17 Ide Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

  • by
Daftar Inspirasi Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Jual Pulsa Elektrik

Di era digital seperti sekarang, Anda tidak akan kehabisan ide peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Bahkan, yang tanpa modal pun banyak.

Yang perlu Anda lakukan adalah terus mengupdate informasi dan membuat jaringan yang luas dengan ibu-ibu yang lain. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas hingga grup baik secara online maupun offline.

Selain itu, Anda juga perlu memperluas jaringan dan tidak menutup diri dengan orang-orang yang lebih muda atau tua. Tetap berteman dengan siapa pun dan terbukalah dengan setiap kondisi dan perubahan yang ada.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang inspirasi usaha yang dapat dijalankan oleh seorang IRT dari rumah sambil mengurus suami dan buah hati. Selamat menyimak.

Daftar Inspirasi Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Langsung saja, di bawah ini adalah beberapa pilihan bisnis buat IRT yang modalnya sangat kecil. Anda bisa pilih salah satu yang sesuai dengan passion, kegiatan, dan kondisi masing-masing.

1. Pulsa elektrik

Pilihan bisnis pertamanya adalah menjual pulsa elektronik. Untuk modal yang sangat kecil, Anda harus memaksimalkan pemakaiannya untuk membeli saldo atau deposit buat pengisian pulsa, paket internet, hingga pembayaran online saja.

Daftar Inspirasi Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Jual Pulsa Elektrik

Artinya, penjualannya nanti bisa bersistem online atau offline. Pembelinya adalah orang-orang terdekat seperti kerabat, teman, atau tetangga-tetangga yang setiap hari dan setiap bulannya pasti membutuhkan pulsa elektronik.

Anda tidak perlu membeli etalase. Cukup gunakan HP saja untuk bertransaksi. Sebagai awal, silakan cari agen pulsa yang lengkap dan terpercaya, kemudian mendaftarlah sebagai member di sana.

2. Menjual Gorengan

Ini adalah pekerjaan atau bisnis yang sebenarnya simpel. Pasalnya, Anda cukup menyediakan meja dan beberapa nampan untuk menjajakan dagangan.

Sementara itu, peralatan lain seperti kompor, alat penggorengan, dan yang lainnya bisa pakai yang ada di dapur saja.

Kalaupun mau membeli khusus buat jualan, silakan sisihkan 500 ribu buat beli peralatan sederhana, sisanya bisa dipakai fokus untuk membeli biaya produksi dan memulai usaha ini.

Akan lebih aman dan nyaman bila jualannya di depan rumah. Dengan begini, Anda tetap bisa menghasilkan uang sambil terus mengawasi anak.

3. Menulis blog

Kalau Anda punya keahlian menulis, maka tidak ada salahnya mencoba membuat blog dan menulis keseharian Anda di sana. Mulailah mencari niche yang tepat. Misalnya yang sesuai dengan passion atau paling banyak pencarinya.

Kalau sudah bertrafik atau pengunjungnya banyak, bisa segera didaftarkan di adsense agar segera mendapatkan uang.

4. Menerima pesanan kue

Selain gorengan, contoh peluang usaha ibu rumah tangga modal 1 juta berikutnya yang bertema kuliner adalah kue.

Silakan buka usaha pesanan kue. Dengan sistem bisnis semacam ini, Anda bisa membuat kuenya saat ada pesanan saja. Cukup sediakan saja peralatannya secara lengkap sesuai dengan kue yang mau dijual.

Sebagai contoh, jika mau jualan terang bulan atau martabak mini, cari cetakannya. Kalau mau jualan kue-kue kering atau cake, silakan beli mixer dan ovennya. Lengkapi peralatannya dan belilah yang sederhana supaya modalnya cukup.

Untuk mendapatkan pelanggan yang banyak, silakan bekerja sama dengan kantor-kantor. Lakukan promosi agar terkenal.

