17 Ide Brilian Usaha Modal 2 Juta Untung Berlipat Ganda!

  • by
Daftar rekomendasi usaha modal 2 juta yang menjanjikan Bisnis les lesan bimbel kursus

Mau berbisnis tapi terkendala dana? Cobalah ide usaha modal 2 juta. Meski modalnya kecil, untungnya bisa berlipat ganda.

Memulai usaha tidak melulu harus punya uang yang banyak. Bahkan, kebanyakan pebisnis besar memulai usahanya dari nol alias dari skala kecil dulu.

Nah, untuk memulai bisnis dengan skala kecil ini biasanya dibutuhkan modal yang kecil pula. Asal tekun, rajin, dan pantang menyerah dalam menjalankannya, maka tinggal menunggu waktu saja agar bisnisnya bisa berkembang menjadi besar dan menghasilkan banyak uang.

Nah, jika Anda tertarik untuk belajar berwirausaha, maka tidak ada salahnya untuk memulainya dari yang kecil dulu. Hal ini semacam ini bisa dilakukan oleh mahasiswa, karyawan, fresh graduate, ibu rumah tangga, pasangan muda yang baru menikah dan yang lainnya.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa opsi inspirasi usahanya. Selamat menyimak.

Daftar rekomendasi usaha modal 2 juta yang menjanjikan

Di bawah ini adalah beberapa pilihan bisnis bermodal 2 juta yang dapat Anda coba:

1. Bisnis les-lesan (bimbel / kursus)

Daftar rekomendasi usaha modal 2 juta yang menjanjikan Bisnis les lesan bimbel kursus

Bimbel atau bimbingan belajar merupakan salah satu peluang bisnis yang modalnya sangat kecil. Terang saja, untuk memulainya Anda hanya perlu:

  • Papan tulis seharga Rp 160.000,-.
  • Alat tulis (buku, spidol, penghapus, pulpen, dll.) seharga Rp 50.000,-.
  • Meja tulis lipat Rp 80.000,- x 15 = Rp 1.200.000,-.
  • Etalase dan lemari untuk menyimpan buku-buku seharga Rp 500.000,-.
  • Modul dan alat peraga untuk belajar Rp 300.000,-.

Jika ditotal, maka dana yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 2.210.000,- saja. Itu pun, masih ada yang bisa di-skip seperti etalase yang bisa diganti dengan lemari buku lama.

Padahal, usaha modal 2 juta ini jelas menguntungkan. Anda bisa membuka kelas privat dan bimbingan kelompok. Untuk privat, tarifnya lebih mahal. Sedangkan untuk kelompok, Anda tinggal mengajar 1 kelompok sekali waktu sehingga lebih menghemat waktu.

Menariknya lagi, bisnis bimbel atau kursus ini dapat dijalankan oleh siapa saja. Mulai dari mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Tinggal disesuaikan saja waktu mengajarnya.

Bila tertarik, ada berbagai pilihan mata pelajaran yang bisa diajarkan atau dikursuskan. Misalnya, Matematika, Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, baca tulis berhitung (calistung), mengaji, dan yang lainnya.

Tinggal tentukan saja mana yang paling dikuasai kemudian pilih materi tersebut untuk diajarkan.

2. Jualan jajanan anak-anak (bocah)

Setiap anak pasti suka jajan. Untuk itu, Anda bisa mencoba membuka usaha modal 2 juta di rumah ini. Pelanggannya jelas anak-anak di sekitar rumah. Jika sudah berhasil dengan skala kecil, Anda bisa membuka skala yang lebih besar dengan menjadi grosir jajanan anak.

3. Buka katering rumahan skala kecil

Punya hobi atau suka memasak? Manfaatkan hobi tersebut dengan membuka katering rumahan. Misalnya dengan menyediakan menu makan pagi, siang, dan malam.

Buka katering rumahan skala kecil

Kalau rumah Anda dekat dengan area perkantoran, cobalah untuk menjadi penyedia makanan untuk para karyawan di kantor tersebut. Selain itu, promosi juga bisa dilakukan dengan menyebarkan pamflet kepada tetangga dan area sekitar kompleks rumah.

Dengan begitu, akan ada banyak orang yang bisa membeli makanannya.

Bisnis IRT ini murah lantaran peralatannya bisa dijadikan satu dengan peralatan dapur yang sudah dimiliki. Selain itu, jika mau fokus online, Anda juga tidak butuh tempat sewa.

Saran kami, berhati-hatilah dalam menentukan harga makanannya. Sebagai pemula, patok dengan harga yang murah untuk menarik pelanggan. Pasalnya, bisnis makanan adalah soal rasa dan kualitas. Dan hal tersebut merupakan sesuatu yang relatif pada masing-masing orang.

