23 Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil Menguntungkan

  • by
Peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan

Peluang usaha rumahan di desa cukup banyak dan pasti menguntungkan. Labanya stabil dan bersifat terus menerus. Mau coba?

Saat Anda berkunjung ke perkampungan, jangan heran bila ada banyak rumah besar di daerah tersebut. Biasanya, orang dengan rumah besar tersebut adalah tuan tanah atau orang terkaya di desanya.

Untuk menjadi kaya seperti itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjadi pengusaha atau berdagang.

Tak perlu muluk-muluk dagang keliling atau membuka toko besar di kota, Anda bisa menjadi kaya dengan berjualan di rumah alias membuka toko di rumah.

Tidak percaya? Faktanya demikian. Ada banyak orang kaya di pedesaan yang memulai usahanya secara rumahan.

Kalau pun tidak sampai bisa menjadi tuan tanah, dengan usaha rumahan di desa Anda bisa menyambung hidup dengan keuangan yang stabil. Hal ini karena biaya hidup di perkampungan sangat kecil, tidak semahal di kota.

Jadi, sebesar apa pun skala usahanya akan tetap memberikan manfaat untuk kehidupan di dunia.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang rekomendasi peluang bisnis rumahan di pedesaan. Selamat menyimak.

Peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan

Peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan

Di bawah ini adalah beberapa contoh bisnis yang menjanjikan dan bisa Anda coba:

1. Toko sembako atau toko pracangan

Membuka toko sembako sangat menguntungkan bila dijalankan di desa. Selain karena belum ada minimarket yang masuk, juga karena sebagian masyarakat desa lebih senang beli yang jaraknya dekat.

Bisnis rumahan ini bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk seorang wanita tua yang mungkin perlu berbisnis hanya untuk menyambung hidup dan mengisi waktu yang kosong.

2. Grosir dan tempat kulakan

Bila rumah Anda dekat dengan jalan raya dan ada akses buat mobil, maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha dengan skala yang lebih besar. Contoh usahanya adalah menjadi tempat kulakan bagi pedagang-pedagang kecil di sekitar.

Ada banyak contoh barang yang bisa dijual secara grosir. Di antaranya adalah grosir sembako dan produk pendukung, grosir mainan anak, grosir LPG dan galon, grosir jajanan anak, dan yang lainnya.

Semua contoh tersebut sangat potensial bila dikembangkan di kampung. Namun ingat, bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar.

3. Berjualan sayur

Berjualan sayuran juga sangat menguntungkan. Terang saja, sayur merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari. Apabila dijual di rumah, Anda bisa menyediakan sayuran di pagi, siang, dan sore hari.

Jadi, saat orang-orang membutuhkan, mereka bisa langsung datang ke toko Anda kapan pun. Hal ini tidak seperti sayur keliling yang umumnya hanya bisa ditemui di pagi hari saja.

4. Bensin atau pertamini

Pertamini juga memiliki kans bisnis menguntungkan dan menjanjikan sebab dibutuhkan setiap hari. Namun ingat, bisnis rumahan ini sebaiknya dijalankan bila lokasi rumah Anda strategis. Misalnya di pinggir jalan raya.

Hal ini karena bensin biasanya dibutuhkan oleh para pengendara kendaraan bermotor yang jelas memakai jalan raya untuk lewat.

5. Toko bangunan rumahan

Jika rumah Anda luas dan berada di pinggir jalan, maka silakan buka toko bangunan. Bisnis ini faktanya sangat menguntungkan hingga pengusahanya bisa langsung naik tahta di pedesaan. Bisa jadi bos dan langsung kaya.

6. Mebel atau pembuatan furnitur

Orang di desa umumnya lebih menyukai furnitur dari kayu yang klasik ketimbang furnitur kekinian. Semua furnitur atau perabot rumahnya, mulai dari lemari piring, lemari baju, kursi, meja, dan yang lainnya semuanya pakai kayu.

Terkadang, mereka juga punya kayu sendiri untuk dibuat menjadi perabot yang dibutuhkan.

Untuk itu, silakan buka usaha pembuatan furnitur. Selain perabot sebagaimana kami sampaikan di atas, Anda juga dapat membuat kusen pintu, pintu, dan yang lainnya.

Agar makin laris, coba buka jasa kustom sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan. Baik itu soal ukuran maupun modelnya.

