29 Peluang Usaha Rumahan yang Trend Cocok Buat Pemula

  • by
Peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Peluang usaha rumahan bisa dilakukan siapa saja sambil melakukan hal lain di rumah. Modalnya pun kecil dan keuntungannya bersifat terus menerus.

Bisnis ini sangat fleksibel. Anda bisa menjalankannya sambil momong anak di rumah. Bisa juga dikerjakan sambil kuliah.

Pilihan bisnisnya pun sangat banyak. Jadi, bila tidak cocok dengan satu jenis usaha karena persaingannya ketat, Anda bisa pilih yang lainnya.

Tertarik mencobanya? Kami akan membahas opsi usahanya di sini. Jadi, selamat menyimak sampai selesai.

Peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha yang sangat cocok buat Anda yang baru terjun ke dunia bisnis:

1. Berjualan pulsa dan paket internet

Berjualan pulsa dan internet menjadi bisnis yang bisa dilakoni dengan mudah. Jadi, Anda yang masih pemula, jangan ragu melakukan bisnis ini.

Hal yang dibutuhkan hanya HP. Kemudian, jadilah member dari distributor pulsa. Dengan begitu, Anda bisa langsung menjadi penjual pulsa dan paket internet untuk semua orang di sekitar Anda.

Kalau ibu rumah tangga, bisa berjualan ke tetangga, teman di grup, atau yang lain. Untuk mahasiswa, bisa berjualan kepada teman kuliah, satu jurusan, atau satu kampus. Bisa juga ke teman satu kos.

2. Membuat camilan atau makanan ringan

Khusus untuk ibu rumah tangga yang punya kelebihan atau hobi memasak, maka membuat makanan ringan dapat dijadikan pilihan yang pas. Makanan ringan seperti gorengan, donat, kue basah, kolak, dan yang lainnya sangat cocok disantap di pagi, siang atau sore hari.

Menu lain seperti kue kering bisa Anda jadikan pilihan saat jelang hari raya. Sesuaikan menu pilihannya dengan momen dan menu yang disukai oleh orang yang ada di sekitar Anda.

3. Membuka warung makan

Warung makan juga memberikan keuntungan yang sifatnya terus menerus dengan profit margin yang besar. Anda bisa membuka warung makan seperti nasi pecel, nasi campur, atau yang lain. Dapat juga berjualan khusus sayuran matang dan lauk pauknya saja.

Tinggal disesuaikan saja dengan menu yang disukai di daerah tersebut.

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda melakukan riset pasar dulu sebelum memulai bisnisnya agar tahu apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar dan bisa mengukur tingkat persaingannya.

4. Membuka laundry kiloan

Peluang usaha rumahan berikutnya yang tidak kalah menguntungkan adalah laundry kiloan. Bisnis ini bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dengan begitu mudah sebab hanya butuh mesin cuci dan setrika yang notabene sudah tersedia di rumah.

Dengan kata lain, usaha ini bisa dimulai tanpa modal dengan hanya memanfaatkan alat yang sudah tersedia di rumah.

5. Menerima jasa jahit

Menjahit adalah skill yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Maka dari itu, saat Anda memiliki keahlian ini, manfaatkanlah dengan baik.

Caranya adalah dengan membuka jasa jahit, baik itu permak maupun pembuatan baju atau pakaian secara utuh.

Umumnya bisnis semacam ini minim pesaing asalkan Anda tinggal di daerah yang memang bukan sentra konveksi atau tempat banyak orang bisa menjahit.

Selain bisa membuka bisnis jasa menjahit, kemampuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu bagian dari konveksi. Atau, Anda bisa bikin produk pakaian sendiri untuk dijual secara online.

Pilihan dan kesempatannya banyak, silakan disesuaikan saja dengan kondisi masing-masing.

6. Bisnis rental PS

PS mungkin tidak serame dulu. Tapi peluang usaha rumahan ini tetap bisa memberikan keuntungan bila dijalankan. Anda dapat mencobanya dengan menyediakan alat yang memadai dan mengikuti tren atau teknologi yang ada.

7. Bikin warung kopi

Selain warung makan, warung kopi juga memberikan keuntungan terus menerus dalam jumlah besar. Berbeda dengan warung makan yang cocok buat ibu rumah tangga, warung kopi lebih cocok buat mahasiswa sebab yang nongkrong biasanya adalah orang muda.

