19 Ide Bisnis Online Syariah Terbaru yang Halal dan Potensinya

  • by
Contoh bisnis online syariah yang laris manis

Bisnis online syariah berpotensi besar di Indonesia karena mayoritas WNI adalah muslim. Cek rekomendasi bisnisnya di sini untuk mencobanya!

Berbisnis dengan basis syariah merupakan salah satu ketentuan yang ada dalam islam. Jika bisa menjalankannya, maka uang yang dihasilkan akan halal dan sesuai dengan tuntunan agama.

Apabila Anda mau mencoba usaha yang syar’i, maka perlu diketahui dulu pengertiannya. Usaha syar’i adalah sebuah usaha yang dijalankan oleh umat islam menurut ketentuan yang berlaku dalam islam, yakni sesuai dengan Alquran dan Hadits.

Nah, bila dulu berbisnis syar’i hanya terbatas di dunia nyata, kini usaha semacam ini juga sudah merambah ke dunia digital mengikuti perkembangan zaman.

Apabila Anda mau menjadi pengusaha online, maka penting untuk memahami ketentuan syariah dan contoh bisnisnya agar tidak salah jalan.

Pada kesempatan ini, kami akan membahasnya secara rinci. Selamat menyimak.

Potensi bisnis syariah di Indonesia

Sebelum membahas contoh bisnis online syariah, perlu Anda ketahui bagaimana potensi usaha ini bila dijalankan di Indonesia.

Potensi bisnis syariah di Indonesia

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara di mana warga negaranya mayoritas memeluk agama islam. Yang mana mereka harus hidup sesuai dengan tuntunan dan ajaran agamanya, termasuk dalam hal jual beli.

Sedangkan saat ini, metode dan kegiatan jual beli telah memiliki arti yang lebih luas. Jika dulu hanya sebatas bertemunya penjual dan pembeli secara langsung, kini pertemuan mereka sudah bisa terjadi secara online atau daring.

Kegiatan jual beli online ini mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi setiap orang, termasuk orang islam. Bedanya, kegiatan tersebut harus memiliki batasan agar tidak melanggar syariah.

Kondisi semacam ini jelas membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat muslim yang ingin berjualan. Terlebih, dengan mengikuti syariah, hasil yang didapatkan juga pasti halal dan bisa memberikan berkah buat kehidupan mereka di dunia dan akhirat.

Konsep bisnis syariah

Tentu Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa tetap dalam batasan syariah ketika berjualan secara daring. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam bisnis online syariah:

  • Usahanya tidak boleh melibatkan atau terkait dengan perjudian.
  • Tidak boleh ada riba.
  • Tidak boleh menimbun barang kemudian menjual lagi saat harganya melonjak.
  • Harus mematok harga yang sesuai dengan kualitas produknya.
  • Tidak boleh menyembunyikan kekurangan produk pada pembeli.
  • Hanya menjual barang yang halal sesuai dengan ajaran islam. Misalnya, tidak boleh menjual makanan haram, dll.
  • Berbisnis secara jujur, tidak boleh menipu.
  • Mengawasi timbangan dan ukuran dengan tepat. Tidak boleh mengurangi atau melebihkannya.

Intinya, harus jujur dengan apa yang dijual, produknya berkualitas, dan tidak menipu.

Contoh bisnis online syariah yang laris manis

Contoh bisnis online syariah yang laris manis

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha syar’i yang dapat Anda jalankan secara daring:

1. Membuka katering makanan sehat dan halal

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang jelas akan dibutuhkan banyak orang. Jika Anda ingin berjualan secara online dan syar’i, maka bukalah katering makanan sehat dan halal.

Pertama, Anda akan mendapatkan berkah dari makanan tersebut karena halal dan sesuai ajaran islam. Kedua, berkah yang didapatkan adalah karena makanannya sehat sehingga bermanfaat buat tubuh orang yang membelinya.

2. Membuat toko online berbasis syariah khusus baju islami

Produk berikutnya yang sangat laris saat dijual secara online adalah baju muslim. Baju atau pakaian semacam ini tidak hanya laku keras secara musiman, tetapi juga setiap hari.

Jangan kira, orang hanya membeli pakaian muslim saat jelang hari raya saja, sebab faktanya setiap hari orang Indonesia kini lebih memilih fashion muslim ketimbang yang kurang syar’i.

Untuk itu, silakan pilih baju islami seperti apa yang mau dijual. Contoh produknya adalah baju koko, peci, sarung, gamis perempuan, dress panjang, jilbab, dan yang lainnya.

