan saja dengan pangsa pasar yang ditargetkan.

Namun, sebaiknya Anda memilih kelas medium atau menengah ke bawah saja agar produk yang dibeli bisa lebih beragam dan jumlahnya banyak.

22. Tanaman herbal dan turunannya

Kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Beriringan dengan hal tersebut, kebutuhan akan kesehatan ini tidak hanya melulu tentang dokter atau rumah sakit melainkan juga herbal atau alternatif.

Tak heran bila semakin ke sini makin banyak orang yang memerlukan akar-akar rimpang untuk jamu guna mengobati masalah kesehatan atau sekedar menjaga kesehatan mereka.

Nah, jadikan ini sebagai peluang usaha di desa dan kota.

Anda bisa menyiapkan lahan kemudian menanam akar-akar rimpang herbal. Selanjutnya menyiapkan pengeringan sampai pembuatan bubuknya. Produk herbal ini bisa dijual dalam bentuk serbuk bisa juga saat masih dalam produk basah dan kering. Fleksibel.

Dengan uang 20 juta, Anda bisa mewujudkan usaha ini dengan mudah dan cepat.

23. Baju anak-anak

Anak-anak mengalami pertumbuhan yang super cepat. Itulah mengapa berjualan pakaian anak tidak mengalami kerugian.

Apalagi, banyak orang tua yang butuh baju bayi atau anak untuk mengado saat ada saudara, teman, atau tetangga yang melahirkan.

Jadi, pangsa pasarnya luas dan permintaannya memang tinggi.

Anda bisa menjual baju anak, baik cowok maupun cewek. Perhatikan usianya, lengkapi. Perhatikan juga modelnya dan sesuaikan dengan tren yang sedang berkembang.

Soal penjualan, silakan lakukan secara online dan offline untuk memperluas pasar.

24. Toko produk baking

Saat ini, jumlah toko bakery semakin meningkat saja. Belum lagi usaha katering dan bakery rumahan secara delivery order.

Masing-masing bisnis tersebut membutuhkan pemasok bahan baku dan kebutuhan lainnya. Di sinilah peran toko produk baking dibutuhkan.

Anda bisa mulai menjual cetakan, margarin, tepung, dan yang lainnya. Sediakan juga tempat strategis untuk menjualnya. Tempat yang punya parkiran cukup luas akan lebih baik karena sebagian besar pembeli merupakan pengusaha yang jelas membawa armada atau kendaraan saat melakukan pembelian.

Selain itu, Anda juga bisa menjualnya secara online atau melayani antar pesanan ke rumah pelanggan setia.

25. Bakery (toko dan rumahan)

Jika Anda punya keahlian membuat kue kering, kue basah, atau roti-rotian, maka membuka usaha bakery bisa jadi pilihan yang pas.

Bisnis ini bisa dimulai secara rumahan dengan modal 2-3 jutaan saja. Namun, apabila Anda mau mencoba usaha model 20 juta, maka dananya juga bisa dipakai secara lebih leluasa.

Silakan siapkan tempat, beli oven dengan harga sekitar 2 jutaan, mixer atau alat pengaduk besar, dan kebutuhan bahan baku.

Pastikan semuanya terhitung secara rinci dan siap beroperasi.

26. Jadi sales jilbab dari produsen

Alih-alih jadi reseller produk orang lain yang menjualnya langsung ke enduser, Anda bisa mencoba menjadi distributor atau sales utama dari produsen tertentu.

Caranya adalah bekerja sama dengan produsen pakaian atau jilbab tertentu kemudian menjualnya di pasar-pasar. Transaksinya biasanya sangat besar dalam satu kali berangkat ke pasar. 20 juta adalah angka yang cukup besar untuk penjualan jilbab.

Jadi, kalau dananya segitu, Anda bisa fokus di jilbab dulu. Baru setelah usahanya besar, silakan kembangkan di produk lain yang senada atau berhubungan.

27. Tanaman hias

Tanaman hias juga punya pasar tersendiri. Ini adalah salah satu contoh hobi yang sudah dilakoni oleh banyak orang sedari dulu.

Dengan uang 20 juta Anda bisa menyewa stand di pasar tanaman hias atau pasar bunga dan menjajakan tanaman terbaik.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, silakan mulai usahanya di rumah. Coba dengan menanam tanaman yang paling disukai atau mudah dikelola kemudian kembangkan secara online dan offline.

Franchise modal 20 juta

Franchise modal 20 juta

Apabila Anda tertarik dengan opsi waralaba, berikut ini beberapa pilihan yang bisa dicoba:

28. Sabana Fried Chicken

Salah satu usaha waralaba modal 20 juta yang bisa dicoba adalah kuliner. Sabana menjadi pilihan yang cukup menjanjikan untuk bisnis ini.

