12 Tips Sukses Usaha Bakso, Analisis, dan Paket Usahanya

  • by
Modal usaha bakso

Usaha bakso sangat menjanjikan di Indonesia. Bikinnya mudah dan banyak yang suka. Tapi, persaingannya tinggi hingga Anda harus menerapkan strategi yang tepat agar sukses.

Berjualan bakso menjadi pilihan banyak orang dari berbagai macam kalangan. Ada yang menjualnya secara keliling, ada pula yang membuka warung di ruko-ruko. Tergantung modal yang mereka miliki dan target market yang dituju.

Bagaimana pun sistem dan konsep bisnisnya dijalankan, sampai saat ini, bisnis ini terbukti menguntungkan. Hanya sekian persen dari 100% pengusaha bakso yang merugi atau bahkan gulung tikar.

Biasanya, kesalahan riset saat pertama kali menyiapkan bisnis menjadi hal yang menyebabkan kerugian tersebut.

Maka dari itu, saat Anda memang tertarik menjalankan bisnis ini, perhitungan yang cermat dan tepat harus dilakukan. Selain itu, terapkan strategi yang jitu supaya bisa menjadi pemenang di tengah persaingan yang sengit.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara rinci cara bisnis sekaligus analisanya. Selamat menyimak.

Analisis usaha bakso

Analisis usaha bakso

Berikut ini adalah beberapa poin analisa bisnis yang perlu Anda perhatikan saat mau membuka usaha ini:

Potensi jualan bakso

Berjualan bakso memiliki potensi yang sangat besar. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuatnya sangat menguntungkan dan layak untuk dicoba:

  • Banyak yang suka menunya (permintaan tinggi).
  • Modalnya menyesuaikan kemampuan dana.
  • Konsep bisnisnya beragam dan bisa dipilih sesuai selera.
  • Target marketnya beragam.
  • Bisa dilakukan dengan konsep rumahan dengan menerima delivery order.
  • Peluang usaha makanan profitnya besar.
  • Cocok dijalankan di mana saja, baik di desa maupun di kota.
  • Pemula boleh mencobanya asalkan bisa membuat bakso yang lezat.

Dengan potensi di atas, sudah jelas bahwa bisnis ini bisa menghasilkan banyak uang. Bahkan, uang yang sudah dijadikan modal pun bisa BEP dalam waktu yang cepat.

Resiko usaha bakso

Dengan potensinya yang bagus, bisnis ini juga diminati banyak orang. Maka dari itu, Anda harus siap dengan kendala atau risiko usahanya di bawah ini:

  • Persaingan sangat tinggi.
  • Membutuhkan cita rasa yang baik untuk memenangkan persaingan. Artinya, Anda harus ahli membuat baksonya.
  • Saat tidak habis, produknya bisa basi. Kalaupun disimpan, rasanya tidak akan seperti saat masih baru atau segar.
  • Harga daging lumayan tinggi dan bisa mengalami lonjakan di momen tertentu.

Selain hal-hal di atas, Anda juga harus siap dengan kendala lain yang mungkin muncul saat usahanya berjalan.

Modal usaha bakso

Sebagaimana kami sebutkan di atas, modal usaha ini fleksibel. Bisa kecil, bisa besar. Besaran modal ini tergantung pada target market dan konsep bisnisnya.

Modal usaha bakso

Jika Anda mau membuat usaha bakso keliling, maka dibutuhkan rombong atau armada untuk membawa produknya. Sedangkan untuk usaha yang menargetkan pasar menengah ke atas, perlu tempat bisnis atau ruko yang nyaman.

Berikut ini contoh perhitungan modalnya:

Konsep bakso keliling (jemput bola)

Berikut ini beberapa keperluan atau perlengkapan untuk membuka usahanya:

  • Rombong seharga 2,8 juta.
  • Biaya perlengkapan seperti kompor, dandang, dan yang lainnya 500 ribu.
  • Modal untuk membuat bakso dianggarkan 1 juta.
  • Biaya perlengkapan makan sekitar 500 ribu.
  • Biaya lain-lain 500 ribu.

Secara total, dana yang dibutuhkan adalah sekitar 5,3 juta. Dengan kata lain, bisnis ini termasuk usaha modal 5 juta ke atas.

Anda bisa menambahkan rombong hingga gaji pegawai ke dalamnya dan disesuaikan dengan dana yang ada.

Berjualan bakso di ruko

Berbeda dengan jualan keliling, usaha bakso satu ini membutuhkan sewa tempat. Jadi, biaya operasionalnya jauh lebih mahal.

Selain itu, Anda juga perlu beli meja, kursi, dan yang lainnya untuk melayani para pelanggan. Jadi, lakukan perhitungan dengan cermat sesuai dengan kebutuhan.

Paket usaha bakso

Menjalankan usaha bakso membutuhkan keahlian untuk membuatnya. Jika cita rasanya tidak pas, maka akan sulit untuk bersaing di pasaran.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membeli paket usaha waralaba yang sudah dikenal dengan sistem manajemen yang bagus.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu branding lama. Selain itu, cara membuat baksonya pun bisa dilakukan sesuai dengan cara yang ditetapkan oleh pemilik waralaba sehingga lebih mudah dan menguntungkan.

Saat ini, ada banyak sekali paket franchise bakso. Salah satu yang terkenal adalah bakso benhil. Anda bisa memilih produk ini jika memang berkenan. Produknya sudah populer sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru setiap hari.