Peluang usaha online di desa yang tidak ada matinya

Peluang usaha online di desa yang tidak ada matinya

Di bawah ini adalah contoh peluang usaha rumahan di desa dengan konsep online yang untung terus dan tidak ada matinya:

7. Jualan ikan asin, terasi, dan olahan ikan lainnya

Terasi dan ikan asin merupakan contoh olahan dalam usaha perikanan. Bisnis ini tergolong menguntungkan dan tidak ada matinya sebab selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Anda bisa melakukan penjualan online untuk melebarkan pangsa pasar sampai ke seluruh Indonesia.

8. Jadi dropshipper atau reseller online

Tidak semua orang di desa melek digital. Oleh karena itu, manfaatkan kegaptekan ini dengan menjual produk online kepada mereka.

Misalnya, Anda membuka pesanan baju anak, baju muslimah, jilbab, hingga mainan anak ke teman, saudara, atau tetangga. Pemasarannya bisa langsung atau melalui status WA.

Saat sudah ada pesanan, silakan lakukan order ke supplier yang ada di marketplace. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun tapi labanya jelas tergantung profit margin yang Anda kehendaki.

9. Membuka toko bakery online

Donat, pizza, kue lumpur, roti, dan yang lainnya adalah contoh makanan yang juga dibutuhkan di desa. Anda bisa membuka bisnis bakery rumahan dengan sistem pemasaran online.

Terima pesanan dan buat sesuai pesanan. Biasanya order datang dari perorangan untuk dimakan sendiri atau untuk acara tertentu. Terkadang order juga datang dari lembaga-lembaga seperti sekolahan hingga dinas pemerintahan dalam bentuk snack untuk acara tertentu.

10. Menjual bumbu masak dan sambal online

Enaknya hidup di desa adalah biaya hidup yang kecil. Harga barang murah, terlebih hasil taninya. Nah, untuk memanfaatkan hal positif ini, Anda bisa membuka peluang usaha rumahan di desa dengan membuat sambal atau bumbu siap pakai.

Untuk sambal, umumnya dibuat sambal seafood yang siap pakai saat dibutuhkan. Sementara untuk bumbu dapur, Anda dapat membuat bumbu rendang, sayur asem, dan yang lainnya.

11. Menjadi penulis online

Jika Anda punya kemampuan untuk menulis, maka jadilah penulis secara online. Bisnis ini bisa dilakukan sambil momong anak dan menurut kami jadi salah satu usaha sampingan yang sempurna buat ibu rumah tangga.

12. Menjadi blogger

Kalau Anda tidak bisa keluar dari rumah, maka jalan satu-satunya adalah menulis tentang pertanian dan menerbitkannya melalui blog atau website. Penghasilannya bisa didapat dari iklan yang dipajang di website tersebut.

Usaha jangka panjang di desa

Ada banyak bisnis yang bisa berumur panjang di desa, beberapa di antaranya sudah kami sampaikan di atas seperti toko sembako, tempat grosir atau kulakan, toko bangunan, hingga mebel.

Usaha jangka panjang di desa

Selain peluang usaha rumahan di desa tersebut, Anda juga dapat membuka bisnis yang berhubungan dengan pertanian. Berikut ini beberapa pilihannya:

13. Membuka jasa selep beras dan jagung

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia. Selain diolah dalam bentuk beras, komoditas ini juga bisa dibentuk menjadi tepung dan diolah menjadi beragam makanan khas Indonesia.

Di pedesaan, olahan khas semacam ini masih sangat banyak.

Nah, alih-alih membeli tepung kemasan yang instan, masyarakat biasanya lebih memilih untuk membuat tepungnya sendiri dengan mengunjungi selep beras.

Selain beras, jagung juga perlu diubah menjadi tepung terlebih dulu untuk dijadikan masakan nasi empok atau nasi jagung.

14. Menjual alat dan kebutuhan pertanian

Menjual alat dan kebutuhan pertanian juga bisa dilakoni di rumah asalkan lokasinya strategis dan nyaman. Adapun contoh alat yang bisa dijual adalah cangkul, sabit, alat penyemprot pestisida, dan yang lainnya.

Sementara itu, kebutuhan pertanian lain yang kami maksud adalah pupuk, pestisida, dan kebutuhan lain.

Peluang usaha yang langka tapi menguntungkan

Selain pilihan bisnis di atas, Anda juga dapat memilih peluang usaha yang langka tapi menguntungkan di bawah ini:

15. Beternak kroto

Kroto merupakan contoh produk yang harganya mahal tapi masih dicari manual ke hutan-hutan. Padahal, Anda bisa mulai beternak kroto sendiri di rumah.

Satu kilo gram kroto bisa mencapai 180 ribu rupiah. Harganya yang mahal inilah yang menjadikan peluang usaha rumahan di desa ini sangat menguntungkan.

