14 Peluang Bisnis untuk Pelajar yang Menghasilkan Uang

Contoh bisnis untuk pelajar yang terbukti menghasilkan uang

Ada banyak bisnis untuk pelajar yang bisa kamu coba. Masing-masing bisa menghasilkan cuan sehingga bisa menambah uang sakumu.

Namun tetap, pilihan ada di tanganmu untuk mengambil peluangnya atau tidak. Toh, selain bisa berlatih untuk mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa sekalian menambah pengalaman.

Mau tahu contoh bisnisnya apa saja? Kami akan membahasnya secara lengkap di sini.

Contoh bisnis untuk pelajar yang terbukti menghasilkan uang

Contoh bisnis untuk pelajar yang terbukti menghasilkan uang

Bisnis yang dapat kamu coba saat masih jadi pelajar SMP, SMA, SMK, dan sederajat itu beragam. Mulai dari offline hingga online. Bahkan, ada yang bisa dijalankan dengan cara keduanya. Berikut ini beberapa pilihan bisnisnya:

1. Jadi penyiar radio

Kesempatan pertama yang dapat kamu ambil adalah menjadi penyiar radio. Biasanya, masing-masing radio daerah memberikan kesempatan ini kepada seluruh siswa yang ada di daerah tertentu dengan mengadakan audisi atau semacamnya.

Jika kamu punya keahlian di bidang ini didukung dengan suara yang bagus, enak didengar, atau unik, maka silakan coba bisnisnya.

Bisnis ini mudah dijalankan karena hanya perlu hadir di saat waktunya siaran saja. Artinya, jam kerjanya tidak akan mengganggu waktu belajarmu di sekolah.

2. Bisnis online (jadi dropshipper)

Selain jadi penyiar, kamu juga bisa coba berbisnis online. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper.

Usaha ini sebenarnya bisa dikembangkan oleh siapa saja sehingga termasuk dalam salah satu contoh bisnis untuk mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga.

Di antara alasan kenapa dropshipper bisa dilakukan oleh siapa saja adalah karena bisnisnya tidak membutuhkan modal dan mudah dilakukan. Pasalnya, kamu hanya perlu jadi perantara antara supplier dan pembeli. Kemudian mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli produknya.

Kamu hanya tinggal pilih produk pilihannya saja agar bisa tepat sasaran sesuai dengan target pasar yang dituju. Sementara itu, metode penjualannya bisa lewat media sosial atau langsung ke tetangga dan teman.

Yang perlu dicatat, mungkin kamu akan butuh rekening untuk bertransaksi. Kalau bisa pinjam ke orang tua atau pakai rekening pelajar yang sudah ada fasilitas i-banking nya. Toh, sudah banyak perbankan yang membuka pilihan tabungan pelajar semacam ini.

3. Jualan paket data dan pulsa

Kamu juga bisa coba jualan pulsa dan paket internet. Target pasar yang dituju boleh dari teman sekolah, tetangga, keluarga, hingga kerabat.

Untuk menghindari kerugian, bisnis sampingan untuk pelajar ini baiknya dilakukan melalui sistem pembayaran tunai. Tidak diutangkan.

4. Menjadi selebgram

Kesempatan menjadi selebgram terbuka lebar buat siapa saja, termasuk pelajar. Asalkan punya HP, bisa merekam, ada ide-ide unik untuk dijadikan konten, dan yang lainnya, maka kamu bisa menjalankannya secara profesional.

Penghasilannya bisa diperoleh dengan sistem endorsement. Kamu bisa pilih platformnya sendiri. Misalnya Instagram, TikTok, Facebook, atau yang lainnya.

Namun, dari ketiga pilihan platform tersebut, sampai saat ini IG tetap menjadi pilihan banyak orang untuk jadi selebgram atau influencer.

Untuk itu, selain harus bisa merekam dan memotret, kamu juga harus pandai dalam menuliskan caption menarik sehingga mendapatkan engagement yang tinggi pada setiap postingan.

Dengan begitu, followers-mu pun akan meningkat dan banyak pengiklan yang akan tertarik untuk endorse.

5. Jualan jajanan sekolah

Cara tersimpel yang bisa kamu lakukan lainnya adalah berjualan jajanan sekolah. Boleh snack atau makanan ringan seperti kue basah dan gorengan.

Untuk menjalankannya, silakan bekerja sama dengan orang tua atau kulakan di penjual kue basah di pagi hari.

Juallah ke teman atau titipkan ke kantin sekolah untuk mendapatkan tambahan uang jajan setiap hari.

6. Menjadi guru privat untuk SD dan SMP

Kalau kamu merasa punya kemampuan akademis yang sangat bagus dan bisa ditularkan ke orang lain, maka tidak ada salahnya untuk memberikan privat kepada anak SD dan SMP. Tergantung ada di tingkat sekolah apa kamu sekarang.

Kalau masih SMP, maka jelas yang bisa dikasih privat pelajaran sekolah hanya anak SD agar penguasaan materinya lebih mantap. Kalau sudah SMA dan setingkatnya, silakan coba privat ke anak SD dan SMP.

Kalau pun kamu ingin mencoba yang tingkat sekolahnya sama, maka pastikan tingkatan kelasnya lebih rendah dibanding posisi kelasmu saat ini.

