40 Ide dan Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bikin Sukses

  • by
Ide dan peluang bisnis ibu rumah tangga terbaru Jadi penulis lepas

Biar menghasilkan dan sukses, yuk pilih peluang bisnis ibu rumah tangga secara tepat dan cermat. Hitung modalnya dan pilih yang paling mudah dijalankan supaya tidak mengganggu aktivitas harian.

Pilihan bisnisnya sangat banyak, mulai yang dikerjakan di rumah secara offline. Hingga yang bisa dikerjakan secara offline sekaligus online.

Spesial buat Anda, kami akan membahasnya dalam artikel ini. Selamat menyimaknya sampai selesai.

Ide dan peluang bisnis ibu rumah tangga terbaru

Ibu rumah tangga yang masih muda dan melek digital, berikut ini ide bisnis yang dapat Anda coba:

1. Jadi penulis lepas

Ide dan peluang bisnis ibu rumah tangga terbaru Jadi penulis lepas

Jika Anda punya kemampuan menulis yang baik, maka silakan salurkan untuk menjadi penulis lepas melalui website-website. Uang yang dihasilkan dari bisnis ini bisa langsung didapatkan, berbeda dengan menulis buku yang harus menunggu royalti saat bukunya terjual.

2. Jadi dropshipper

Dropshipper menjadi pilihan usaha yang juga menguntungkan. Ini menjadi salah satu contoh bisnis online ibu rumah tangga yang sangat minim modal karena Anda tidak perlu menyediakan stok barang di rumah.

Cukup punya HP dan koneksi internet, Anda sudah bisa menjalankannya sambil mengurus anak dan rumah.

3. Buka toko online

Cobalah buka toko online. Manfaatkan marketplace, sosial media, dan website pribadi untuk berjualan. Semuanya harus dilakukan secara online agar Anda bisa menyambinya dengan mengurus rumah tangga.

Buka toko online

Untuk pengiriman barang, silakan manfaatkan jasa ekspedisi terdekat dan bekerja samalah agar produk yang dijual bisa dijemput ke rumah.

4. Buka kursus online

Anda juga bisa coba buka kursus online. Materinya tergantung apa yang paling Anda kuasai. Namun sebaiknya, pilihlah pangsa pasar yang tepat, yakni anak-anak atau orang dewasa yang membutuhkan bimbingan tapi sudah bisa mengoperasikan HP.

Misalnya, membuka kursus mengaji bagi para ibu-ibu yang sudah berumur.

5. Jadi penerjemah secara online

Jika Anda punya keahlian dalam menerjemahkan, kini ada banyak kesempatan menjadi penerjemah online yang terbuka lebar. Contohnya adalah menerjemahkan buku, jurnal, drama, film, dan yang lainnya.

Silakan kumpulkan informasinya dan ambil kesempatannya bila datang.

6. Jadi youtuber

Cobalah belajar videografi dan fotografi, kemudian pelajari juga cara edit video. Kemudian, bagikan hal-hal seru dan bermanfaat di salah satu platform berbagi video Indonesia, yakni Youtube.

Adapun contoh konten yang dapat dibuat adalah parenting, review mainan anak, tutorial memasak, tutorial memakai makeup, DIY dengan tema tertentu, dan yang lainnya.

7. Jadi blogger

Selain youtuber, IRT juga bisa jadi blogger bila punya keahlian menulis. Modalnya cuma laptop dan kemampuan untuk membuat serta mengoperasikan website.

Jadi blogger

Agar bisa mendapatkan trafik tinggi jika tahu tentang Search Engine Optimization (SEO). Jadi, silakan pelajari sambil berjalan.

Usaha kreatif ibu rumah tangga

Berikut ini ide-ide kreatif untuk para IRT yang punya skill dan kreativitas mumpuni:

8. Membuat kerajinan tangan

Tidak semua orang punya keahlian dalam membuat kerajinan tangan. Biasanya, hanya mereka yang memiliki jiwa telaten yang bisa. Dan kabar baiknya, mayoritas yang memiliki hal tersebut adalah IRT.

Anda bisa coba ikut pelatihan-pelatihan pembuatan kerajinan tangan tertentu, kemudian membuatnya sebagai suvenir dan menjualnya baik secara online maupun offline.

Contoh kerajinan tangannya adalah gantungan kunci, pembuatan mahar, bungkus kado unik, dan yang lainnya. Kerajinan tangan semacam ini dihargai mahal, jadi sekali membuat Anda bisa dapat banyak uang.

