29 Peluang Usaha Makanan, Profitnya Besar Pasti Laris

  • by
Daftar contoh peluang usaha makanan paling laris saat ini

Profit margin peluang usaha makanan bisa sampai 100%. Selain itu, opsi bisnisnya juga banyak sehingga Anda bisa memilihnya dengan leluasa. Mau coba?

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Tidak heran bila berjualan makanan tidak akan sepi pembeli atau pasti laku. Entah lakunya seberapa, itu tergantung pada pasar yang ditargetkan.

Selain pasti laku, bisnis ini menjadi sangat menguntungkan karena persentase labanya sangat tinggi. Anda bahkan bisa mengambil keuntungan minimal 40%. Tergantung pada jenis produk yang dijual dan target pasarnya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang peluang bisnis ini secara lebih detail. Selamat menyimak.

Analisis peluang usaha makanan

Sebagaimana disampaikan di atas, bisnis ini memiliki potensi yang sangat bagus karena profit marginnya yang besar dan pasti laku. Potensi ini tentu sangat menggiurkan bagi sebagian orang.

Analisis peluang usaha makanan

Nah, jika Anda juga tertarik, maka jangan hanya fokus pada potensi tersebut. Sebab, setiap bisnis punya tantangannya tersendiri. Tidak terkecuali usaha makanan ini.

Di bawah ini adalah penjelasan rinci mengenai analisa usaha makanan:

Potensi bisnis makanan

Secara ringkas, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan peluang bisnis makanan menjadi sangat potensial:

  • Labanya cenderung besar tapi nilainya berbeda-beda tergantung produk dan target pasar.
  • Modal cenderung kecil karena peralatan bisa pakai yang ada di dapur sendiri.
  • Pasti laku karena merupakan kebutuhan pokok.
  • Tidak perlu sewa tempat.
  • Bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.
  • Pemula bisa menjalankan karena bisnisnya tergolong mudah.
  • Bisa dimulai dari hobi.

Selain poin-poin di atas, masih banyak hal lain yang menjadikan usaha ini menjanjikan. Anda pun bisa mencobanya sekarang.

Risiko peluang usaha kuliner

Meski peluang dan potensinya banyak, usaha kuliner tetap memiliki risiko dan tantangannya sendiri. Di antara tantangan atau resikonya adalah:

  • Barang yang tidak habis hingga akhirnya basi.
  • Persaingan yang lumayan tinggi.
  • Cita rasa dan kualitas memegang peran penting untuk mendapatkan pelanggan loyal.
  • Pengemasan yang kurang bagus bisa membuat produknya rusak.

Selain kendala di atas, masih cukup banyak detail lain yang perlu diperhatikan. Jika Anda memang serius mau mencoba usahanya, maka silakan cari informasinya secara lebih rinci melalui internet atau lewat pengalaman orang lain yang sudah lebih dulu mencoba bisnis kuliner.

Daftar contoh peluang usaha makanan paling laris saat ini

Daftar contoh peluang usaha makanan paling laris saat ini

Setelah menganalisis peluangnya, sekarang mari kita bikin list bisnis kuliner yang potensinya menjanjikan.

Peluang usaha makanan ringan

Salah satu jenis kuliner yang sangat laris dalam peluang usaha makanan adalah snack atau makanan ringan, contohnya adalah:

1.       Aneka keripik

Keripik merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Selain karena modalnya kecil, keripik juga punya ketahanan yang baik sehingga tidak mudah bikin rugi.

Ada banyak sekali bahan yang bisa dibentuk jadi keripik. Misalnya, bisnis keripik singkong, keripik tempe, hingga keripik buah.

Keripik tempe dan buah misalnya sudah terbukti laris sebagai peluang usaha makanan khas daerah di Malang dan sekitarnya.

2.       Makaroni kemasan

Makaroni juga memiliki pangsa pasar yang menjanjikan. Jenis makanan ini sangat awet ketika sudah diolah.

Anda bisa berjualan dengan cara membuka jasa titip atau langsung kulakan dan menjualnya baik secara online maupun offline.

3.       Aneka gorengan

Gorengan sangat dicintai di Indonesia. Maka dari itu, Anda bisa memilihnya sebagai peluang usaha makanan yang latis manis. Adapun contoh gorengannya adalah ote-ote, tempe goreng, pisang goreng, dan yang lainnya.

4.       Cireng dan kawan-kawannya

Cireng memiliki pasar yang cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari banyaknya pemesan cireng di beberapa platform online.

Selain cireng, menu lain yang bisa dicoba adalah tahu crispy hingga bisnis jamur tiram yang bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan.

5.       Roti goreng cakue

Roti goreng dan cakue juga laris. Bahkan, beberapa waktu lalu sempat viral odading dan membuat penjualan roti goreng dan cakue meningkat.