Opsi usaha bakso kekinian

Selain menjalankan paket bisnis waralaba, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenangkan pasar adalah dengan membuat produk yang unik dengan cita rasa terbaik.

Anda bisa membuat bakso kekinian, seperti bakso beranak, baksonya berbentuk unik (hati, persegi panjang, atau yang lain), hingga bakso dengan isian tertentu yang menggoda selera.

Dengan cara ini, bisnisnya akan mudah diingat oleh pasar dan akan kembali kepada Anda. Lebih detail, Anda bisa cek trik sukses memulai usahanya di bawah ini.

Tips sukses buka usaha bakso

Tips sukses buka usaha bakso

Berikut ini adalah beberapa cara menjalankan usaha bakso yang menguntungkan jangka panjang:

1. Menetapkan target pasar

Hal utama yang perlu disiapkan adalah target pasarnya. Anda harus tahu mau jual ke siapa. Berjualan ke anak sekolah tentu berbeda dengan karyawan. Jadi, pastikan dulu targetnya.

2. Memilih konsep yang sesuai

Setelah targetnya sudah ditentukan, selanjutnya Anda harus menentukan konsepnya. Apakah mau jualan pakai gerobak dorong, di atas sepeda motor, atau membuat warung secara langsung.

Pemilihan konsep ini harus disesuaikan dengan target pasar dan kapasitas pemilik bisnis. Anda juga harus memperhitungkan tenaga kerja yang akan membantu usahanya.

3. Melakukan riset

Lakukan riset pasar. Coba cek bagaimana persaingan bisnisnya hingga harga dari kompetitor. Riset ini akan membantu Anda memulai usaha bakso dengan lebih lancar.

4. Memilih tempat yang strategis

Tempat yang strategis sangat dibutuhkan untuk penjual bakso. Tak terkecuali yang berjualan secara keliling.

Jika Anda memilih untuk membuka warung, maka carilah lokasi yang aksesnya mudah, parkirnya mudah, nyaman, dan terletak di area yang ramai orang.

Apabila konsepnya keliling, Anda juga harus memilih mau keliling ke mana. Jangan sampai di daerah yang orangnya tidak suka jajan karena ini pasti akan menyulitkan penjualan.

5. Menggunakan bahan terbaik untuk baksonya

Untuk menciptakan bakso berkualitas, Anda harus memakai bahan pokok yang berkualitas juga. Maka dari itu, carilah pemilik usaha supplier yang bisa memasok daging terbaik dan selalu tersedia.

Saat terjadi perubahan harga, pemasok tersebut juga mengutamakan klien sehingga mau mengabari para pembelinya dengan cepat. Komunikasi sangat penting di sini, jadi pastikan untuk memilih orang yang mudah diajak berkomunikasi.

6. Menciptakan cita rasa terbaik

Tidak hanya bahan pokok, Anda juga harus memperhatikan cara pembuatan baksonya sehingga dihasilkan produk dengan cita rasa terbaik.

Apabila Anda masih berlatih, maka tidak ada salahnya untuk menyewa koki yang terbiasa berjualan bakso. Atau, silakan berlatih berulang kali sampai cita rasanya lezat dan layak untuk dijual.

7. Menentukan harga

Harga itu penting. Anda harus memastikan bahwa harga usaha bakso ini terjangkau, sesuai target market, dan tidak kalah saing dengan kompetitor.

Biasanya, di pasaran ada harga wajar untuk satu butir pentol. Nah, perhatikan harga ini untuk membuat harga bakso Anda.

Buat harga sama dengan ukuran yang sedikit berbeda jika memang Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih. Yang penting cita rasa tetap nomor satu agar pelanggan senang.

8. Melakukan trik pemasaran dengan tepat

Jika produknya sudah siap dan bisnisnya sudah berjalan, maka Anda harus melakukan pemasaran dengan tepat.

Pemasaran ini bisa dilakukan baik secara offline (langsung) maupun online. Manfaatkan sosial media untuk sekedar membagikan momen memasak bakso, membuat kuah, atau semacamnya. Pastikan abadikan momen tersebut dan posting. Tujuannya adalah agar makin banyak yang tahu bahwa Anda punya usaha bakso.

9. Memberikan pelayanan maksimal

Pelayanan yang ramah akan memberikan kenyamanan tersendiri kepada pelanggan yang datang. Bisa jadi mereka akan menjadi pelanggan yang loyal karena merasa nyaman.

10. Variasi menu dan diskon

Saat ini, ada banyak sekali jenis bakso. Mulai dari bakso kasar, halus, ada isiannya, bakwan, dan yang lainnya. Lengkapi variasinya agar pembeli bisa memilih secara leluasa.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan potongan harga untuk pelanggan-pelanggan loyal. Memberikan gratis saat sudah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Ini akan mendatangkan banyak pelanggan.

11. Menjaga kebersihan tempat usaha dan peralatannya

Kebersihan itu sangat penting dalam bisnis makanan. Anda harus benar-benar memperhatikannya secara detail.

12. Mengelola SDM dengan baik

Tenaga kerja sangat penting dalam dunia bisnis. Apabila Anda mempekerjakan banyak orang, maka pastikan mereka berada di pos yang tepat. Misalnya, tukang masak harus fokus menciptakan produk terbaik, sementara yang melayani pelanggan juga harus ramah.

Jika Anda menugaskan orang sebagai kasir, pastikan dia pandai berhitung dan amanah sehingga uangnya tidak akan dicuri.

Itulah beberapa trik sukses memulai dan menjalankan usaha bakso. Selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.