7 Ide Peluang Usaha Distributor yang Menjanjikan dan Tips

  • by
Sekilas tentang peluang usaha distributor

Peluang usaha distributor sangat menjanjikan dan bisa dimulai tanpa modal. Inilah yang membuatnya menarik dan sangat potensial.

Apabila saat ini Anda sedang mencari ide atau inspirasi bisnis, menjadi distributor bisa jadi salah satu pilihan yang dapat diambil.

Kesempatannya masih terbuka lebar dan kans untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak pun sangat besar.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa peluang bisnis menjadi distributor yang recommended. Selamat menyimak sampai selesai dan menemukan insight baru tentang dunia bisnis.

Sekilas tentang peluang usaha distributor

Potensi bisnis distributor masih menjanjikan lantaran tidak banyak persaingannya. Di samping itu, bisnis ini sebenarnya juga tidak membutuhkan modal besar asalkan bisa bermitra dengan bisnis distributor tunggal atau supplier langsung.

Sekilas tentang peluang usaha distributor

Bisnis yang sedang dibahas ini tergolong lebih fleksibel karena bisa dikerjakan dari rumah. Hanya memang Anda perlu menyiapkan tempat untuk menaruh produknya di rumah. Itu pun jika produknya berbentuk barang yang memerlukan dimensi besar.

Kalau produknya tidak memerlukan tempat khusus atau bahkan tidak perlu tempat sama sekali, maka jelas lokasi tidak akan menjadi masalah.

Secara ringkas, di bawah ini adalah beberapa poin yang membuat bisnis distributor ini sangat menjanjikan:

  • Usaha dagang yang bisa dimulai dari modal kecil.
  • Lokasi usaha lebih fleksibel.
  • Transaksinya besar.
  • Berpotensi mendapatkan pelanggan loyal dengan repeat order berkali-kali asalkan harganya bersaing dan sesuai.
  • Keuntungannya sangat besar dan bisa dijadikan penghasilan tetap.

Selain poin di atas, masih cukup banyak poin positif lain yang membuat distributor menjadi sejenis bisnis yang menjanjikan.

Contoh distributor usaha rumahan dan non rumahan

Pada dasarnya, usaha ini bisa dikerjakan dari rumah, bisa juga di lokasi khusus. Tergantung Anda bisa memodalinya berapa.

Contoh distributor usaha rumahan dan non rumahan

Jika memang modalnya cukup untuk menyewa toko atau ruko di tempat yang strategis, maka tidak ada salahnya menyewa ruko tersebut.

Sebaliknya, jika memang modalnya tidak cukup untuk melakukan penyewaan lahan, maka sebaiknya ambil skala rumahan saja. Anda cukup memilih dengan cermat produknya agar tetap bisa menghasilkan uang.

Di bawah ini adalah beberapa contoh ide bisnis distributor skala rumahan dan non rumahan yang bisa dicoba:

1.      Distributor pulsa

Ini adalah salah satu contoh usaha distributor usaha rumahan yang bisa dikerjakan dari mana saja. Anda tidak perlu memiliki lokasi yang luas untuk mewujudkan bisnis satu ini.

Pasalnya, peluang usaha distributor ini berbasis jasa atau layanan. Di mana produknya tidak memerlukan tempat khusus. Semuanya bisa dikerjakan secara online. Anda hanya perlu menemukan agen dan pengecer yang tepat supaya bisnisnya lancar.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus bekerja sama dengan provider terkait. Selain pulsa, biasanya layanannya juga meliputi produk lain seperti pembayaran atau payment gateway.

2.      Menjadi distributor gas LPG

Gas LPG adalah salah satu contoh bisnis yang sangat menguntungkan. Hampir setiap rumah membutuhkan ini untuk memasak makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk menjadi distributor semacam ini, Anda perlu tempat yang luas dan strategis. Pastikan usahanya berada di pinggir jalan raya dengan akses yang mudah.

Selain itu, proses pendistribusian ke agen juga memerlukan armada yang cukup besar agar lebih efisien dan efektif.

Misalnya, Anda ingin mendistribusikan ke agen A, B, dan C yang lokasinya ada dalam satu kecamatan, maka jelas untuk melakukannya diperlukan armada besar agar kebutuhan masing-masing agen terpenuhi.

3.      Frozen food

Makanan beku juga memiliki pangsa pasarnya sendiri. Di Indonesia, makanan semacam ini makin diminati lantaran banyak yang sibuk dan butuh makanan cepat saji alias instan.

Frozen food yang dimaksud di sini tidak hanya terbatas pada nugget, sosis, atau kentang saja. Melainkan juga makanan-makanan beku yang diproduksi oleh daerah tertentu sebagai wujud dari usaha kerajinan mereka.

4.      Menjadi distributor produk fashion

Peluang usaha distributor produk fashion jelas memiliki pangsa pasar yang luas di Indonesia. Anda bisa mulai mencari merek terkenal apa yang paling banyak dibutuhkan oleh orang di daerah Anda kemudian mencari supplier-nya.

Tak hanya baju, Anda juga bisa mencoba item fashion lain seperti sepatu, tas, aksesori fashion, hingga jilbab. Masing-masing produk umumnya memiliki supplier yang berbeda. Jadi, silakan cari pemilik usaha supplier yang amanah agar bisnisnya bertahan lama.

5.      Distributor barang impor

Sebagian masyarakat ada yang lebih senang dengan produk-produk impor dibanding lokal. Buktinya, di marketplace ada banyak sekali pakaian-pakaian impor yang terjual ludes saat fotonya dipajang oleh beberapa toko online.

Kualitas yang terkenal bagus menjadi salah satu alasan kenapa produk impor diminati. Selain itu, ada juga yang memang butuh produk impor karena ukuran tubuhnya besar sementara size Indonesia tidak mencukupi.

Dari sini, jelas bahwa menjadi distributor produk impor sangat menjanjikan dan pasti pangsa pasarnya besar.

6.      Berjualan makanan ringan

Jika Anda perhatikan, di setiap pasar, perkampungan, sekolah, hingga perumahan selalu saja yang jualan makanan ringan. Masing-masing toko yang menjualnya juga tidak pernah sepi pembeli, khususnya dari anak-anak yang butuh jajan.

Bahkan, usaha retail skala besar seperti swalayan yang menjual produk ini pun selalu diserbu pembeli dan cepat habis produknya.

Ini menandakan bahwa peluang usaha distributor produk makanan ringan sangat menjanjikan. Anda bahkan bisa memulainya dari rumah. Cukup pilih saja produknya dengan cermat agar pilihan Anda tepat sasaran.

7.      Distribusi minuman kemasan

Minuman kemasan juga menjadi salah satu produk laris di pasaran. Coba perhatikan di tempat umum seperti sekolah, masjid, terminal, bandara, atau yang lain. Di semuanya, minuman kemasan adalah kebutuhan yang sangat krusial.

Hal ini tentu saja ada hubungannya dengan cuaca di Indonesia yang lebih sering panas sehingga membuat kita harus selalu minum air atau cairan lainnya.

Dengan membuka peluang usaha distributor minuman kemasan, Anda bisa mendistribusikan produknya ke seluruh toko, mulai dari grosir hingga asongan. Kesempatan seperti ini bisa menghasilkan banyak uang bila ditelateni.

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar peluang usaha distributor ini jaya dan sukses adalah mencari supplier yang tepat.

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik

Pasalnya, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan harga yang bersaing sehingga tidak perlu repot menentukan harga pasarnya lagi.

Di Indonesia, pemasok yang paling banyak mendatangkan barang adalah pabrik. Rokok misalnya juga dibuat di pabrik.

Di bawah ini adalah beberapa cara sukses menjadi distributor yang bisa Anda lakukan:

1.      Membuat rencana biaya

Modal untuk membuka usaha ini memang tergolong fleksibel. Bisa jadi banyak, bisa jadi pula dari nol. Bagaimanapun kondisi modal awalnya, mau banyak atau nol sekalipun, Anda harus punya rencana anggaran biaya.

Pemakaian biaya ini akan berkaitan erat dengan operasional bisnis. Jadi, tidak bisa dilakukan sembarangan.

2.      Menentukan produk yang mau didistribusikan

Produk yang bisa didistribusikan cukup banyak variasinya. Mulai dari barang hingga jasa. Masing-masing produk juga memiliki preferensi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

Maka dari itu, sebelum memulai peluang usaha distributor, Anda perlu menentukan jenis produknya dan mereknya sekalian. Pilihan ini akan berpengaruh terhadap target pasar hingga persaingannya. Pada akhirnya, opsi yang Anda ambil bisa berdampak pada nominal keuntungan yang akan didapatkan.

3.      Mengenal kompetitor

Tidak seperti bisnis distributor tunggal yang nol persaingan, distributor memiliki persaingan yang cukup ketat. Terlebih, sudah semakin banyak yang tahu bahwa peluang usaha distributor ini menjanjikan dan bisa menghasilkan banyak uang.

Maka dari itu, Anda harus siap dengan kompetitor yang ada sekarang dan kemungkinan pesaing yang akan muncul ke depan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan langkah supaya persaingannya tidak akan mempengaruhi penghasilan sekaligus mengantisipasi apa yang akan terjadi nanti.

Kenali kompetitor yang sudah ada dengan baik. Bagaimana profil mereka, harganya, dan seluk beluknya secara detail demi kelancaran bisnis.

4.      Menguji produk

Akan lebih baik jika Anda ikut menggunakan produknya jika ingin menjualnya. Langkah ini dilakukan untuk menguji kualitas produk. Dengan kualitas produk yang bagus, bisnis juga bisa dijalankan secara lancar dan mudah.

5.      Mencari tenaga kerja yang andal

Karena skala peluang distributor ini besar, Anda jelas tidak bisa bekerja sendiri. Perlu pegawai yang cocok di bidangnya untuk menghasilkan usaha yang sukses.

Lakukan penyaringan tenaga kerja yang sesuai dan andal sehingga mereka bisa bekerja dengan baik untuk memperbesar bisnisnya sesuai dengan job desc-nya.

6.      Memberikan pelayanan terbaik

Mau apa pun jenis produk yang Anda pilih dalam peluang usaha distributor, pelayanan adalah hal yang utama untuk membina kerja sama dengan para retailer. Dengan pelayanan yang baik, kans untuk menerima repeat order akan jauh lebih besar.

7.      Pemasaran itu perlu

Berbeda dengan distributor tunggal yang tidak punya pesaing, di sini ada banyak persaingan bisnis yang harus Anda hadapi. Maka dari itu, sangat perlu diterapkan strategi pemasaran agar para retailer tertarik untuk membeli produknya di tempat Anda.

Anda bisa melakukan promosi secara offline dan online. Berikan harga khusus kepada pengecer yang menjual produknya secara cepat dalam jumlah banyak. Ini akan memberi semangat tersendiri buat mereka untuk meningkatkan penjualan.

8.      Memperbanyak relasi dan memperluas jaringan

Semua bisnis butuh relasi dan jaringan, tak terkecuali peluang usaha distributor ini. Maka dari itu, Anda perlu membina relasi dan memperluas jaringan sebanyak-banyaknya. Relasi dan jaringan yang terbentuk ini juga bisa jadi sarana promosi gratis.

Maksudnya, saat ada yang butuh kulakan produk tertentu yang sesuai dengan barang yang Anda distribusikan, bisnis Anda siap untuk menyediakan produk tersebut buat mereka dengan sistem pengiriman yang sudah disepakati bersama.

9.      Mengurus perizinan

Perizinan adalah hal dasar yang harus diurus dan dimiliki oleh peluang usaha distributor. Dengan adanya perizinan, bisnis akan jauh lebih legal dan dipercaya oleh para retailer. Selain itu, syarat dasar untuk menjadi distributor umumnya juga memiliki usaha yang jelas dan legal.

Biasanya dokumen legalitas bisnis tersebut diminta saat pengajuan untuk menjadi distributor dari produk tertentu.

10.  Menerapkan strategi distributor yang tepat

Ada banyak strategi yang efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan, di antaranya adalah memberikan harga spesial bagi retailer loyal, retailer yang bisa menjual produk dalam jumlah tertentu di waktu yang cepat, hingga reward berupa barang di saat tertentu. Misalnya ketika momen hari raya atau yang lain.

Anda juga bisa membuat pelanggan biasa menjadi lebih loyal dengan cara memperhatikan hal-hal kecil dari mereka dan memberikan penghargaan atas pencapaian-pencapaian kecil.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang peluang usaha distributor yang sukses. Anda bisa mencontoh dan menerapkannya di waktu yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.