Produk ini bisa dibuat dengan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi, sangat recommended untuk dicoba.

6.       Aneka cilok

Cilok menjadi makanan sejuta umat. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukainya. Tak hanya kalangan menengah ke bawah, artis hingga pejabat pun menyukainya.

Makanan ini sangat cocok sebagai pengganjal perut saat lapar atau memang ketika ingin ngemil biasa.

7.       Onde-onde dan molen

Onde-onde dan molen, baik mini maupun yang ukuran biasa juga punya pangsa pasar yang cukup banyak. Selain bisa dimakan sendiri bersama keluarga, onde-onde dan molen juga cocok dijadikan sebagai suguhan buat tamu hingga oleh-oleh.

8.       Kue kering

Ada banyak peminat kue kering di Indonesia. Setiap hari ada saja yang beli. Namun, sama dengan usaha beras, permintaannya akan makin naik di masa idul fitri. Jika beras dibutuhkan buat zakat fitrah, kue kering biasanya untuk parsel atau suguhan buat para tamu yang datang silaturahmi.

9.       Jualan donat

Donat menjadi menu andalan bagi sebagian besar ibu rumah tangga yang mau membuka usaha di rumah. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal sangat minim. Sistem penjualannya pun beragam.

Anda bisa menjualnya dengan sistem konsinyasi ke toko-toko atau warung, bisa juga dijajakan berkeliling. Selain itu, penjualannya juga dapat dilakukan dengan sistem delivery order hingga menerima pesanan untuk snack kotak di lembaga-lembaga tertentu.

10.   Tahu bulat dan otak-otak

Tentu Anda sudah sering melihat penjual tahu bulat berkeliling ke kampung hingga perumahan. Biasanya, tahu bulat ini juga dilengkapi dengan otak-otak ikan. Langsung digoreng di atas kendaraan hingga saat dijual, kondisi penyajiannya masih hangat dan lezat ketika dimakan.

11.   Kue leker

Kue leker memiliki cita rasa yang unik dan sulit buat dilupakan. Krenyes dan kriuknya menjadi daya tarik tersendiri buat anak-anak hingga orang dewasa. Itulah yang membuat peluang usaha makanan ringan satu ini berpotensi besar.

12.   Roti bakar

Bila kue leker cocok dijual di pagi hingga sore hari, malam hari cenderung lebih cocok dengan menu bakar yakni roti bakar.

Menu ini sangat diminati khususnya di daerah yang padat penduduk seperti area kampus, perumahan, dan perkampungan. Itulah mengapa Anda harus memilih lokasi yang strategis untuk berjualan roti bakar.

Peluang usaha makanan online

Jika Anda ingin fokus berjualan secara online karena alasan tertentu, silakan coba opsi di bawah ini:

13.   Aneka sambal

Sambal menjadi menu makanan tambahan yang sangat disukai di Indonesia. Bahkan, ada orang yang tidak bisa makan tanpa adanya sambal.

Untuk itu, berjualan aneka sambal kemasan sangat menguntungkan dan pasti laris. Saat ini, Anda pun bisa menemukan banyak sambal dari berbagai merek yang dijual di marketplace hingga minimarket.

Jika Anda mau mencobanya juga, pastikan resepnya lezat dan produknya punya ciri khas. Misalnya, membuat sambal terasi, sambal seafood, atau yang lainnya.

14.   Frozen food

Berjualan frozen food secara online kini menjadi peluang usaha makanan yang sangat menguntungkan. Pasalnya, ada banyak orang yang sibuk dan tidak sempat membuat makanan sehingga butuh yang instan.

Anda bisa berjualan sosis, bakso, dan frozen food lainnya. Namun, perhatikan pengemasan dan masa pengirimannya agar produk tetap aman saat sampai di tujuan.

Bisnis kuliner minuman

Bisnis kuliner minuman

Selain makanan, Anda juga bisa coba peluang usaha minuman, di bawah ini contohnya:

15.   Warung jus buah

Jus buah memiliki peluang yang sangat baik karena kini makin banyak orang yang aware terhadap kesehatan diri. Selain itu, banyak juga orang yang sibuk dan butuh jus untuk mengembalikan kesegaran tubuhnya.

16.   Cappucino cincau

Kopi merupakan menu yang sangat disenangi. Baik oleh remaja maupun orang dewasa. Nah, salah satu menu kopi yang disukai banyak orang adalah cappucino cincau.

17.   Warung kopi dan kopi susu

Jika Anda bertanya, peluang usaha makanan kekinian, maka kopi bisa dimasukkan ke dalamnya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir muncul beragam waralaba kopi dan kopi susu yang diminati oleh pasar.

Minat pasar pun tak hanya sebentar. Mereka cenderung menyukainya dalam jangka waktu yang lama.

