21 Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan di Desa Kota

  • by
Peluang usaha ternak yang menguntungkan

Peluang usaha ternak memang lebih cocok dijalankan di desa. Namun, kesempatan di kota juga besar. Cek pilihan usahanya di sini!

Peternakan merupakan bisnis yang tergolong mudah untung dan jarang merugi. Siklus usahanya juga stabil dan bersifat terus menerus.

Maka dari itu, peluang bisnis ini layak untuk dijalankan saat ini dan masa depan. Terlebih, pangsa pasar usahanya juga sangat jelas sebab mayoritas masyarakat membutuhkan produknya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas pilihan bisnisnya. Simak sampai selesai.

Peluang usaha ternak yang menguntungkan

Peluang usaha ternak yang menguntungkan

Ada banyak peluang bisnis peternakan yang dapat Anda jalankan. Namun, sebagian besar orang memilih usaha di bawah ini:

1. Beternak sapi

Peternakan sapi sudah ada sejak dulu kala. Nenek moyang kita sudah membudidayakannya untuk sekedar membantu membajak sawah atau disembelih di acara tertentu yang tergolong penting.

Terlepas dari sejarahnya, sampai kini sapi terus diminati. Harganya juga cenderung meningkat dan stabil.

Bila dulu para petani lebih sering terlihat beternak sapi putih, kini sudah semakin banyak sapi brahma berwarna cokelat yang dibudidayakan oleh para peternak. Selain itu, bila dulu kawinnya masih manual antara jantan dan betina, kini para peternak bisa mengawinkan kawinnya dengan cara suntik.

Hal ini tentu mempermudah peternakan sapi di Indonesia. Selain lebih mudah, Anda juga bisa memilih bibit sapinya dan membesarkannya kemudian.

Untuk memulai bisnis berpeluang besar ini, Anda perlu menyiapkan setidaknya 1 ekor sapi betina siap kawin. Harganya antara 9 sampai 10 jutaan.

Sementara untuk biaya kawin suntiknya murah, mulai dari 50 ribu rupiah per kunjungan dari mantrinya.

Kalau bisa, beli sapi betina minimal 2 sehingga sapinya bisa bergantian kawin. Sehingga anaknya juga cepat banyak dan berkembang biak. Bila sudah beranak, Anda tinggal menggemukkan sapinya dan dijual langsung.

2. Peluang usaha ternak sapi perah

Peternakan sapi perah juga menguntungkan. Pasalnya, makin banyak orang yang suka dengan susu sapi asli.

Harga sapinya belasan juta rupiah dengan hasil susu yang cukup banyak per harinya. Anda bisa bekerja sama dengan KUD terdekat untuk memastikan bahwa susunya pasti laku setiap hari.

3. Peternakan kambing atau domba

Kambing atau domba merupakan hewan yang peluangnya bagus dan modalnya cenderung kecil. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal usaha 20 sampai 30 jutaan saja. Dengan dana segitu, Anda bisa membuat kandang dan menyiapkan kurang lebih 10 kambing.

Beternak kambing tidak sesulit yang lain karena Anda cukup menyediakan rumput untuk pakan. Bila dijalankan di desa, maka ketersediaan rumput jelas banyak karena tinggal ambil di sawah tanpa perlu beli.

Namun, bila peluang usaha peternakan ini dijalankan di kota, maka mungkin Anda perlu menyiapkan uang untuk belanja pakan. Meski begitu, harga kambing di kota juga jauh lebih mahal, jadi keuntungannya bisa disesuaikan.

4. Peternakan ayam petelur

Siapa yang tidak suka telur ayam, hampir semua orang menyukainya. Telur menjadi komoditi penting yang dibutuhkan langsung oleh ibu rumah tangga untuk memasak, warung-warung untuk membuat olahan makanan, hingga toko kue untuk membuat bolu atau cake.

Artinya, pangsa pasar atau peluang usaha ternak ini luas, stabil, dan cenderung terus menerus. Inilah yang menjadikan peluang usaha peternakan ayam petelur sangat menjanjikan.

Sama seperti usaha pertanian, Anda perlu lahan yang cukup luas untuk memulai usaha ini. Mungkin di sebuah kebun bersamaan dengan usaha perkebunan yang sesuai.

Yang jelas, lokasinya harus jauh dari area pemukiman warga sehingga tidak mengganggu mereka.

5. Beternak ayam kampung

Ayam kampung juga memiliki pangsa pasarnya sendiri. Meski penjualannya tak secepat ayam potong, tapi harganya cenderung lebih mahal sehingga keuntungannya juga bisa lebih banyak.

Selain itu, ayam kampung juga bisa dijual daging dan telurnya. Khususnya buat betina. Sementara untuk jantan, hanya dimanfaatkan dagingnya saja.

Ayam jantan semacam ini biasanya diperlukan pada saat ada manaqib, yakni untuk membuat berkat atau nasi tumpeng khusus untuk hajatan.

