Peluang Usaha Jadi Supplier dan Cara Sukses Menjalankannya

  • by
Potensi peluang usaha jadi supplier yang menjanjikan

Peluang usaha jadi supplier itu sangat menguntungkan. Pembelinya jelas dan transaksinya dalam jumlah yang besar. Mau coba?

Supplier, agen, distributor, atau tengkulak, apa pun sebutannya merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, di sini para pengecer akan membeli produk dengan sistem grosir untuk dijual kembali kepada konsumen akhir atau sesekali dipakai untuk mereka sendiri.

Meski menggunakan istilah yang sama, yakni pemasok. Sebenarnya, pelaku usaha semacam ini memiliki tingkatan tersendiri.

Ada yang menjual produknya untuk pedagang-pedagang besar, ada pula yang skalanya lebih kecil karena cukup menjadi pemasok buat pengecer akhir yang langsung bersinggungan dengan konsumen.

Lebih jelas mengenai peluang bisnis ini akan kami sampaikan dalam artikel ini, selamat menyimak.

Potensi peluang usaha jadi supplier yang menjanjikan

Potensi peluang usaha jadi supplier yang menjanjikan

Ada banyak alasan kenapa Anda perlu tahu alasan mengambil peluang bisnis perdagangan ini. Di antara alasannya adalah:

  • Pemasok biasanya menjadi tempat kulakan buat para pemilik toko kecil di kawasan tersebut.
  • Bisnis ini juga bisa dijadikan tempat bertransaksi oleh konsumen akhir yang ingin berbelanja dalam skala besar. Misalnya untuk hajatan atau belanja bulanan yang langsung banyak. Artinya, pemasok bisa jual grosir maupun ecer.
  • Dengan menjadi supplier, toko yang kulakan pada Anda akan menjadi reseller atau cabang baru. Jadi, kans untuk mendapatkan laba jauh lebih besar ketimbang bisnis skala kecil.
  • Perkembangan bisnisnya cenderung cepat. Apalagi jika persaingannya sangat kecil.
  • Untuk kulakan barang, sales yang akan mendatangi tempat usaha. Artinya, Anda tidak perlu repot mencari produknya di distributor yang lebih besar.
  • Keuntungan yang diperoleh biasanya lebih fleksibel. Bisa mengambil profit margin yang tinggi.
  • Saat ada perubahan harga, Anda bisa langsung tahu dulu. Diinformasikan oleh sales. Jadi, kecil kemungkinan untuk merugi.
  • Produk-produk seperti tepung, telur, dan yang lainnya yang butuh timbangan biasanya masih dijual dalam satuan kantong atau kotak. Sesekali pakai timbangan. Artinya, kecil kemungkinan akan terjadi penyusutan timbangan.

Selain hal-hal di atas, masih banyak hal lain yang menjadikan bisnisnya sangat menjanjikan. Itulah mengapa banyak yang tertarik untuk menjalankannya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya. Sebab, menjadi supplier ada tantangannya tersendiri.

Tantangan atau risiko menjadi supplier

Adapun contoh tantangannya adalah:

  • Dibutuhkan modal yang lumayan besar untuk menjalankan usahanya.
  • Lokasi harus strategis dengan akses yang mudah dan cepat.
  • Saat pembeli sudah terbiasa membeli ke supplier A mereka biasanya akan enggan menjadi pelanggan supplier Kecuali jika ada penawaran khusus yang membuat mereka berubah pikiran.
  • Kini, sudah banyak supplier online yang menerima sistem dropshipper sehingga menambah daftar persaingan.

Karena risiko di atas, maka banyak pula yang lebih memilih membuka bisnis retail skala kecil karena terkendala modal.

Cara menjadi supplier yang sukses

Cara menjadi supplier yang sukses

Dengan adanya tantangan di atas, Anda perlu melakukan strategi jika memang hendak menjalankan peluang usaha jadi supplier ini. Berikut ini adalah beberapa cara suksesnya:

1. Menyiapkan modal

Modal merupakan kebutuhan utama dalam bisnis ini. Jadi, Anda harus menyiapkannya sejak awal. Jumlah modal usaha yang perlu disiapkan cukup banyak bisa modal usaha 50 juta ke atas. Tergantung peluang bisnis jadi supplier apa yang dipilih.

2. Mengidentifikasi kapasitas usaha

Dengan modal yang sudah jelas, Anda bisa langsung mendeteksi seberapa besar kapasitas usaha Anda. Apakah cukup untuk membeli berbagai macam produk dan menjualnya kepada toko grosir atau toko-toko ecer.

Identifikasi kapasitas usaha ini selain berkaitan erat dengan pilihan produk dan jumlah produknya, juga berkaitan dengan pilihan target pasarnya.

3. Membina kerja sama yang baik

Supplier atau agen pada dasarnya adalah distributor. Mereka mendistribusikan pemasaran produk tertentu dari produsen ke pemilik toko yang ada di bawahnya. Maka dari itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara Anda kepada mereka semua.