Namun, di desa dan kota besar juga banyak warung kopi yang dikelola oleh ibu rumah tangga atau bahkan bapak-bapak.

Modalnya pun tidak banyak. Cukup punya rombong, kursi, kompor 1 tungku, panci buat rebus air, dan tabung gas LPG. Sebagai tambahan, perlu juga disediakan gelas.

Biasanya, warung kopi seperti ini dijadikan tongkrongan oleh para ojek online. Selain itu, pembelinya juga datang dari orang-orang sekitar seperti anak kos, orang yang tinggal di home stay, dan lain-lain.

Kalau di kota besar, Anda bisa bekerja sama dengan penjual nasi bungkus dengan sistem konsinyasi. Jadi, tidak perlu memasak. Cukup tunggu nasi bungkus dari mereka saja.

8. Ikan hias

Bisnis ikan hias juga cocok jadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Pasalnya, bisnis ini bisa dijalankan di rumah, modalnya kecil, dan untungnya besar.

9. Menjadi agen PPOB

Selain paket internet dan pulsa, Anda juga bisa menjadi agen PPOB. Yakni menjadi agen pembayaran untuk TV kabel, PLN, PDAM, hingga pembayaran marketplace.

Umumnya, bisnis ini bisa dimulai dari modal yang kecil dan tidak perlu lokasi yang strategis untuk memulainya. Jadi, di manapun lokasi rumah Anda, bisnisnya tetap bisa berjalan dengan baik.

Hanya saja, Anda perlu tahu bagaimana cara mengoperasikan laptop, HP, hingga mesin EDC. Sebab, ada kemungkinan pihak bank akan mengajak bekerja sama untuk sekalian membuka layanan penarikan uang melalui EDC mereka.

10. Membuka bimbel

Bimbingan belajar juga bisa dilakukan oleh siapa saja yang mampu mengajar dan tahu materi ajarnya. Anda bisa memulainya sekarang dengan menyiapkan uang 1 jutaan buat menyiapkan meja, karpet, papan tulis, hingga alat tulis untuk memberikan les.

Tinggal disesuaikan saja dengan materi ajarnya. Apakah calistung, setingkat SD, SMP, atau SMA.

Peluang usaha rumahan di desa

Peluang usaha rumahan di desa

11. Ternak kroto

Di bawah ini beberapa pilihan bisnis rumahan yang bisa dijalankan di desa:

Kroto menjadi salah satu contoh bisnis peternakan unik yang dapat menghasilkan banyak uang. Betapa tidak, telur semut rangrang ini memiliki harga yang cenderung tinggi dan stabil. Padahal, modal untuk membuka usahanya tidak terlalu banyak.

Intinya, ternak kroto memiliki kans yang bagus untuk bisa bikin cepat kaya karena mudah menabung uangnya.

12. Budidaya ikan

Peluang usaha rumahan di desa lainnya adalah membudidayakan ikan. Adapun jenis ikan yang dapat dibudidayakan adalah lele, kakap, patin, mujair, hingga nila. Yakni ikan air tawar yang memang laris di pasaran.

Selain opsi tersebut, Anda juga bisa coba beternak udang air tawar hingga lobster yang kini makin diminati.

Bisnis peternakan ikan ini akan lancar jika Anda bisa bekerja sama dengan pemilik warung atau restoran. Atau, bisa jadi pemasok untuk seluruh wilayah di daerah Anda.

13. Ternak kambing

Kambing juga sangat menguntungkan. Bisnis ini sangat mudah dijalankan sebab hanya perlu kandang kecil di belakang rumah. Untuk makanannya, Anda bisa carikan rumput, dedaunan, atau semacamnya.

Kalau tidak bisa berangkat sendiri untuk mencari rumput di ladang atau sawah, Anda juga bisa membelinya langsung di tukang atau perumput.

14. Beternak sapi

Ada dua jenis sapi yang bisa diternak di desa. Pertama adalah sapi yang diambil dagingnya. Sedangkan kedua adalah sapi perah yang diambil susunya. Keduanya memiliki banyak kans untuk menghasilkan uang.