Harga ayam kampung berada di kisaran 150 sampai 200 ribuan per ekor. Masing-masing daerah berbeda harga, namun perbedaannya tidak terlalu banyak.

6. Beternak ayam joper

Ayam joper merupakan pertengahan antara ayam kampung dan broiler. Saat ini, ayam inilah yang paling banyak digunakan di warung-warung lalapan karena dagingnya dinilai menyerupai ayam kampung dengan harga yang lebih terjangkau.

Harganya antara 70 sampai 80 ribuan per ekor. Tergantung ukuran ayamnya.

Anda bisa membuka peluang usaha ternak ayam joper dan bekerja sama dengan para pedagang ayam untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.

7. Peternakan bebek

Bebek bisa dimanfaatkan daging dan telurnya. Dagingnya bisa diolah menjadi rica-rica bebek, bebek sinjay, hingga bebek goreng di warung lalapan. Sementara telurnya bisa digunakan untuk membuat martabak, bikin telur asin, dan semacamnya.

Keduanya bisa berjalan beriringan sehingga menaikkan kans pasar.

Harga bebek biasanya cenderung lebih murah dibanding ayam kampung, namun di beberapa daerah harganya hampir sama.

Yang jelas, bebek sangat menguntungkan dan baiknya lagi pakan bebek sangat mudah didapatkan. Mengelolanya juga jauh lebih mudah.

8. Beternak kelinci

Saat ini, makin banyak orang yang suka mengolah kelinci. Entah jadi sate atau menu lainnya. Selain dimanfaatkan dagingnya, kelinci juga bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan. Bisa juga untuk mengisi kebun wisata.

Hal tersebut membuat peluang usaha ternak kelinci menjadi sangat menguntungkan bila ditelateni dengan baik.

9. Burung berkicau, usaha ternak modal 300 ribu

Burung berkicau adalah salah satu usaha yang terbilang kreatif. Bisnis ini bisa dimulai dari hobi atau rasa suka. Anda bisa menghasilkan kicauan burung bila sering melatih burungnya dengan penuh suka cita.

Menariknya, modal usaha burung berkicau bisa dimulai dari 300 ribuan. Dengan uang tersebut, Anda bisa membeli burung kemudian melatihnya sampai pintar sehingga harganya mencapai jutaan rupiah.

Berdasarkan cerita dan pengalaman dari para peternak, ada yang bisa menjual burung sampai 6 jutaan dari modal 300 ribu.

10. Burung puyuh

Burung puyuh sebaiknya diternak di pinggiran kota, di pinggiran desa, atau di kebun. Pasalnya, burung ini mudah stres dan bau kotorannya juga cukup mengganggu.

Maka dari itu, kalau Anda mau membuat peternakan puyuh, sebaiknya jauhkan dari pemukiman warga. Agar usaha Anda bisa bertahan lebih lama.

Ternak paling cepat panen dan menguntungkan

Ternak paling cepat panen dan menguntungkan

Jika Anda bertanya-tanya apa saja hewan yang bisa dipanen cepat hingga BEP nya juga cepat, maka di bawah ini adalah pilihannya:

11. Ayam potong, panen sekitar 35 hari

Ayam potong merupakan jenis ayam yang paling laris. Harganya yang murah dan dagingnya yang empuk menjadi alasan kenapa ayam ini banyak dicari.

Maka dari itu, potensi dan peluang usaha ternak ayam potong sangat besar.

Anda bisa membuka usaha ini dengan modal sekitar 5 juta sampai 10 juta rupiah. Soal BEP, pasti cepat asalkan Anda tahu mau dijual kemana. Sebab, masa panen usahanya kurang lebih 35 hari saja.

Dalam kurun waktu tersebut, bobot ayam yang didapatkan sudah mencapai kurang lebih 2,5 kilogram per ekor.

Kalau mau lebih banyak, jelas harus lebih lama. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan kecenderungan atau kesukaan orang di sekitar Anda mengenai ukuran ayam ini.

12. Jangkrik, usaha ternak 1 bulan panen

Jangkrik juga menjadi contoh peluang usaha ternak yang menjanjikan karena banyak peminatnya serta panennya cepat.

Bayangkan saja, serangga ini bisa dipanen dalam waktu 28 sampai 30 hari saja dengan pakan yang normal. Bila ingin cepat lagi, Anda bisa memberikan pakan yang lebih bagus atau banyak. Dengan begitu, panennya bisa 22 sampai 25 hari saja.

Usaha ternak kreatif dan unik

Usaha ternak kreatif dan unik

Di bawah ini adalah beberapa pilihan bisnis peternakan yang unik dan masih sedikit persaingannya:

13. Beternak kroto

Kroto merupakan telur atau larva dari semut rangrang. Warnanya putih dan harganya mahal. Per kilogram kroto, harganya mencapai ratusan ribu.

Saat ini, banyak orang yang masih menggunakan cara manual untuk mendapatkan kroto. Yakni mencarinya langsung di pohon-pohon jati atau pohon-pohon besar di ladang atau lahan yang luas.