Apabila belum bisa menyentuh pasar tersebut, Anda bisa menerima pesanan dari kompleks perumahan di sekitar tempat tinggal. Umumnya, ibu-ibu membutuhkan snack saat ada hajatan atau untuk suguhan saat ada acara PKK, Dawis, atau yang lainnya.

5. Membuat bumbu dapur

Punya keahlian membuat bumbu dapur? Cobalah buat bumbu kemasan non MSG yang siap pakai. Bumbu semacam ini saat ini sedang ngetrend dan hanya butuh modal sangat kecil untuk memulainya.

Bisnis Membuat Bumbu Dapur

Seiring berjalannya waktu, tantangan yang perlu Anda hadapi adalah memikirkan kemasan yang bagus dan aman. Selain itu, Anda mungkin perlu mengatur izin BPOM dari Kemenkes.

Soal penjualan, Anda dapat melakukannya baik secara online maupun offline. Bisa ke tetangga dulu untuk cek rasa atau langsung melalui media sosial dan marketplace.

6. Laundry

Laundry rumahan merupakan salah satu contoh bisnis IRT yang paling logis dan mudah dikerjakan. Betapa tidak, Anda cukup melakukannya dengan memanfaatkan alat cuci dan setrika yang ada di rumah.

Modal 1 juta bisa Anda pakai fokus untuk membeli peralatan seperti pewangi baju, atau yang lainnya.

Agar makin dipercaya oleh pelanggan, Anda juga bisa menyediakan setrika uap. Selain bisa membuat yakin para pelanggan, cara ini juga akan membuat Anda makin mudah dalam mengerjakan usahanya.

7. Jasa ketik dan print

Keahlian mengetik bisa dimanfaatkan dengan cara membuka jasa pengetikan. Untuk membuka jasa ini, Anda hanya butuh skill dan laptop. Untuk laptop, kami asumsikan semua orang sudah punya, jadi Anda hanya perlu siapkan keahliannya saja.

Usaha Jasa Ketik dan Print

Nah, uang 1 juta-nya bisa dipakai fokus untuk beli modal buat beli printer, tinta, dan kertas. Dengan begini, Anda bisa fokus menawarkan keahlian sambil terus memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian hari kian beragam.

8. Menulis artikel online

Selain bisa dimanfaatkan dengan cara menulis dan membuat blog, keahlian dan bakat menulis bisa dipakai untuk menulis artikel atau konten tulisan secara online.

Anda bahkan bisa melakukan keduanya dalam waktu bersamaan. Asalkan Anda bisa menulis beragam niche atau tema.

Khusus untuk penulisan artikel online, Anda bisa buka jasanya sendiri dengan bergabung dengan komunitas tertentu, membuat website penulisan artikel, atau mendaftar sebagai salah satu penulis di agen penulisan artikel.

Dengan menjalankannya secara serius, bisnis ini bisa mendatangkan puluhan juta rupiah per bulan. Sangat cukup untuk sekedar menyenangkan diri sendiri atau menabung buat masa depan.

9. Menjahit

Punya skill menjahit? Yuk coba manfaatkan dengan buka permak, menjahit kerudung, pakaian, atau semacamnya.

Pasalnya, di era digital seperti sekarang ada banyak orang yang lebih memilih untuk membeli pakaian secara online. Masalahnya, setiap kali datang, pakaiannya kadang tidak pas di badan. Ada yang terlalu besar, namun tak jarang yang justru kekecilan.

Nah, di sinilah penjahit permak sangat dibutuhkan. Agar bisa tampil maksimal, mereka akan datang kepada Anda untuk mengoreksi jahitan dari produk yang dibeli secara online tadi.

Modalnya sangat murah karena Anda hanya perlu menyiapkan mesin jahit saja. Kalau mau beli baru, uang 1,8 jutaan sudah bisa dipakai. Namun, bila ini terlalu besar, Anda bisa pertimbangkan untuk beli yang bekas tapi berkualitas.