Dari sekian banyak contoh tersebut, yang selalu masuk ke dalam jajaran produk terlaris di e-commerce adalah jilbab dan pakaian muslim wanita. Kalau tertarik, Anda bisa mencobanya sekarang.

3. Menjadi freelancer muslim

Peluang bisnis online berbasis syariah berikutnya adalah dengan menjadi freelancer khusus produk islami. Saat ini ada banyak situs tentang freelance tapi memang belum ada yang secara khusus berlabel syariah.

Untuk itu, Anda bisa bergabung dengan catatan, cara Anda menjalankan bisnisnya harus dengan hati-hati dan sesuai dengan ketentuan islam.

Pastikan untuk memilih bidang yang sesuai keahlian agar bisnisnya lancar jaya.

4. Membuka konsultan syariah

Jika Anda punya ilmu agama yang baik, tidak ada salahnya untuk membuka jasa konsultan syariah tempat bertanya para konsumen yang mungkin membutuhkan bimbingan.

5. Berjualan qurban online

Bisnis online syariah berikutnya adalah dengan menjual hewan qurban secara online. Bisnis ini laku musiman saja. Yakni pada saat hari raya qurban.

Meski begitu, saat pelanggan sudah mengenal Anda, mereka bisa jadi akan berbondong-bondong menghubungi saat butuh daging buat aqiqah atau acara tertentu.

6. Membuat aplikasi islami

Ada banyak aplikasi yang ada di smartphone. Khusus untuk bisnis online syariah, silakan buat aplikasi syariah. Misalnya adalah aplikasi penghitung waris, aplikasi tajwid yang benar, aplikasi alquran dan yang lainnya.

Selain bisa mendatangkan uang, produk semacam ini diharapkan bisa mendatangkan pahala karena terus digunakan oleh para pengguna smartphone.

7. Menjadi konsultan SEO

SEO merupakan ilmu yang paling dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Dengan kemampuan SEO yang baik, Anda bisa menjadi konsultan buat para pemilik situs atau toko online yang ingin situsnya masuk ke halaman satu pencarian.

Namun ingat, dalam prosesnya Anda tetap harus mengingatkan konsumen bahwa situs yang diterima hanya yang islami, bukan situs perjudian atau mengandung unsur-unsur yang dilarang dalam islam.

8. Menjadi penulis online

Jika Anda punya keahlian menulis, maka manfaatkan untuk membuat karya di dunia online. Pastikan karya ini adalah milik sendiri bukan hasil jiplakan dari orang lain.

Tidak harus soal islam, Anda bisa menerima pekerjaan lain seperti artikel seputar kesehatan, kecantikan, hingga pendidikan. Namun ingat, jangan sampai menulis sesuai yang berhubungan dengan penipuan atau hal-hal lain yang dilarang.

Kecuali yang Anda tulis adalah larangan untuk melakukan hal-hal tersebut atau ajakan untuk menghindari hal-hal yang dilarang dalam islam. Maka, bisnis online syariah seperti ini baru diperbolehkan.

9. Membuat blog

Selain bisa menulis online, keahlian menulis juga dapat dimanfaatkan dengan membuat blog sendiri kemudian jadi publisher.

Nah, selain memperhatikan konten yang dibuat, saat membuat blog dan mengisinya dengan iklan, Anda juga harus memperhatikan iklan yang tampil di situs tersebut.

Pasalnya, kini iklan-iklan kadang muncul yang tidak islami dan cenderung dilarang dalam islam. Untuk menekannya, silakan buat konten positif, atur tampilan iklannya dengan memblokir iklan yang tidak bagus dan melanggar ketentuan.

10. Menjadi youtuber

Macam-macam bisnis syariah berikutnya adalah menjadi youtuber. Perbedaan mendasarnya dengan blogger adalah kemampuannya. Di mana di sini Anda harus bisa merekam dan mengedit video supaya menghasilkan konten yang bagus.

Bisnis online syariah ini bisa dijalankan baik oleh lelaki maupun perempuan. Khusus bisnis muslimah, Anda bisa fokus ke masak memasak atau konten bermanfaat lainnya. Bisnisnya mudah karena dapat dikerjakan sebagai usaha rumahan.

Jika sudah disukai dan ditonton banyak orang, maka silakan pasangi iklan dengan memperhatikan opsi iklannya.