Pasalnya, Sabana sudah memiliki nama dan terkenal dengan ayamnya yang enak. Selain itu, harganya juga dikenal murah sehingga mudah mencari pelanggan.

Di sabana, terdapat banyak sekali pilihan franchise. Mayoritas dibanderol dengan harga 20 jutaan.

Dengan uang tersebut, bisnis sudah siap beroperasi dan telah dikenal banyak orang sehingga minim kerugian.

29. Nyoklat Klasik

Berikutnya, menu kuliner yang bisa dicoba adalah coklat. Nyoklat Klasik merupakan salah satu contoh waralaba 20 jutaan yang cukup menguntungkan karena pembelinya banyak karena sudah terkenal.

Dana yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini minimal 12 jutaan. Tergantung paket yang ingin Anda beli. Yang jelas, dengan uang 20 jutaan, Anda sudah bisa membuka paket minibar.

30. Laundry

Usaha laundry juga ada yang dihargai dengan paket 20 jutaan. Contohnya Cerdas Laundry, QnC laundry, dan yang lainnya. Bisnis ini menguntungkan dan cukup banyak peminatnya, jadi baiknya segera diambil jika memang tertarik.

Selain tiga pilihan di atas, ada banyak lagi contoh usaha modal 20 juta berbasis waralaba yang ada di Indonesia. Anda tinggal cek langsung di website franchise yang ada di internet.

Usaha modal 20 juta di bidang peternakan dan pertanian

Usaha modal 20 juta di bidang peternakan dan pertanian

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha peternakan modal 20 jutaan:

31. Ternak lele dan ikan air tawar lainnya

Contoh peternakan pertama yang cukup menjanjikan dari dulu sampai sekarang adalah beternak ikan. Kabar baiknya, uang 20 juta sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis ternak lele dan ikan air tawar lainnya.

Untuk lele misalnya, Anda bisa menganggarkan 5 sampai 7 juta. Sementara ikan lain seperti nila dan mujaer, tinggal dibagi rata saja. Sesuaikan dengan budget yang ada.

Yang perlu dipahami, untuk membuka bisnis ini Anda perlu lahan untuk membuat kolam dan biaya operasional bulanan untuk menyediakan pakan dan airnya. Jadi, hitunglah secara rinci pengeluaran dan pemasukannya dengan baik.

32. Ternak kambing

Selanjutnya, Anda juga bisa coba ternak kambing. Hewan satu ini dibutuhkan hampir setiap hari. Yakni oleh penjual sate, gule, dan semacamnya. Selain itu, harga dan permintaannya pun bisa meningkat pesat saat hari raya Idul Adha.

Sebenarnya, usaha ini sangat menjanjikan bila dimulai dengan modal 30 juta. Namun, 20 juta rasanya cukup untuk membeli 6 induk, 2 jantan, dan 2 anak kambing yang siap untuk diternak. Bahkan, Anda bisa mendapatkan lebih dari itu.

Kuncinya, jangan beli kambing saat harganya sedang tinggi. Belilah saat harganya sedang turun.

33. Ternak ayam

Ayam juga dibutuhkan setiap hari. Mulai dari ayam kampung, ayam potong, hingga joper yang harganya berada di tengah-tengah.

Dengan modal 20 juta, Anda bisa mulai dengan banyak ayam dalam berbagai jenis. Namun, pilihlah tempat yang aman supaya peternakannya tidak mengganggu lingkungan sekitar.

34. Ternak burung puyuh

Selain ayam, unggas lain yang cukup menguntungkan bila diternak adalah burung puyuh. Selain bisa dijual telurnya, burung ini juga bisa dijual dagingnya.

Distribusi telur bisa dilakukan ke pasar-pasar atau bekerja sama dengan distributor. Sementara untuk dagingnya bisa dijual ke pemilik warung lalapan atau resto.

35. Tanaman hidroponik

Jika tidak tertarik dengan peternakan, Anda bisa coba bisnis tanaman hidroponik. Usaha modal 20 juta ini menguntungkan lantaran makin banyak orang yang senang dengan sayuran organik yang tidak memakai pestisida dalam pertumbuhannya.

Berbisnis dan menanam tanaman hidroponik juga menguntungkan karena harga jualnya yang tergolong lebih tinggi dari pada tanaman lain.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pemasaran usaha ini tidak biasa. Anda harus punya network ke supermarket atau orang-orang yang jelas bila ingin bisnisnya berkembang dengan pesat.

Itulah beberapa opsi usaha modal 20 juta yang bisa Anda coba. Masih banyak pilihan bisnis lainnya. Jika bingung, mulailah dari apa yang disukai, apa yang menjadi hobi, dan paling dikuasai. Cek permintaan pasar dan persaingan lalu lakukan dengan sungguh-sungguh sambil berdoa kepada Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.