27 Peluang Usaha Modal 50 Juta Terbaru yang Potensial

  • by
Daftar peluang usaha modal 50 juta yang potensinya bagus

Peluang usaha modal 50 juta sangat besar. Dengan dana ini Anda tidak hanya bisa membuka usaha kecil, tetapi juga bisa jadi grosir!

Selain skala usahanya yang jauh lebih besar, dengan uang 50 juta Anda juga punya banyak pilihan bisnis. Mulai dari makanan, fashion, hingga franchise.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perencanaan dan perincian biaya dengan matang sebelum memulai usahanya.

Sebagai langkah awal untuk menetapkan rencana Anda, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa inspirasi ide usaha yang bagus dengan modal 50 jutaan. Selamat menyimak.

Daftar peluang usaha modal 50 juta yang potensinya bagus

Sebagian orang kadang bingung bagaimana cara memutar uang 50 juta. Karena tidak mau ribet, kadang ada yang langsung menaruhnya di deposito karena tidak mau uangnya tiba-tiba habis.

Daftar peluang usaha modal 50 juta yang potensinya bagus

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha dengan uang tersebut, di bawah ini adalah beberapa ide bisnis yang dapat kami sampaikan:

1.      Kafe atau warung kopi

Kafe dan warung kopi tetap menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan karena saat ini makin banyak orang yang suka nongkrong sambil menghabiskan waktu bersama.

Tidak hanya itu, semakin banyaknya orang yang WFH dan freelance, makin banyak pula orang yang membutuhkan tempat yang cozy buat bekerja.

Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan tempat buat mereka. Pilih lokasi yang strategis, buat tempat yang cozy buat kerja dan nongkrong. Pastikan bahwa tempat duduk dan mejanya nyaman. Atur menu sesuai kebutuhan pelanggan.

Biasanya yang diperlukan adalah minuman seperti teh, kopi, jus, dan semacamnya. Untuk makanan, Anda bisa menyediakan makanan utama dan camilan seperti kentang goreng, pisang goreng coklat, atau yang lain.

2.      Usaha toko bakery

Berikutnya, Anda bisa coba membuka usaha bakery. Adapun bakery yang dimaksud di sini bisa fokus di satu jenis produk atau lebih.

Misalnya, Anda bisa fokus di brownies saja atau donat saja. Anda juga bisa membuka toko bakery lengkap dengan menyediakan donat, roti tawar, roti kering, camilan kemasan, hingga pemesanan kue ulang tahun.

Yang terpenting, gunakan uangnya untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis sehingga bisnisnya bisa langsung jalan.

Supaya makin lancar lagi, bukalah order atau pemesanan online. Kalau tinggal di kota, silakan bekerja sama dengan ojek online. Kalau tinggal di desa, manfaatkan self delivery order.

3.      Bisnis laundry

Membuka bisnis laundry juga bisa menjadi pilihan Anda bila mau mencoba peluang usaha modal 50 juta. Anda bisa memilih untuk membuka laundry kiloan dari proses pencucian sampai setrika sendiri atau pakai sistem self laundry di mana pelanggan tinggal menyewa mesin laundry saja.

Bisnis laundry

Kalau mau opsi pertama, jelas Anda harus menggunakan uangnya untuk mempekerjakan orang selain membeli alat dan menyediakan tempat untuk usahanya.

Sementara untuk opsi kedua, fokusnya adalah menyediakan mesin sebanyak-banyaknya untuk menghindari antre berkepanjangan.

Usaha ini sangat perlu lokasi yang strategis dengan area parkir yang nyaman. Maka dari itu, jika ada dana lebih, silakan cari lokasi yang memadai.

Kalau sudah ada rumah sendiri yang lokasinya strategis, Anda bisa menggunakan rumah tersebut.

Pilihan terakhir jika Anda tidak punya lokasi yang strategis adalah bekerja sama dengan homestay, hotel, kos-kosan, atau penginapan.