Bisnis ini dapat dimulai dari modal yang kecil, bahkan tidak sampai 1 atau 2 juta rupiah. Tertarik untuk mencobanya? Pastikan Anda belajar dulu trik usaha peternakan satu ini.

16. Ternak jangkrik

Selain kroto, jangkrik juga menjadi hewan yang cukup potensial bila diternak. Modalnya sangat kecil, hanya ratusan ribu rupiah namun penghasilannya bisa jutaan rupiah per bulan.

17. Beternak cacing tanah

Peluang bisnis langka di kampung lainnya adalah cacing tanah. Beternak cacing tanah sangat menguntungkan lantaran semakin ke sini semakin banyak orang yang membutuhkannya.

Cacing biasanya digunakan untuk memancing, menggemburkan tanah supaya makin subur, hingga mengobati penyakit tertentu. Dia dijadikan bahan utama pembuat obat kimia sekaligus herbal.

18. Peternakan ulat maggot

Selain kroto, jangkrik, dan cacing tanah, contoh usaha langka dan minim pesaing di kampung adalah beternak ulat maggot.

Ulat ini diperlukan untuk memberi makan ikan-ikan air tawar. Misalnya, ikan koi, patin, nila, dan yang lainnya.

Usaha peternakan ikan air tawar tersebut sangat potensial dilakukan di kampung. Maka dari itu, pelaku usahanya cukup banyak.

Nah, sebagai peternak maggot, Anda menjadi penyedia atau pemasok pakan buat peternakan ikan-ikan tersebut.

Peluang usaha rumahan di desa modal kecil

Peluang usaha rumahan di desa modal kecil

Di bawah ini adalah beberapa opsi bisnis rumahan bermodal kecil yang dapat Anda coba di perkampungan:

19. Jualan pulsa, paket internet, dan melayani pembayaran

Pembayaran listrik dan BPJS tidak hanya dibutuhkan di perkotaan saja, tetapi juga di desa. Masalahnya, tidak semua masyarakat desa melek digital sehingga bisa melakukan pembayaran sendiri.

Untuk itu, mereka butuh orang yang bisa membantu untuk melakukan pembayaran. Di sinilah Anda menawarkan bantuan dengan mengambil laba dari biaya administrasi.

Selain pembayaran, jasa pembelian pulsa dan paket internet juga sangat menguntungkan lantaran setiap orang membutuhkannya.

Usahanya bisa dilakukan di rumah, bahkan di tempat sepi sekali pun. Pasalnya, Anda tetap bisa terhubung dengan para pelanggan melalui smartphone.

Bila sudah membeli, silakan lakukan penagihan langsung ke rumah mereka jika belum bayar. Atau, tetapkan pembayaran tunai, jangan sampai hutang. Kalau pilihan ini diambil, itu berarti pelanggan harus datang ke rumah Anda terus untuk bertransaksi.

20. Membuka jasa laundry rumahan

Laundry rumahan ternyata juga potensial dijalankan di desa. Meski memang sebagian besar masyarakat lebih senang mencuci sendiri atau mencari pembatu untuk menyuci pakaiannya.

Adapun calon pembelinya biasanya datang dari PNS, guru, kaum pekerja di pedesaan. Mereka butuh merapikan baju dengan cepat karena tak sempat melakukannya sendiri akibat terlalu sibuk bekerja.

21. Digital printing

Digital printing menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan. Bisnis ini juga minim pesaing.

Yang dibutuhkan untuk membuka usahanya adalah printer, laptop, dan kemampuan mendesain. Anda bisa menerima jasa pembuatan undangan, figura nama, edit foto, dan yang lainnya melalui bisnis ini.

Selain itu, pastikan Anda punya kenalan jasa digital printing yang skala usahanya lebih besar. Hal ini penting mengingat kadang ada proyek jelang pilkada yang membutuhkan banyak barang dalam sekali waktu.

22. Jasa menjahit

Bila ada ketrampilan menjahit. Silakan buka bisnis menjahit baju atau pakaian lain. Jika Anda kesulitan mendapatkan pelanggan dengan sistem jasa menjahit, cobalah ikut konveksi.

Biasanya, kalau ikut konveksi mesin sudah disediakan oleh pemilik konveksinya. Anda tinggal menjahitkan produk sesuai pesanan si pemilik konveksi saja.

23. Jasa potong rambut

Selain berbagai macam peluang usaha di desa di atas, bisnis rumahan lain yang bisa Anda jalankan adalah membuka jasa potong rambut. Alat yang dibutuhkan sangat dasar dan harganya murah. Artinya, modal usahanya sangat kecil dengan penghasilan yang besar.

Itulah beberapa contoh peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan. Anda bisa memulainya sekarang sesuai dengan modal yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.