Analisa Usaha Jus Buah Lengkap yang Labanya Menggiurkan

  • by
Analisa usaha jus buah

Laba usaha jus buah memang bisa sampai 100 %. Namun, Anda tetap harus mengukurnya dengan cermat. Jangan sampai beli banyak buah yang akhirnya busuk dan bikin rugi. Ketahui kunci suksesnya di sini!

Jus merupakan menu yang peminatnya beragam dan banyak. Minuman satu ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, lansia pun sangat menyukai dan membutuhkan menu ini.

Hal ini menunjukkan bahwa jus buah merupakan menu yang permintaannya tinggi sehingga pasti laku saat dijual.

Jika saat ini Anda tertarik untuk menjual menu ini, maka pastikan untuk mengetahui lebih detail tentang usahanya agar tidak ada yang salah perhitungan. Kesalahan perhitungan bisa mengakibatkan kerugian.

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba membahas tentang bisnis ini secara mendalam. Selamat menyimak sampai selesai.

Analisa usaha jus buah

Analisa usaha jus buah

Berikut ini adalah beberapa potensi hingga risiko jualan jus yang harus Anda tahu:

Potensi atau peluang bisnis jus buah

Sebagaimana disampaikan di atas, usaha ini merupakan contoh bisnis yang potensinya besar. Di bawah ini adalah beberapa poin yang membuat usahanya sangat potensial:

  • Permintaannya tinggi karena disukai oleh anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.
  • Bisa diminum untuk menyegarkan tubuh, bisa juga buat diet dan kesehatan.
  • Ada banyak jenis buah di Indonesia sehingga mudah membuat aneka rasa berbeda.
  • Modal yang dikeluarkan sedikit.
  • Cocok untuk pemula karena bisnisnya mudah dijalankan.
  • Perlengkapan yang dibutuhkan mudah didapatkan dan tergolong tidak ribet.
  • Pangsa pasar luas. Bisa anak sekolahan, orang kantoran, hingga pelaku diet.
  • Penjualan bisa secara langsung dan online.
  • Bisa dijalankan dari rumah.
  • Dapat disambi dengan melakukan bisnis sampingan lainnya.
  • Profit margin tinggi sehingga mudah menghasilkan banyak uang.

Selain hal-hal di atas, masih banyak poin lain yang membuat bisnisnya sangat menguntungkan. Poin-poin ini bisa dimaksimalkan agar usahanya makin lancar.

Risiko dan kelemahan usaha jus buah

Selain potensinya yang luar biasa, bisnis ini ternyata juga punya risiko atau kelemahan. Adapun poin yang menjadi kendala atau kelemahannya adalah:

  • Saat produknya tidak laku, berarti ada buah yang akan tersisa. Buah ini akan layu atau busuk seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, perhitungan yang tepat bisa meminimalkan terjadinya kelebihan buah yang akan membusuk.
  • Memilih lokasi yang strategis adalah pilihan yang tepat agar bisnisnya cepat dikenal. Namun, Anda mungkin perlu mengeluarkan dana tambahan untuk mengelola usaha.
  • Saat dijual di daerah yang dingin, usahanya mungkin tidak seramai di daerah yang panas.
  • Bersaing dengan kompetitor yang sudah terlebih dulu punya pelanggan loyal itu sulit.
  • Permintaan khusus dari pelanggan untuk jus buah custom kadang dilupakan sehingga menimbulkan rasa kecewa di hati pelanggannya.

Selain hal-hal di atas, masih banyak poin lain yang menjadi kendalanya. Anda harus selalu siap untuk mengatasi setiap tantangan atau kendala yang ada.

Perhitungan modal bisnis jual aneka jus buah

Perhitungan modal bisnis jual aneka jus buah

Untuk membuka usaha jus buah, dibutuhkan modal yang tergolong kecil. Adapun contoh keperluan yang harus disiapkan adalah:

  • Sealer cup untuk membungkus atau mengemas jusnya seharga 750 ribu.
  • Blender seharga @ 650 ribu x 2, menjadi 1,3 juta.
  • Gerobak seharga 2,5 jutaan.
  • Biaya listrik dan lain-lain sekitar 200 ribu.
  • Cup dan plastik kemasan seharga 150 ribu.
  • Karyawan satu orang 1,5 juta.
  • Biaya lain-lain sekitar 300 ribu.
  • Belanja buah, gula, dan susu sekitar 700 ribu.

Dari rincian di atas, didapatkan modal total sekitar 7,4 juta rupiah.

Bisnis minuman ini tergolong sebagai usaha dengan modal di bawah 10 juta rupiah. BEP-nya tergolong cepat, tidak ada 3 bulan.

Kalau Anda tidak mau terlalu ribet menyiapkan semuanya di awal sendiri, maka salah satu solusinya adalah dengan membeli waralaba jus buah. Di Indonesia, opsi franchise semacam ini sudah banyak. Tinggal dipilih saja salah satunya.

Paket usaha jus buah ini biasanya sudah ready atau siap untuk dioperasikan. Brand-nya sudah dikenal dan Anda bisa langsung menjualkan produknya.

