10 Usaha Tanpa Modal Laba Maksimal, Tanpa Pengalaman Bisa!

  • by
Inspirasi usaha tanpa modal dan cara suksesnya Dropshipper atau reseller

Mau tahu pilihan usaha tanpa modal yang untungnya gede? Yuk kita coba beberapa bisnis di bawah ini. Tak perlu pengalaman, cukup punya tekad dan komitmen menjalankannya. Mulai dari nol dan kembangkan sendiri sampai bisnisnya besar.

Sebagian besar bisnisnya hanya butuh HP, laptop, paket data, dan sinyal internet. Jelas ini merupakan item yang pasti dimiliki oleh sebagian besar orang di era sekarang.

Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal buat modal. Cukup manfaatkan apa yang sudah ada untuk menjadi orang besar dengan kesuksesan yang besar.

Kami akan membahas pilihan bisnisnya dalam artikel ini, selamat menyimak!

Inspirasi usaha tanpa modal dan cara suksesnya

Berikut ini beberapa contoh bisnis tanpa modal yang dapat Anda jalankan dengan mengandalkan disiplin, tekat, niat, dan yang jelas keahlian:

1. Dropshipper atau reseller

Ketika berbicara tentang bisnis yang tidak membutuhkan modal, maka dropshipper selalu menjadi yang pertama kali terlintas di pikiran. Pasalnya, bisnis ini dapat dijalankan hanya dengan menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Inspirasi usaha tanpa modal dan cara suksesnya Dropshipper atau reseller

Dengan kata lain, penjual yang dimaksud di sini adalah supplier atau pemilik barang. Sementara pembeli bisa datang dari orang di sekitar Anda atau teman Anda di dunia maya.

Saat ini, ada banyak orang yang menjalankan dropship, bahkan anak sekolah pun bisa menjalankan bisnisnya.

Lokasi dan pilihan produknya pun sudah tersebar luas dan beragam. Mulai dari area perkotaan hingga pedesaan semunya sudah ada. Dari produk yang tadinya hanya berkutat di Fashion, kini sudah merambah ke produk lain seperti herbal hingga alat elektronik.

Salah satu keuntungan menjadi dropshipper adalah bisa mendapatkan laba tanpa harus menggelontorkan dana. Anda cukup menyediakan HP dan koneksi internet saja untuk bertransaksi dengan supplier dan buyer.

Selain itu, penjualan produknya juga bisa beragam. Caranya cukup dengan menghubungi lebih dari satu supplier untuk bekerja sama.

Karena produk yang dijual sangat beragam, maka kans untuk mendapatkan laba juga makin besar. Tergantung item mana dulu yang akan laku duluan atau paling laku keras.

2. Penulis lepas

Salah satu potensi usaha yang kini cukup naik daun adalah bekerja sebagai penulis. Bukan di aplikasi-aplikasi novel online, melainkan penulis di berbagai platform website yang membutuhkan jasa penulisan artikel.

Untuk memulai bisnis ini, satu hal yang sangat dibutuhkan, yakni keahlian menulis. Tanpa keahlian tersebut, Anda tentu tidak akan menjadi penulis, bukan?

Sebagai penunjang keahlian tersebut, Anda perlu terhubung dengan para klien. Maka dari dibutuhkan HP dan kuota internet untuk saling terhubung. Agar tulisannya cepat selesai, laptop juga amat dibutuhkan.

Jadi, intinya tidak ada modal sama sekali asalkan HP, laptop, dan kuota internet sudah Anda miliki.

3. Jadi blogger

Selain bisa menjadi penulis lepas, kalau ada keahlian menulis Anda juga bisa menyalurkannya dengan menjadi seorang blogger.

Jadi, sambil menyelam minum air. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Bila saat menjadi penulis lepas dibutuhkan HP, laptop, dan kuota internet, maka di sini pun sama. Bedanya, ada knowledge baru yang harus Anda punya, yakni tentang dunia blogging.

Mulai dari bagaimana cara membuat blog, mengelolanya supaya bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, dan hingga akhirnya berhasil.

Salah satu pengetahuan penting saat menjadi blogger adalah SEO. Anda bisa mempelajari ilmu ini langsung melalui internet. Informasinya sudah cukup kompleks dan runut.

Bila ingin benar-benar nol modal, maka Anda bisa memanfaatkan blog gratisan. Tapi kalau mau mengeluarkan sedikit dana, bisa langsung membuka membeli domain dan hosting buat blog tersebut.

