Peluang Usaha Agen Minyak Goreng dan Cara Sukses Berbisnis

  • by
Potensi peluang usaha agen minyak goreng

Peluang usaha agen minyak goreng terbuka bagi siapa saja yang berminat dan memenuhi kualifikasi. Cari tahu caranya dalam artikel ini.g

Sebagaimana diketahui, minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi orang Indonesia. Saat memasak, kita membutuhkan produk ini. Tak heran bila saat mengalami kenaikan harga, banyak orang yang protes dan merasa kecewa.

Kenaikan harga ini tidak hanya seribu atau dua ribu rupiah, melainkan sampai 2 kali lipat dari harga sebelumnya.

Hal ini tentu saja membuat masyarakat merasa tidak diuntungkan. Dengan penghasilan yang sama, mereka harus membeli produk dengan harga yang lebih mahal.

Meski begitu, demi kebutuhan yang mendasar, mereka pun rela membeli produk ini. Namun agar bisa tetap menghemat uang, sebagian masyarakat mencari minyak dengan harga yang murah.

Apabila ada penjual minyak yang membanderol produknya dengan harga murah, maka pada saat itu juga produknya akan langsung ludes terjual.

Bayangkan, jika Anda penjualnya. Itu berarti keuntungannya juga akan berlipat-lipat karena pembelinya banyak.

Potensi peluang usaha agen minyak goreng

Sebagaimana dijelaskan di atas, bisnis ini memiliki peluang besar. Pasalnya, masyarakat Indonesia jelas membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan pokok berupa makanan.

Potensi peluang usaha agen minyak goreng

Belum lagi, banyak juga para penjual makanan siap saji, warung, atau yang lainnya yang akan membeli produknya dalam jumlah banyak.

Dengan kata lain, pangsa pasar usaha ini jelas besar dan luas. Permintaan yang tinggi inilah yang menjadikan minyak pasti laris manis di pasaran.

Terlebih lagi jika Anda bisa menemukan pemilik bisnis supplier yang bisa memberikan harga rendah. Bila demikian yang terjadi, maka minyak yang Anda jual pun bisa dibanderol dengan harga murah.

Harga ini akan menjadi daya tarik tersendiri buat para pembeli sebab mayoritas orang menjualnya dengan harga yang mahal.

Mengenali jenis minyak goreng di pasaran

Mahalnya minyak memang menjadi satu masalah dalam peluang usaha agen minyak goreng. Maka dari itu, Anda harus menemukan solusi yang tepat agar bisa tetap menjual produk dengan tingkat pembelian yang tinggi.

Salah satu caranya adalah dengan mengenali jenis minyak yang ditawarkan di pasaran. Ada dua jenis minyak yang dijual di pasaran Indonesia, kedua jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini penjelasan mengenai kedua jenis tersebut:

Bisnis minyak goreng kemasan

Jenis pertama yang paling sering kita jumpai di departemen store atau swalayan adalah versi kemasan. Versi ini biasanya sudah dikemas dengan aman dan rapi dalam ukuran tertentu. Ada yang 1 liter, ada pula yang 2 liter.

Kadang, Anda juga bisa menemukan versi lebih sedikit dengan harga yang cenderung lebih murah.

Ukuran yang berbeda ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kemampuan mereka dalam membeli produk. Ada yang dalam sekali waktu bisa membeli varian 2 liter, namun di sisi lain ada pula yang mampu membeli ukuran kecil saja.

Harga minyak goreng kemasan ini biasanya cukup mahal. Bahkan, untuk varian 2 liter bisa dibanderol sampai 50 ribu rupiah.

Biasanya, harga tersebut juga dibedakan berdasarkan merek minyaknya. Ada yang memang memiliki kualitas sangat bagus sehingga harganya lebih mahal dibanding yang kualitasnya biasa-biasa saja.

Ada pula yang memang harganya lebih miring karena sedang ada promo khusus. Harganya akan kembali normal begitu masa promonya selesai.

Dengan kondisi semacam ini, pembeli biasanya akan memilih produk secara selektif agar menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayarnya.

Cara jadi agen minyak goreng curah

Berbeda dengan minyak kemasan yang harganya cenderung mahal, minyak curah merupakan solusi buat masyarakat menengah ke bawah.

Biasanya, jenis ini dijual oleh pemilik bisnis ecer di desa-desa. Atau, bisa juga di kawasan kota tapi di toko kelontong dan warung kecil. Anda juga bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional dengan mudah.

Minyak curah ini biasanya diwadahi plastik biasa. Tidak dikemas secara khusus menggunakan mesin press.

Saat harga minyak sedang tinggi-tingginya, peluang usaha agen minyak goreng satu ini sangat menjanjikan. Pasalnya, kala itu pemerintah membuka kesempatan bisnis melalui website kemenperin dengan menjual minyak dengan harga 14 ribu rupiah per liter.

Dengan harga murah seperti ini, sudah jelas pembelinya akan banyak. Sebagian besar orang akan memborongnya karena tahu produknya sangat terjangkau.