Anda bisa menjadi laundry tetap buat para penghuni atau customer dari persewaan penginapan tersebut.

4.      Cuci mobil dan motor

Cucian mobil dan motor ternyata bisa dibuka dengan modal 50 juta. Peluang bisnis ini sangat menguntungkan bila dijalankan dengan serius. Baik itu di pedesaan maupun di perkotaan.

Selain tempat, Anda perlu menyediakan alat untuk membuka bisnis ini. Khusus untuk pencucian mobil dengan sistem hidrolik, alatnya dibanderol dengan harga 60 jutaan. Paket usaha ini cukup menguntungkan sebab bisa menghasilkan omset ratusan juta per bulan.

5.      Rumah makan

Rumah makan bermodal 50 juta memiliki skala yang cukup besar. Anda bisa mencoba membuka bisnis rumah makan yang dekat kosan dengan mempekerjakan minimal 5 pegawai.

Adapun contoh menu yang bisa Anda pilih adalah ayam geprek, rumah makan padang, soto lamongan, bakso, dan yang lainnya.

Karena skalanya lumayan besar, Anda butuh lokasi yang punya parkir nyaman. Jadi, jangan lupa pastikan lokasi depan rumah makannya agak luas sehingga bisa buat parkir keluarga maupun pasangan.

6.      Toko HP dan laptop

Toko HP dan laptop juga bisa menjadi peluang usaha modal 50 juta yang menguntungkan. Pasalnya, usaha gadget semacam ini sedang banyak dibutuhkan. Hampir setiap orang membutuhkan gadget untuk berkomunikasi.

Dengan membuka toko HP dan laptop, Anda punya pangsa pasar yang lumayan luas. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja.

7.      Jualan baju

Berjualan baju sebenarnya juga bisa dimulai dari modal yang kecil, yakni dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Namun, jika Anda punya modal yang besar, ada baiknya untuk melirik bisnis baju dalam skala besar pula. Misalnya menjual baju muslim, jilbab, atau baju anak-anak. Atau, Anda juga bisa menjual beragam jenis baju tersebut bersamaan.

Yang jelas, penjualannya harus secara online dan offline agar pangsa pasarnya makin luas dan pasti untung.

Mulailah dari produk baju yang paling sesuai dengan passion. Sebagai contoh, untuk ibu muda yang baru sering-seringnya membelikan pakaian untuk anak, memilih berjualan produk baju anak jelas lebih menguntungkan karena lebih mengerti spesifikasi produknya dengan baik.

8.      Bisnis konveksi

Peluang usaha modal 50 jutaan berikutnya adalah berbisnis konveksi. Untuk diketahui, harga mesin jahit saat ini berkisar di angka 2,5 sampai 3 juta rupiah. Dengan kata lain, uang 50 juta bisa dipakai untuk membeli maksimal 20 unit mesin jahit.

Namun, Anda tidak bisa langsung menggunakan semua uang tersebut untuk membeli mesin. Pasalnya, usaha ini membutuhkan alat dan bahan lain seperti benang, kain, jarum, kancing, dan biaya pegawai.

Menariknya, bisnis konveksi bisa dijalankan di rumah. Asalkan tempatnya luas dan memadai, Anda bisa menjalankannya dengan nyaman, aman, dan lancar.

Bisnis ini bisa dijalankan baik di desa maupun di kota. Hanya saja yang perlu dicatat, biaya pegawai untuk kedua tempat tersebut jelas berbeda. Padahal, persaingan harga akhir produk sudah secara nasional.

Jadi, kalau mau meminimalkan biaya produksi khususnya yang berasal dari pegawai, akan lebih aman jika penjahit yang disewa adalah dari desa dulu.

9.      Salon kecantikan

Membuka bisnis salon kecantikan ternyata juga sangat menguntungkan. Bisnis ini bergerak di bidang layanan. Selama Anda bisa memberikan servis terbaik, maka orang tak akan segan menjadi pelanggan.

