23 Peluang Usaha Budidaya Modal Ratusan Ribu Untung Jutaan

  • by
Peluang usaha budidaya ikan

Peluang usaha budidaya sangat cocok dijalankan di Indonesia. Modalnya mulai ratusan ribu, untungnya sampai jutaan rupiah.

Peluang bisnis ini sangat menjanjikan lantaran alam Indonesia sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat budidaya atau beternak. Anda bisa beternak sapi dan kambing atau membudidayakan ikan.

Artinya, tidak hanya hewan darat, Anda juga bisa membudidayakan hewan air di negara kita ini.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas opsi dan rekomendasi bisnis budidaya yang bisa dimulai dengan modal kecil tapi untungnya besar. Selamat menyimak.

Peluang usaha budidaya ikan

Salah satu bisnis yang bermodal kecil dan menguntungkan adalah membudidayakan ikan. Peluang bisnis ini bahkan bisa dimulai tanpa modal yakni dengan memilih bisnis kerja sama dengan dinas peternakan.

Peluang usaha budidaya ikan

Berikut ini adalah beberapa contoh budidaya ikan yang sukses di Indonesia:

1. Ikan lele, ternak modal 1 juta

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang laris manis. Anda bisa menjumpai menu ini di warung kaki lima hingga restoran kelas menengah.

Maka dari itu, pangsa pasarnya jelas luas dan akan menguntungkan bila dijalankan.

Menariknya, untuk membuka bisnis ikan lele tidak dibutuhkan uang yang banyak. Lele masuk dalam salah satu contoh bisnis modal 3 juta asalkan Anda punya lahan untuk membuat kolamnya.

Bahkan, bisnis ini juga dapat dimulai dari skala kecil bermodal ratusan ribu hingga 1 juta rupiah saja menggunakan drum, bukan kolam.

2. Ikan mujair

Selain lele, mujair juga menjadi contoh ikan yang laku keras. Ikan ini bisa diolah menjadi ikan goreng dan ikan bakar. Banyak orang yang suka dan sudah terbukti laris.

3. Budidaya ikan patin

Patin memiliki daging yang empuk, berlemak, dan minim duri. Itulah yang membuatnya menjadi salah satu primadona ikan air tawar.

Patin memiliki ukuran yang cukup besar. Satu ekornya bisa dipotong menjadi 3 sampai 4 bagian untuk lauk di rumah.

Namun, ada juga yang memasaknya utuh. Khususnya warung-warung yang menjualnya dengan harga khusus buat ukuran sedang atau jumbo.

4. Beternak ikan nila

Nila sebenarnya hampir sama dengan mujair. Bedanya, daging nila cenderung lebih banyak sehingga mudah untuk memakannya. Tak perlu khawatir terkena sirip atau duri di bagian luarnya.

Umumnya, para pemilik restoran yang punya menu nila bakar atau goreng akan membudidayakan ikan ini sendiri. Tapi, Anda tetap punya kans untuk mengembangkan bisnisnya dan menjadi supplier ikan di warung atau restoran-restoran serupa.

Contoh budidaya yang masih langka

Jika Anda takut banyak saingan saat membudidayakan hewan yang biasa-biasa saja, maka cobalah untuk membudidayakan hewan yang tidak biasa. Persaingan bisnis semacam ini umumnya masih kecil karena pelakunya cukup langka.

Di bawah ini adalah beberapa contoh peluang usaha budidaya yang masih langka:

5. Ternak kroto

Kroto merupakan contoh ternak yang menguntungkan. Anda bisa memulainya tanpa modal, yakni dengan cara berburu bibitnya sendiri di pepohonan. Atau, Anda juga bisa mengeluarkan modal ratusan ribu sebagai persiapan awal.

Menariknya, kroto merupakan contoh usaha peternakan dengan keuntungan yang besar. Kroto bisa dijual dengan harga yang relatif mahal, sampai ratusan ribu rupiah per kilogram. Bila sukses beternak kroto, maka Anda bisa cepat kaya.

6. Budidaya jangkrik

Selain kroto, jangkrik juga memiliki potensi yang bagus bila dikembangkan. Hewan berderik ini dihargai sampai ratusan ribu per kilogramnya.

Biasanya, hewan ini dibutuhkan sebagai penunjang peternakan lainnya. Misalnya untuk makanan burung, ikan, atau yang lain. Jadi, kerja samanya dengan sesama peternak agar cepat sukses.