10. Jasa bikin parcel

Punya keahlian membungkus kado, membuat parsel, atau semacamnya? Manfaatkan secara maksimal dengan membuka usaha di bidang ini.

Jasa Bikin Parcel

Pastikan Anda menguasai trik-trik unik dan menarik. Misalnya membuat hantaran untuk pernikahan, kado ulang tahun, atau yang lainnya.

11. Jual jus buah

Selanjutnya, Anda bisa jualan jus buah di depan rumah. Alatnya cukup dengan blender yang ada di rumah. Kalau belum punya, silakan beli dulu. Sisa modalnya bisa digunakan untuk membeli buah-buahan.

Biar makin menarik, Anda juga bisa menambahkan menu Pop Ice, Marimas, atau minuman kemasan lain yang mayoritas disukai anak-anak.

12. Jualan sayur mayur

Sayuran merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang. Maka dari itu, berjualan sayuran tidak akan bikin rugi.

Menariknya lagi, Anda hanya perlu modal kecil untuk membukanya. Di awal, silakan penuhi item-item yang paling banyak dibeli saat IRT berbelanja sayur. Produk-produk seperti garam, merica, dan bumbu dapur kemasan bisa menjadi nilai tambah tersendiri selain bawang merah, bawang putih, empon-empon, dan beragam jenis sayurannya.

13. Frozen food goreng

Sosis, tempura, dan yang lainnya merupakan contoh frozen food yang disukai anak-anak dan cukup laris karena harganya murah. Modal membuka usaha ini sangat kecil karena bisa memanfaatkan alat yang ada di dapur.

14. Ikut bisnis MLM modal kecil

Ada banyak penawaran bisnis MLM yang dapat Anda ikuti. Di antaranya adalah Oriflame, Tupperware, atau yang lainnya.

Khusus untuk Oriflame dan Tupperware, dana yang dibutuhkan untuk membuka usahanya sangat keci, tidak sampai 1 juta rupiah. Anda bisa fokus berjualan secara langsung kepada pembeli baik secara offline maupun online. Perluas jaringan agar produknya laku.

Selain menjual produk, Anda juga bisa mencari member baru untuk mendapatkan bonus tertentu.

15. Jadi dropshipper atau reseller

Dropshipper dan reseller saat ini menjadi contoh usaha yang paling banyak diminati oleh IRT. Baik yang memang hanya fokus mengurus anak di rumah maupun guru-guru di sekolahan.

Dengan menjadi dropshipper, seseorang tidak perlu ribet menyiapkan produksi hingga pengiriman barang. Sebaliknya, Anda hanya perlu fokus untuk mencari pembeli saja.

Kalau mau jadi dropshipper, maka modalnya bisa jadi 0 rupiah. Sementara itu, beberapa supplier mensyaratkan pembelian sejumlah barang tertentu untuk dapat menjadi reseller dan mendapatkan harga super miring.

Nah, di situlah modal 1 juta Anda butuhkan untuk berbelanja sesuai dengan produk yang hendak dijual.

16. Penitipan anak

Sering di rumah dan suka dengan anak-anak? Yuk kita buka penitipan anak sekalian. Tak ada modal khusus yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Cukup dengan telaten dan sabar dalam menjaga anak-anak yang dititipkan kepada Anda.

17. Buka les atau bimbel

Kalau Anda punya kemampuan akademis yang bagus saat sekolah dulu, jangan sia-siakan begitu saja. Asah terus dengan membuka les atau bimbel agar tidak lupa.

Modalnya juga sangat kecil kok. Paling Anda hanya butuh meja, karpet, papan tulis, dan alat tulisnya saja. Uang 1 juta sudah lebih dari cukup untuk membuka bisnisnya.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang dapat Anda jalankan. Intinya, jangan menyerah dan lakukan yang terbaik di setiap kesempatan. Masih banyak pilihan bisnis lainnya. Berkreasilah dan lihatlah setiap peluang yang ada dengan membaca peta persaingan di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.