9. Buka jasa jahit

Kalau Anda bisa jahit, tidak ada salahnya membuka jasa. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan konveksi terdekat atau pemilik usaha pakaian tertentu.

Usaha kreatif ibu rumah tangga Buka jasa Jahit

Biasanya, mereka akan merekrut karyawan dengan upah tertentu yang dihitung per pakaian yang dihasilkan.

Jadi, selain bisa mengerjakan pesanan dari perorangan, Anda juga bisa mengerjakan pesanan yang bersifat borongan sehingga pendapatannya makin banyak.

10. Jadi desainer

Kalau punya keahlian menggambar dan membuat desain, tidak ada salahnya diwujudkan dengan menjadi desainer baju, hijab, desain grafis, atau yang lainnya.

Meskipun sudah banyak aplikasi desain di Play Store dan App Store, faktanya masih banyak orang yang mencari desainer sekedar untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan tidak ada kembarannya.

Selain itu, dengan membuatnya sendiri, nilai seninya biasanya juga lebih tinggi.

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang

Selain beragam pilihan yang sudah kami paparkan di atas, Anda juga mencoba usaha di bawah ini:

11. Jualan tanaman

Peluang bisnis ibu rumah tangga berikutnya adalah jualan tanaman. Ini juga bisnis yang bisa dijalankan di rumah. Namun perlu dicatat bahwa usaha ini termasuk dalam kategori hobi. Dibutuhkan ilmu dan ketelatenan untuk menjalankannya.

12. Membuka katering

Banyak sekali IRT yang membuka katering. Anda pun dapat mencobanya apabila punya keahlian memasak.

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang Membuka katering

Adapun katering yang ditawarkan tergantung pada pangsa pasar di daerah Anda. Kalau di perkotaan, Anda bisa buka katering untuk acara pernikahan, katering makanan diet, dan yang lainnya.

Sementara di desa, pilihan kateringnya lebih sedikit karena mayoritas orang desa lebih suka memasak sendiri.

13. Terima pesanan kue (donat, brownis, bolu, dll)

Donat, brownis, bolu, dan makanan bakery lainnya memiliki pangsa pasarnya sendiri. Bagi orang Indonesia, ini adalah camilan yang cukup mengenyangkan.

Nah, Anda bisa menerima pesanan kue semacam ini selama menjadi ibu rumah tangga. Tentukan menu hariannya agar pelanggan bisa memilih sendiri apa yang mereka pesan.

Selain itu, bekerja samalah dengan lembaga-lembaga tertentu untuk menjadi penyedia snack saat mereka sedang ada acara.

14. Membuat makanan atau kue kering

Peluang bisnis ibu rumah tangga selanjutnya adalah membuat makanan atau kue kering. Makanan semacam ini sebenarnya tidak musiman, tapi memang permintaannya akan meningkat saat hari raya tiba.

Membuat makanan atau kue kering

Jika Anda ingin menjualnya secara harian, silakan bekerja sama dengan toko-toko snack dan juallah secara online.

15. Buka usaha spa dan pijat di rumah

Punya keahlian pijat dan spa? Bukalah bisnis pijat atau spa di rumah. Mereka yang membutuhkan jasa Anda akan datang sendiri ke rumah untuk dilayani. Namun sebelum itu, pastikan untuk promosi dan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan kembali lagi.

16. Membuka toko sembako

Selain katering, banyak ibu rumah tangga di Indonesia yang membuka bisnis toko sembako. Bisnis ini amat memudahkan IRT karena bisa dijalankan dari rumah dengan mudah.

Selain menjadi salah satu usaha untuk IRT, toko sembako juga menjadi salah satu peluang usaha terbaru dan terlaris. Pasalnya, sebesar apa pun skala usaha yang dijalankan, pasti akan laku dan tidak ada matinya.

17. Punya pertamini

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini merupakan peluang yang menjanjikan. Ini adalah versi baru dari penjual bensin eceran yang menerapkan cara konvensional.

Cara baru ini terbukti bisa meraih banyak pembeli dan sukses. Anda pun bisa mencobanya asalkan rumahnya dekat jalan raya dan strategis.

Soal modal, dibandingkan dengan versi konvensional, pertamini memang cenderung lebih mahal karena butuh belasan juta rupiah hanya untuk membeli alat pengisian BBM saja.