Tips sukses memulai dan menjalankan usaha jus buah

Tips sukses memulai dan menjalankan usaha jus buah

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah menyukseskan bisnis jualan jus buah:

1. Melakukan riset pasar

Riset pasar adalah salah satu yang paling penting dalam usaha jus buah. Dengan melakukan riset, Anda akan tahu bagaimana kebutuhan pelanggan, dari mana saja kompetitornya, dan bagaimana kondisinya.

Dengan riset pasar, Anda juga bisa dengan mudah menentukan target pasar Anda. Mau dikemas seperti apa usahanya dan konsepnya seperti apa.

Maka dari itu, langkah awal ini tidak boleh dilewatkan karena akan mempengaruhi keseluruhan bisnisnya nanti.

2. Analisa kompetitor

Setelah pasarnya dicermati dengan baik, Anda juga harus memfokuskan riset pada kompetitor. Riset ini harus dilanjutkan dengan analisa yang baik mengenai kompetitornya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan solusi sesuai dengan kondisi yang ada.

3. Menyediakan modal

Berikutnya, silakan siapkan modalnya. Sebelum itu, pastikan untuk menghitung dengan cermat apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan konsep usaha jus buah. Setelah perhitungannya lengkap dan tepat, silakan siapkan modalnya. Belanjakan sesuai dengan rencana anggaran belanjanya.

4. Mempersiapkan alat dan bahan

Siapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka usahanya. Contohnya menyiapkan modal untuk membeli gerobak, blender, dan mesin sealer cup. Selain itu, Anda juga perlu membeli wadah gula, penakar, dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk membeli kursi buat para pelanggan. Agar mereka tetap nyaman saat harus menunggu pesanannya disiapkan. Pastikan kursinya cukup untuk mengantre agar semua pelanggan sama-sama merasa nyaman.

Setelah perlengkapan dan peralatan usaha jus buah ini siap, Anda bisa fokus untuk membeli bahan untuk membuat jusnya.

5. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi juga menentukan prestasi bisnis Anda. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis, aman, dan nyaman. Pastikan aksesnya mudah sehingga pelanggan bisa menemukan tempat usaha Anda. Saat mereka haus di jalan, mereka bisa langsung memarkir kendaraan dan memesan jusnya.

6. Mencari supplier buah yang terpercaya

Untuk memastikan bahwa jus yang dibuat berkualitas, Anda juga harus memakai bahan yang berkualitas. Bahan utama pembuatnya adalah buah, maka dari itu Anda harus menemukan pemasok atau pedagang buah yang terpercaya.

Pemilik usaha supplier ini haruslah pribadi yang mudah diajak komunikasi, bersedia memberikan buah dengan kualitas terbaik, buahnya selalu tersedia, dan bisa dipercaya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan harga buahnya. Jangan sampai harganya kemahalan karena jelas akan mempengaruhi harga akhir dari jus buah yang Anda jual kepada pembeli.

Jika usaha jus buah yang Anda bangun punya harga yang lebih mahal, maka bukan tidak mungkin bisnisnya akan dijauhi pembeli.

7. Menetapkan harga yang sesuai dengan target market

Selanjutnya, silakan tetapkan harga yang pantas sesuai dengan biaya operasional dan target market yang dituju.

Anda mungkin bisa menggunakan hasil harga dari riset kompetitor sebagai patokan, kemudian disesuaikan juga dengan biaya-biaya yang Anda keluarkan untuk membuat jusnya.

8. Menjaga kualitas jus

Kualitas rasa jus akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Maka dari itu, penting untuk terus mengecek kualitas buahnya, hanya menggunakan buah yang masih bagus, meninggalkan buah dengan kualitas buruk, dan yang lainnya.

Selain itu, jagalah kebersihan dari blender yang dipakai untuk membuat jusnya. Sebab, sering berganti buah tanpa dicuci juga akan membuat rasa jusnya menjadi aneh. Pastikan untuk menyiapkan air untuk membersihkan blendernya sampai bersih sebelum digunakan lagi.

Teknik penyimpanan buah juga harus diperhatikan supaya buahnya awet dan tidak mudah rusak meski tidak habis dalam satu hari. Anda harus mengerti mana buah yang bisa tahan lama, mana yang tidak. Dengan begitu, jumlah pembeliannya bisa disesuaikan.

9. Memberikan pelayanan terbaik

Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, yakni dengan ramah, mendengarkan dan memberikan apa yang mereka pesan dengan sesuai. Jangan sampai salah memberikan pesanan apalagi mengabaikan permintaan khusus mereka pada jus tersebut.

Misalnya, ada yang memesan jus tanpa gula dan susu untuk diet, maka Anda harus siap menyediakannya tanpa kesalahan.

10. Bekerja sama dan berjualan secara online

Untuk memperluas pasar, silakan jual produknya secara online. Kalau hidup di kota, Anda bisa bekerja sama dengan aplikasi ojek online. Sementara untuk penjualan di kampung atau desa, silakan manfaatkan sosial media secara maksimal.

Terimalah delivery order dan lakukan pengiriman atau COD sesuai dengan pesanan pelanggan.

Demikian cara sukses mengelola usaha jus buah yang dapat Anda lakukan. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah untuk mencapai keberhasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.