11. Jadi influencer di media sosial secara positif

Selain youtube dan blog, platform lain yang bisa dimanfaatkan adalah sosial media. Namun, pastikan bahwa Anda membagikan sesuatu yang bersifat positif sebab faktanya kini makin banyak sosial media yang jadi ajang kurang bagus dan dicontoh oleh banyak orang.

Pasalnya, saat sudah berhasil membuat media sosial terkenal, Anda akan langsung jadi influencer yang tindakannya pasti banyak yang mencontoh.

12. Membuka jasa internet RT RW di kampung

Bisnis online syariah berikutnya adalah berjualan atau menyewakan internet atau wifi ke tetangga atau orang-orang.

Jasa internet RT RW ini mengharuskan Anda bekerja sama dengan banyak orang. Pastikan cara Anda benar, yakni dengan tidak memakai tiang orang lain saat memakai kabel, menghadapi konsumen dengan santun, dan memberikan kecepatan internet sesuai dengan produk yang mereka pesan.

Yang demikian itu dilakukan supaya usahanya lebih berkah dan tidak kehilangan esensinya.

13. Menyewakan spot iklan untuk produk yang halal

Jika biasanya membuat situs bisa dipasangi iklan dari Google Adsense, kini Anda juga bisa mulai membuat situs khusus yang kemudian bisa dipasangi iklan dari produk-produk halal seluruh masyarakat muslim se-Indonesia.

Menyewakan spot iklan untuk produk yang halal

Contoh kecil dari bisnis online syariah ini adalah Anda bikin website makanan atau produk herbal. Kemudian karena pengunjungnya sudah tinggi, salah satu spot disewakan kepada pemilik produknya agar pengunjung situs bisa langsung membeli melalui orang tersebut.

14. Membuka jasa penulisan artikel atau jadi agen

Jika opsi sebelumnya memungkinkan Anda untuk membuat artikel sendiri, maka opsi ini memungkinkan Anda untuk menjadi agen atau membuka jasa penulisan artikel.

Bila poin sebelumnya Anda bekerja sendiri, di sini ada orang lain yang turut ikut membuat artikelnya. Artinya, selain bisa bermanfaat buat pemesan, Anda juga bisa memberikan lapangan pekerjaan buat penulis-penulis online lain untuk berkarya.

Tapi selalu ingat untuk memberikan batasan atas pekerjaan yang bisa Anda terima supaya tetap berada di koridor islam dan tidak menyalahi aturan.

15. Membuka jasa desain grafis

Jasa desain grafis seperti membuat undangan, logo, dan sebagainya juga merupakan contoh usaha syar’i. Asalkan desain yang diciptakan merupakan hasil karya sendiri, bukan jiplakan apalagi copy dari orang lain.

Selain itu, perhatikan juga logo atau desain yang dibuat, jangan sampai menyalahi aturan islam agar tetap berada di koridor bisnis online syariah.

16. Menjual perlengkapan sholat

Perlengkapan sholat merupakan contoh bisnis online yang cukup menguntungkan karena dibutuhkan oleh semua umat. Anda bisa menjual mukena, sajadah, hingga oleh-oleh haji.

17. Menjual kitab-kitab atau buku islam online

Kitab dan buku-buku islami merupakan kebutuhan yang penting. Anda bisa menjualnya secara online agar bisa dibeli dari orang di seluruh Indonesia.

Adapun contoh produknya adalah alquran, iqra’, kitab fiqh, kisah nabi, dan yang lainnya. Anda bisa menjual buku islam seperti layaknya toko buku biasa.

18. Jadi agen travel umroh dan haji online

Cobalah untuk menjadi agen travel umroh dan haji secara daring. Pasarkan produknya secara jujur kepada seluruh orang yang dikenal maupun belum dikenal.

19. Coba ojek syariah online

Ojek online merupakan salah satu peluang usaha di kota yang cukup menjanjikan. Nah, bayangkan bila Anda mau membuka bisnis ini secara syariah. Yakni dengan membuat sekat khusus antara pengendara dan pengemudi kendaraan.

Atau, Anda juga bisa memilih konsumennya saja. Misalnya, ojek cowok hanya menerima pesanan dari cowok. Sementara untuk pengendara cewek hanya menerima pesanan dari cewek dan anak-anak.

Sistem seperti ini tentu mendatangkan kenyamanan buat semua muslim dan muslimah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara.

Demikian informasi tentang bisnis online syariah yang dapat kami sampaikan. Masih banyak contoh lainnya. Yang terpenting, pahami ketentuannya dengan baik dan jalankan hanya karena mengharap ridlo Allah SWT. Niat dan tekun menjalankannya karena Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.