7. Ternak cacing

Salah satu jenis cacing yang permintaannya tinggi di pasaran adalah cacing tanah. Cacing ini selain dicari oleh para pemancing juga banyak dicari oleh petani yang mau menyuburkan tanahnya.

Di samping itu, semakin ke sini semakin banyak pula orang yang mencari cacing untuk pengobatan dengan dibentuk menjadi obat cacing.

Persaingan bisnis cacing ini masih sangat kecil. Pengusahanya masih tergolong langka sehingga potensial untuk para pemula.

8. Membudidayakan lintah

Jangan jijik atau takut dengan lintah. Sebab, hewan ini ternyata bisa menghasilkan uang. Banyak orang yang mencarinya untuk pengobatan dan permintaannya cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

9. Budidaya belut

Selain lele, belut adalah contoh menu yang sering dipesan di warung-warung lalapan. Selain itu, belut juga bisa diolah menjadi belut crispy dan dijadikan camilan.

Peluang usaha budidaya belum sangat menguntungkan karena belum banyak orang yang menjalankannya.

10. Membudidayakan belatung

Siapa yang tidak jijik dengan belatung. Saking jijiknya, mungkin ide untuk membudidayakan dan berjualan belatung terdengar gila.

Perlu Anda tahu bahwa belatung yang dimaksud di sini adalah semacam ulat yang gunanya adalah sebagai pakan buat ikan atau larva ikan pada masa pembibitan hingga pembesaran.

Ulat satu ini sangat dibutuhkan oleh para peternak ikan, jadi pangsa pasarnya memang jelas dan akan menguntungkan bila dijalankan.

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Peternakan mamalia dari dulu sampai sekarang terbukti bisa memberikan penghasilan yang banyak kepada peternaknya.

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Maka dari itu, Anda bisa mencoba ternak satu ini untuk menghasilkan lebih banyak uang di masa depan. Adapun contoh usahanya adalah;

11. Beternak sapi

Sapi merupakan hewan yang dagingnya dikenal lezat dan banyak penyukanya. Selain itu, daging sapi juga halal sehingga cocok dengan Indonesia yang mayoritas islam.

Terlebih, saat ini olahan daging sapi semakin berkembang yang tentu saja memperluas pangsa pasar. Dagingnya bisa diolah menjadi bakso, sei sapi, rendang, dan yang lainnya.

Untuk memulai usaha agrobisnis peternakan sapi ini dibutuhkan modal yang cenderung besar. Sebab, sapi yang sudah dewasa dan siap dikembangkan harganya mencapai belasan juta rupiah.

Anggap saja Anda membeli 3 sapi betina yang siap untuk kawin suntik, masing-masing harganya 15 juta rupiah. Maka, dibutuhkan modal minimal 45 juta rupiah.

Sederhananya, beternak sapi merupakan salah satu contoh peluang usaha modal 50 juta rupiah.

12. Peternakan kambing

Selain sapi, kambing juga menjadi contoh hewan yang permintaannya stabil. Daging kambing bisa diolah menjadi sate, gulai, hingga tongseng. Umumnya juga dibutuhkan pada saat aqiqah anak. Jadi, pasti laku.

Terlebih pada saat Idul Adha, harga kambingnya bisa meningkat atau lebih mahal dari pada biasanya.

Untuk mengambil peluang usaha budidaya kambing, Anda bisa memulainya dengan modal 10 juta. Namun, akan lebih mudah mengelolanya jika Anda memulainya dengan modal 30 juta rupiah.

13. Beternak sapi perah

Berbeda dengan sapi dan kambing di atas, sapi perah diambil susunya. Artinya, dengan sapi yang sama Anda bisa memperoleh uang harian, mingguan, dan bulanan.

Sapinya tidak akan mati seperti halnya saat diambil dagingnya.

Maka dari itu, bisnis ini cukup menguntungkan. Terlebih jika di daerah Anda ada KUD sendiri yang memungkinkan Anda melakukan penjualan langsung tanpa perlu repot mencari pelanggan sendiri.

Peluang usaha budidaya tanaman hias

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda budidayakan. Masing-masing tanaman tersebut punya pangsa pasarnya sendiri sebab biasanya berbisnis tanaman itu soal hobi.

Peluang usaha budidaya tanaman hias

Bila satu pelanggan sudah senang mengoleksi satu jenis tanaman hias, maka dia akan terus mengoleksinya sampai puas.