18. Jualan pulsa, paket internet, dan PPOB

Berjualan pulsa, paket internet, dan PPOB bisa digabung jadi satu. Bahkan, Anda juga bisa bekerja sama dengan perbankan untuk menjadi agennya. Dengan begitu, perputaran uangnya akan makin cepat dan keuntungannya bisa diperoleh dari biaya admin yang ditetapkan pada masing-masing transaksi.

19. Memproduksi bumbu siap saji

Jika memang ada keahlian memasak, manfaatkanlah untuk membuat bumbu cepat saji. Di antara yang bisa Anda coba adalah membuat sambal dengan cita rasa yang lezat atau bumbu-bumbu dapur siap saji lainnya.

Sebagai contoh, bumbu untuk membuat gado-gado, bumbu pecel, rawon, soto, rujak, dan yang lainnya.

20. Jasa potong rambut khusus cewek

Sejauh ini, kita sering melihat pangkas rambut cowok. Tapi tidak ada potong rambut buat cewek. Maka dari itu, Anda bisa mencoba melihat peluang usaha ini dan menjalankannya.

Karena kebanyakan cewek jarang potong rambut (tidak seperti cowok), maka Anda bisa menambahkan layanan agar banyak orang yang datang untuk ekstra layanan tersebut.

21. Laundry dan jasa setrika

Menyetrika adalah salah satu kegiatan umum yang dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Sekalian menyetrika pakaian yang ada di rumah, silakan sekalian membuka jasa setrika agar bisa menghasilkan uang.

Selain setrika, buka juga usaha laundry dengan harga yang dihitung per kilo atau kiloan.

22. Jasa penitipan anak

Daycare atau jasa penitipan anak menjadi salah satu hal yang paling dicari di kota-kota besar, khususnya oleh orang tua yang sangat sibuk di kantor sehingga tidak sempat mengurus anak mereka.

Untuk memulainya, Anda bisa pakai modal kecil karena tak harus menyediakan perlengkapan yang memadai. Mulailah dari skala kecil dengan mengutamakan layanan terbaik.

23. Budidaya ikan

Membudidayakan ikan dapat dijadikan sebagai pilihan usaha yang menjanjikan di rumah. Bisnis ini bisa dijalankan di desa dengan memanfaatkan lahan yang masih luas.

Buat kolam dekat rumah sehingga proses perawatan ikannya jauh lebih mudah.

24. Jasa rias

Kalau Anda punya keahlian dalam merias, tidak ada salahnya membuka jasa rias. Boleh untuk pengantin, anak-anak sekolah saat ada acara wisuda dan yang lainnya, atau untuk acara-acara tertentu.

Bisnis ini memiliki kesempatan yang cukup besar untuk dikembangkan.

25. Jual produk skin care

Kaum wanita identik dengan produk-produk kecantikan. Salah satunya adalah skin care yang kini menjadi produk wajib untuk merawat kulit wajah selain make up.

Anda pun bisa menjualnya dengan bergabung menjadi agen terlebih dulu.

Selain offline, penjualannya juga bisa dilakukan secara online asalkan packing-nya bagus dan aman.

26. Ikut MLM pilihan

Ada banyak peluang MLM yang bisa dicoba. Bisnis dengan sistem keanggotaan semacam ini cukup menjanjikan buat IRT karena banyak pelatihan yang akan dilaksanakan selama menjalankannya.

Pelatihannya pun bisa dilakukan secara online sambil mengurus rumah tangga.

Namun, Anda perlu hati-hati saat memiliki bisnis MLM yang paling tepat. Jangan sampai tertipu sebab banyak MLM yang hanya fokus memperkaya upline saja tanpa mempertimbangkan nasib downline-nya.

27. Buka toko mainan

Mainan menjadi barang yang sangat fast move. Selain itu, keuntungannya juga lumayan banyak sehingga banyak yang sukses menjalankannya.

28. Rental perlengkapan bayi

Ini adalah salah satu usaha terbaru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Usahanya cocok dijalankan di perkotaan di mana karakteristik orangnya memang individual.

Di area pedesaan yang notabene lebih sosialis dengan adanya sistem pinjam meminjam barang secara gratis, usaha ini tidak begitu cocok. Meski begitu, Anda tetap bisa mencobanya.

29. Bisnis hampers

Hampers menjadi salah satu contoh bisnis kekinian yang cukup menarik untuk dicoba. Hanya dengan menambahkan paket tertentu dengan packing yang menarik, Anda bisa menaikkan harga secara signifikan dan menghasilkan banyak keuntungan.