Bayangkan saja, untuk sapi yang diambil dagingnya, Anda bisa beli anakannya seharga 7 juta, kemudian setelah beberapa bulan bisa dijual seharga 15 jutaan.

Harga sapi ini umumnya dipengaruhi oleh jenis kelaminnya. Kalau jantan, umumnya mahal, kalau betina umumnya lebih murah.

Untuk membuat harga jualnya tinggi, Anda juga perlu menggemukkan badan sapinya. Caranya adalah dengan menyediakan pakan yang banyak dan sesuai. Selain rumput, Anda bisa memberinya dedek yang kalau di desa bisa didapatkan secara gratis.

15. Jasa selep beras

Masyarakat di desa umumnya memiliki padi dan beras sendiri. Maka dari itu, saat hendak membuat sesuatu yang membutuhkan tepung beras, mereka kadang enggan membeli tepungnya.

Alih-alih beli, mereka lebih suka menjadikan berasnya sebagai tepung lewat jasa selep.

Nah, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai usaha jasa selep beras di rumah. Selain beras, para petani juga menyelepkan beras ketan sesuai dengan kebutuhan mereka. Seringnya, tepung jagung untuk makan sehari-hari.

16. Berjualan alat pertanian dan kebutuhan tani lainnya

Masyarakat pedesaan yang identik dengan petani membutuhkan alat pertanian dan kebutuhan tani lain seperti pupuk hingga pestisida.

Jika di sekitar Anda belum ada yang menyediakan kebutuhan ini, maka silakan buka bisnisnya.

17. Jasa potong rambut

Siapa sangka jika potong rambut menjadi peluang usaha rumahan di desa yang cukup menjanjikan. Bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan bila dijalankan dengan serius. Anda hanya butuh modal kecil untuk membukanya. Sebab, alatnya juga tidak banyak. Cukup gunting, sisir, dan pisau cukur saja.

Kecuali, model bisnis yang dikehendaki lebih modern. Maka Anda akan membutuhkan lokasi yang strategis, cermin besar, kursi, kipas angin, dan penataan ruang yang nyaman.

18. Ternak ayam

Ayam kampung menjadi pilihan yang pas buat peluang usaha rumahan di desa. Pasalnya, permintaan ayam kampung tidak setinggi ayam potong. Namun, bila sudah ada yang beli, harganya cenderung tinggi.

Jadi, selain modalnya yang kecil, keuntungan yang diperoleh juga besar.

Usaha rumahan yang tidak ada matinya

Berikut ini beberapa bisnis yang sudah terbukti tidak ada matinya alias laku keras sampai kapan pun:

19. Jualan sembako di rumah

Toko sembako atau toko pracangan menjadi salah satu contoh bisnis yang bisa ditemukan dengan mudah, persaingannya tinggi, dan tidak mudah gulung tikar.

Pasalnya, produk yang dijual adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Selain itu, kecenderungan orang sekarang juga ingin membeli barang dari dekat bukan memilih harga murah yang jaraknya lebih jauh.

Toh, semurah-murahnya sembako, harga yang terpaut tidak terlalu besar, paling 500 sampai 1000 rupiah saja.

Meski begitu, jika Anda mau memulai, memasang harga pasar yang sesuai tetap harus dilakukan supaya tidak kehilangan pelanggan.

20. Gas LPG dan air minum isi ulang

Sama dengan sembako, LPG dan air minum isi ulang juga menjadi kebutuhan pokok setiap individu. Maka dari itu, berjualan produk ini tidak akan rugi apalagi gulung tikar.

Anda bahkan bisa sekalian berjualan LPG dengan sistem grosir, yakni dengan menjadi agen gas LPG.

21. Membuka Pertamini

Pertamini yang menjual bensin juga pasti laku keras. Peluang usaha rumahan ini tidak ada matinya. Terlebih jika rumah Anda dekat dengan jalan raya atau tepat di pinggir jalan raya.

Usaha rumahan yang lagi trend

Usaha rumahan yang lagi trend

Di bawah ini adalah contoh bisnis yang baru-baru ini semakin tren karena menghasilkan banyak uang secara mudah:

22. Menjadi youtuber

Jika Anda tanya ke anak sekarang, apa cita-citanya, mungkin ada satu di antara mereka yang akan menjawab mau jadi youtuber.