Salon kecantikan

Selain itu, dukung layanan terbaik Anda dengan peralatan yang memadai sehingga pelanggan yang datang tidak akan pindah ke tempat lain.

10.  Usaha katering makanan sehat

Makanan sehat menjadi salah satu menu yang sedang banyak dicari. Khususnya di kota besar yang padat penduduk dan sibuk. Pasalnya, banyak orang yang tidak bisa memasak hanya karena tidak ada waktu akibat kesibukan mereka.

Padahal, makanan sehat itu penting dan sedang gencar digalakkan. Banyak orang yang sudah melek kesehatan sehingga menghendaki menu-menu sehat untuk keseharian mereka. Baik itu berupa menu diet untuk menurunkan berat badan maupun diet untuk menjaga kesehatan.

Anda bisa menjadi salah satu pengusaha yang membuka bisnis ini. Tidak banyak modal yang diperlukan. Anda bahkan bisa mulai dari modal 10 juta atau 20 juta dulu.

Bisnis modal 50 juta di desa yang menguntungkan

Jika bisnis-bisnis di atas bisa dijalankan di kota dan desa dengan potensi yang sangat baik, maka berikut ini adalah beberapa opsi bisnis yang berpotensi menghasilkan jika dijalankan di desa:

11.  Grosir sembako

Uang 50 jutaan bisa dipakai untuk membuat toko kelontong kecil menjadi sebuah toko sembako besar tempat toko-toko kecil kulakan.

Anda bisa menjadi toko grosir dan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan banyak pelanggan dan keuntungan.

Jika Anda memilih bisnis modal 50 juta di desa ini, maka pastikan untuk membina kerja sama yang baik dengan para sales dan distributor yang mengantarkan produknya ke toko. Dengan begitu, kerja samanya akan lebih lama dan saling menguntungkan.

Sebagai catatan, bisnis semacam ini akan lebih mudah dijalankan di desa karena belum banyak minimarket. Anda masih belum punya pesaing sehingga kesempatan untuk menambah pundi rupiah sangat terbuka lebar.

12.  Agen LPG dan jualan air galon

Menjadi agen LPG dan jualan air galon juga sangat menguntungkan. Bisnis ini menjadi salah satu opsi yang layak untuk dipertimbangkan karena semua orang membutuhkannya.

Silakan beli alat air isi ulang galon, kerja samalah dengan stasiun LPG dengan menjadi agennya. Maka, Anda bisa menjual produknya dengan lebih leluasa.

Untuk pelayanan terbaik dan terpercaya, silakan siapkan armada khusus untuk proses pengantaran ke toko-toko kecil di desa Anda.

13.  Bisnis fotokopi dan ATK

Bisnis fotokopi juga menjanjikan banyak peluang yang menguntungkan. Selain karena minim persaingan, bisnis ini juga makin diminati lantaran jumlah sekolah di area pedesaan semakin banyak.

Mesin fotokopi harganya sekitar 15 sampai 20 jutaan. Anda bisa mulai dengan satu atau dua mesin dulu. Nah, sisa uangnya bisa untuk melengkapi ATK seperti kertas, alat tulis, dan yang lainnya.

14.  Digital printing

Untuk membuka usaha modal 50 juta ini, Anda butuh lokasi yang strategis, SDM yang sesuai dengan bidangnya, mesin untuk printing, dan yang lainnya.

Digital printing

Di desa, bisnis ini sangat menjanjikan. Pasalnya, ada banyak orang yang butuh mencetak undangan, membuat banner (untuk sekolah, pengajian, dll), mencetak nama untuk aqiqah, dan yang lainnya.

Tentu saja, usahanya akan makin besar jika Anda punya network atau jaringan yang luas. Misalnya dengan mengambil proyek saat pemilu tiba.

