Panduan Lengkap Bisnis Kosmetik, Modal Minim Omset Melimpah

  • by
Peluang bisnis kosmetik di Indonesia

Bisnis kosmetik merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan di era sekarang. Banyak yang butuh dan mayoritas tak berpikir dua kali untuk membeli produknya.

Dengan kondisi seperti itu, tidak heran bila banyak orang yang mencoba membuat kosmetik dan skin care mereka sendiri.

Para artis misalnya, sebagian dari mereka berbondong-bondong menciptakan produk kosmetik sendiri bekerja sama dengan mitra yang tepat. Di antara artis yang turut meramaikan bisnis ini adalah Rossa, Ivan Gunawan, hingga Felicia.

Tak hanya di dalam negeri, tren membuat brand make up sendiri sebenarnya sudah ada lebih dulu di luar negeri. Sebut saja keluarga Kardashian yang telah memiliki beberapa produk secara lengkap.

Bahkan, merek-merek yang sudah punya nama di Indonesia sekalipun mau bekerja sama dengan para artis untuk membuat produk khusus dengan nama artis tersebut. Misalnya Merek A X nama artisnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa ladang bisnis ini cukup menjanjikan dan menguntungkan sehingga banyak yang tertarik mencobanya.

Apabila Anda juga mau mencobanya, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Peluang bisnis kosmetik di Indonesia

Ulasan di atas sedikit banyak telah memberikan gambaran tentang potensi usaha kosmetik yang sangat menjanjikan.

Peluang bisnis kosmetik di Indonesia

Lebih detail, Anda perlu tahu bahwa saat ini kosmetik tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja. Generasi milenial dan Gen Z sama-sama sudah melek make up sehingga mereka sama-sama menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, anak sekolah pun kini sudah ada yang memakai produknya meskipun dilarang oleh pihak sekolah.

Mereka adalah pangsa pasar yang menjanjikan. Tidak hanya produk make up tetapi juga perawatan tubuh dan wajah.

Jika Anda mau memulai bisnis ini, maka perlu diketahui ada 3 kategori bisnis penjualan yang bisa dilakukan, yakni:

Bisnis kosmetik brand sendiri

Seperti yang sudah disampaikan di atas, kini banyak orang yang membuat brand sendiri. Jika memilih ini Anda harus mengurus dari sejak pembuatan produk sampai pemasarannya.

Cara ini tentu lebih ribet karena Anda perlu memulai semuanya dari nol. Harus branding dan mengenalkan merek dari awal.

Mungkin akan sulit buat pemula, apalagi yang tidak punya nama atau tidak terkenal. Berbeda dengan para artis yang memang sudah punya nama. Sehingga saat namanya dijadikan brand, orang-orang akan mudah mengingatnya.

Kulak lalu jual atau buat toko kosmetik

Membuat toko kosmetik bisa menjadi opsi yang sangat menguntungkan. Pasalnya, bisnis ini hanya membutuhkan modal yang sedikit. Anda bahkan bisa memulai usahanya dari rumah tanpa perlu sewa tempat.

Bisnis kosmetik rumahan ini biasanya menjual produk-produk yang sudah dikenal masyarakat. Misalnya pelembab, lipstik, bedak, atau yang lain. Yakni kebutuhan-kebutuhan dasar hingga alat makeup lengkap.

Untuk mereknya, Anda harus memperhatikan pilihannya. Sesuaikan dengan target market. Kalau di desa, menjual produk dengan harga murah tentu lebih menguntungkan dibanding dengan yang harganya mahal.

Selain harga, perhatikan juga popularitas merek tersebut. Misalnya, Wardah, Viva, Maybelline, dan yang lainnya.

Pastikan produknya lengkap dan sudah menjawab kebutuhan masyarakat yang menjadi target pasarnya.

Jualan online

Selain berjualan langsung dengan membuka toko sebagaimana disampaikan di atas, Anda juga bisa sekalian jualan online atau fokus jualan kosmetik online dengan sistem dropship dan reseller.

Bisnis kosmetik online semacam ini bisa dibilang sangat menguntungkan karena modalnya sangat kecil dan kans berkembangnya besar. Pasalnya, di marketplace, kosmetik menjadi salah satu kategori produk terlaris.