Misalnya, Anda membuka toko pemasok sembako. Maka, bekerja samalah dengan sales yang datang menawarkan produk dan pembeli yang merupakan pengecek di toko Anda.

4. Strategi pemasaran yang tepat

Lakukan strategi pemasaran dengan tepat sasaran. Biasanya, bisnis semacam ini dijalankan dengan pemasaran yang berbasis layanan dan kepercayaan. Artinya, Anda harus memberikan layanan terbaik kepada para pembeli sehingga mereka loyal dan mau merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

5. Menetapkan harga terbaik

Harga adalah salah satu hal yang riskan untuk ditentukan. Apalagi untuk supplier. Hal ini karena pembeli Anda adalah pemilik usaha yang juga harus bersaing harga agar bisa bertahan di usaha tersebut.

Jangan sampai memberikan harga yang terlalu mahal karena pasti mereka tidak akan bisa mengambil laba dari harga tersebut. Kalau sudah begitu, biasanya mereka akan mencari distributor lain agar bisa menjual produk dengan lebih leluasa.

Tetapi, jangan juga menentukan harga yang terlalu murah tanpa memperhitungkan biaya operasional seperti sewa toko atau gaji pegawai.

6. Coba buka online

Pertimbangkan untuk menjadi pemasok di marketplace. Jual produknya dengan sistem online dengan harga yang bersaing untuk mendapatkan lebih banyak pembeli.

Contoh peluang usaha jadi supplier terbaik

Contoh peluang usaha jadi supplier terbaik

Di bawah ini adalah beberapa peluang menjadi distributor produk yang laris manis:

1. Distributor sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang pasti laku setiap hari. Produk seperti minyak goreng, beras, gula, dan yang lainnya pasti akan dibeli di toko ecer. Dengan kata lain, mereka akan kulakan produk yang sama kepada Anda.

Selain sembako, yang jelas dibutuhkan adalah gas LPG. Meski tidak setiap hari dibutuhkan oleh rumah tangga, produk ini merupakan kebutuhan rutin yang sangat mungkin dibeli satu sampai tiga kali dalam sebulan.

Belum lagi, ada warung-warung yang membutuhkan gas untuk operasional usaha mereka. Sudah jelas, gas LPG merupakan kebutuhan mendasar yang pasti akan dibutuhkan banyak orang.

2. Perlengkapan sekolah

ATK dan perlengkapan sekolah lain juga menjadi contoh riil produk yang selalu dibutuhkan. Bila mau membuka peluang usaha jadi supplier, maka perlengkapan sekolah bisa jadi satu pilihan yang pas.

3. Baju tidur

Meski terlihat tidak banyak dibutuhkan namun faktanya produk satu ini banyak dicari. Apalagi jika produknya berharga murah. Pembeli dari kelas menengah ke bawah pasti akan membutuhkannya dan membelinya secara rutin saat membutuhkan.

4. Pakaian secara umum

Selain baju tidur, Anda juga bisa berjualan pakaian secara umum. Bisa pakaian muslim, pakaian anak-anak, atau yang lainnya.

Pasalnya, jenis pakaian tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Pakaian muslim misalnya diminati oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Sementara pakaian anak biasanya sangat dibutuhkan karena tumbuh kembang anak berlangsung sangat cepat sehingga selalu butuh pakaian baru buat balita dan anak mereka. Belum lagi tren fashion anak juga makin berkembang.

5. Jilbab atau hijab

Jilbab, hijab, atau kerudung juga menjadi contoh produk laku keras di pasaran. Maka dari itu, peluang usaha jadi supplier jilbab juga sangat menguntungkan.

Tak tanggung-tanggung, produsen atau bisnis konveksi yang memproduksi jilbab biasanya mendistribusikannya melalui sales ke pasar-pasar dengan transaksi sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Jika Anda bisa menjadi salah satu pemasok, maka ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar.

6. Camilan atau makanan ringan

Berjualan makanan ringan juga memiliki peluang sangat besar. Pasalnya, camilan tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa.

7. Mainan anak

Sama dengan baju anak dan camilan, mainan anak juga punya pangsa pasar luar biasa. Persaingan harga yang sengit di kategori ini. Bila Anda berminat, maka harus pintar-pintar promosi dan menentukan harga pasarnya.

8. Minuman kemasan

Minuman kemasan saat ini juga menjadi primadona seiring dengan iklim tropis di Indonesia. Jika Anda mau jadi pemasok, maka minuman kemasan adalah salah satu contoh yang paling pas.

9. Kosmetik dan produk herbal

Produk herbal memiliki pasar yang terus melebar di Indonesia. Demikian juga dengan kosmetik yang disukai oleh sebagian besar kaum Hawa.

Kosmetik dan produk herbal bahkan menjadi salah satu kategori produk terlaris di beberapa marketplace. Itulah yang menjadikannya cocok dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis buat para supplier.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang peluang usaha jadi supplier. Anda bisa menerapkan strategi atau cara sukses di atas. Pantang menyerah dan perbanyak doa agar berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.