4. Jadi admin sosial media

Kalau kemampuan komunikasi Anda baik, maka salah satu pilihan yang dapat dilakukan adalah menjadi admin sosial media. Saat ini ada banyak sekali lowongan yang membukanya.

Jadi admin sosial media

Pilihannya ada dua, membuka jasa sendiri atau bekerja untuk orang lain dengan melamar ke lowongan tersebut.

Meski minim pengalaman, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini. Sebab pada dasarnya tata kelola sosial media itu sederhana seperti saat Anda mengelola akun pribadi. Asalkan sudah terbiasa dengan sosial media pribadi, maka mudah untuk mempelajari sosmed buat bisnis.

5. Agen properti

Untuk menjadi agen properti, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Tapi, untungnya sangat besar karena merupakan persentase dari harga jual.

Agen properti

Bayangkan saja, bila berhasil menjual rumah senilai 500 juta rupiah, Anda akan mendapatkan sekian persen dari angka tersebut. Tergantung nilai yang disepakati dan harga yang ditarifkan.

Bila dimisalkan komisinya adalah 2 % dari harga jual, maka 2 % dari 500 juta adalah sekitar 10 juta rupiah. Maka jelas, sangat banyak bukan?

Agar sukses, Anda harus punya network yang luas untuk menjalankan bisnis ini. Tidak hanya dari para pembeli tetapi juga penjual yang hendak menawarkan rumah mereka kepada orang-orang.

6. Konten kreator

Bila Anda merasa punya kemampuan baik dalam bidang pembuatan konten, maka ini adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan akhir-akhir ini.

Anda dapat membuat konten kemudian menerbitkannya di akun media sosial untuk mendapatkan engagement tinggi.

Bila berhasil, maka akan banyak tawaran iklan yang masuk dan dari sinilah sumber penghasilan para konten kreator.

Ada banyak contoh konten kreator, di antaranya adalah selebgram di IG atau Youtuber di platform Youtube. Masing-masing hanya memerlukan HP, laptop, dan koneksi internet. Kalau mau foto dan videonya lebih berkualitas, kamera juga dibutuhkan.

Tapi untuk awal-awal, pakai kamera smartphone juga tidak akan jadi masalah. Asalkan ide kontennya bagus dan pembuatannya keren, maka bisa menarik banyak penonton untuk subscribe dan jadi followers.

7. Jasa titip

Di era pandemi seperti sekarang, mobilitas masyarakat tidak bisa bebas seperti saat sebelum pandemi. Masing-masing orang tidak bisa saling berkunjung antara kota satu ke kota lainnya.

Nah, bila ada yang ingin membeli produk khas dari satu kota tertentu, maka mereka membutuhkan jasa titip. Inilah salah satu ide usaha tanpa modal yang cukup menjanjikan di era sekarang.

Asalkan Anda tinggal di satu kota yang terkenal dengan oleh-oleh khasnya atau produk lain yang khas, maka membuka jasa titip khusus kota tersebut sangat menjanjikan. Pemasarannya bisa melalui sosial media hingga marketplace.

8. Privat online

Punya kemampuan akademik yang bagus, buka saja privat online. Jadilah salah satu guru online yang solutif dan memberikan metode baru dalam pengajaran. Dengan begini, Anda akan sukses menjalakannya.

9. Jual jasa ngerjain PR

Kalau Anda mencari usaha tanpa modal yang unik sehingga belum banyak pesaingnya, maka ini adalah salah satunya. Penjualan jasa mengerjakan PR ini bisa dilakukan melalui marketplace dan dikasih harga per nomor. Silakan tentukan tarif dan sesuaikan materinya dengan kemampuan Anda.

10. Jasa desain grafis

Kalau ada kemampuan desain grafis, kenapa tidak dimanfaatkan saja dengan baik? Toh, saat ini ada banyak orang yang membutuhkan jasanya. Meskipun memang banyak sekali orang yang sudah bisa memakai aplikasi edit foto dan grafik sendiri.

Selain bisa menawarkan jasanya secara online, Anda juga dapat membuat karya kemudian dijual di platform-platform tertentu supaya menghasilkan uang.

Itulah beberapa contoh usaha tanpa modal yang bisa Anda coba. Benar-benar modalnya nol rupiah karena hanya butuh keahlian dari pelaku bisnisnya saja. Selamat memilih dan mencobanya. Kami doakan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.