Dengan cara tersebut, kroto yang didapatkan terbatas dan memakan waktu.

Maka dari itu, Anda bisa mulai melirik bisnis ini dengan membuka peluang usaha ternak kroto. Dengan begitu, Anda bisa mengelola bisnisnya dengan lebih mudah. Sebab, stoknya bisa dihitung dan dikelola sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Bila ingin hasilnya banyak, tentu peternakan krotonya juga harus yang banyak. Toh, hewan ini tidak butuh banyak pakan yang aneh-aneh. Jadi, peternakannya tergolong mudah.

14. Beternak lebah madu

Lebah madu juga sangat menjanjikan. Tak heran bila sekarang makin banyak orang yang melirik bisnis ini. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya peternakan lebah madu di area perkebunan jati atau kayu-kayu berkambium lainnya.

Peternakan tersebut umumnya dimiliki oleh satu orang untuk dipakai sebagai tempat panen madu. Setelah menghasilkan madu, Anda bisa menjualnya ke pengepul atau mengemasnya sendiri dengan teknik pengemasan yang keren.

Pengemasan yang keren akan memudahkan penjualan baik secara online maupun offline.

Sebagai tambahan informasi, madu merupakan herbal yang saat ini dipercaya berkhasiat untuk beragam jenis penyakit. Selain untuk meningkatkan stamina, madu juga punya khasiat untuk menangkal berbagai macam penyakit.

Selain itu, madu juga umum digunakan untuk menjaga kecantikan wajah sehingga dipakai untuk masker hingga sebagai bahan untuk produk kecantikan terkenal.

15. Peternakan cacing tanah

Cacing tanah memiliki pangsa pasar yang besar. Selain cocok untuk kolam pemancingan, cacing tanah juga dipakai untuk menggemburkan tanah.

Untuk itu, peluang usaha ternak cacing tanah patut Anda coba. Apalagi, persaingannya memang belum terlalu banyak.

16. Mencoba ulat maggot untuk pakan ikan

Maggot atau ulat yang dipakai untuk pakan ikan air tawar sangat banyak peminatnya. Khususnya oleh pemilik kolam ikan air tawar.

Harganya juga lumayan mahal dan stabil. Selain itu, teknik peternakannya juga cukup mudah sehingga pasti menghasilkan.

17. Berjualan belalang

Selain jangkrik, belalang juga memiliki pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Hewan satu ini bisa dipakai untuk pakan burung, juga halal dikonsumsi oleh manusia.

Di beberapa daerah di Indonesia belalang digoreng dan dimakan sebagai lauk. Kandungan gizi di dalamnya juga memiliki khasiat buah tubuh manusia.

Peternakan ikan

Peternakan ikan

Berikut ini contoh ikan yang menguntungkan jika diternak:

18. Ikan lele

Lele menjadi komoditas yang layak diperhitungkan di Indonesia. Hal ini karena lele menjadi ikan yang sangat laris di pasaran. Hampir semua orang menyukainya. Tak heran bila Anda bisa dengan mudah menemukan menu lele di warung hingga restoran.

Mulai dari lele goreng, lele kremes, hingga lele bakar. Semua menunya diminati oleh masyarakat. Dari sini jelas bahwa lele memiliki pasar yang luas dan pasti laku keras.

Menariknya, lele bisa dilakukan baik di desa maupun kota. Kalau di desa, Anda bisa memanfaatkan lahan yang luas. Kalau di kota, opsinya adalah memanfaatkan lahan kecil dengan terpal, atau pakai drum dulu jika memang modalnya kecil.

Untuk memulai bisnis ini, Anda mungkin butuh 300 ribuan. Tapi, akan mudah sukses dan menghasilkan jika minimal modal usahanya 3 juta rupiah. Jadi, sekalian bisa langsung beli pakannya.

19. Beternak ikan nila

Sama dengan lele, nila juga diminati masyarakat Indonesia. Bedanya, harga nila cenderung lebih mahal sehingga penjualannya juga tidak secepat lele.

Meski begitu, peluang usaha ternak ikan nila ini tetap menjanjikan dan menguntungkan bila dijalankan dengan serius.

20. Beternak ikan mujair

Senada dengan nila, mujair juga punya pangsa pasarnya sendiri. Selain goreng, mujair juga bisa diolah menjadi menu ikan bakar. Selain itu, ikannya juga dapat dijual di pasar sebagai ikan segar untuk para ibu rumah tangga.

21. Ikan patin

Ikan patin pun demikian. Ikan empuk tanpa duri ini bahkan bisa dimasak dengan bumbu-bumbu basah sehingga makin menggugah selera.

Selain opsi peluang usaha ternak di atas, Anda bisa mencoba bisnis lainnya. Kalau bingung, Anda bisa datang ke pasar. Lihat macam-macam barang yang bisa dihasilkan dari peternakan dan kembangkan bisnis tersebut. Riset pasar sangat penting untuk menentukan keberhasilan usaha Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.