15.  Persewaan alat pesta dan sound system

Sewa alat pesta dan sound system? Bisa! Modalnya antara 30 sampai 50 juta tergantung jenis terop, kursi, dan alat sound yang dibeli.

kalau di desa, peluang usaha modal 50 juta ini sangat menguntungkan. Pasalnya, ada banyak hajatan yang membutuhkannya. Mulai dari pernikahan, khitanan, pengajian dalam rangka hari besar islam, acara di tingkat kelurahan, dan semacamnya.

Sebagai catatan, untuk membuka usaha ini Anda juga perlu armada untuk membawa barang-barang yang mau disewakan. Gunanya untuk antar jemput barangnya.

16.  Peternakan ikan

Beternak ikan bisa menjadi opsi yang menjanjikan. Lahan yang luas dan air yang masih melimpah adalah alasan kenapa bisnis ini cocok dijalankan di pedesaan.

Anda bisa mulai membuat tambak ikan untuk nila, gurame, patin, lele, dan ikan air tawar lainnya. Bekerja samalah dengan warung lalapan yang menyediakan menu ikan. Mulai dari tingkat kecamatan kemudian kabupaten.

Dengan begitu, bisnisnya akan mudah berkembang dan menguntungkan.

17.  Peternakan unggas

Unggas yang dimaksud di sini sangat banyak jenisnya. Mulai dari ayam petelur, ayam daging, puyuh, burung dara, dan yang lainnya. Anda bisa memilih salah satu unggas atau mengembangkannya bersamaan.

Namun, yang perlu dijadikan catatan adalah bahwa salah satu tantangan beternak unggas adalah izin dari masyarakat sekitar. Jika Anda bisa mendapatkannya dan mereka tidak keberatan, maka bisnisnya bisa berjalan lancar.

Selain itu, selama bisnisnya berjalan, waspadai juga berkembangnya virus pada unggas.

18.  Beternak sapi dan kambing

Sapi dan kambing merupakan contoh hewan ternak yang selalu dibutuhkan. Harganya meroket pada saat jelang Idul Adha.

Beternak sapi dan kambing

Untuk memulai bisnis ini Anda tinggal membeli 2 sapi. Sisa uangnya dipakai untuk membeli kambing. Untuk tempat, kami asumsikan ada tanah untuk kandang sendiri sehingga tidak perlu sewa tempat.

19.  Membuka pertamini

Mesin pertamini memiliki harga yang bervariasi. Tapi secara umum ada di kisaran 16 sampai 20 jutaan. Artinya, dengan uang 50 juta Anda sudah bisa berjualan di 2 titik berbeda.

Yang perlu dilakukan adalah memilih tempat yang strategis supaya banyak pelanggan yang bisa langsung membeli saat mereka kehabisan bensin di jalan.

20.  Reseller produk dari kota

Tidak ada salahnya mengadopsi usaha dari kota untuk dikembangkan di desa. Anda bisa coba dengan menjadi reseller produk yang umumnya berasal dari kota tapi sangat dibutuhkan di desa. Misalnya, kosmetik, produk butik, makanan khas di kota tertentu, dan yang lainnya.

Bisnis ini terkesan tidak menjanjikan, tapi nyatanya bisa berhasil bila dijalankan dengan serius.

Pasalnya, ada banyak orang di desa yang malas ke kota karena armada. Padahal mereka juga suka dan butuh barang-barang tersebut.

21.  Pertanian sesuai potensi desa

Anda bisa coba bertani khusus untuk tanaman-tanaman yang berpotensi di daerah tersebut. Contohnya, jika daerahnya terkenal sebagai penghasil bawang merah, maka buatlah pertanian bawang merah skala besar.

Pertanian sesuai potensi desa

Selanjutnya, jika di daerah Anda ada pabrik rokok, maka cobalah bertani tembakau dan mengirimkan hasilnya ke perusahaan tersebut.

Demikian juga jika desanya dikenal sebagai penghasil cabai terbaik, Anda bisa mencoba bertani cabai skala besar untuk menjadi pemasok di pabrik saus atau menjualnya langsung ke grosir cabai di perkotaan.