7. Buka bimbingan belajar untuk SD – SMP, setingkat

Selain privat dengan datang ke rumah, kamu juga bisa coba buka bimbingan belajar. Berbeda dengan privat yang biasanya mengharuskan pengajarnya datang ke rumah murid, bimbingan belajar dapat dilakukan di rumah sendiri sehingga lebih fleksibel dalam mengatur waktu.

Selain itu, bedanya juga terletak pada jumlah anak yang ikut les. Di mana bimbingan belajar biasanya diikuti oleh banyak murid sekaligus. Bisa terdiri dari kelompok belajar 5 orang atau bahkan 10 orang.

Saran kami, agar lebih optimal belajarnya, batasi jumlah murid yang bisa kamu bimbing dalam sekali waktu. Jangan terlalu banyak.

Sesuaikan dengan kemampuanmu untuk mengatur mereka. Mungkin bisa coba kelompok belajar kecil dulu antara 3-5 per satu kali pertemuan.

8. Jualan jasa pengerjaan PR untuk SD sampai SMP

Kalau kamu mengakses marketplace, kini ada banyak jasa pengerjaan PR untuk tingkat SD, SMP, bahkan SMA. Tidak tanggung-tanggung, tiap satu soal memiliki tarif sekitar Rp 1.000,-. Bayangkan bila dalam sehari kamu mengerjakan 30 soal sekaligus. Jelas uang 30 ribu sudah akan dikantongi.

Padahal soal setingkat SD dan SMP biasanya masih sangat mudah untuk dikerjakan. Untuk itu, kamu bisa mencobanya sebagai salah satu bisnis untuk pelajar yang recommended.

9. Buka jasa desain grafis

Jika kamu belajar desain di SMK atau STM, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk membuka usaha buat pelajar.

Jasa semacam ini bisa dilakukan sendiri atau bergabung dengan penyedia jasa yang lebih besar. Agar lebih aman dan untuk mencari pengalaman, saran kami ikutlah bergabung ke penyedia jasa yang besar. Atau, kamu bisa buat desain grafis dan menjualnya di platform-platform online.

10. Bisnis pelajar IG: jadi konten kreator

Keahlian menulis caption dan membuat konten IG tidak hanya bisa dimanfaatkan buat menjadi selebgram. Kamu juga bisa menawarkan jasamu kepada orang lain, misalnya toko online.

Bisnis pelajar IG jadi konten kreator

Keahlian ini penting karena tidak semua orang bisa membuat postingan yang akan mengundang banyak like dan komentar.

Kalau kamu sudah membuktikannya sendiri, maka silakan buat kerja sama dengan para klien secara online.

Lakukan di waktu luang agar tidak mengganggu waktu belajarmu.

11. Peluang usaha buat anak sekolahan online: Blogging

Menjadi blogger juga dapat dijadikan satu pilihan terbaik oleh pelajar di tingkat SMP, SMA, dan sederajat. Kamu bisa membagikan keseharian hidupmu sebagai anak sekolahan atau memilih tema (niche) lain yang lebih menarik.

Peluang usaha buat anak sekolahan online Blogging

Intinya, untuk menjadi blogger kamu harus punya skill menulis, blogging (tahu tentang pembuatan website), dan keilmuan dasar lainnya.

Bila pengunjung situsnya sudah banyak, silakan daftarkan situs tersebut ke Google Adsense agar bisa dipasangi iklan dan menghasilkan cuan.

12. Jadi babysitter

Kini, ada banyak sekali orang yang mencari tempat penitipan anak. Kalau kamu merasa punya banyak waktu untuk menemani mereka bermain dan belajar, maka tak ada salahnya menerima tawaran jadi baby sitter.

Sebab faktanya, di kota besar pekerjaan dan bisnis ini sangat menjanjikan.

Namun ingat, karena masih sekolah, carilah anak yang dititipkan di sore hari atau saat libur kerja agar tidak mengganggu waktu sekolahmu di pagi hari.

13. Jasa pindahan

Di kota besar, jasa pindahan sangat dibutuhkan. Pasalnya, setiap orang tidak mau ribet. Menariknya, waktu pindahan ini biasanya dilakukan di akhir pekan sebab yang pindahan adalah orang-orang kantoran atau mereka yang bekerja.

Kamu bisa menawarkan jasa pindahan dengan cara bekerja sama dengan pemilik mobil pick up atau armada lain yang memadai.

Cobalah buka informasinya di internet untuk mencari harga terbaik buat jasa pindahan ini.

14. Cuci motor

Terakhir, usaha untuk pelajar yang dapat dicoba adalah buka cuci motor. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah sehingga tidak butuh sewa lokasi.

Silakan komunikasikan dengan orang tua agar bisa lebih mudah menjalankannya. Siapa tahu mereka juga mau membantu. Kalau sudah dibantu, jalani bisnisnya dengan serius untuk membuktikan kepada diri sendiri dan orang tua.

Itulah beberapa bisnis untuk pelajar yang dapat dicoba dan memang sangat potensial. Selamat menjalankannya dengan serius untuk menambah uang dan pengalaman. Jangan lupa menabung untuk membesarkan skala usahanya atau buat bekal jadi mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.