Persiapan dalam cara memulai bisnis kosmetik dari nol

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak memulai usaha jualan produk kecantikan dari nol:

1. Mempelajari aturannya

Saat Anda ingin membuat bisnis kosmetik brand sendiri, maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah aturan membuat kosmetiknya. Sebagaimana diketahui, kosmetik yang dibuat haruslah aman dan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BPOM.

Jangan sampai memasukkan bahan berbahaya yang dilarang karena pasti akan mempengaruhi izin edar dari produk tersebut.

Sebagai langkah persiapan awal, kumpulkan sebanyak-banyak informasi mengenai aturan ini agar terhindar dari penghambat usaha di masa depan.

2. Pikirkan bagaimana produksinya

Produksi adalah sesuatu yang penting dalam pembuatan brand. Berbeda dengan usaha konveksi yang bisa dijalankan di rumah, pembuatan produk bisnis kosmetik umumnya harus dilakukan di laboratorium karena perlu pengujian atau tindakan lainnya.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dan mempersiapkan kerja sama dengan laboratorium, tim pengemasan, pengujian, dan yang lainnya.

Pastikan bahwa tidak ada detail yang tertinggal dalam persiapan bisnis kosmetik ini karena di sinilah produk akan dibuat dengan kualitas terbaiknya.

3. Hitung dengan cermat berapa modal usaha kosmetik

Modal usaha kosmetik sangat beragam. Ada yang kecil, ada pula yang besar. Namun, bila mau membuat brand sendiri Anda bisa menentukan mau memproduksi seberapa banyak. Kalau banyak tentu modalnya juga besar.

Yang tak kalah penting dari perhitungan modal adalah sumber dananya. Pastikan bahwa sumber dananya jelas dan nominalnya mencukupi.

4. Pikirkan tentang ruang kerja

Ruang kerja yang dimaksud di sini tidak hanya soal produksi barang, melainkan juga tempat penyimpanan bahan baku, tempat penyimpanan produk jadi, hingga show room-nya.

Pastikan bahwa lokasi bisnis kosmetik yang Anda pilih aman agar tidak merusak produknya.

5. Matangkan rencana bisnis kosmetik

Agar bisa menjalankan usaha dengan lancar, Anda harus memastikan bahwa rencananya bisa berjalan dengan lancar pula. Buatlah rencana dan matangkan. Jangan sampai ada detail kecil yang tertinggal agar tidak mengganggu di kemudian hari.

Tips sukses menjalankan usaha kosmetik brand sendiri

Tips sukses menjalankan usaha kosmetik brand sendiri

Dengan persiapan sebagaimana kami sampaikan di atas, Anda harus menjalankan trik-trik khusus agar bisnisnya sukses. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah:

1. Mengikuti tren

Make up adalah bagian dari fashion sehingga trennya pun terus berubah. Contohnya, dulu alis dibuat dengan tipis. Seiring berjalannya waktu ada tren alis tebal. Selanjutnya, tren ini berubah lagi dengan alis yang dibuat tampak menyerupai aslinya.

Oleh karena itu, bila Anda berniat membuka bisnis kosmetik, silakan ikuti tren yang ada. Sebab, sebagian besar orang juga ingin punya penampilan yang mengikuti tren sehingga bisa penampilannya kekinian.

2. Memahami kebutuhan konsumen

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah memahami kebutuhan konsumen. Ini penting, mengingat setiap orang punya gaya berpenampilan sendiri-sendiri. Sementara itu, tiap bisnis juga punya pangsa pasarnya sendiri.

Agar aman, Anda harus memahami kebutuhan konsumen dengan sangat baik. Tentu saja disesuaikan dengan target pasarnya.

3. Punya nilai unik dalam produk

Setiap brand akan mudah dikenali jika ada hal unik yang ditawarkan. Anda harus menciptakan keunikan tersebut agar lebih menonjol dibanding brand lainnya.

Misalnya, saat pertama kali muncul, Wardah hadir sebagai makeup yang halal. Itulah yang membuatnya mudah dikenal oleh masyarakat Indonesia yang umumnya beragama islam.

4. Menentukan image yang mau dibangun

Image adalah hal penting dalam sebuah brand bisnis kosmetik. Inilah kunci yang membuat produknya bisa dikenal. Anda harus memutuskan mau membuat image seperti apa buat brand tersebut. Untuk mengenalkan image ini, Anda bisa membuat tagline khusus.