Adapun contoh tanaman hias yang pemasarannya cenderung stabil dan tidak naik turun adalah:

14. Tanaman anggrek

Anggrek punya fans fanatik dan harganya cenderung tinggi. Apalagi jika Anda bisa mengembangkan varian baru yang langka. Pasti banyak yang cari. Bila ketemu pembeli yang tepat, keuntungan pun akan berlipat.

15. Bunga krisan

Krisan disukai hampir semua orang. Selain karena mudah dikembangkan, bunga ini juga punya banyak pilihan warna yang bisa menyegarkan ruangan.

Contoh peternakan unggas yang menguntungkan

Unggas merupakan salah satu contoh ternak yang tidak bisa dianggap remeh. Meski selama ini sentimen virus sering membayangi bisnis ini, faktanya bisnisnya tetap menguntungkan dan bikin kaya. Bahkan, ada yang rela mengeluarkan modal ratusan juta untuk memulai dan membesarkan usaha ternaknya.

Contoh peternakan unggas yang menguntungkan

Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha ternak unggas yang bisa Anda coba:

16. Burung berkicau

Sama dengan tanaman hias, burung berkicau juga jadi salah satu peluang usaha budidaya di bidang peternakan yang berkaitan dengan hobi.

Membudidayakan burung berkicau butuh ketelatenan supaya kicauan burungnya bagus, lantang, dan keren. Semakin bagus kicauannya, semakin mahal pula harga burungnya.

17. Ternak ayam petelur

Ayam petelur juga punya peluang menghasilkan bila dikembangkan dengan baik. Hal ini karena hampir setiap hari kita membutuhkan telur untuk makan. Dalam sehari ratusan bahkan ribuan kilogram telur terjual. Mulai dari ke rumah tangga, pemilik toko kue, hingga pemilik warung.

Bila memang sudah berniat berbisnis ayam petelur, hendaknya Anda menemukan pengepul yang tepat sehingga mudah menjual hasil ternaknya.

18. Ternak ayam pedaging

Ayam pedaging yang dimaksud di sini ada tiga, yakni ayam potong, ayam joper, dan ayam kampung. Ketiganya memiliki harga yang berbeda dengan tingkatan rasa yang berbeda pula.

Yang jelas, dari ketiganya peluang usaha budidaya ayam potonglah yang mungkin lebih banyak peminatnya karena harganya yang cenderung lebih murah dibanding yang lain.

Meski begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan peluang beternak ayam kampung yang punya harga tinggi karena persaingannya tidak sebesar ayam potong.

19. Beternak burung puyuh

Burung puyuh bisa diambil telurnya, bisa juga dijual burungnya ke warung-warung. Telurnya dapat diolah menjadi beragam makanan. Misalnya, telur puyuh kecap sebagai pendamping mi ayam, telur puyuh rebus yang dijual di bus, dan yang lainnya.

20. Beternak bebek petelur

Saat berkunjung ke minimarket, warung makan, hingga restoran Anda tentu pernah melihat ada telur asin. Nah, inilah salah satu olahan bebek petelur yang cukup banyak peminatnya.

Selain itu, telur bebek biasanya juga digunakan untuk membuat martabak. Jadi, pangsa pasarnya sudah jelas dan Anda bisa mengambil peluang usaha budidaya ini untuk meraih kesuksesan.

Bisnis ternak lainnya

Selain beberapa opsi di atas, Anda juga bisa mencoba bisnis di bawah ini:

21. Ternak lebah madu

Beternak lebah berpotensi memberikan keuntungan berlipat sebab bisa dijual dalam bentuk madu dan bisa dipakai untuk usaha wisata petik madu.

22. Ternak kelinci

Kelinci juga menjadi hewan yang cukup banyak dicari. Hewan satu ini selain dapat dijadikan hewan peliharaan juga kadang ditaruh di tempat wisata edukasi. Selain itu, ada pula yang sudah mengolah dagingnya.

23. Bisnis ikan hias

Ikan hias punya pangsa pasarnya sendiri. Ini adalah hobi sekaligus kebutuhan manusia. Sebab faktanya, banyak yang punya akuarium di rumah sekedar untuk hiasan.

Terlebih lagi, ada berbagai macam jenis ikan hias yang dapat dikembangkan. Mulai dari yang harganya murah sampai mahal. Semakin mahal jenis ikannya, maka rumah tersebut semakin terlihat berkelas.

Itulah beberapa contoh peluang usaha budidaya yang dapat Anda lakukan. Pilihannya banyak jadi cari yang sesuai passion dan sesuaikan dengan modal yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.