Hal ini wajar mengingat perkembangan dunia digital di Indonesia semakin pesat. Banyak artis yang jadi youtuber dan memamerkan kekayaan mereka sehingga menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama.

Apabila Anda pun mau mencobanya, maka saran kami pelajarilah dulu bagaimana caranya. Apa yang harus Anda lakukan pertama kali agar bisnis jadi youtuber ini banyak penontonnya dan bikin kaya seperti artis-artis atau youtuber lain.

Jangan hanya fokus untuk belajar videografi saja, sebab youtube juga punya algoritma yang perlu dipelajari.

23. Menjadi blogger

Selain youtuber, blogger juga menjadi opsi yang dapat diambil. Berbeda dengan youtuber yang perlu skill merekam, di sini keahlian yang dibutuhkan adalah menulis.

24. Jadi selebgram di IG dan medsos lain

Menjadi selebgram itu sepertinya mudah. Padahal butuh perjuangan dan ketrampilan tersendiri. Meski begitu, Anda bisa berlatih supaya peluang usaha rumahan ini berhasil.

Anda cukup membuat konten menarik dan memostingnya di media sosial pribadi. Mulai dari instagram, TikTok, hingga facebook.

Biar bisa mendapatkan iklan atau endorse, pastikan bahwa banyak orang yang menyukai postingan Anda itu.

25. Penulis online

Kalau ada keahlian menulis, tidak ada salahnya untuk membuka jasa tulis online. Ini semacam menjadi penulis artikel dengan cara bekerja sama atau buka bisnis sendiri.

Kalau sistemnya kerja sama, Anda mungkin tampak seperti karyawan karena digaji. Namun, jika mau membuka peluang usaha rumahan ini sendiri secara online, maka uangnya bisa didapat dan dikelola sendiri. Saat sudah banyak pemesanan, Anda bisa mempekerjakan orang.

26. Membuka kursus privat online

Kalau bimbel di rumah sudah biasa, maka ada cara belajar baru yang bisa Anda coba, yakni membuka kursus atau privat online. Yang kami maksud di sini juga termasuk workshop atau seminar online.

Bisnisnya mungkin terdengar klise, tapi sebenarnya bisa mendatangkan banyak sekali uang bila ditekuni dan diseriusi.

27. Jadi agen properti

Saat ini, di Indonesia sedang gencar-gencarnya ada perumahan baru. Khususnya di daerah perkotaan dan pinggiran kota.

Hal ini jelas membuka lapangan pekerjaan dan bisnis buat para freelancer.

Jika Anda merasa punya banyak jaringan yang kuat, ada kenalan banyak, dan bisa menjadi marketing untuk properti tersebut, tidak ada salahnya menjadi agen.

Nantinya, uangnya bisa didapatkan dari komisi penjualan rumah atau propertinya.

Contoh bisnis rumahan online lainnya

Contoh bisnis rumahan online lainnya

Selain berbagai macam pilihan peluang usaha rumahan di atas, Anda juga bisa mencoba bisnis daring di bawah ini:

28. Menjadi dropshipper atau reseller

Khusus untuk Anda yang tinggal di desa atau di daerah di mana masih banyak orang yang belum melek digital, membuka bisnis dengan cara jadi reseller dan dropshipper adalah pilihan yang pas.

Pasalnya, ada banyak produk yang bisa dibeli dengan harga murah secara online kemudian dapat dijual dengan harga jual sesuai yang Anda inginkan.

Profit marginnya tentu lebih fleksibel. Tergantung pribadi masing-masing.

29. Ikut MLM online

Ada banyak pilihan MLM yang bisa diikuti. Misalnya, produk pertanian, bisnis kecantikan, atau semacamnya.

Umumnya, MLM semacam ini melayani pembelian atau penjualan langsung. Namun sekarang, Anda tetap membutuhkan teknologi daring untuk belajar cara jualnya, bertukar informasi dengan upline, dan yang lainnya.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan downline dari berbagai kota di Indonesia dengan cara pandai memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha rumahan yang sangat bagus dan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Anda bisa mencobanya sekarang juga dengan terlebih dulu melakukan riset pasar dan persaingan di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.