5. Memberikan sentuhan yang berbeda pada makeup nya

Sentuhan yang berbeda menjadi ciri khas tersendiri buat sebuah produk. Apalagi sekarang ada banyak persaingan di pasar.

Dengan memberikan sentuhan berbeda maka karakteristik produknya akan semakin mudah dikenal. Misalnya, menawarkan produk yang menawarkan sentuhan akhir lebih colorful atau yang soft.

Dengan begitu, bisnis kosmetik tersebut bisa lebih mudah dikembangkan.

6. Permudahlah konsumen menemukan brand Anda

Selain membuat brand dikenal, tugas lain yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa para konsumen bisa menemukan produknya dengan mudah.

Oleh karena itu, Anda harus membuat toko yang mudah dijangkau hingga toko online di beberapa marketplace. Dengan begitu, mereka bisa membeli produknya dengan mudah.

7. Menciptakan customer experience yang unik

Pengalaman adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan produk. Cobalah berikan pengalaman unik buat mereka. Misalnya dengan memberikan tester atau semacamnya.

Dengan begini, Anda bisa mendapatkan pelanggan sekaligus mengevaluasi apakah produknya sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan mereka.

8. Keamanan kosmetik adalah prioritas utama

Sebagaimana dijelaskan di atas, bisnis kosmetik membutuhkan izin yang cukup ketat dari BPOM. Maka dari itu, selalu tempatkan keamanan produk di bagian atas dari segalanya untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.

9. Memilih brand ambassador yang tepat

Selanjutnya, agar produknya makin dikenal, tidak ada salahnya untuk mencari brand ambassador. Pastikan bahwa profilnya sesuai dengan target market yang dituju.

Cara usaha kosmetik di kampung dari rumah

Untuk memulai bisnis kosmetik di kampung Anda bisa memilih berjualan melalui toko kosmetik rumahan. Biasanya modalnya tidak terlalu besar. Uang 10 juta, rasanya sudah bisa digunakan untuk mendapatkan omset yang besar.

Agar makin sukses, silakan ikuti trik di bawah ini:

  • Memilih produk yang populer.
  • Mengenali target market dan kemampuan mereka.
  • Mengenali kebutuhan konsumen.
  • Melakukan riset kompetitor.
  • Memberikan tawaran member untuk promosi.
  • Tetap memberikan harga yang kompetitif.
  • Rajin melakukan promosi secara online untuk mengenalkan produknya kepada lebih banyak orang.

Selain cara di atas, Anda juga bisa sekalian buka jasa untuk makeup di acara tertentu. Atau bekerja sama dengan MUA yang ada di kampung tersebut agar bisa mendapatkan pelanggan dengan mudah.

Berjualan produk kecantikan online

Berjualan produk kecantikan online

Berikut ini tips untuk para penjual atau pemilik bisnis kosmetik online supaya sukses:

1. Menjadi reseller atau dropshipper

Kosmetik merupakan produk terlaris di beberapa marketplace. Maka dari itu, Anda bisa memilih bisnis reseller atau dropship untuk berjualan secara online. Carilah supplier yang tepat agar bisnisnya bisa bertahan lama.

2. Memilih produk yang populer

Tidak semua brand kosmetik laris manis di pasaran. Hanya beberapa yang sudah populer atau booming saja yang akan laris. Agar aman, sebaiknya pilih produk populer untuk dijual.

3. Menjual produknya secara online

Anda bisa mulai mencoba memanfaatkan situs jual beli seperti Shopee, Tokopedia, dan yang lainnya untuk berjualan. Situs-situs semacam ini biasanya juga menawarkan gratis ongkir sehingga sangat menguntungkan buat penjual.

4. Memasarkan di sosial media

Agar makin banyak yang beli, silakan kenalkan produk bisnis kosmetik Anda melalui sosial media. Ada Whatsapp, Instagram, Facebook, hingga TikTok yang bisa dimanfaatkan dengan mudah untuk mengenalkan dan menjual produk.

5. Membuka toko

Anda juga bisa membuat toko online sendiri dengan membuat website khusus. Di website ini, Anda juga bebas memberikan informasi hingga keterangan-keterangan penting mengenai produknya atau tips-tips kecantikan lainnya.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar bisnis kosmetik berhasil. Anda bisa menerapkannya untuk mendapatkan omset yang melimpah meski modal usahanya kecil. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.