22.  Penggilingan padi

Paket mesin penggilingan padi harganya sekitar 20 jutaan. Jika Anda memilih untuk membuka usaha ini, maka dibutuhkan juga tempat yang luas. Jadi sisa uangnya bisa dipakai untuk menyiapkannya.

Bisnis ini sangat menguntungkan karena sebagian besar masyarakat desa pasti punya sawah yang hasilnya adalah padi. Mereka butuh padi tersebut untuk jadi beras dan jelas butuh penggilingannya.

Selain bisa membuka jasa penggilingan padi untuk masyarakat setempat, Anda juga bisa membeli padinya untuk dijadikan beras dan dijual di rumah makan terdekat yang skalanya besar.

Selain itu, Anda bisa jadi pengusaha pemasok beras kemasan 10 kg, 5 kg, 3 kg, dan 2,5 kg. Sesuaikan dengan kebutuhan dan momennya saja. Jika untuk memasak sehari-hari bisa yang 10 kg dan 5 kg. Sementara kemasan 2,5 kg dan 3 kg khusus buat zakat di bulan Ramadhan.

Franchise modal 50 juta

Franchise modal 50 juta

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha waralaba dengan modal 30 juta, 40 juta, sampai 50 juta rupiah:

23.  Waralaba makanan modal 30 sampai 50 juta

Ada banyak contoh waralaba makanan yang dibanderol dari harga 30 jutaan sampai 50 juta. Di antaranya kebab, soto, donat, pizza, bakso, fried chicken, martabak, hingga geprek. Menu-menu tersebut cukup banyak penggemarnya sehingga memiliki BEP yang cukup cepat.

Salah satu contohnya adalah Arofah Kebab yang banderol harga franchise-nya mulai 35 jutaan rupiah.

24.  Privat dan bimbingan belajar

Berikutnya adalah franchise yang bergerak di bidang jasa, yakni jasa pendidikan khusus untuk bimbingan belajar.

Contoh peluang usaha modal 50 juta yang bergerak di bidang ini adalah franchise bimbingan belajar bahasa inggris, matematika, komputer, hingga kelas animasi.

Gakko Digital Art dan Animation adalah salah satu contoh bisnis bimbingan belajar animasi yang dibanderol dengan harga 50 juta. Waralaba ini sudah ada sejak 2011, fokus pada jasa pelatihan dan pendidikan. Yakni kelas digital animasi untuk anak mulai umur 5 tahun.

25.  Franchise minuman 30 sampai 50 juta

Selain makanan, ada beberapa pilihan waralaba minuman yang dapat dicoba. Di antaranya adalah minuman kopi dan jus.

Karena harganya lumayan mahal, tentu peralatan yang didapatkan dan skala bisnisnya juga tidak asal-asalan.

26.  Laundry sepatu dan kiloan

Peluang usaha modal 50 juta berikutnya adalah bisnis laundry. Kali ini fokusnya di laundry sepatu. Salah satu nama brand-nya adalah Dr. Shoes.

Laundry sepatu dan kiloan

Harga waralaba dr. shoes ini mulai 35 juta rupiah. Layanan jasa yang ditawarkan tidak hanya sepatu tetapi juga mencuci topi hingga tas.

Waralaba semacam ini cocok untuk dijalankan di perkotaan karena hanya di kota Anda bisa menemukan harga sneaker yang mahal dan perlu perawatan khusus.

27.  Barbershop dan beauty center

Berikutnya adalah barbershop dan beauty center. Ada banyak waralaba yang dapat dipilih di sini. Salah satunya adalah Coolio Barbershop. Bisnis jasa ini cukup menguntungkan dengan profit margin yang tinggi.

Barbershop dan beauty center

Itulah beberapa pilihan peluang usaha modal 50 juta yang menguntungkan dan potensial dijalankan di desa dan kota. Intinya, dana 50 juta sudah cukup besar sehingga skala bisnisnya juga jauh lebih besar dibanding peluang usaha modal 5 juta atau 3 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.