4. Jadi agen pulsa elektrik

Berikutnya, salah satu bisnis yang modalnya tidak hanya kecil tapi juga fleksibel adalah berjualan pulsa elektrik. Usahanya bisa dimulai dari modal ratusan ribu sampai jutaan. Tergantung kemampuan dana masing-masing orang.

Bisnis ini bisa dikembangkan dengan cepat. Dari yang awalnya hanya berjualan langsung ke end-user sampai mengembangkan jaringan dengan merekrut downline.

Produknya pun beragam. Mulai dari pulsa, paket data (kuota internet), pembayaran PLN pasca bayar dan prabayar, BPJS, dan yang lainnya.

Keberagaman produk ini meningkatkan kans untuk mendapatkan pelanggan yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan.

5. Buka kursus online

Apabila bisnis kursus offline membutuhkan alat-alat tertentu sehingga modalnya bisa sampai jutaan, maka kursus online bisa menjadi pilihan yang lebih murah sebab bisa dimulai tanpa modal sama sekali.

Asalkan punya HP dan kuota internet, maka berikutnya Anda tinggal membuka kursusnya saja. Lakukan promosi di media sosial, jangkau pasar terdekat kemudian kembangkan ke orang lain yang tidak dikenal atau bertemu di jagat maya.

Selain bisa fokus di kursusnya, usaha modal 2 juta ini juga berpotensi dikembangkan ke arah yang lebih luas. Misalnya dengan membuat tutorial, e-book, atau semacamnya kemudian dijual kepada mereka yang membutuhkan.

6. Coba grosir baju

Jika Anda berkunjung ke marketplace, maka ada banyak sekali baju-baju online yang dijual secara paket atau grosiran. Biasanya, isi paket bajunya lengkap dengan harga yang super murah. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membeli bajunya kemudian dijual lagi.

Karena harganya sangat murah, Anda pun punya pilihan untuk menjualnya secara ecer atau grosir untuk menarik banyak pelanggan.

Silakan jual produknya secara offline dan online. Atau, ikuti bazaar dan pameran tertentu untuk memasarkan produknya.

7. Jadi agen asuransi

Asuransi menjadi kebutuhan manusia di era saat ini. Buktinya, banyak sekali orang yang sudah sadar untuk mengumpulkan uang buat dana pendidikan, memproteksi jiwa, dan semacamnya.

Menariknya, untuk menjadi agen asuransi, Anda hanya perlu modal minimal 300 ribu per bulan untuk bayar premi. Jadi, selain bisa tergabung jadi agen, uang ini juga sekalian buat jadi member untuk memproteksi diri.

Kalau mau proteksinya lebih banyak, menambah premi sampai 2 juta juga tidak akan jadi masalah. Justru malah akan menguntungkan karena persentase proteksinya jadi bisa diatur dengan lebih mudah.

Jika tertarik dengan usaha modal 2 juta ini, maka ketahuilah bahwa persaingan di dunia asuransi cukup ketat. Selain bersaing dengan para agen dari asuransi lain, Anda juga harus bersaing dengan agen-agen yang bekerja di bank.

8. Buka jasa dekorasi acara

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang enggan ribet untuk menyiapkan acara. Tak heran bila jasa dekorasi dan organizer acara makin banyak dicari.

Apabila Anda punya skill seni untuk mendekor acara, maka sangat disarankan untuk membuka usaha dekorasi. Yang diperlukan untuk membuka usaha ini selain skill adalah peralatan. Anda bisa menyiapkan peralatan sederhana yang disulap menjadi hal luar biasa.

Dengan peralatan sederhana, akan lebih mudah juga untuk menentukan harga pasar. Untuk menarik minat pelanggan, menetapkan harga yang tidak terlalu mahal bisa jadi pilihan.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah peralatan-peralatan buat mendekor sehingga pilihan desain dekorasinya makin banyak dan disukai oleh pelanggan.

9. Jadi reseller online

Kesempatan untuk menjadi reseller online terbuka lebar untuk siapa saja. Modalnya sangat minim, menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual.

Jadi reseller online

Perlu diketahui bahwa produk yang ditawarkan oleh supplier umumnya beragam. Mulai dari baju hingga produk herbal.

Dari sekian banyak pilihan produk, salah satu contoh usaha modal 2 juta yang dapat diambil adalah baju muslim dan jilbab. Hal ini karena berjualan pakaian muslim memiliki kans yang tinggi untuk cepat terjual.

10. Membuka jasa jahit pakaian

Jika Anda punya skill menjahit, maka pintar-pintarlah dalam memasarkan keahlian tersebut. Hal ini karena di era sekarang ternyata banyak sekali orang yang mencarinya. Bahkan, saking butuhnya banyak yang mencari jasa secara online.

Menariknya, saat sudah cocok dengan satu orang, pelanggan biasanya akan kembali ke orang tersebut untuk menjahitkan pakaiannya.

Pasalnya, bisnis jahit adalah bisnis yang berbasis kualitas dan kepercayaan. Jika pelanggan sudah percaya Anda bisa menghasilkan jahitan yang berkualitas dalam tempo yang sesuai deadline, maka mereka akan kembali lagi.