Anda pun bisa menjadi salah satu agennya dengan mendaftar terlebih dulu di situs tersebut. Silakan buka laman simirah2.kemenperin.go.id.register untuk mulai melakukan pendaftaran.

Namun, sebelum masuk ke situs tersebut Anda harus mengetahui syarat dan cara menjadi agen minyaknya. Untuk itu, silakan simak ulasan ini sampai selesai terlebih dulu.

Berapa modal usaha minyak goreng

Untuk memulai peluang usaha agen ini, tentu Anda harus menyiapkan modal. Perlu diketahui bahwa modal membuka usaha ini cukup fleksibel.

Berapa modal usaha minyak goreng

Jika Anda menginginkan keagenan besar, maka jelas usahanya juga butuh modal besar. Sebaliknya, apabila keagenannya berskala kecil, maka modalnya juga kecil.

Intinya, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai memaksakan diri.

Namun saran kami, jika memang Anda menghendaki penjualan yang besar, maka stoknya juga harus banyak. Artinya modalnya juga harus disesuaikan dengan jumlah tersebut.

Cara bisnis minyak goreng agar sukses

Untuk menjalankan bisnis perdagangan ini, Anda perlu melakukan trik-trik tertentu. Sebab, meskipun permintaan tinggi, persaingan bisnisnya juga tidak bisa dianggap remeh.

Cara bisnis minyak goreng agar sukses

Di bawah ini adalah beberapa trik yang bisa dilakukan agar bisnis minyak gorengnya lancar dan sukses:

1. Bekerja sama dengan pabrik atau supplier

Supplier, pabrik, atau produsen merupakan tangan pertama yang memiliki sumber minyak goreng. Maka dari itu Anda harus mencarinya terlebih dulu sebelum memulai peluang usaha agen minyak goreng ini.

Di atas sudah kami contohkan bahwa pemerintah juga membuka kesempatan untuk menjual minyak curah dengan harga murah. Itu adalah salah satu contoh supplier yang bisa diandalkan.

Selain pemerintah, Anda bisa langsung mencari tahu lebih banyak bisnis distributor minyak di wilayah Anda. Pastikan bahwa siapa pun yang diajak bekerja sama, mereka adalah orang yang bisa dipercaya, amanah, dan kualitas produknya bisa dipertanggung jawabkan.

2. Membeli minyak goreng secara grosir

Ada banyak agen besar yang menjual minyak goreng dengan sistem grosir. Anda bisa membelinya dan menjualnya kembali. Pastikan bahwa harganya murah.

3. Membuat izin dagang secara resmi

Salah satu syarat untuk mendaftar dalam bisnis agen adalah memiliki usaha yang jelas. Maka dari itu, Anda harus memastikan izin usaha dagang terlebih dulu.

Buatlah SIUP dan TDP agar legalitas usahanya lebih jelas. Dengan begini kredibilitas usahanya bagus dan lebih dipercayai oleh masyarakat sebagai konsumen akhir, sekaligus distributor atau supplier selaku pemasok minyaknya.

4. Melengkapi dokumen persyaratan lainnya

Selain izin usaha, Anda juga perlu menyiapkan syarat dokumen lainnya seperti identitas diri hingga NPWP. Dalam kasus tertentu, sebuah kerja sama juga membutuhkan surat pernyataan. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan sesuai dengan yang diminta oleh pemasok.

5. Menentukan lokasi usaha yang nyaman dan strategis

Agar peluang usaha agen ini sukses, Anda harus melakukannya di lahan yang strategis. Pastikan bahwa akses kendaraannya mudah, dekat dengan jalan raya, dan bisa loading minyak tanpa adanya gangguan.

Pasalnya, hal ini akan berpengaruh pada keberlangsungan usaha, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

6. Memberikan edukasi kepada pelanggan

Anda perlu memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai jenis minyak, ukuran, dan pemakaiannya. Apalagi jika pembelinya adalah pengecer yang menjual kembali kepada konsumen tingkat akhir.

Pastikan mereka memahami kualitas produk dan tingkatannya dengan baik agar bisa menjualnya secara transparan.

7. Buat pembukuan yang baik

Jangan lupa untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rinci agar bisnisnya dapat berkembang dengan baik.

Meskipun jumlah produk yang dijual hanya satu jenis misalnya, Anda tetap harus memperhatikan pembukuan, laporan rugi-laba, dan yang lainnya agar bisnisnya berkembang dengan alur keuangan yang rapi dan tidak amburadul.

Laporan ini juga akan membantu Anda untuk cermat dalam menggunakan uang buat memajukan bisnis.

8. Perhatikan kebersihan lingkungan

Minyak memiliki residu saat dijual atau ditakar dalam jumlah yang berbeda. Anda harus turut menjaga lingkungan dengan tidak membuang limbahnya sembarangan. Tahu perlakuan after sales-nya dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang peluang usaha agen minyak goreng. Jika Anda tertarik, silakan ikuti trik di atas dan lakukanlah dengan serius agar berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.