30. Frozen food

Bisnis frozen food ini ada beberapa jenis. Pertama adalah yang dijual dalam bentuk makanan beku, kedua adalah yang dijual dalam bentuk sudah matang seperti sosis goreng, bakar dan yang lainnya.

Anda bisa pilih menjalankan keduanya agar lebih besar keuntungannya.

31. Penitipan hewan peliharaan

Selain anak, hewan peliharaan kini juga ada penitipannya. Untuk membuka usaha ini, Anda harus punya skill mengurus hewan dengan baik. Jangan asal karena binatang peliharaan biasanya punya rasa sayang yang besar terhadap majikannya. Mereka tidak mudah betah saat pindah tempat tinggal.

32. Franchise makanan dan minuman

Saat ini ada banyak sekali bisnis franchise untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Mayoritas merupakan bisnis makanan seperti burger, kebab, crepes, minuman coklat, dan yang lainnya.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Silakan analisa lingkungan sekitar dan cek apa yang paling cocok. Kemudian, temukan usaha franchise yang paling pas.

33. Galon dan gas LPG

Berjualan galon dan gas LPG juga sangat menjanjikan dan tidak akan mengganggu kegiatan sebagai IRT. Soal keuntungan memang tidak terlalu besar, tapi bila bisa menjual dalam jumlah yang besar, keuntungannya pun akan besar juga.

34. Bisnis hijab

Hijab menjadi salah satu ladang bisnis yang menjadi pilihan mayoritas ibu rumah tangga. Betapa tidak, ini adalah produk yang fast move dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan baju.

Selain itu, ada banyak sekali konveksi yang menyediakannya dengan harga yang cenderung bersaing.

Tinggal pilih saja mana yang paling murah dengan kualitas terbaik kemudian jual di lingkungan sekitar. Mayoritas orang Indonesia beragama Islam. Tentu saja, produk ini sangat menjanjikan.

35. Usaha pakaian anak

Selain memanfaatkan pasar dari kaum muslim, Anda juga bisa memanfaatkan perkembangan anak-anak yang sangat cepat dengan membuka toko pakaian untuk mereka.

Sistem penjualannya bisa online dan offline. Agar lebih menarik, sediakan juga hampers atau layanan bungkus kado agar makin banyak yang tertarik.

36. Warung makan

Membuka warung makan di rumah bisa jadi pilihan yang sangat pas. Anda bisa menjual menu untuk sarapan pagi atau malam. Selain itu, bisa juga khusus menyediakan sayuran matang dan menu lauk pauk saja.

37. Menyediakan tempat kos

Kalau Anda tinggal di daerah yang dekat dengan kampus atau area perkantoran, silakan renovasi rumah dan buatlah berkamar-kamar untuk membuka usaha kos-kosan.

38. Bimbingan belajar

Selain bisa membuka kursus secara online, Anda juga bisa membuka bimbingan belajar di rumah. Bisnis ini cukup menjanjikan di era pandemi. Pasalnya, saat sekolah fokus online, banyak orang tua yang merasa kesulitan menemani anak mereka belajar.

Agar anaknya tetap bisa mengejar ketertinggalan di kelas, dibutuhkanlah bimbingan belajar dengan kuota terbatas.

39. Admin media sosial

Tidak ada yang menyangka bila menjadi admin media sosial bisa menjadi peluang bisnis IRT yang cukup menjanjikan. Anda tinggal mengumpulkan informasi peluang dan kesempatannya saja kemudian menjalankannya secara online pakai HP atau laptop bila diperlukan.

40. Jualan sayuran

Berjualan sayuran di rumah juga bisa menjadi pilihan yang pas. Alih-alih menunggu penjual sayur yang keliling, IRT kadang perlu membeli langsung dari penjual yang ada di rumah. Khususnya saat butuh sesuatu tambahan di siang dan malam hari.

Pasalnya, mayoritas pedagang sayur keliling berjualan di pagi hari saja.

Selain peluang bisnis ibu rumah tangga sukses di atas, masih banyak contoh lain yang bisa dicoba. Terkadang, ide bisnis ini muncul sewaktu-waktu di saat tak terduga. Yang penting anda tahu cara melihat peluang usaha di sekitar anda. Jadi, selamat mencoba yang paling pas diterapkan di daerah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *