12 Ide Peluang Usaha Dropship Terbaru Paling Laris

  • by
Rekomendasi peluang usaha dropship terpercaya dan paling laris

Peluang usaha dropship makin diminati dan menjanjikan. Banyak yang akhirnya sukses dan bisnisnya menjadi besar. Mau coba?

Dropship menjadi salah satu istilah yang mulai dikenal saat era berbelanja online menjadi tren di Indonesia. Dengan menjadi dropshipper, banyak orang yang bisa belajar dan memulai usahanya tanpa menyiapkan modal terlebih dulu.

Karena kemudahan tersebut, sampai saat ini ada banyak orang yang sangat senang dengan ide berbisnis dropship. Kesempatan usaha ini bahkan terbuka buat siapa saja yang mau mencobanya.

Mulai dari ibu rumah tangga yang ingin berbisnis dari rumah. Hingga mahasiswa yang ingin menambah uang saku buat kuliah mereka. Semuanya bisa melakukannya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai rekomendasi pilihan produk yang bisa dijual dengan sistem dropship. Selamat menyimak.

Pengertian dropship

Sebelum membahas lebih detail mengenai produk yang cocok di bisnis perdagangan ini, mari kenali dulu apa itu dropship dan keuntungannya.

Dropship adalah suatu model bisnis yang booming di era internet dengan sistem kerjanya adalah menghubungkan antara pembeli dengan supplier tanpa perlu menyiakan stok barang. Dalam bisnis ini dikenal istilah dropshipper, yakni pelaku usahanya.

Seorang dropshipper berkesempatan untuk menjual produk tanpa menyiapkan modalnya terlebih dulu, tidak perlu menyiapkan stok barang, dan tidak perlu repot mengemas barang untuk dikirimkan kepada pembeli.

Tugas utama dropshipper adalah memasarkan produk supplier melalui sosial media atau media online lainnya, juga secara langsung kepada konsumen akhir.

Dengan konsep kerja yang sederhana tersebut, banyak yang suka menjalankan bisnisnya.

Potensi dan keuntungan peluang usaha dropship

Potensi dan keuntungan peluang usaha dropship

Ada banyak hal yang menjadikan bisnis ini sangat potensial dan menguntungkan, di antaranya adalah:

1. Pemilik usaha tidak perlu repot menyiapkan barang yang mau dijual

Seorang dropshipper tidak perlu repot menyiapkan produknya sendiri. Mulai dari foto produk, pengemasan, dan pengiriman barang, semuanya dilakukan oleh pemasok yang dipilihnya.

Dia hanya tahu caranya memasarkan produk tersebut hingga akhirnya laris dan banyak yang membeli.

2. Dropshipper bisa menjual lebih dari satu jenis barang

Berbeda dengan pemilik distributor tunggal yang umumnya hanya menjual satu produk dalam skala besar, peluang usaha dropship menjual produk dalam skala kecil dengan varian produk yang berbeda.

Maksudnya, satu dropshipper bisa bekerja sama dengan lebih dari satu supplier untuk menyediakan barang yang diinginkan.

Anda bisa berjualan baju hingga peralatan rumah tangga sekaligus. Asalkan pemasoknya sesuai dan membuka kerja sama dropship.

3. Bisnis dropship tanpa modal sama sekali

Karena tidak perlu kulak barang buat stok, Anda tidak butuh modal sama sekali. Smartphone dan kuota internetlah yang menjadi senjata Anda untuk memulai bisnis ini.

Saat sudah punya HP dan kuota internet, Anda bebas memosting dan memasarkan produk dari pemasok melalui media sosial seperti instagram, facebook, hingga tiktok.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace seperti Shopee buat berjualan. Bahkan, meskipun pemasoknya berasal dari Shopee atau marketplace yang sama, Anda tetap bisa melakukannya. Asalkan alamatnya bisa disesuaikan dengan tepat.

4. Pangsa pasarnya cukup luas karena bisa dipasarkan melalui internet juga

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pemasaran produk ini sangat fleksibel. Bisa online dan offline. Bila memilih online, Anda bisa memanfaatkan media sosial, marketplace, hingga website untuk melakukan promosi dan penjualan.

Bila memilih offline, maka produknya bisa dipesan secara online kemudian dijual ke orang-orang terdekat di sekitar Anda. Misalnya, ke tetangga, komunitas yang ada di lingkungan, sahabat, hingga kerabat dekat.

Kedua cara di atas juga bisa dijalankan secara bersamaan untuk meningkatkan kans buat mendapatkan uang.

5. Biaya operasional kecil karena tidak perlu sewa tempat untuk usaha

Karena tidak butuh stok, berarti Anda juga tidak perlu punya toko khusus. Peluang usaha dropship ini bahkan bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja.

Tidak ada ruang khusus yang diperlukan, tempat juga tidak perlu strategis sehingga tidak perlu menyewa terlebih dulu.

Rekomendasi peluang usaha dropship terpercaya dan paling laris

Rekomendasi peluang usaha dropship terpercaya dan paling laris

Di bawah ini adalah beberapa pilihan produk dropship paling laris yang bisa Anda pilih:

1. Kosmetik dan skin care

Kosmetik dan skin care merupakan salah satu produk paling laris di beberapa marketplace. Hal ini menandakan bahwa produknya memang diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Anda bisa berjualan kosmetik lokal hingga luar negeri. Pastikan lengkap mulai dari perawatan kulit hingga alat make up. Perhatikan harga barang agar tidak kalah saing dengan harga pasar pada umumnya.

2. Makanan sehat

Makanan sehat kini menjadi pilihan banyak orang karena sebagian besar masyarakat sadar untuk memulai hidup sehat. Makanan sehat biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding harga umum. Namun, karena kebutuhan makanannya tetap dibeli oleh konsumen.

3. Pakaian dan pakaian muslim

Pakaian adalah kebutuhan dasar. Ini juga menjadi salah satu contoh produk terlaris di marketplace sehingga cocok dikembangkan sebagai peluang usaha dropship.

Terlebih pakaian sangat mudah dipasarkan melalui sosial media. Pakaian tidak mudah busuk hanya memang sering berganti tren.

Selain itu, di Indonesia ada banyak pemilik bisnis konveksi yang mencari partner dan reseller buat usahanya. Dropshipper bisa menjadi partner yang pas buat mengenalkan produk mereka ke khalayak.

Ada banyak jenis pakaian yang bisa dipilih. Namun, yang paling laris adalah pakaian muslim karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam.

4. Aksesori fashion

Aksesori fashion juga menjadi salah satu produk peluang usaha dropship paling laris. Adapun contoh produknya adalah gelang, kalung, bros, bando, bandana, dan yang lainnya. Aksesori semacam ini ternyata memiliki pangsa pasar yang terus bertumbuh.

5. Berjualan gadget

Smartphone juga banyak peminatnya. Selain permintaan yang tinggi, memilih berjualan gadget adalah pilihan yang menguntungkan karena profit marginnya lumayan besar.

Pasalnya, banyak gadget yang dijual dengan harga murah di internet, namun di sekitar kita harganya jadi sangat mahal. Terpaut harganya sampai ratusan ribu rupiah. Artinya, sekali transaksi Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

6. Aksesori gadget

Selain gadget, aksesorinya juga sangat dibutuhkan. Contoh aksesori ini adalah headset, pelindung layar, hingga casing. Bahkan, salah satu contoh usaha kerajinan casing kustom sangat diminati akhir-akhir ini.

7. Furnitur atau mebel

Meski tidak terlihat laris manis, tapi pada kenyataannya setiap hari ada saja yang membutuhkan furnitur buat rumahnya. Boleh jadi butuh kompor, lemari plastik, meja belajar, atau yang lain. Yang jelas, produk-produk semacam ini sangat laku di pasaran.

8. Perlengkapan rumah tangga

Selain furnitur, perlengkapan rumah tangga lain seperti hanger baju, gunting, piring, gelas, dan yang lainnya sangat dibutuhkan. Anda bisa membuka peluang usaha dropship ini jika memang tertarik.

9. Produk bayi

Ada banyak contoh produk bayi yang bisa Anda masukkan dalam daftar produk laris. Di antaranya adalah pakaian, popok sekali pakai, popok kain, minyak telon, bedak, mainan, dan yang lainnya.

Semuanya selalu dibutuhkan oleh ibu-ibu di tiap perkembangan bayinya. Jadi, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai seorang dropshipper.

10. Usaha jilbab dan aksesorinya

Jilbab atau kerudung sangat laku di pasaran. Baik itu jilbab segi empat maupun hijab-hijab instan. Semuanya punya pangsa pasar sendiri.

Jika Anda tertarik untuk memilih produk ini, maka perhatikanlah target market sehingga tidak terlalu merepotkan.

11. Pakaian olahraga dan kebutuhan sejenis

Pakaian olahraga seperti pakaian renang, sepatu olahraga, pakaian senam, dan yang lainnya ternyata punya pangsa pasar yang sangat jelas. Mereka yang hobi olahraga juga akan langsung membelinya begitu butuh tanpa pikir panjang.

12. Kebutuhan hewan peliharaan

Bagi sebagian orang memiliki hewan peliharaan adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Mereka yang punya hobi ini akan menyayangi hewan peliharaannya dengan sangat serius. Maka dari itu, seluruh kebutuhannya akan dipenuhi dengan baik.

Website supplier dropship untuk join dropship

Ada banyak contoh situs yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai peluang usaha dropship, di antaranya adalah:

  • Situs Shopee.
  • Situs Tokopedia.
  • Website Dusdusan.com.
  • Website Jakartagrosir.com.
  • Tanah Abang Market.
  • Website Bandros.co.id, dll.

Masih banyak contohnya. Anda hanya perlu lebih kreatif dan inovatif untuk mengikutinya.

Cara memulai bisnis dropship

Cara memulai bisnis dropship

Di bawah ini adalah beberapa trik untuk memulai peluang usaha dropship:

  • Menentukan supplier yang tepat dan terpercaya.
  • Bekerja sama dengan supplier-nya.
  • Mempromosikan produk secara rutin.
  • Membuat rekening secara lengkap untuk transaksi.
  • Menguasai teknik pemasaran melalui sosial media.
  • Melayani pelanggan dengan baik.
  • Membuat pembukuan agar alur kas bisa tercatat dengan baik.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu melakukan inovasi sendiri setiap kali ada tantangan terhadap peluang usaha dropship yang sedang dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.