Peluang usaha makanan khas daerah

Jika Anda tinggal di daerah yang punya makanan khas, maka berjualan kuliner khas daerah adalah pilihan yang pas, di bawah ini contohnya:

18.   Jualan bakpia patok

Bakpia patok merupakan contoh makanan khas daerah Yogyakarta yang sangat terkenal se-Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Setiap orang yang berwisata atau berkunjung ke Yogyakarta bisa dipastikan pulang membawa bakpia untuk oleh-oleh. Tidak heran bila bakpia menjadi salah satu bisnis di kota Yogya yang sangat menjanjikan.

19.   Jenang kudus

Jika Yogya punya bakpia, kudus punya jenang yang juga diminati oleh masyarakat. Bahkan, Anda bisa menemukan jenang ini di beberapa pusat oleh-oleh di kota lain karena permintaan yang cenderung tinggi di kota tersebut.

Makanan berat

Selain camilan, minuman, hingga makanan khas daerah, Anda juga bisa membuka peluang usaha makanan berat seperti:

20.   Mie ayam

Ini adalah salah satu contoh menu sejuta umat. Hampir semua orang menyukainya. Bagaimana pun pengemasan dan cita rasanya, orang akan membelinya.

Anda bisa berjualan mie ayam biasa, mie pangsit, hingga varian ramyeon atau ramen ala luar negeri yang banyak disukai oleh remaja. Temukan varian baru agar bisa membuka peluang usaha makanan kekinian yang populer.

21.   Jualan bakso

Sama dengan mie ayam dan cilok, bisnis bakso juga sangat disukai. Dijual dalam konsep apa pun orang akan membelinya. Contohnya adalah konsep keliling, online, hingga warung biasa.

Yang terpenting adalah buat bakso yang lezat dan halal. Sebab, cita rasa dan kehalalan sangat penting untuk memenangkan persaingan yang tinggi.

22.   Paket makanan tertentu (nasi kotak, tumpeng)

Paket makanan tertentu menjadi salah satu menu yang sering dicari di Indonesia. Misalnya, nasi kotak, paket nasi uduk, paket nasi tumpeng, hingga pesanan untuk ulang tahun dan acara tertentu.

23.   Jualan seblak

Seblak juga menjadi menu yang sangat disukai karena cita rasa pedasnya. Hal ini karena sebagian besar orang Indonesia suka dengan makanan pedas.

24.   Aneka sayur matang siap saji

Sayur matang siap saji juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Produk ini sangat dibutuhkan khususnya oleh orang-orang di kota besar.

Saat mereka tidak sempat memasak dan hanya bisa menanak nasi pakai rice cooker, maka sayur matanglah yang akan menjadi solusi buat lauk dan kebutuhan sayur mereka sepanjang hari.

25.   Jual makanan bayi

Makanan bayi juga punya pangsa pasar yang menjanjikan. Pasalnya, orang tua jaman sekarang sudah paham bahwa MPASI itu penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan harus diberikan bertahap sesuai dengan usia bayinya.

26.   Aneka bubur

Bubur juga menjadi menu yang sangat laris manis. Anda bisa menjual beragam bubur, tinggal pilih saja. Mau yang cita rasanya gurih atau manis. Kalau gurih, bisa pilih bubur ayam. Kalau mau yang manis, bisa pilih bubur sumsum dan sejenisnya.

27.   Nasi bungkus untuk pagi hari

Di kota besar, seperti bisnis di Surabaya misalnya, ada banyak penjual nasi bungkus di pagi hari. Nasi bungkus ini sudah berisi nasi dan lauk pauk siap makan. Umumnya, lauk pauk yang ada di dalamnya awet dimakan sampai siang sehingga bisa dipakai untuk sarapan dan makan siang sekaligus.

Jika tertarik, Anda bisa memilih untuk menjual produknya langsung dengan mengumpulkan konsinyasi dari para produsen atau membuat dan menjualnya sendiri.

28.   Nasi goreng

Nasi goreng hampir sama dengan bakso. Bedanya, nasi goreng lebih banyak dijual secara keliling dan digoreng pada saat ada yang pesan. Pangsa pasarnya banyak, khususnya bila dijual di daerah padat penduduk.

29.   Fried chicken

Menu makanan yang sangat laris berikutnya adalah ayam goreng. Hal ini terbukti dengan banyaknya waralaba fried chicken yang tidak pernah sepi pembeli. Meskipun penjualnya bertambah, produknya tetap laris dan cepat habis.

Terakhir, jika Anda merasa ribet membuat makanannya sendiri, bisa kulak atau bergabung dengan franchise. Peluang usaha makanan semacam ini sangat menguntungkan asalkan pasarnya pas dan tidak dilakukan sembarangan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.