Menurut pantauan kami di situs online, harga mesin jahit ada di kisaran 2 jutaan. Jadi, modal 2 juta bisa difokuskan untuk beli mesin. Sementara bahan seperti benang, jarum, dan yang lainnya bisa dianggarkan secara terpisah dengan nominal yang tidak terlalu besar.

11. Waralaba makanan dan minuman

Banyak sekali bisnis franchise makanan yang banderol harganya hanya sekitar 1 – 2 juta. Tidak heran bila bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang banyak peminatnya.

Adapun contoh makanan dan minuman yang bisa dikembangkan adalah menu makanan camilan dan minuman kemasan.

12. Buka pesanan snack untuk acara

Punya keahlian membuat kue? Cobalah gunakan untuk membuka jasa pembuatan snack. Bisnis ini bisa dikerjakan rumahan sehingga tidak perlu modal besar.

Yang perlu disediakan hanya peralatan memasak atau membuat makanannya. Sementara bahan bisa dibeli saat ada pesanan yang masuk.

13. Gorengan

Gorengan menjadi menu camilan sejuta umat yang sudah pasti laris manis baik di desa maupun kota. Menu makanan ini sangat diminati oleh segala usia. Dari yang kecil hingga dewasa.

Maka dari itu, peluang untuk membuka usaha modal 2 juta ini terbuka lebar dengan profit margin yang cenderung besar, minimal 40%.

Karena modal yang minim, Anda bisa pakai uangnya untuk fokus beli peralatan masak dan berjualan. Jangan berpikir untuk menyewa tempat dulu apalagi jika sewanya mahal.

14. Jual menu sarapan pagi

Nasi uduk, nasi pecel, atau menu sarapan pagi lainnya merupakan beberapa pilihan makanan yang laris di pagi hari. Tidak hanya di kota, tetapi juga di desa.

Anda bisa berjualan menu sarapan pagi di rumah, menerima pesanan skala kecil, atau menjadi penyedia nasi sarapan bungkus untuk para pasien dan petugas di rumah sakit.

Kalau pilihan ketiga diambil, maka pastikan untuk memasak makanan sehat sehingga lebih mudah diterima pembeli.

Modal usahanya sangat kecil karena alat masaknya bisa nebeng peralatan memasak di rumah. Tinggal dimanfaatkan saja.

15. Jualan minuman instan

Jika Anda tidak suka berjualan minuman dari waralaba, maka silakan buat brand sendiri. Artinya, mulailah dengan membeli gerobak sendiri kemudian jual minuman instan yang dikemas dengan apik.

Sediakan blender seharga 600 ribu agar minuman tersebut terasa berbeda dari saat dibuat sendiri di rumah. Dengan begitu, rasa minumannya akan spesial sehingga banyak yang menyukainya.

Kalau uang dua juta tidak cukup untuk membeli gerobak, silakan fokus gunakan uangnya untuk kulakan blender, gelas, dan bahan pembuat minumannya.

16. Bikin kue kering dan kue basah

Punya keahlian bikin kue kering dan kue basah? Itu bagus. Anda bisa mulai membuka pesanan jual beli kue kering dan basah. Atau, buatlah kue basah dan buat sistem konsinyasi dengan para pedagang kue.

Bikin kue kering dan kue basah

Khusus untuk kue kering, silakan buat kuenya dan kirim ke toko-toko tertentu. Ketika masa lebaran, bukalah pemesanan kue sehingga mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka bisnis sampingan ini adalah cetakan kue, oven, mixer, dan yang lainnya.

Secara total, belanja peralatan tersebut hanya akan menghabiskan uang 1,5 jutaan. Tergantung merek dan ukuran produk yang dibeli. Sisa uangnya bisa digunakan fokus untuk membeli bahan pembuat kue.

17. Frozen food goreng ala anak-anak

Berikutnya, Anda juga bisa berjualan frozen food goreng ala anak-anak. Jajanan ini sering dijumpai di sekolahan tapi tak masalah dijadikan jajanan ala rumahan.

Jualan ini tidak ribet. Tak perlu skill memasak karena produknya sudah jadi dan tinggal goreng sampai matang saja. Berbeda dengan cilok yang membutuhkan skill memasak tersendiri sebab Anda perlu membuat ciloknya.

Modal bisnisnya jelas sebab Anda cukup beli alat untuk menggoreng, etalase kecil (bila perlu), kompor, gas, dan frozen food-nya. Uang 2 juta sudah lebih dari cukup untuk memulai usahanya.

Selain 17 pilihan usaha modal 2 juta di atas, Anda juga bisa coba bisnis lain seperti berjualan sayur segar, cilok, aneka sayur matang, dan yang lainnya. Modalnya juga ringan tapi hasilnya melimpah. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.